Nama Saya Ngilan Bukan Ngilang

Kamis, November 05, 2015

Nama merupakan hadiah terbaik yang diberikan oleh orang tua kita. Mengapa saya katakan hadiah terbaik ? karena nama adalah sebuah pengharapan dan doa. Bagi saya tidak ada yang lebih membahagiakan selain mendapat doa dari banyak orang. Setiap kali nama kita dipanggil maka setiap kali itu juga kita didoakan. Nama juga amanah bagi saya, amanah untuk selalu bisa menjaga kehormatan kedua orang tua.


Saya dilahirkan dari kedua orang tua yang begitu sederhana, tidak terlalu memusingkan sebuah makna yang terpenting itu baik. Begitupula ketika mereka berdua memberi nama kepada saya, Riska Ngilan Haryono. Nama tersebut yang dipilih mereka tanpa pertimbangan panjang, alasan dibalik nama itu juga sangat sederhana yakni mucul saja dibenak mama saya waktu itu

.


Mungkin nama saya terdengar biasa saja, apalagi di Indonesia banyak sekali yang menggunakan nama Riska atau Haryono. Tapi teman - teman pernah mendengar nama "Ngilan", eh apa sih maksudnya Ngilang ya ? Oh no ! hehe. Nama Ngilan begitu unik dan beruntungnya hanya ada tiga orang saja lah yang mempunyai nama Ngilan, bangganya :) hehe.


Saya sudah coba membuktikan sendiri dengan mengetik nama Ngilan di mensin pencari Google, dan benar saja Google mengarahkan nama Ngilan pada semua berita tentang saya. Sebenarnya bukan karena langka ditemukan saya merasa bangga, yang membuat lebih bangga karena pemberian orang tua.





Suatu kecil dulu sekali saya pernah bertanya kepada mama,


"Ma, namaku yang Ngilan itu artinya apa ya ?.."

"Artinya Banyuwangi Bangkalan, Ngi dan Lan disambung jadinya Ngilan, bapak kan dari Banyuwangi lalu mama dari Bangkalan.."

"Kok bisa kepikiran kasih nama dengan akhiran nama kota mama bapak ? kenapa nggak perpaduan nama mama bapak aja ?.."

"Kenapa ya ? biar beda aja, kayaknya nama Ngilan jarang banget ada yang pake mungkin  nggak ada yang pake.."


Ya ampun, seketika itu saya senyum - senyum sendiri mendengar penjelasan mama. Terus juga kalau saya sering menyebut berkali - kali nama Ngilan terdengar lucu saja. Kalau salah menyebutkan bisa jadi Ngilang, hehe :D dan saya dari dulu sudah menjadi langganan guyonan teman - teman sekolah.


Bukannya memanggil saya dengan panggilan saya Icha atau Riska malah mereka asyik memanggil saya Ngilan, aduh ya. Begitu pun dengan beberapa guru saya di sekolah, ikut - ikutan memanggil saya dengan panggilan yang sama. Sejujurnya saya senang - senang saja dipanggil Ngilan, cuma rada kesel saja kalau sudah salah jadi Ngilang --'.


Belum lagi kalau saya sedang mengurus keperluan pribadi seperti KTP, SIM, STNK dan kartu sejenis lainnya, pasti customer service selalu merasa tidak yakin dengan nama tengah saya Ngilan atau Ngilang. Pernah satu kali saat sedang mengurus SIM pertama saya bapak polisi sampai harus mengulang beberapa kali untuk meyakinkan nama tengah saya itu Ngilan, ampun deh.


Saat pertama kali bertemu dengan pasangan saya, dia juga ikut - ikutan memanggil saya Ngilang. Sukses lah nama Ngilan membuat banyak sekali orang yang pernah saya temui dalam hidup tertawa lucu. Setiap kali bertemu dan berkenalan dengan orang baru saya punya kewajiban yakni menjelaskan arti nama Ngilan, kan capek ya kalau setiap ketemu orang dijelaskan lagi, lagi dan lagi :D.


Terkadang saya sempat bertanya - tanya pada diri saya sendiri, "Namaku ini sulit banget ya buat diucapin ?". Namun lama - lama saya mulai terbiasa dengan nama saya yang lucu, unik dan aneh ini, malahan bahagia sekali kalau ada yang memanggil saya Ngilan, so proud ya :D.


Terima kasih ya mbak Armita Fibriyani atas Giveaway ini, lumayan membuat saya tertawa geli mengingat dan menyebut nama saya yang unik ini, Ngilan. :)




Komentar Facebook

Tulisan lainnya

25 komentar

  1. Pas liat di FB kirain nama panggilan, ternyata nama asli ya masuk sebagai nama tengah. Saya malah pertama baca kirain Ngilan itu berasal dari kata ngilo alias bercermin dalam bahasa Jawa Tengah yang intinya agar si pemilik nama selalu instrospeksi diri, bercermin, muhasabah dan terus memperbaiki diri agar tidak sembarangan menilai orang lain.
    Ngilan nama yang unik, jangan biarkan ngilang dari bumi Nusantara hehe.

    Semoga menang ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, begitu ya mas artinya di bahasa Jawa Tengah, aaminn :) iya, namanya unik banget. Terima kasih sudah mampir, sudah meluangkan waktu untuk baca dan terima kasih juga doanya :)

      Hapus
  2. Banyuwangi dan Bangkalan. Unik!
    Saat pertama membaca namamu, memang berasa aneh sih, makanya tak salah jika pak polisi itu harus mengulang tiga kali untuk memastikan kebenaran namamu. :)
    Sukses untk GAnya, ya dan Salam hangat dari Bondowoso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, terima kasih ya dan salam hangat juga dari Bangkalan :)

      Hapus
  3. Kirain nama beken mbak. Nama yang unik, dan langka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan mbak, asli warisan orang tua nih, hehe :D

      Hapus
  4. kerennnn,.hahha langka banget ini

    BalasHapus
  5. Namanya unik. Jadi gampang diingat. Nggaj kayak nama saya, mainstream. Untung muka sua ganteng, jadi gampang diingat juga.


    *kabur bawa kopi*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha, kok banyak typo? Makanya jangan buru-buru.

      Hapus
    2. Hehe, makasi ya sudah mampir buat baca..

      Hapus
  6. Aku pikir cuma temenku yg unik namain nama anaknya pake penyatuan gelar akademik mereka, ternyata ada juga ya yg pake penyatuan akhiran kota asal orang tua, hehe. Unik mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya, itu unik juga lho mbak pake penyatuan gelar akademik :D, makasi mbak..

      Hapus
  7. tapi betul unik jarang ada perpaduan nama daerah. Tpo banget ortunya

    BalasHapus
  8. owalaaah sekilas tak pikir nama marganya mbak RIska..salam kenal dan semangat ngeblog ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan mbak, kalau di Sumatera ada nama marga ya ? salam kenal juga, makasi banyak sudah mampir dan semangat ngeblog juga :)

      Hapus
  9. Hahaha, mamanya kreatif kalau kasih nama. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang, anaknya cuma satu coba banyak pasti banyak yang ngilang eh Ngilan :D

      Hapus
  10. Wah baru tau, ternyata singkatan nama kabupaten toh

    BalasHapus
  11. mbak satu2nya orang yang aku tahu namanya ngilan..hehe kalo di sini ada yang namanya nilam beda tipis ya mbak :D
    btw, kreatif bener ya ngasih nama dari gabungan 2 kabupaten *anti mainstream*

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram