Perencanaan Keuangan Tepat Wujudkan Pernikahan Impian

Minggu, Oktober 25, 2015


Menikah merupakan mimpi bagi semua orang tidak terkecuali dengan saya. Sebagai seorang perempuan sudah wajar kalau saya memimpikan pesta pernikahan yang berkesan dalam hidup nantinya. Sebenarnya tidak harus selalu mewah, tapi kalau bisa mewah siapa yang bisa menolaknya ?. Beberapa waktu kemarin perempuan di Indonesia dibuat berdecak kagum dengan mewah dan berkesannya pesta pernikahan salah seorang artis, pernikahan impian seperti di negeri dongeng.

Pesta pernikahan yang sempurna membutuhkan konsep yang matang dan persiapan dana yang tidak main - main. Hal ini dapat terwujud dengan memilih pengaturan uang yang baik. Mewujudkan pesta pernikahan impian bersama pasangan tanpa bantuan dari orang tua adalah kebanggaan tersendiri. Walaupun masih banyak pasangan yang dana pernikahannya ditanggung sepenuhnya oleh orang tua.

Saya bersama pasangan memutuskan untuk tidak melibatkan kedua orang tua kami masing – masing dalam hal ini. Sejak awal menjalani hubungan kami berdua semakin giat bekerja, saya bekerja di salah satu perusahaan swasta dan dia sebagai seorang wirausahawan. Setiap bulan kami menyisihkan sebagian gaji dan penghasilan untuk ditabung di bank.

Jika melihat dari pengalaman orang – orang disekitar kami yang telah menghasilkan dana hampir ratusan juta demi pesta beberapa jam saja, kami semakin tergerak untuk menabung. Belum lagi kami sadar betul kalau biaya untuk mengadakan pesta pernikahan tidak murah. Kami pun tidak mungkin untuk tidak menyelenggarakan pesta karena kami berdua memiliki keluarga besar dan jaringan pertemanan yang cukup luas.

Memilih untuk mendanai semua biaya pernikahan bersama pasangan harus mempersiapkan banyak hal, terutama perencanaan pengaturan keuangan. Semakin tahun biaya pernikahan tidak semakin murah, namun semakin mahal saja. Mulai dari sewa gedung, cathering, undangan, souvenir, foto pre wedding, gaun pengantin dan masih banyak lainnya. Hati kami semakin yakin dan mantap untuk membiayai semua ini dengan hasil keringat sendiri.

Bagi yang tidak ingin pusing mempersiapkan pesta pernikahan impian, mereka bisa saja menyewa jasa Wedding Organizer. Tapi sepertinya tidak untuk kami berdua karena jelas, ketika memutuskan untuk menggunakan jasa wedding organizer dana yang dibutuhkan akan semakin berlipat. Contoh nyata yang terjadi pada salah seorang kerabat yang memaksakan menggunakan jasa Wedding Organizer pada acara pesta pernikahannya.

Kami memilih Sun Life Financial :)
Padahal mereka tau bahwa kemampuan finansialnya tidak mampu untuk membayar, sehingga demi menjaga gengsi mereka meminjam dana pada salah satu bank. Pesta Pernikahan yang hanya berjalan beberapa jam itu telah menghasilkan hutang bertahun – tahun lamanya. Dari sini kami belajar bahwa saling mengetahui kemampuan finansial masing - masing adalah hal penting sebelum memutuskan pesta pernikahan impian seperti apa yang diinginkan.

Untuk menentukan berapa banyak anggaran pernikahan yang dibutuhkan saya bersama pasangan iseng – iseng melakukan survei. Seperti membandingkan harga paket pernikahan yang ditawarkan setiap wedding organizer dan bertanya langsung pada teman yang sudah menikah. Sekali lagi kami bisa katakan bahwa biaya pesta pernikahan tidak semurah yang kami bayangkan.

Kemudian kami juga mendatangi jasa cathering dan menanyakan harga seporsi makanan, ternyata seporsi makanan dan minuman dibandrol harga Rp. 25.000. Kalau kami berencana mengundang sekitar 1000 tamu undangan untuk biaya cathering saja sekitar Rp. 25.000.000. Belum biaya make up, baju pengantin, undangan, souvenir, sewa gedung dan semua hal lainnya.

Menabung di bank menjadi langkah pertama yang akan diambil setiap pasangan yang berencana untuk menikah. Hal ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar minimal 2 tahun sebelum menikah menurut beberapa pakar finansial. Menyisihkan uang gaji kita setiap bulan dan bersikap disiplin dalam menabung adalah hal penting bagi kita yang serius menyiapkan dana pernikahan.

Semakin lama waktu yang kita gunakan untuk mempersiapkan dana pernikahan memungkinkan kita untuk mencapai target dana yang lebih besar. Jadi, mulai sekarang tidak perlu menunda lagi untuk menabung dan mencicil dana pernikahan bersama pasangan. Menjadi perempuan pun dituntut sekali untuk pintar mengelola keuangan lho.

Selain menabung di bank, kita juga bisa melakukan investasi dan tidak perlu takut untuk berinvestasi karena sekarang sudah banyak sekali produk investasi yang ditawarkan. Memilih meminjam dana pada bank dengan bunga yang tidak sedikit sepertinya tidak cocok untuk pesta pernikahan yang hanya beberapa jam saja. Setelah menikah haruskah kita masih dibuat pusing memikirkan tanggungan cicilan bank beserta bunga bertahun - tahun.

Setelah semua pesta pernikahan selesai diadakan nanti, kami pun juga harus memikirkan langkah tepat demi masa depan yang cerah setelah mulai berumah tangga. Tetang anak, asuransi jiwa seperti apa yang kami pilih, cita – cita untuk memiliki hunian pribadi lengkap dengan perabotnya, kendaraan dan semua hal yang demi sebuah pernikahan impian.

Wajar saja jika kita menginginkan keluarga yang sejahtera, anak – anak yang tumbuh sehat serta berkecukupan, rumah impian, agenda untuk berlibur bersama dan semua fasilitas lainnya. Sebagai perempuan saya juga tidak lepas dengan kegemaran berbelanja, saya juga tidak mau anggaran rumah tangga berantakan demi hanya memuaskan hobi belanja.

Semua hal itu sudah kami pikirkan jauh – jauh hari, pemilihan pengaturan keuangan seperti apakah yang akan kami pilih ? apa saja kurang lebihnya dan apakah ini sebuah langkah yang tepat ?. Sampai pada satu waktu saya bersama pasangan mengikuti seminar keuangan yang diadakan oleh PT. Sun Life Financial di restoran Rocca Surabaya.

Jujur saja awalnya kami belum mengetahui betul tentang Sun Life Financial, saat itu kami hanya berniat untuk mengikuti seminar keuangan saja untuk menambah pengetahuan tentang bagaimana cara mengatur keuangan. Hingga kami akhirnya tahu bahwa Sun Life Financial ini merupakan perusahaan penyediaan jasa keuangan yang sudah sangat terpercaya.

Memiliki banyak kantor cabang yang lebih dari 93 kantor pemasaran konvensional dan 43 kantor pemasaran syariah di 58 kota di Indonesia. Salah satunya yang baru – baru ini hadir di kota Surabaya Pusat layanan nasabah Graha Pacific Lantai 10. Ruang 1002. Jl. Basuki Rahmat No.87-91. Dengan hadirnya pusat pelayanan nasabah di kota Surabaya ini kami pun merasa sangat terbantu karena tidak perlu lagi pergi jauh.

PT. Sun Life Financial Indonesia memiliki berbagai macam program tabungan dan investasi yang memudahkan kita untuk merencakan masa depan. Program yang ditawarkan sesuai dengan tahapan kehidupan kita, mau menikah berapa tahun lagi, semua bisa disesuaikan. Konsep pernikahan impian seperti apa yang kita inginkan semuanya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pribadi kita.

Namun sebelum itu, kami harus sadar betul membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Di dunia ini setiap orang pasti memimpikan semua keinginannya dapat terwujud, keinginan yang tidak terbatas. Lalu, apakah keinginan kita tersebut sesuai dengan kebutuhan ? dan sangat penting untuk mendahulukan kebutuhan terlebih dahulu.

Semakin penasaran dan ingin lebih tahu mengenai semua produk yang ditawarkan oleh Sun Life Financial, kami pun mencari informasi dengan mengunjungi website Sun Life Financial di www.sunlife.co.id. Kami memilih menu Produk & Layanan, dengan beberapa submenu. Disana ada submenu Term Life, kami ingin tahu apa perbedaan dan kelebihan Sun Life Financial dengan perusahaan pelayanan keuangan lainnya.

Setelah menikah nanti kami merencanakan keluarga kecil yang memiliki masa depan cerah. Demi kesejahteraan setiap keluarga PT Sun Life Financial Indonesia menawarkan Term Life - program asuransi jiwa yang memberikan keluarga keamanan, saat ini, dan di masa depan. Dengan berbagai kemudahan syarat yang amat sangat membantu perencaan keuangan pernikahan impian kami kelak.

Mengingat pasangan saya yang masih dalam tahap proses merintis karirnya, saya menemukan Sun Life Financial yang membantu kami menetapkan langkah tepat dan cermat. Bagi kami tidak bisa dipungkiri bahwa masalah keuangan merupakan masalah yang amat sensitif yang sangat butuh keterbukaan dan perencanaan matang.

Kalau perencanaan keuangan kita baik maka otomatis hidup kita bahagia, bagaimanapun juga keuangan adalah salah satu syarat utama yang menjamin sebuah pernikahan. Realistis bukan ? ya harus itu, apalagi di zaman yang serba mahal dan semakin tidak bisa dipastikan seperti saat ini. Salah menentukan langkah, akan berimbas buruk pada masa depan kita nantinya. Hidup hanya sekali dan pikirkan semuanya dengan matang.

Oleh sebab itu PT. Sun Life Financial Indonesia sangat mengerti antara keinginan dan kebutuhan kita. Beberapa program tabungan dan investasi juga telah di sediakan yang bisa kita pilih demi pengaturan keuangan yang lebih baik. Tentunya juga untuk masa depan yang lebih cerah, bersama Sun Life Financial kita tidak perlu khawatir lagi, berikut daftar simpanan dan investasi yang bisa kita pilih :


1. Sun Fortunelink 

Sun FortuneLink merupakan produk yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan perlindungan asuransi serta perencanaan keuangan Anda dan keluarga. Sun FortuneLink juga memberikan akses bagi Anda untuk dapat berinvestasi melalui berbagai pilihan dana investasi yang sesuai dengan profil risiko investasi dan kebutuhan Anda.

2. Brilliance Fortune 

Asuransi Brilliance® Fortune merupakan kombinasi antara asuransi dan investasi dengan periode pembayaran premi selama 3 tahun untuk perlindungan jiwa dan potensi hasil investasi yang optimal selama 10 tahun. Produk ini dirancang untuk membantu Anda dalam menentukan tujuan keuangan jangka panjang dan mewujudkan impian-impian Anda dengan lebih mudah dan praktis.

3. Brilliance Sejahtera 

Brilliance adalah sebuah kombinasi dari produk asuransi jiwa dengan beragam pilihan produk investasi untuk memenuhi kebutuhan perencanaan keuangan jangka panjang, dengan memperhatikan profil risiko pribadi dalam berinvestasi dan kebutuhan setiap individu.

4. Brilliance One Protection Plus 

Brilliance One Protection Plus adalah produk asuransi unit linked kontribusi tunggal yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan perlindungan jiwa dan investasi yang dikelola oleh manajer investasi terpercaya dan berkelas dunia dalam mengelola dana investasi

Selain beberapa produk tadi ternyata PT. Sun Life Financial juga menghadirkan produk Sun Life Financial Syariah, jadi semakin lengkap saja produk yang disediakan. Apalagi sebagai negara yang memiliki penduduk mayoritas muslim nilai dan konsep syariah menjadi tawaran yang bagus dan aman. Apapun pilihan produk yang akan dipilih nanti setidaknya kami telah memilih yang terbaik untuk membantu pengaturan keuangan.

Jadi, sebelum pernikahan impian kita menjadi berantakan karena memilih pengaturan keuangan yang tidak tepat, ayo persiapkan mulai sekarang dengan langkah tepat dan cermat. Mari Bijak mengelola keuangan dan wujudkan pernikahan impian kita semua. Semua hal ini kami lakukan demi masa depan cerah dan kesejahteraan bersama anak cucu kelak.



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

8 komentar

  1. Haaaahh sudah sangat serius persiapan buat masa depan.
    Saya niru yo mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus mbak, kan udah nggak mau main - main lagi :) doakan semoga semuanya lancar dan berkah ya :)

      Hapus
  2. Prodak investasinya boleh juga ya, kudu dipikir mateng mateng juga ni demi kesehatan finansial yang cerah ke depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas mbak, apalagi sekarang uang berlalu begitu cepatnya :D

      Hapus
  3. Mempersiapkan dana pernikahan sekarang sudah jadi tujuan investasi ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satunya kalau kita masih punya banyak waktu sebelum menikah, investasi merupakan pilihan tepat. :)

      Hapus
  4. semoga pernikahan impiannya segera terwujud yah mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak, semoga mbak juga ya :)

      Hapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram