Cerita Ramadhan | Tampil Rapi dan Cantik Saat Berhijab Dengan Ciput

Sabtu, Juni 25, 2016

Saat pertama kali memutuskan untuk memakai kerudung saya masih merasa ragu-ragu, tapi saya ingat bahwa memakai kerudung adalah kewajiban bagi semua muslimah. Hingga akhirnya alhamdulillah saya sudah berhijab selama 6 tahun lamanya semoga bisa tetap terus istiqomah sampai seterusnya. Wajar bila diawal saat memakai kerudung dulu saya sempat merasa panas, gerah dan kerepotan. Mungkin hal tersebut juga pernah dirasakan oleh teman-teman saat pertama kali menggunakan hijab. Tapi saya mencoba untuk terus meyakinkan diri sendiri kalau kewajiban memakai kerudung ini adalah perintah langsung dari Allah. Pasti ada hikmah dan manfaat kebaikan untuk diri kita, salah satunya dengan memakai kerudung bisa mengurangi niat buruk orang lain.

Semakin tahun semakin banyak para muslimah yang memutuskan untuk menggunakan hijab, bahkan kalau saya perhatikan perbandingannya lebih banyak yang menggunakan hijab daripada yang tidak. Hal tersebut berpengaruh dengan semakin banyaknya desainer hijab yang menghasilkan hijab dengan varian model dan motif yang beraneka ragam. Model hijab yang cantik seakan menjadi magnet tersendiri bagi wanita muslim sehingga mampu membuat mereka untuk semakin yakin menggunakan hijab sehari-hari.

Perhatikan Bahan Saat Memilih Kerudung


Meskipun begitu saya tetap tidak bisa begitu saja memilih model hijab, dengan model hijab yang cantik dan menarik belum tentu nyaman untuk saya kenakan. Bahan yang digunakan menjadi prioritas saya dalam memilih hijab atau kerudung. Kebetulan saya suka sekali dengan hijab berbentuk segi empat karena mudah digunakan dan sederhana sekali. Hijab model segi empat itulah yang pertama kali saya gunakan saat berhijab dulu.

Dengan bermodal satu jarum pentul dan satu bros saja kita sudah bisa menggunakan hijab model segi empat. Tapi untuk teman-teman yang baru atau ingin menggunakan hijab saya sarankan untuk memperhatikan bahannya. Hal itu supaya tidak membuat teman-teman kesulitan karena licin saat menggunakan hijab, namun semua itu bisa teratasi dengan penggunaan ciput atau dalaman.


Saya sendiri sebenarnya tidak terlalu rajin menggunakan ciput atau dalaman ini sehari-hari. Tapi ketika menghadiri acara formal saya selalu membutuhkan bantuan ciput supaya bentuk kerudung saya bisa rapi dan tahan lama. Karena terbiasa tidak menggunakan ciput saya suka kerepotan kalau sedang makan dengan posisi kepala tertunduk. Biasanya kerudung yang saya pakai melosot ke bawah dan rambut pun mulai keluar.

Bagi para muslimah ciput memiliki fungsi yang sangat penting. Fungsi ciput pada hakikatnya mampu menutupi rambut dari khimar yang menerawang atau tipis. Selain itu ciput berfungsi untuk mencegah rambut yang suka keluar seenaknya, serta menjadikan ciput sebagai salah satu jalan untuk dapat berkreasi dengan khimar atau kerudung yang akan digunakan oleh para penggunanya.

Ragam Model Ciput Untuk Dalaman


Ciput merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi para muslimah. Ciput ini mampu membantu para pengguna khimar untuk dapat tampil rapi menggunakan khimar. Teman-teman yang terbiasa menggunakan khimar setiap hari bahkan sepanjang hari tentu akan terbantu dengan kehadiran ciput yang akan membuat gaya kerudung tetap rapi.

Merujuk pada penggunaan khimar dalam aktivitas muslimah setiap harinya. Untuk tampil gaya, para muslimah terkadang harus menggunakan khimar dengan berbagai bahan. Salah satunya adalah khimar yang berbahan tipis atau transparan. Khimar yang berbahan tipis seperti bahan crepe, chiffon, wollpeach, dan lain-lain umumnya sering digunakan untuk acara–acara formal disebabkan kemudahan dalam mengkreasikan.

Dalam penggunaannya, khimar yang tipis dapat digunakan oleh para muslimah untuk menghadiri acara – acara formal. Penggunaan khimar yang transparan dapat disiasati dengan penggunaan ciput yang akan melapisi khimar yang digunakan, sehingga walaupun dikreasikan sedemikian rupa, rambut tidak terlihat dan akan membuat teman-teman tampil lebih rapi. Maka dari itu, penting bagi kita semua yang menggunakan kerdung untuk selalu memerhatikan bahan khimar yang akan digunakan dalam menjalani setiap aktivitas.

Baca Juga : Cerita Ramadhan | Muslimah Bisa Tampil Trendy Dengan Coat

Berikut ini tujuh model ciput atau dalaman dengan warna soft yang biasa dipakai sehari-hari maupun saat menghadiri acara formal.

1. Ciput Bandana

Ciput model bandana ini bukan termasuk dalaman hijab karena bentuknya yang hanya bisa menutup sekitaran dahi ciput ini banyak digunakan sebagai aksesoris. Selain itu juga berfungsi membantu rambut poni supaya tetap rapi dan tidak keluar. Saya sarankan teman-teman menggunakan hijab atau kerudung yang memiliki bahan tebal, kalau teman-teman memakai hijab yang tipis wajib memakai dalaman lagi.


2. Ciput Turban

Untuk ciput turban sendiri sebenarnya tidak berbeda jauh dengan bandana, ciput turban juga tidak sampai menutup leher. Bedanya jika ciput bandana kedua ujungnya berlubang, ciput turban ini seperti kerudung yang hanya membungkus rambut. Model ciput turban ini sedang ngetrend digunakan oleh banyak muslimah, karena bisa langsung pakai tanpa diapisi khimar atau kerudung.


3. Ciput Ninja atau Ciput Anti Tembem

Diberi nama ninja karena bentuknya seperti ninja, ciput model ini juga banyak digunakan karena juga berfungsi memberi kesan tirus untuk mereka yang memiliki pipi tembem. Ciput Ninja juga termasuk dalaman yang paling banyak diminati karena bisa menutup sampai leher. Sehingga aman dipakai dalaman hijab atau kerudung .


4. Ciput dengan Pet

Model ciput dengan pet adalah ciput paling favorit bagi saya pribadi, kesan rapi dan formal bisa didapatkan ketikan menggunakan ciput dengan pet. Karena terdapat pelindung seperti topi sehingga hijab tidak langsung menyentuh dahi dan bisa menyamarkan bentuk wajah pemakainya. Semua bentuk wajah cocok mengenakan ciput Pet atau ciput Segitiga.


5. Ciput dengan Cepol

Cepol yang dimaksud adalah sanggul mini yang terdapat di belakang hijab. Bagi yang berambut pendek, bisa menyamarkan bentuk dan volume rambut. Model ciput dengan cepol dibagian belakang ini menjadi favorit ibu-ibu pejabat.Tetapi akhir-akhir ini beberapa pandangan agama menilai bahwa dilarang menggunakan ciput dengan cepol karena lebih mirip dengan punuk unta. Dimana ada penambahan konde untuk membuat teman-teman terlihat lebih elegant dan dewasa.


6. Ciput Tanpa Pet

Ciput tanpa pet sendiri tidak jauh berbeda dengan ciput dasar, modelnya yang sedikit berkerut dan bertumpuk dibagian depan memberikan kesan cantik saat digunakan. Meskipun terlihat sederhana namun ciput tanpa pet ini nyaman sekai dipakai sehari-hari lho.


7. Ciput Comfort

Ciput yang terakhir adalah ciput comfort, saya rekomendasikan model ciput comfort ini untuk teman-teman yang berhijab. Seperti namanya ciput comfort ini sangat nyaman dipakai karena tidak membuat kepala kita sakit saat menggunakan ciput terlalu lama. Terutama bagi teman-teman yang menggunakan kacamata pasti terkadang terasa sakit karena gagang kacamat kita ditekan saat memakai ciput.


Dari ketujuh jenis ciput yang saya ceritakan tadi saya sendiri paling suka menggunakan model ciput dengan pet. Alasannya ketika menggunakan ciput tanpa pet akan menunjang bentuk wajah saya yang lebar menjadi sedikit terlihat lonjong dan tirus. Selain itu model ciput dengan pet biasanya memiliki tali di bagian belakang yang berguna untuk menahan rambut panjang saya supaya tidak jatuh ke bawah.

Penggunaan khimar atau kerudung dengan bahan transparan ini dapat disiasati dengan memakai ciput yang akan melapisi khimar yang digunakan. Bagaimana, teman-teman semakin yakin untuk terus menggunakan ciput supaya kerudung atau khimar kita selalu rapi?. Semoga informasi ini bisa membantu teman-teman dalam memilih model ciput yang cocok sesuai bentuk wajah kita.

Sumber Foto : HijUp.com



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

7 komentar

  1. banyak ya variannya. cantik-cantik lagi
    :v

    BalasHapus
  2. Favorit saya juga ciput dg pet. Menurut saya, memudahkan pakai jilbabnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, terus simple dipakai meskipun suka kesulitan kalau lagi pakai helm.

      Hapus
  3. bagus artikelnya menarik untuk di baca.... good job
    salam kenal...

    BalasHapus
  4. Hai mba salam kenal, info ciputnya komplit plit nih jadi nambah wawasan soal daleman jilbab, tapi sayangnya gak semua toko punya koleksi ciput yang bervariasi :)

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram