Sun Life Future Plan, Seminar Workshop & Exhibition Roadshow Surabaya

Selasa, Mei 31, 2016

Memiliki masa depan yang cerah dan terjamin pastilah menjadi mimpi bagi setiap orang tidak terkecuali dengan saya. Namun, masa depan cerah itu akan tetap menjadi mimpi selama saya tidak mengusahakan untuk menjadi nyata. Bulan Juni besok saya genap berusia 24 tahun, satu tahun sebelum usia seperempat abad dan itu artinya saya semakin dewasa dalam segi usia. Diusia yang semakin bertambah ini, otomatis bertambah pula tanggung jawab dan semoga diiringi dengan kedewasaan yang lebih baik. Dewasa dalam mengambil juga memilih pilihan-pilihan dalam hidup karena kita tahu bahwa hidup ini adalah pilihan lengkap bersama konsekuensinya. Mungkin ketika beberapa tahun yang lalu saya masih bisa memilih dan melakukan hal apa saja yang saya inginkan tanpa berpikir dampak baik juga buruknya.

Tahun ini dan setiap tahun kedepannya saya tidak bisa berbuat asal-asalan seperti itu. Tidak akan ada yang bertanggung jawab atas pilihan saya jika saya bertindak ceroboh dan tidak dengan perhitungan. Begitu pula dengan hidup yang berisi banyak mimpi-mimpi yang butuh usaha untuk mewujudkannya. Sekitar sebulan yang lalu saya mengambil sebuah keputusan besar dalam hidup dengan memutuskan untuk resign dari pekerjaan.



Saya sadar betul bahwa setiap pilihan akan ada konsekuensinya, ketika memutuskan untuk berhenti bekerja itu artinya saya harus mempersiapkan pekerjaan yang baru. Karena tidak mungkin jika diusia dewasa seperti saat ini saya masih merepotkan kedua orang tua terutama dalam urusan finansial. Kemudian beberapa hari yang lalu terpaksa saya harus rawat jalan karena positif terkena Demam Berdarah, jelas tidak sedikit biaya yang harus saya keluarkan untuk bisa sembuh.

Sekitar 4 hari lamanya saya menjalani rawat jalan dan dalam waktu beberapa hari saja saya sudah menghabiskan biaya sekitar 2 juta. Bagi saya, 2 juta itu tidak sedikit apalagi dipakai untuk berobat mungkin kalau saya pakai untuk investigasi ataupun menabung nilainya cukup lumayan besar. Tapi tidak apa-apa, menyesal pun percuma bukan? Sekarang waktunya saya untuk sadar dan kembali mengatur keuangan secara lebih terorganisir lagi.

Memang betul kata orang, kalau kita harus mempersiapkan biaya-biaya yang tidak terduga dalam hidup terutama biaya kesehatan. Jujur, saya masih bingung bagaimana cara mengatur finasial dengan baik dan benar. Hari Minggu kemarin Sunlife Indonesia kembali mengadakan sebuah workshop di Kota Surabaya. Sebelumnya saya sudah pernah hadir dalam acara serupa yang diadakan oleh salah satu perusahaan asuransi terbesar ini. Sedikit banyak saya mendapatkan banyak pelajaran tentang cara mengatur finansial dan pada workshop yang kedua ini bukan hanya membahas tentang finansial saja.

Baca Juga : Belajar Mengelola Keuangan Bersama Sun Life dan Alviko Ibnugroho

Serunya Sun Life Tye Dye Craft dan Sun Life Virtual Reality


Acara Seminar dan Exhibition Roadshow Sun Life Future Plan ini diadakan selama tiga hari dari tanggal 27, 28, sampai 29 Mei 2016 di Supermall Pakuwon Indah Surabaya. Tidak seperti seminar pada biasanya, acara kali ini juga dilengkapi dengan booth exhibition Sun Life Plan yang bisa teman-teman kunjungi. Kita tidak lagi belajar tentang keuangan tapi juga bisa ikut berpartisipasi dalam event-event seru Sun Life Plan Future kemarin.

Pada workshop Sun Life Plan Future ini para pengunjung bisa mengikuti serunya belajar Tye Dye Craft. Seperti yang teman-teman ketahui Tye Dye Craft ini merupakan salah satu kegiatan mewarnai yang sangat menyenangkan. Kita bisa memberi warna pada suatu objek yang berbahan kain dengan mencampurkan banyak warna sehingga menghasilkan warna-warni yang sangat indah dilihat



Kerajinan ini sangat menyenangkan untuk dilakukan selain itu Tye Dye Craft berpotensi untuk dijadikan sebagai bisnis di masa depan. Memiliki bisnis di masa depan itu penting sekali terutama bagi teman-teman yang mulai jenuh menjadi karyawan dan ingin membuka usaha sendiri. Meskipun sepertinya bisnis kerajinan tangan Tye Dye Craft ini belum sepopuler bisnis kerajinan tangan lainnya. Tapi kalau kita bisa konsisten dalam melakukan sesuatu pasti suatu saat akan menghasilkan juga.

Bukan hanya Tye Dye Craft saja lho, di Sun Life Future Plan Workshop ini kita akan diajarkan cara membuat Leather Craft juga. Seperti membuat dompet, sepatu, gantungan kunci dan lain sebagainya. Tidak ketinggalan juga kita ada pelatihan membuat casing iPhone dari S.Land Leathergoods, Sun Life Indonesia memberikan perhatian lebih pada calon pengusaha ya. Rasanya jarang-jarang sekali ada workshop yang sekeren ini. Satu catatan penting, dibutuhkan ketelitian dalam membuat Leather Craft supaya produk yang dihasilkan berkualitas.

Di workshop Sun Life Plan Future ini ada salah satu kegiatan yang sangat menarik perhatian pengunjung Supermal Pakuwon yakni para pengunjung bisa mengintip masa depan di booth Sun Life Virtual Reality, Wow!. Siapa yang tidak mau mencoba masa depan melalui alat Virtual yang disediakan? Tapi ini bukan alat peramal yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang lho ya, hehehe.


Dengan video 360 Sun Life Virtual Reality kita bisa melihat masa depan. Dalam sebuah box besar yang bisa memuat sekitar tiga orang ini tidak sedikit pengunjung yang penasaran untuk mencobanya. Selain booth Tye Dye Craft dan Sun Life Virtual Reality pada acara kemarin ada satu booth yang penting untuk diketahui. Booth brightadvisor.co.id, di booth ini para pengunjung bisa Sign Up dan berhak mendapatkan Waffle yang lezat, Nyam!.

Brightadvisor.co.id merupakan platform edukasi yang bertujuan supaya masyarakat mau mengenal asuransi tanpa merasa ragu lagi. Lebihnya lagi, di Brightadvisor.co.id ini bisa memudahkan masyarakat untuk bertanya langsung pada agen tanpa harus difollow up.


Rasa Aman dan Nyaman di Masa Depan #LebihBaik Bersama Sun Life Plan Future


Di hari ketiga Sun Life Plan Future mengadakan seminar keuangan dan tempatnya masih sama di Supermal Pakuwon Indah Surabaya. Seminar Sun Life Plan Future ini mendatangkan dua orang pembicara yang expert dalam bidangnya masing-masing. Joice Tauris Santi adalah seorang jurnalis dan penulis sedangkan pembicara kedua yakni Aditya Agung yang seorang blogger sekaligus Fotografer terkenal.

Seperti biasanya selain dihadiri oleh peserta yang ingin belajar mengelola keuangan, para blogger juga turut hadir memeriahkan rangkaian acara seminar Sun Life Plan Future ini. Acara seminar Sun Life Plan Future akan berjalan semakin seru dengan hiburan Stand Up Comedy dari @Karjokarjo buat teman-teman yang asli Surabaya pasti sudah tidak asing lagi, bukan?.

Acara seminar Sun Life Plan Future dimulai dengan sambutan dari AVP Head of Branding & Communication SLFI Bapak Kaiser. Para peserta seminar begitu antusias dengan sambutan dari Bapak Kaiser seperti yang beliau sampaikan bahwa, “Asuransi itu penting, tapi masih banyak orang yang belum tahu kalau itu penting.” Salah satunya saya, sampai akhirnya saya harus mengeluarkan biaya tidak sedikit untuk biaya berobat ketika jatuh sakit kemarin.


Mungkin kalau sedari awal saya sudah percaya penuh untuk memiliki asuransi saya tidak akan serepot kemarin dan biaya yang dikeluarkan lebih terorganisir. Tapi ya sudahlah, mungkin inilah salah satu tujuan diadakan acara Sun Life Future Plan Kemarin. Untuk membantu memberikan wawasan perencanaan masa depan yang #LebihBaik terutama bagi anak muda seperti saya ini.

Kemudian dilanjut sesi seminar Sun Life Future Plan oleh Joice Tauris Santi tentang perencanaan keuangan. Para peserta seminar dibuat tercengang dengan pertanyaan awal dari mbak Joice ini, “ Kapan sebaiknya kita mulai merencanakan keuangan?”. Menurut mbak Joice ada 64% orang khawatir tentang kesehatan dan 36% orang sudah memiliki proteksi kesehatan mandiri. Saya sendiri termasuk kedalam 64% orang yang masih khawatir bagaimana kesehatan saya ini?.


Padahal semakin dini kita mempersiapkan dana untuk berinvestasi maka semakin besar kesempatan untuk mengumpulkan aset. Semakin harinya kita tidak semakin muda, kita akan semakin tua dan mulai banyak keterbatasan yang akan kita rasakan. Saat waktu itu rasanya sudah telat sekali jika ingin berinvestasi untuk masa depan yang #LebihBaik.

Masih menurut mbak Joice, Kita harus melindungi diri kita dari risiko finansial seperti kecelakaan, berhenti bekerja, sakit parah, kematian dan lain sebagianya. Oleh sebab itu kita harus mencari langkah yang terbaik dan benar meminimalisir risiko finansial dengan menyimpan dana kita pada perusahaan asuransi. Rasa nyaman dan aman dalam hidup itu dibutuhkan oleh setiap orang dan itu pasti, rasa aman di masa depan merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa ditolak. Mulai sekarang, dapatkan rasa aman dan nyaman di masa depan kita nantinya.



Menghasilkan Uang Melalui Hobi Untuk Masa Depan #LebihBaik


Sesi kedua dalam seminar Sun Life Plan Future ini membuat peserta semakin bersemangat, peserta akan mendapatkan pengalaman tentang menghasilkan uang dari hobi. Blogger sekaligus Fotografer Aditya Agung sudah siap membagikan cerita pengalamannya kepada semua peserta seminar. Bicara soal hobi, siapa yang tidak punya hobi ? semua orang pasti punya hobi.

Hobi bagi saya merupakan suatu kegiatan yang saya suka dan sering dilakukan berulang-ulang. Lalu, bagaimana ceritanya dari hobi kita bisa mendapatkan uang? Aditya Agung sudah membuktikan semua itu dan bisa!. Dengan menulis di blog dan menghasilkan foto-foto yang bagus Aditya mampu meraup penghasilan.


Kita bisa memanfaatkan media sosial supaya karya yang kita hasilkan bisa dilihat dan dinikmati para pengguna media sosial lainnya. Sama halnya saat saya selesai menulis di blog ini setelah itu saya terbiasa membagikan tulisan saya pada media sosial. Dalam seminar kemarin Aditya juga memberikan tips fotografi upload foto ke platform media sosial.

Misal saja, ketika mengupload foto pada akun Instagram penggunaan hastag itu sangatlah penting. Adanya hastag memudahkan foto kita untuk bisa ditemukan oleh orang lain bahkan mungkin ditemukan oleh “rezekinya”, hehehe. Sesi seminar dilanjutkan dengan tanya jawab dari peserta, ketiga peserta dengan pertanyaan terbaik mendapatkan merchandise dari Sun Life Indonesia. Selain itu dipilih juga tiga peserta lainnya yang berhak memenangkan kompetisi live tweet, wow!.


Kegiatan workshop, exhibition dan seminar bersama Sun Life Plan Future selama tiga hari pun selesai. Semua peserta mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman baru khususnya dalam menata masa depan yang #LebihBaik. Sekali lagi, rasa nyaman dan aman pada masa depan itu suatu kebutuhan bagi semua orang. Yuk, mulai kumpulkan dan persiapkan sejak sekarang juga

Sumber Foto : @SunLife_ID



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

10 komentar

  1. tye dye,
    saya suka saya suka
    seru acaranya ya mbk, ada workshopnya jugak euy

    BalasHapus
  2. Memang investasi untuk kesehatan penting banget ya mba. Saya juga ngerasain banget kalo pas lagi sakit, suka kerasa banget pengeluarannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak, kemarin pas sakit aduh susahnya nggak ada investasi atau asuransi.

      Hapus
  3. Mumpung masih muda, segera pikirkan buat investasi...hehehe #sokbijak

    BalasHapus
  4. saya lebih seneng investasi emas mba ketimbang asuransi.. bingung mau milih asuransi yg mana soalnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh begitu ya mbak, yang penting pilih sesuai kebutuhan kita aja mbak :)

      Hapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram