Konten Blog Menarik Kunci Utama Marketing Digital

Rabu, November 18, 2015

Menjalankan marketing di era digital seperti saat ini sedang menjadi salah satu pilihan terbaik yang banyak dipilih oleh para pelaku marketing. Internet menjadi kunci pemasaran dalam dunia digital, bila kita coba ingat berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam sehari untuk memegang gadget ?. Hal tersebut sudah menjadi suatu bukti kalau dunia digital telah dipilih sebagai dunia kedua bagi masyarakat luas.

Dari mulai bangun tidur, melakukan aktivitas pagi, pergi bekerja atau ke sekolah dan sampai sehari penuh kita banyak menghabiskan waktu dengan gadget. Kita tertawa, kita saling bertukar pendapat, kita mencari informasi, kita melakukan jual beli, kita memberi simpati dan semua hal lainnya dalam dunia digital.


Hypepotamus.com

Blog Dalam Marketing Digital

Dalam dunia marketing digital blog menjadi salah satu kekuatan besar untuk memperluas sebuah market dan brand tertentu. Menjadi seorang blogger tidak lagi berputar hanya karena sebuah hobi menulis semata, namun juga sebagai penghasil pundi - pundi rupiah. Para blogger dituntut untuk memiliki kredibilitas yang mumpuni supaya bisa dilirik oleh pelaku marketing konvensional.

Walaupun begitu membangun sebuah kredibilitas blog bukanlah suatu hal yang mudah, dibutuhkan sebuah konsistensi dan taktik jitu yang bisa membuat blog memiliki konten berkualitas serta layak. Para masyarakat digital sudah semakin aktif, terbukti dengan banyaknya pencarian sebuah informasi di mesin pencarian dan blog menjadi salah satu target yang menyajikan informasi yang dicari.


Campaignindonesia.com

Selain itu Blog memiliki persentase yang lebih banyak dibandingkan Bintang olahraga, aktor, politikus, presenter televisi dan jurnalis dalam jumlah follower. Itu berarti Blog tidak lagi dipandang sebelah mata oleh masyarakat dalam mencari informasi, peringkatnya berada dibawah brand yang akan dibeli.

Apa Itu Marketing Digital ?

Bila mengingat niat pertama seseorang ketika masuk dalam dunia blogger adalah untuk berbagi, dengan menuliskan apa saja yang mampu menjadi informasi menarik dan bermanfaat. Tidak heran kalau blog menyumbang nilai terbanyak dalam dunia marketing digital. Hal ini dimanfaatkan betul oleh para marketing konvensional untuk meningkatkan penjualan brand mereka dengan mengajak kerjasama para blogger ternama yang sudah memiliki kredibilitas.

Digital marketing merupakan cara pemasaran sebuah produk atau brand dengan memanfaatkan berbagai media digital seperti televisi, radio dan internet.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/melancholia/menjalankan-strategi-marketing-modern-di-era-digital_552a75ccf17e616c0fd6242f
Digital marketing merupakan cara pemasaran sebuah produk atau brand dengan memanfaatkan berbagai media digital seperti televisi, radio dan internet.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/melancholia/menjalankan-strategi-marketing-modern-di-era-digital_552a75ccf17e616c0fd6242f
Marketing digital merupakan cara pemasaran sebuah produk ataupun brand dengan memanfaatkan berbagai media digital seperti televisi, radio dan internet.


Dengan meningkatnya pengguna internet membuat para pelaku marketing perusahaan berpindah pada marketing digital yang dirasa lebih mampu membantu mereka menjangkau pasar. Ada banyak sekali acara - acara besar dari sebuah perusahaan atau brand tertentu yang melibatkan peran blogger. Mulai dari adanya berbagai macam lomba menulis tentang sebuah brand, mereview sebuah produk dan diundang hadir untuk meramaikan acara Grand Opening.

Lalu, Content Marketing Itu Apa ?


Pada dasarnya konsep sebuah produk melalui marketing digital dengan internet yakni pengembangan strategi pemasaran online yang salah satunya menitik beratkan pada Content Marketing. Banyak sekali artikel yang bisa kita temukan di dalam internet. Tapi hanya artikel yang memiliki konten menarik dan solutif lah yang banyak dipilih oleh para pembaca.

"Content Marketing adalah sebuah jalan untuk mencapai dan menarik target konsumen yang ada maupun yang potensial melalui penciptaan konten/isi. Pesan-pesan marketing, cerita-cerita yang menggerakkan kepercayaan, perasaan, opini dan emosi bisa dikategorikan sebagai content marketing. " - Dan Bergeon, Likeable Media.
Semakin jelas terlihat disini peran dari blog menyumbang konten marketing, para blogger dituntut aktif dan kreatif dalam membuat sebuah konten. Dimana di dalam konten tersebut mengandung pesan - pesan marketing, cerita - cerita yang menggerakkan kepercayaan, perasaan, opini dan perasaan bagi target pangsa pasar dalam marketing digital.

Menurut Top 10 Research channels menyebutkan fakta lain tentang peran blog dalam pencarian sebuah brand atau produk. Dalam diagram ini digambarkan bahwa blog berada di posisi kedua setelah mesin pencarian dengan persentase Search engines ( Mesin Pencarian ) sebesar 60 % index 1.22 dan Blogs on products / brands sebesar 53 % index 2.16.

Campaignindonesia.com

Misal saja ketika seorang blogger dipilih sebuah perusahaan atau brand untuk mereview salah satu produk mereka dituntut sekali membuat konten yang menarik pada artikel mereka. Para blogger bisa menggunakan bahasa sehari - hari yang ringan dan mudah dipahami oleh para pembaca. Selain itu konten yang menarik juga bisa dari berupa foto - foto dan video tutorial ataupun video review serta ilustrasi.

Blog sendiri cukup efektif dan bisa dikatakan sangat efisien dalam menyumbang sebuah konten marketing. Blog lebih murah dan di setiap kontennya bisa diselipkan foto - foto pendukung, video tutorial, ebook dan ilustrasi menarik agar semakin membuat menarik para pembaca. Jadi, dalam satu kali postingan di blog bisa menghasilkan bermacam variasi tampilan yang informatif dan lengkap.

Tips Menghasilkan Konten Berkualitas

Lalu bagaimana cara agar konten yang kita hasilkan berkualitas dan banyak dicari oleh pembaca di internet ?. Berikut saya akan berikan tips membuat konten menurut pengalaman pribadi saya.

1. Kita Harus Paham Benar Konten yang Ditulis

Apapun konten yang kita tulis sangat penting sekali untuk memahami sepenuhnya dengan detail mengenai isi konten. Rasanya sedikit aneh kalau kita tidak paham dengan konten yang kita tulis sendiri. Kalau kita tidak paham bagaimana kita bisa menjawab komentar dari para pembaca blog kita.

2. Lakukan Riset Untuk Konten Blog

Hal ini masih berhubungan dengan tips pertama, untuk benar - benar bisa paham dengan konten blog yang kita tulis disarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu. Riset yang kita lakukan berguna untuk menambah hal apa saja yang harus kita tambahkan dalam konten yang kita buat. Agar konten semakin berkualitas dan tentu solutif bagi para pembaca.

3. Jujur Dalam Menulis Konten

Sikap jujur ketika menulis konten merupakan hal yang utama, kalau konten kita berkualitas tapi banyak menjiplak atau membohongi pembaca maka hal itu akan membuat konten kita tak lagi dipercaya oleh para pembaca.

4. Gunakan Bahasa dan Alur yang Mudah Dipahami

Semakin tinggi tingkat kesibukan masyarakat maka semakin terbatas waktu yang mereka miliki untuk membaca sebuah artikel. Dengan menulis konten yang mudah dipahami dan sesuai alur maka hal tersebut akan membuat pembaca merasa lebih nyaman.

5. Selipkan Foto, Video Tutorial atau Ilustrasi

Adanya tambahan foto, video tutorial atau ilustrasi dalam sebuah konten menjadi nilai lebih. Ketika para pembaca blog kita merasa bosan membaca artikel yang kita tulis ketiga komponen tambahan ini mampu menghilangkan rasa bosan dan jenuh pembaca. Konten yang kita tulis selain solutif dan bermanfaat harus juga kreatif agar semakin menambah rasa nyaman ketika dibaca.

Because Content Is King


Ada sebuah kalimat fenomenal dari Bill Gates yang menyebutkan bahwa Content Is King, bagaimanapun menariknya tampilan blog yang kita miliki tetap saja konten yang menjadi fokus utama pembaca. Kembali pada fungsi awal blog untuk menyampaikan pesan - pesan agar didengar oleh banyak orang dan membuat kita semakin terkenal. Karena itu pastikan selalu ya konten kita baik, bermanfaat dan berkualitas.

Jadi, pendapat saya tentang peran blog dalam marketing adalah sebagai kunci utama melalui konten yang para blogger hasilkan, tentunya harus Love Konten ya. Semakin menarik dan humanis sebuah konten yang dibuat maka semakin besar saja peran blog dalam menjangkau pasar marketing digital.



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

23 komentar

  1. Keren Mak ulasannya..
    zaman skrg blog memang ga bs dipandang sbelah mata :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi Mak :) iya, peran blogger sudah nggak diragukan lagi terutama dalam marketing digital.

      Hapus
  2. Hoho bener, absolutely! Tambahan, content is fire, social media is gasoline :))

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Iya mas, semangaaaat :D mas Didik semangat juga ya :)

      Hapus
  4. Setuju sama poin-poinnya tapi terkadang ada kalanya susah pas mau nerapinnya hehehehe... Learning by doing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kita sudah cinta dan hobi pasti berusaha untuk memberikan yang terbaik mbak :)

      Hapus
  5. Never stop learning ya, semangaaaatt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, sama sama :) semangaaat juga :)

      Hapus
  6. ada tambahan lagi, jangan lupa blogwalking..

    BalasHapus
  7. Waah...
    Makasih tipsnya, Mba Riska tantik...
    Semangat memperbaiki kontenkonten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama mbak :) saya juga lagi berjuang ini supaya bisa menghasilkan konten yang baik, bermanfaat dan berkualitas.

      Hapus
  8. sipp...trimakasih artikelny jd sdikit paham tntang per blog an...hehe...salam kenal dan salam hangat dr jogja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama mas, ini saya juga sambil belajar. Salam kenal dan salam hangat balik dari Bangkalan :)

      Hapus
  9. Waah mbak Riska keren ulasannya.. Lengkap dan apik..
    Semoga beruntung ya untuk lombanya ..
    Terima kasih juga ya tips dan informasinya, bermanfaat sekali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi ya mbak, iya semoga beruntung, sama sama :)

      Hapus
  10. makin sip ini , kudu cari2 lagi konten menarik yaa riska :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, iya gitu mbak, cari ide biar bisa bikin konten yang baik, bermanfaat dan menarik :D

      Hapus
  11. Maknyus dah postingannya. Saay sendiri juga sedang belajar bagaimana menulis konten yang baik. GoodLuck Mbak Rizka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak, semoga beruntung juga buat mbak :)

      Hapus
  12. Artikel tentang tips blogging selalu saja menyita perhatian saya ketika hendak blogwalking. Alasan utamanya untuk mencari ilmu baru dan silaturahim. Saya rasa artikel diatas cukup bagus dijadikan rujukan pada tulisan di blog-blog yg saka kelola agar lebih baik dikemudian hari. Terimakasih banyak atas waktu, tenaga, dan pikirannya. Jabat erat dari blogger pemula

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram