MyJNE, Untuk Cek Pengiriman dan Transaksi Online Shoppingku

Kamis, Maret 31, 2016

Di era digital seperti ini semua aktivitas semakin terasa mudah dan cepat. Ditambah lagi banyaknya bisnis e commerce di Indonesia membuat jasa pengiriman barang menjadi salah satu peranan penting lancarnya bisnis e commerce. Sejak beberapa bulan yang lalu saya pun aktif berjualan online, walaupun masih bisa dikatakan barusan namun saya tidak ingin main – main dalam memberikan pelayanan kepada kustomer. Saya tahu betul meskipun jual beli online sedang banyak diminati namun tidak sedikit masyarakat diluar sana yang merasa khawatir mengadakan jual beli di dunia maya. Terutama bila barang yang dibeli memiliki harga yang mahal.

Maraknya penipuan online juga menjadi salah satu alasan kenapa harus berhati – hati ketika berbelanja online. Saya menyadari hal tersebut, karena itu dari awal memulai bisnis online ini saya serius untuk memperhatikan kenyamanan dan kemudahan semua calon kustomer di online shop milik saya. Aktivitas berbelanja online memang sangat menyenangkan dan sangat praktis, karena kita tidak perlu lagi keluar rumah untuk berbelanja. Semakin menyenangkan lagi apabila didukung dengan jasa pengiriman yang profesional, cepat dan mudah.

Sebelum aktif berjualan online saya dulunya juga menjadi kustomer, selain memilih online shop yang terpercaya saya juga pasti meminta agar barang pesanan saya dikirim melalui jasa pengiriman pilihan saya. Jasa pengiriman kok pilih – pilih ? itu penting sekali lho ya, sejak pertama saya selalu menggunakan JNE untuk mengantarkan barang pesanan milik saya. Alasannya sederhana, menurut saya JNE simple dan mudah untuk cek dimana barang saya berada.


Teman – teman pasti sudah tidak asing kan dengan JNE ini ? saya yakin semua online shop hampir semuanya meggunakan JNE untuk mengirim barang kepada kustomernya. Lalu, ketika sekarang saya menjadi penjual hal apa saja yang sudah saya rasakan apalagi ini pengalaman pertama bagi saya berjualan online. Jelas, tidak jauh berbeda sampai saat ini alhamdulillah saya merasa sangat dimudahkan apalagi JNE mempunyai fitur aplikasi yang bisa di unduh dalam smartphone.

Pengalaman Pertama Mengirim Barang Dengan Aplikasi MyJNE


Seperti yang kita tahu aplikasi mobile memiliki banyak pengguna seiring meningkatnya juga jumlah smartphone. Aplikasi mobile memudahkan kita untuk mencari tahu langsung informasi yang kita inginkan. Terutama untuk mendukung bisnis kita, aplikasi mobile akan banyak memberikan manfaat. Hal tersebut otomatis tidak disia – siakan oleh JNE, untuk semakin membuat nyaman dan penggunaan waktu yang efisien dengan meluncurkan aplikasi MyJNE pada bulan Februari kemarin.

MyJNE termasuk dalam JNE 7 Magnificent yang secara resmi diluncurkan oleh JNE Express. Ada 7 program dan layanan baru selain MyJNE ini, seperti :

1. Aplikasi MyJNE
2. JNE-Pop Box
3. @box prepaid
4. Promo JNE Super Speed
5. JNE International Shipment
6. Layanan CD Music
7. JNE Trucking

MyJNE adalah aplikasi berbasis android yang terhubung dengan nomor telepon pelanggan JNE Express, baik sebagai pengirim maupun sebagai penerima. Melalui aplikasi ini pengguna dapat mengecek tarif pengiriman JNE seluruh Indonesia, memonitor status pengiriman, mengecek lokasi JNE terdekat serta melakukan transaksi jual beli antara penjual dan pembeli individual

Bapak Budi Kustomer Pertama Dengan Layanan MyJNE


Beberapa bulan terakhir ini saya sedang serius menjalankan bisnis online yang menjual Kamus Bahasa Madura. Saya menyadari betul bahwa kamus ini masih langka dan banyak dicari oleh para pembeli. Apalagi kita semua tahu bahwa orang Madura tersebar dibayak daerah di Nusantara. Mencari dan mendapatkan kepercayaan dari kustomer merupakan hal penting bagi online shopping baru seperti milik saya ini.

Ceritanya suatu hari handphone saya berbunyi, nada sms masuk dan langsung saya baca seketika itu. Ternyata pesan sms yang saya terima dari calon pembeli Kamus Bahasa Madura, namanya bapak Budi dari Banyuwangi. Beliau memesan satu buah kamus saat itu juga langsung mengirim sejumlah uang sesuai harga kamus yang saya jual ke nomor rekening saya.

Otomatis saya merasa calon pembeli pertama saya ini sudah memberikan kepercayaan kepada saya tanpa tanya-tanya lagi kejelasan online shopping saya. Jelas saya tidak mau mengecewakan bapak Budi dengan segera mengirim barang pesanan beliau. Seperi biasa saya menggunakan JNE dan kali ini aktivitas pengiriman barang menjadi semakin mudah dengan aplikasi MyJNE.

Fitur-Fitur yang Ada di Aplikasi MyJNE


MyJNE memberikan fitur-fitur baru yang tidak ada pada aplikasi sebelumnya, misalnya sejarah data pengiriman yang terhubung dengan nomor telepon pengguna serta fitur My COD yang memungkinkan para individual seller menghubungkan data pesanan toko online dengan sistem JNE.

Aplikasi mobile MyJNE ini sungguh sangat nyaman digunakan, aplikasi ini berukuran 7,2 MB dan tidak membuat kita merasa khawatir proses loading lama dan Blank. Dengan mengunduh aplikasi ini di Google Play kemudian kita akan masuk ke dalam aplikasi, pada tampilan Home kita akan disuguhi beberapa fitur.

1. My Shipment & Search Air Waybill


Pada tampilan pertama di Home ada dua fitur aplikasi MyJNE yang bisa kita coba langsung. Seperti, My Shipment dan Search ketiga fitur ini sungguh sangat memudahkan saya memperhatikan pengiriman kamus hingga sampai tepat waktu kepada kustomer.

- My Shipment, untuk mengecek status pengiriman sendiri dan kiriman orang lain dengan lebih cepat. - Search Air Waybill, melalui fitur ini kita bisa memasukkan nomer resi JNE kemudian klik Search. Kalau tidak ingin repot kita juga bisa men-scan barcode nomer resi JNE dengan cara klik icon kamera berwarna biru, mudah kan ?.

My Shipment

Scan Barcode Nomer resi JNE


Dengan adanya dua fitur ini saya tidak lagi perlu kerepotan membuka laptop untuk masuk ke website resmi milik JNE dan mencek status pengiriman. Dengan satu nomor di smartphone saya sudah bisa terhubung dengan semua pelanggan JNE Express. Begitu juga dengan pengiriman kamus kepada pembeli pertama saya bapak Budi di Banyuwangi.

2. My Tariff


Sudah menjadi kebiasaan setiap akan berbelanja online kita akan cek tarif pengiriman yang dikenakan. Pada tampilan home sudah ada fitur My Tariff yang akan memudahkan kita untuk mengetahui tarif pengiriman. Fitur My Tariff di aplikasi MyJNE ini sudah akurat dan tidak perlu lagi bertanya kepada pemilik online shopping. Jangan lupa juga untuk memasukkan berat beserta volumenya.


Kemudian saya mencoba cek tarif pengiriman dari Bangkalan ke Banyuwangi. Tidak membutuhkan waku yang lama, tarif yang saya cari muncul juga. Untuk pengiriman dari Bangkalan ke Banyuwangi ternyata sebesar Rp. 15.000,- untuk OKE ( Ongkos Kirim Ekonomis ), Rp. 17.000,- untuk REG ( Regular ).

3. JNE Nearby


Fitur selanjutnya adalah JNE Nearby, dengan adanya fitur ini memudahkan kita untuk mengetahui lokasi JNE terdekat. Cara menggunakannya juga sangat mudah, cukup mengaktifkan GPS pada smartphone kita dan langsung klik menu JNE Nearby dan menekan tombol berwarna merah lalu akan muncul peta dan lokasi tempat kita berada. Setelah itu akan ada ikon berwarna biru yang menunjukkan lokasi kita pada saat itu. Jika ada ikon JONI maka disitulah lokasi JNE terdekat


4. My COD


My COD adalah fitur terakhir yang ada di aplikasi MyJNE dan menurut saya ini aplikasi yang sangat bagus. My COD sendiri memiliki kepanjangan Cash On Digital, jadi secara otomatis saya tidak perlu merasa khawatir lagi kustomer merasa tidak percaya. Karena ketika proses transaksi berlangsung uang akan di simpan dengan aman oleh pihak JNE. Kemudian setelah barang diterima oleh kustomer maka uang baru akan bisa dicairkan. Hal ini jelas meminimalisir tindakan penipuan, dengan rekening bersama yang disediakan oleh JNE akan membuat transaksi menjadi lebih fair.

Tidak hanya itu, kita bisa menarik uang (cash out), dan bertransaksi melalui virtual account. Namun sementara ini virtual account hanya berlaku di bank Permata. Sedangkan top-up bisa dilakukan dari berbagai bank yang kita inginkan dengan potongan biaya dari pihak bank.



5. My COD Wallet


Pada fitur My COD Wallet ini kita diminta untuk mengisi data secara lengkap tidak terkecuali dengan data account bank milik kita. My COD Wallet ini digunakan untuk pembayaran transaksi My COD, seperti :

- Transfer dana yang terpotong bisa kembai kepada rekening tujuan melalui aplikasi mobile.
- Kita bisa melakukan Cash Out.
- Kita juga bisa melakukan TOP Up melalui virtual account namun untuk sementara ini virtul account hanya berlaku di bank Permata.

Untuk Top Up di bank lainnya juga masih bisa dilakukan dengan langkah – langkah sebagai berikut :


- Pada ATM pilih menu Transfer dan pembayaran virtual account bagi pengguna bank Permata.
- Masukkan 16 digit nomer virtual account dengan ditambahkan angka 013 untuk selain pengguna bank permata.
- Kemudian pada layar akan muncul PT. Jalur Nugraha Ekakulir, pilih Oke.
- Transaksi Top Up berhasil.

Aplikasi MyJNe benar – benar memudahkan saya dan kustomer pun merasa nyaman serta saling percaya, alhamdulillah cukup dengan waktu 2 hari kamus kiriman saya diterima oleh bapak Budi. Bisnis online shopping milik saya pun berjalan lancar dan semoga tetap terus sukses untuk kedepannya. Teman – teman, juga punya pengalaman seru menggunakan MyJNE ? yuk, bagi kepada yang lain supaya juga bisa merasakan kemudahan MyJNE seperti kita.



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

9 komentar

  1. Halo,

    Makasih yaa udah ikutan giveaway ini. Semoga beruntung! Aheu :D

    Salam,
    @pungkyprayitno

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Mbak Pungky.

      Makasi juga sudah bisa ikut giveaway ini :)

      Hapus
  2. simple banget ya. Semua bisa dilakukan hanya dalam genggaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, eh kamu harus ikutan coba aplikasinya ya :)

      Hapus
  3. Dengan MyJNE segala hal yang terkait dengan jual-beli online jadi lebih oke :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mas, dengan JNE aku nggak repot lagi cek-cek tarif :)

      Hapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram