Cara meningkatkan daya tahan tubuh ketika banyak kegiatan

Minggu, September 27, 2015

Cara meningkatkan daya tahan tubuh


Belajar dari berbagai pengalaman hidup orang yang sakit dan yang bisa tahan "banting" ketika banyak kegiatan akhirnya coba saya praktekkan pada diri saya agar badan atau tubuh tetap fit ketika dalam beberapa hari digempur oleh banyaknya kegiatan yang banyak menyita waktu kosong.

Padahal secara umum jika manusia itu terlalu banyak kegiatan dan capek pikiran maka tak lama tubuh akan nge-drop atau istilahnya "Minta Istirahat" dan pada umumnya akan terdiagnosis terkena penyakit tipes. Butuh waktu bahkan hingga berbulan-bulan agar bisa sembuh dari sakit tipes dan terkadang tidak boleh lagi mempunyai aktifitas berlebih jika sebelumnya pernah terkena tipes karna kemungkinan besar akan kembali sakit yang serupa.

Cara meningkatkan daya tahan tubuh ketika banyak kegiatan
Daya Tahan Tubuh (tiportips.com)

Saya mendapat saran dari teman yang pernah mengalami sakit tipes yakni sebanyak-banyaknya kegiatan usahakan agar makan secara teratur dan jangan sampai telat. Juga pengalaman dari melihat serta "meneliti" seseorang yang tetap sehat meski pada hari-harinya dilanda kesibukan yang sangat padat siang malam.

Berikut adalah cara saya untuk meningkatkan daya tahan tubuh ketika banyak kegiatan.

1. Makan Teratur
Usahakan untuk makan secara teratur dan jangan sampai telat, makan pun juga jangan yang asal kenyang di perut dan enak di lidah tapi juga yang menyehatkan. Untuk masalah makan ini, saya cukup beli makanan capcay yang banyak dijual di pinggir jalan atau warung warung, kenapa capcay? karna disitu banyak sekali macam-macam sayuran dan tentunya sangat baik untuk tubuh.
Tubuh kita berasal dari alam, untuk sehat maka makanlah yang berasal dari alam pula.

2. Minum teratur.
Minum secara teratur juga membantu daya tahan tubuh agar tidak mudah drop saat banyak kegiatan, lebih banyak minum juga lebih baik. Nah untuk masalah minum ini, saya terkadang membeli Jus Buah. Kesukaan saya yaitu Jus Alpukat, alasannya karna memang kesukaan dan terkadang pula ditambah Jus Wortel untuk jaga mata karna sering terpapar barang elektronik seperti laptop ataupun hp.

3. Sempatkan istirahat
Ketika banyak kegiatan, otomatis waktu tidur kita juga akan berkurang. Nah untuk menyiasati hal itu ketika ada waktu senggang meski 10 menit, jangan sia-siakan waktu senggang itu untuk istirahat entah duduk sambil memejamkan mata atau tiduran. Jangan lupa juga siapkan alarm agar tidak kebablasan.

4. Berpikirlah pada tempatnya
ini juga penting, jadi saat kita bekerja pada aktifitas "A" maka konsentrasilah pada "A", saat bekerja "B", makan konsentrasilah pada "B" dan pada saat kita istirahat maka kosongkan pikiran, jika susah cobalah sambil dengarkan musik kesukaan. karna jika otak terlalu banyak yang dipikirkan, sehebat-hebatnya makanan tetap tubuh akan mengalami drop. kembali lagi pada point no. 4, berpikirlah pada tempatnya.
Peribahasa orang Madura "Kennengngah, Kennengngéh.. Lakonnah, Lakonéh" artinya "Tempatmu, tempati.. kerjaanmu, kerjakan" yang berarti tempatkanlah sesuatu pada tempatnya

5. Tetaplah tenang dan jaga emosi
Apapun aktifitasnya, cobalah untuk tetap tenang ketika menjalaninya. Marah atau Emosi hanya akan memperburuk keadaan bahkan juga bahaya untuk tubuh karna marah salah satu penyebab "terbunuhnya" banyak vitamin C yang bertugas menjaga daya tahan tubuh kita. nah, untuk yang masalah "Rohani" ini, terkadang saya sempatkan baca Istighfar.
Istighfar merupakan penenang yang baik atau "obat" untuk masalah batin

Itulah beberapa tindakan atau cara saya untuk meningkatkan daya tahan tubuh ketika menghadapi banyak kegiatan bertubi-tubi dan hingga sekarang badan masih tetap terjaga meski disaat sibuk dengan aktifitas berlebih. Meskipun saat menjalani hari biasa, sempatkanlah juga untuk olahraga minimal jalan secara rutin di pagi hari.

Tahukah Kamu?
sekitar 90% Sakit pada manusia dikarnakan banyak pikiran dan sisanya karna penyakit biasa. Itulah sebab kenapa "orang gila" tidak mudah sakit karna pikiran mereka sudah "terlampau tenang" meski makan makanan yang tidak sehat.
Ketika Jasmani (tubuh) lemah ditambah Rohani (batin) juga "capek" atau stres karna memikirkan banyak hal, disaat seperti itulah sangat rentan sakit. pisahkan keduanya dengan banyak makanan bergizi, terutama tenangkan pikiran. 
Tak hanya Jasmani yang butuh asupan bergizi, Rohani juga butuh "asupan" salah satunya dengan dzikir.
Apapun agama-mu, bersedekahlah.. karna sedekah itu penolak berbagai hal negatif dari segi nalar dan luar nalar. (Trusted & Tested)



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

6 komentar

  1. setuju.... terutama yang terakhir ini: Apapun agama-mu, bersedekahlah.. karna sedekah itu penolak berbagai hal negatif dari segi nalar dan luar nalar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedekah itu seperti obat ya mbak, hehe..

      Hapus
  2. Waah.. setuju sekali mbak dengan poin yang no 4 sama no 5.
    Fokus pada satu hal akan sangat membantu menstabilkan mood, dan dengan menerapkan poin no 4 maka secara otomatis poin no 5 akan di dapat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman pribadi mbak, jadi bisa berani cerita langsung :)

      Hapus
  3. Owalah gitu to mbak :D
    Iya setuju banget sama yang Istigfar adalah obat penenang hati..
    btw tinggal meningkatkan apa apa saja yg disebutin mbak riska diatas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kalau sedang sakit atau merasa kesulitan atau juga sedang sedih biasanya saya rutinkan dzikir istighfar. Berbagi pengalaman saja mbak, kalau belum pengalaman mana berani tulis seperti ini, hehe :D

      Hapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram