Resep Masakan | Cara Mudah Membuat Ayam Bumbu Kelapa

Senin, Juni 13, 2016

Lahir, besar dan tinggal di Madura membuat saya memiliki kebiasaan-kebiasaan yang unik terutama kebiasaan saat bulan Ramadhan tiba seperti saat ini. Salah satunya di keluarga saya yang mempunyai menu berbuka Ramadhan yang paling digemari. Ayam Bumbu Kelapa atau yang biasa kami sebut Ayam Bumbu Bebek. Sejak dulu kami sekeluarga memiliki kebiasaan bahkan sudah menjadi sebuah kewajiban supaya menu hidangan Ayam Bumbu Kelapa ini ada di meja makan saat waktu berbuka puasa tiba. Sebenarnya daging Ayam yang digunakan pada resep Ayam Bumbu Kelapa ini bisa diganti dengan daging bebek cuma karena kondisi kesehatan kedua orang tua yang tidak sebugar beberapa tahun yang lalu, jadi mau tidak mau kami tetap menggunakan daging ayam.

Selain daging bebek dan daging ayam, daging sapi bisa menjadi pengganti. Tapi lagi-lagi kondisi kesehatan orang tua yang tidak memungkinkan untuk mengkonsumsi daging sapi. Berbicara tentang bebek teman-teman pasti banyak yang sudah tahu kalau bebek adalah salah satu kuliner khas dari Madura. Di Madura terutama di Kota Bangkalan tempat saya tinggal banyak sekali warung dan restoran yang menyajikan menu bebek, salah satunya Bebek Sinjay yang terkenal itu.


Hari ini kebetulan saya mendapatkan pesanan nasi kotak untuk acara buka puasa bersama teman-teman komunitas blogger Plat-M sebanyak 20 kotak nasi. Karena acara yang diadakan mendadak dan saya sedang tidak ada ide untuk memasak apa, maka saya putuskan untuk memasak Ayam Bumbu Kelapa ini. Sesuai permintaan teman-teman supaya ditambah sambal pencit yang khas.

Sambal Pencit ini juga merupakan sambal khas dari Madura, biasanya saat sedang menikmati kuliner bebek selalu dihidangkan bersama dengan Sambal Pencit. Rasanya yang pedas ditambah dengan rasa pencit atau mangga muda yang kecut dan segar. Ayam Bumbu Kelapa dan Sambal Pencit merupakan menu berbuka puasa yang enak sekali terutama bagi teman-teman yang suka pedas.

Cara membuat menu Ayam Bumbu Kelapa ini juga cukup mudah dan praktis, semua bahan dihaluskan menjadi satu dan hanya butuh sedikit kesabaran saja. Resep ini merupakan resep turun temurun dari almarhum nenek dan alhamdulillah cukup banyak yang suka. Bumbunya benar-benar meresap ke setiap serat daging ayam setelah “diungkep” dimasak selama 15 menit saja. Bukan hanya rasa pedas yang terasa tapi gurih, lemak dan manis.

Cara Membuat Ayam Bumbu Kelapa


Bahan Utama :

- Daging Ayam
- Kelapa Parut


Bahan Bumbu Halus :

- Lengkuas
- Kunir
- Kencur
- Jahe
- 5 Biji Cabe merah dibuang bijinya
- Daun Jeruk Purut
- Serai
- Merica
- 1 Sdt Jinten
- 2 siung Bawang putih
- 3 siung Bawang merah
- Kayu manis
- 3 biji Cengkeh
- Garam
- 1 sendok kecil Gula
- Air
- Bumbu Penyedap Secukupnya
- Minyak Goreng





Bahan Lalapan :

- Mentimun
- Kubis
- Daun Kemangi
- Potongan Kacang Panjang

Bumbu sambal pencit :

- Cabe kecil 15 biji
- Garam 1 Sdt
- Micin Sedikit saja
- Mangga muda atau pencit



Cara memasak :

1. Setelah dikupas bersih lalu potong kecil-kecil supaya bumbu tidak sulit diblender lalu cuci sampai bersih, semua bumbu dihaluskan dengan blender. Untuk kayu manis, serai dan daun jeruk purut disisihkan dulu.


2. Daging ayam dicuci bersih dikukus bersama bumbu yang sudah dihaluskan tadi, kemudian kukus sampai setengah matang selama 15 menit.
3. Sementara itu sangrai kelapa parut, serai, daun jeruk purut, cengkeh dan kayu manis. Sangrai sampai kelapa berubah warna menjadi kecoklatan.

4. Setelah dikukus selama 15 menit, daging ayam diangkat dan bersihkan bumbu halus yang menempel pada daging ayam sampai bersih.

5. Bumbu halus dimasak lagi hingga asat, kira-kira membutuhkan waktu sampai 30 menit.
6. Siapkan wajan dan panaskan minyak lalu goreng daging ayam tapi jangan terlalu kering.
7. Sisa minyak yang digunakan untuk menggoreng ayam tadi disaring bersih.
8. Kemudian bumbu kelapa yang sudah disangrai tadi digoreng sampai kering bersama sisa minyak, bumbu halus dan masukkan satu sendok kecil gula. Jika teman-teman suka rasa manis bisa menambahkan lebih banyak gula.
8. Setelah semua bumbu masak balurkan atau aduk rata daging ayam yang sudah digoreng tadi dengan bumbu kelapa sampai merata.

Baca Juga : Resep dan Cara Membuat Kue Bawang

Cara membuat sambal pencit :

Cabe rawit, garam dan vetsin diulek menjadi satu, kalau teman-teman tidak ada cobek di rumah bisa diganti dengan blender untuk menghaluskannya. Kemudian setelah sambalnya halus masukkan irisan pencit atau mangga muda dan aduk hingga rata. Jangan lupa setelah dikupas bersih dari kulitnya mangga mudanya dicuci bersih terlebih dahulu baru kemudian diiris tipis-tipis memanjang.


Campurkan Irisan Pencit dan Sambal Cabe

 Sambal Pencit

Ayam Bumbu Kelapa Siap Disajikan

Kemudian sajikan ayam yang sudah dibalur dengan bumbu kelapa bersama lalapan seperti mentimun, kubis, daun kemangi dan potongan kacang panjang. Oh iya, jangan lupa juga sambal pencitnya supaya lebih maknyus, hehehe. Cara membuat Ayam Bumbu Kelapa ini cukup mudah kan, teman-teman? Kalau sedang malas masak biasanya saya membuat ini. Catatan juga banyaknya bumbu halus disesuaikan dengan banyak daging ayam yang akan digunakan.



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

8 komentar

  1. Kapan ya diundang ke Madura, Riska yang Masakin Ayam Bumbu Kelapa? Pasti enak nih, resep turun temurun :) #ngilerbanget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan ya, Mas ? doakan aja semoga Plat-M bisa ngadain acara lagi ya. :)

      Hapus
  2. kayaknya enak mbak, belum pernah coba makan ayam bumbu kelapa, bumbunya lengkap banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lengkap mbak, mangkanya rasanya mantap :)

      Hapus
  3. Aduuh...tanggung jawab, aku bener2 ngiler nih liat masakanmu :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malas! ngapain tanggung jawab orangnya jauh sih :P

      Hapus
  4. Kalo bumbu kelapa jadi inget warung pinggir jalan 'Purnama' yang cabangnya kemana2, tp aku sendiri gatau mana pusatnya haha. Bookmark ah, lama ga ngutek2 dapur.

    Btw, salam kenal Mbak Riska :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Mas Rosiy. Lho masnya orang Bangkalan juga atau pernah ke Bangkalan?

      Hapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram