BloggerCamp 2015 : Membangun Kredibilitas Blog

Rabu, Oktober 28, 2015

Bertemu dengan teman – teman blogger se Jawa Timur merupakan hal yang sungguh sangat menyenangkan. Acara Blogger Camp kemarin menjadi ajang silaturahmi semua blogger, serentak diadakan bersamaan di empat kota yakni, Surabaya, Jakarta, Purwokerto dan Makassar tanggal 26 – 27 Oktober 2015. Taman Dayu Pasuruan dipilih menjadi tempat berlangsungnya acara Blogger Camp di Surabaya

Blogger Camp 2015 di Taman Dayu

Hampir seluruh komunitas blogger Jawa Timur mengirimkan perwakilannya untuk hadir di acara ini, Plat – M salah satunya. Saya bersama enam teman dari Plat – M pun berangkat bersama – sama. Sebelum menuju tempat lokasi di Taman Dayu para peserta Blogger Camp Jawa Timur berkumpul di Hotel Yello Surabaya.

Sesampainya di Hotel Yello kami semua disambut panitia untuk kembali melakukan registrasi. Setelah melakukan registrasi semua peserta bersantai sejenak. Sepertinya nggak salah kalau Yello Hotel dipilih oleh panitia Blogger Camp. Hotel baru ini terletak di daerah Jemursari Surabaya. Hotel Yello berbeda dengan hotel lainnya, konsepnya unik, banyak spot yang asyik buat nongkrong dan hampir semua fasilitas berwarna kuning.

Foto di Yello Hotels

Tepat pukul 17.00 WIB kami pun berangkat menuju The Pines Taman Dayu Pasuruan, kami di antar dengan nyaman menggunakan bus dari Blue Bird. Letak The Pines yang berada di bukit Taman Dayu ternyata nggak melemahkan jaringan Indosat Love, koneksi lancar banget lho.

Istirahat sejenak bersama teman – teman blogger lainnya sambil sedikit ngobrol dan share pengalaman selama menjadi seorang blogger bersama mbak Yuniar Nukti. Mulai dari pindah tempat curhat dari diary ke blog, belajar nulis postingan sampai akhirnya dipercaya mendapatkan rezeki lewat ngeblog. Semua itu dilewati secara bertahap agar kita memiliki blog yang berkredibilitas, nggak cuma asal nulis saja.

Mbak Yuni Nukti berbagi pengalaman tentang Blog

Malam harinya semua peserta Blogger Camp diajak seru – seruan bermain api unggun dan beberapa permainan menyenangkan lainnya. Saat itu juga pengumuman pemenang live blog dan live tweet diumumkan dan senangnya saya menjadi pemenang live tweetnya. Voucher Hosting sebesar 250 ribu berhasil saya bawa pulang.

Disana kami semua bermalam di Camp yang telah disediakan, bahagia pasti dan dinginnya pun juga pasti. Pagi harinya acara dilanjutkan dengan senam bersama dan sarapan. Setelah badan terasa fresh semua peserta Blogger Camp menuju pendopo untuk mengikuti acara selanjutnya yakni Talkshow “Membangun Kredibilitas Blogger”.

Dalam acara Talkshow kemarin menghadirkan pemateri keren yang sudah nggak asing di dunia blogger. Ada empat pemateri ada mas Frenavit Putra, Yayat Sudrajat atau kang Yayat, dan mbak Swastika Nohara. Dengan MCnya mbak febri dari Juara Agency. Oke, kembali ke tema acara “Membangun Kredibilitas Blogger”, sebenarnya ini tentang apa sih dan maksudnya apa ya ?.

Mas Frenavit dan Mbak Swastika

Dengan mudahnya informasi yang ada di media digital mau nggak mau menyebabkan kredibiltas seorang blogger menjadi wajib untuk dipertanyakan. Namanya juga blogger yang berrtugas menyebarkan informasi jadi wajar saja kalau kredibilitas dan professional seorang blogger harus terpercaya. Nah, untuk membangun semua itu dibutuhkan proses dan beberapa hal yang harus diperhatikan.

Kredibilitas Blogger juga sangat tergantung dengan bagaimana cara kita beretika dalam dunia blogger, nggak Cuma asal berkumpul dan ambil ilmunya saja. Dari mulai memiliki blog, mempelajari ilmu SEO dan menerapkannya semua butuh etika. Sebagai seorang blogger yang bermutu harus biasa memberikan tulisan dan informasi yang menarik, actual, terpercaya dan yang paling penting nggak Copy Paste.

Dari keempat faktor tersebut kita bisa menarik kepercayaan para pembaca dan otomatis menaikkan kredibilitas blog kita. Dan lagi blogger itu harus bisa mebuat tulisan yang nyaman istilahnya love konten dan tidak boleh ada unsur SARA.

Setelah acara Talkshow berakhir para peserta lanjut makan siang, istirahat dan sholat. Kegiatan Outbond sudah menunggu kami, dengan adanya outbond ini secara tidak langsung bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan kreativitas kita sebagai seorang blogger.

Acara Blogger Camp kemarin bagi saya sungguh penuh manfaat, bertemu dengan teman blogger dan berbagi informasi yang bisa jadi lahan pekerjaan. Terima kasih juga untuk para sponsor keren yang sudah mendukung seperti Indosat, Qword, Blue Bird, Tauzia Hotel dan Net media yang sudah meliput acara ini.

Sampai bertemu di event selanjutnya ya, ayo terus semangat membangun kredibilitas blog kita.

Sampai ketemu di Blogger Camp 2015 by @TukangCoding



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

3 komentar

  1. Seru banget ya blogger campnya :D kemarin yang di bogor juga keliatan rame banget~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, keseruan acara blogger camp sampai kebawa ke rumah :D

      Hapus
  2. Acara dan temanya menarik banget. Semoga aja tahun depan ada kegiatan serupa diwilayah sumatra.amiin

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram