Kuliner Unik, Ice Cream Varian Rasa dan Bentuk di Rumah Es Bangkalan

Minggu, Maret 13, 2016

Sebagai kota yang bisa dibilang kecil Bangkalan menjadi salah satu kota yang mulai ramai dengan bermacam – macam kuliner unik yang lagi hits di kalangan anak muda. Kuliner yang berupa makanan, minuman dan jajanan ini sudah banyak bermunculan bukan lagi satu dua tapi sudah masuk dalam hitungan puluhan. Saya sendiri sebagai warga Bangkalan sempat kaget, Kenapa sebanyak ini ya ?. Kaget juga senang karena untuk bisa menikmati kuliner yang unik sudah tidak perlu lagi menyeberang ke Surabaya. Ya meskipun saya akui jenis kuliner yang ada di Bangkalan masih terbilang kalah dengan yang ada di Surabaya.

Akhir – akhir ini saya sedang senang berburu kuliner unik di Bangkalan, saya sedang gencar mencari banyak informasi melalui media sosial terutama dari Instagram. Hasilnya saya pun sempat tidak percaya ternyata Bangkalan kota kecil saya ini sudah banyak memiliki kemajuan. Sedikit cerita, jika teman – teman datang ke Bangkalan jangan kaget ya kalau disini para pengguna jalan sudah bisa merasakan macet. Macet ? iya macet, kalau sedang mengantri di lampu rambu lalu lintas rasanya sudah lama sekali.

Kembali ke cerita ya, mengenai kuliner saya sudah beberapa kali menulis tentang kuliner khususnya di Madura pada website milik pasangan saya PulauMadura.com. Biasanya memang lebih banyak kuliner makanan tradisional atau khas Madura. Seperti Nasi Serpang, Nasi Kobel ( Korang Abelih ), Nasi Bebek Sinjay, Soto Madura, Soto Mata, Rujak Disah dan masih banyak lagi. Berbicara tentang Madura terutama kulinernya memang sudah nggak lagi bingung, belum bisa disebut surga kuliner tapi kalau teman – teman berkunjung ke Madura bisa pilih – pilih mau kuliner apa




Berburu Kuliner Unik di Bangkalan

Sore hari tepatnya dua hari yang lalu saya diajak pasangan untuk jaan – jalan sore, entah kenapa di tengah perjalanan dia bilang kalau lagi kepengen makan yang seger – seger. Maklum sudah tiga hari dia terkena Radang Tenggorokan, karena sedang sakit otomatis pengaruh ke nafsu makan yang berkurang. Awalnya saya nggak punya ide mau beli makanan atau minuman apa yang seger ?.

Oh iya, di Bangkalan itu ada kuliner minuman namanya Es Tujuh Warna, unik ya namanya ? Es Tujuh Warna ini mirip dengan es Campur yang biasa kita minum. Saya sudah coba mengajak dia untuk minum es Tujuh Warna tapi ternyata dia lagi bosan, hehehe. Sambil jalan saya terus mengingat – ingat salah satu kuliner minuman segar yang baru di Bangkalan. Waktu itu saya pernah lihat gambarnya di Instagram dan memang lagi banyak dicari.

Selama perjalanan sore itu kami berdua menyusuri kota Bangkalan, di pinggir jalan ada banyak tempat menjual makanan dan minuman, tapi ya itu dia belum unik. Akhirnya saya ingat nama tempat kuliner yag lagi ngehits itu, namanya Rumah Es. Kenapa saya bilang unik ? karena disana menunya benar – benar unik terlebih lagi untuk masyarakat Bangkalan sendiri. Di Rumah Es ini khusus dijual beraneka ragam minuman berbahan dasar es dengan banyak pilihan rasa dan bentuk penampilan.

Segera kami pun berangkat melanjutkan perjalanan yang tadinya tanpa arah dan tujuan menjadi ke Rumah Es. Kebetulan tempatnya juga mudah dijangkau, dekat dengan Bangkalan Plaza. Lho, Bangkalan punya Plaza ? iya Bangkalan punya kok meskipun nggak sebesar Plaza yang ada di kota – kota besar sana. Tempatnya yang strategis ini semakin membuat pengunjung Rumah Es betah berlama – lama nongkrong.

Memilih Banyak Varian Es di Rumah Es


Teman – teman, ternyata Rumah Es ini berada di salah satu perumahan di kota Bangkalan, namanya perumahan Nilam. Dari pintu gerbang perumahan kami hanya membutuhkan waktu nggak sampai lima menit untuk masuk ke dalam. Selain itu, tempatnya juga di pinggir jalan perumahan, pokoknya gampang dicari. Untuk tempatnya sendiri memang nggak terlalu besar dan luas, cukup menampung maksimal 15 pengunjung saja.

Selain di dalam teman – teman bisa menikmati es di bagian luar, disana juga sudah disediakan tempat duduk lengkap dengan mejanya. Ketika masuk ke dalam ruangan yang terbuka ini ternyata sebelumnya tempat Rumah Es ini adalah garasi mobil yang dirubah menjadi tempat makan. Jadi, tempatnya memang terbuka dan di dalam ruangan terdapat lima buah meja bermotif serat kayu. Dinding temboknya berwarna hijau cerah dengan sedikit diberi hiasan dinding yang sederhana.

Jujur, kesan pertama saya pada Rumah Es ini adalah tempatnya sederhana tapi pengunjung perharinya banyak terlebih lagi kalau hari libur dan akhir pekan. Sampai disana kami berdua disambut oleh salah seorang pegawai, kebetulan sore itu kedai Rumah Es sedang sepi, tapi saya lihat ada beberapa tumpukan gelas dan piring kecil bekas es yang ada di dua meja.

Seperti biasa, kami diberi daftar menu untuk bisa memilih sendiri, karena baru pertama kali datang kesana akhirnya kami memesan menu yang paling enak dan menjadi favorit. Di daftar menunya sendiri saya melihat ada banyak pilihan rasa dan bentuk esnya juga. Ternyata di Rumah Es ada beberapa menu favorit yang sering dipesan, jadi bingung pilih yang mana ? hehehe.

Sore itu, kami memesan Ice Cream Jasuke, Burger Ice Cream, Es Sate, Tortilla Ice Cream dan yang paling spesial itu adalah Ice Cream Batok Kelapa. Selain banyaknya varian menu yang ditawarkan, di Rumah Es ini teman – teman juga bisa memilih bermacam – macam Topping. Topping yang bisa dipilih adalah Ice Cream, Coklat, Keju, Marshmellow, Cococrunch, Sate Permen, Oreo dan Mie Telor dari jelly. Sebenarnya disana nggak hanya menjual es saja tapi juga ada rujak manis dan rujak petis khas Madura. Buat teman – teman yang suka asin dan pedas pas banget, lain waktu saya akan cerita soal rujaknya ya.

Ice Cream Jasuke

Ice Cream Jasuke ini adalah salah satu es favorit saya, harganya murah cuma 12 ribu tapi isinya banyak. Jasuke sendiri kepanjangan dari Jagung, Susu dan Keju serius saya baru kali itu minum es campur jagung. Tapi jagung yang digunakan ini jagung manis jadi rasanya enak. Selain itu Ice Cream Jasuke terdiri dari es serut yang dibentuk bulat ditaburi jagung manis, susu, ice cream rasa coklat dengan topping keju dan disiram sirup jagung, rasanya manis di mulut, enak deh.


Ice Cream Sate

Untuk menu Ice Cream Sate ini bentuknya sederhana dan komposisinya juga dari es serut yang dibentuk bulat. Di atasnya ditaburi banyak jelly lalu disiram dengan sirup melon, lalu kenapa disebut Ice Cream sate ?. Karena ditambah juga dengan permen kenyal yang ditusuk sehingga mirip dengan bentuk Sate. Saya dapat info dari pemilik Rumah Es ini, kalau permen kenyal yang ditusuk itu diimpor langsung dari negara tetangga Malaysia.

Menurut saya, Ice Cream Sate ini enak, taburan jellynya juga banyak tapi pas lagi di makan permen yang ditusuk itu kenyal banget tapi manis. Untuk harga satu porsi Ice Cream Sate ini murah banget cuma 6 ribu.


Burger Ice Cream

Menu es ketiga kami adalah Burger Ice Cream, untuk yang ini saya memang sengaja memilih sendiri karena penasaran dengan bentuk juga rasanya. Ternyata benar, sesuai imanjinasi saya Burger Ice Cream ini bentuknya menyerupai Burger. Roti Burger yang ditumpuk dan di dalamnya diisi dengan Ice Cream rasa coklat dan strawberry. Harganya juga murah teman – teman, 6 ribu jadi pantas kalau kedai es yang satu ini nggak pernah sepi pengunjung.


Tortilla Ice Cream

Lanjut ke menu es yang ukurannya agak besar ini, namanya Tortilla Ice Cream. Kalau teman – teman biasa membeli Kebab pasti nggak akan asing dengan kulit Tortilla yang dipakai ini. Kulit Tortilla yang di dalamnya diisi dengan Ice Cream rasa coklat dan strawberry kemudian dibungkus berbentuk persegi dan di atanya disiram susu coklat kental. Buat teman – teman yang suka banget sama coklat bisa memesan Tortilla Ice Cream ini harganya 8 ribu.


Ice Cream Batok Kelapa

Ice Cream Batok Kelapa adalah menu baru yang ada di Rumah Es dan menjadi favorit yang sellau dipesan pengunjung. Sebenarnya untuk es yang satu ini sama dengan menu es yang lainnya Cuma tempatnya khusus dari batok kelapa. Selain ada banyak topping di dalamnya, seperti jelly, mises, marsmellow dan disiram susu kental coklat. Untuk menu es yang satu ini harga yang ditawarkan 12 ribu, masih murah banget.


Bagi teman – teman yang tertarik untuk mencoba berbagai macam varian Ice Cream bisa datang langsung ke Rumah Es di Perumahan Nilam Bangkalan. Rumah Es ini buka setiap hari, untuk hari senin sampai jum’at buka dari jam 4 sore sampai jam 9 malam, khusus hari sabtu buka dari jam 2 siang sampai jam 9 malam. Hari minggu dan hari libur nasional tetap buka dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam

Sore itu kami berdua benar - benar puas bisa menikmati berbagai macam varian Ice Cream di Rumah Es. Rasanya yang enak ditambah lagi dengan harganya terjangkau dan nggak mahal, yang bikin semakin betah disana itu kalau pas sore hari bisa makan Ice Cream dengan suasana perumahan yang ramai. Untuk lima porsi Ice Cream yang kami pesan total keseluruhannya cuma 44 ribu dan itu sudah bisa membuat kami sangat kenyang. :D



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

14 komentar

  1. Itu dekat dengan toko bapak saya.
    Wah, bisa ke sana setiap aku bantu bapak kalau begitu.
    Semoga semakin banyak inovasi kuliner kek ginian di Bangkalan.

    BalasHapus
  2. ini kenapa saya jadi ngileerr..

    Mbak Riska tanggung jawab :D

    BalasHapus
  3. aih jadi ngiler ini mah pengen es krim... :D

    BalasHapus
  4. Hadooooh...pagi-pagi liat postingan ginian, bikin ngiler aja kau ni dek :D

    BalasHapus
  5. ice cream batok kelapa bikin saya ngiler mbak :D, enak banget tuh

    BalasHapus
  6. Hmm.. Siang2 panas makan es krim.. Mantap..

    BalasHapus
  7. Es bathok, ada kelapanya nggak?

    BalasHapus
  8. Wah, lihat fotonya aja udah ngiler..
    apalagi sampai bisa nyicipi.

    BalasHapus
  9. kalau di balikpapan mirip es krim goreng mang oncel, bikin kepengen aja :D

    BalasHapus
  10. Ice creamnya menggoda banget mbak.. :D
    Semoga kapan - kapan bisa ke Madura buat mencicipinya :D

    BalasHapus
  11. tiap lihat eskrim tuh pasti kepingin, semua yang manis-manis deh pokoknya wkwk

    BalasHapus
  12. Kalau ke Madura ajak ke sini yaaa

    BalasHapus
  13. aku tuh sukaaa banget ama es krim ;D.. apapun namanya, kalo bahan dasarnya es krim udh pasti doyanlah ;D.. ini tempat pasti jd fav ku banget kalo nanti bisa kesana :).. mungkin aku lgs pesen aneka rasa kali ya mbak ;D

    BalasHapus
  14. bulan depan mau ke surabaya nih, bisa kali yaa nyebrang ke bangkalan sekalian nyobain kulinernya

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram