Komunitas Bangkalan Bisa, Muda Berkarya Untuk Bangsa

Kamis, Oktober 27, 2016

Pemuda adalah harapan utama yang dimiliki oleh bangsa. Melalui tangan-tangan para pemudalah semua mimpi dan cita-cita bangsa ini akan terwujud. Besok tepat tanggal 28 Oktober menjadi hari paling bersejarah bagi bangsa Indonesia dimana kala itu para pemuda berkumpul untuk mengikrar sumpah yang dikenal sebagai Sumpah Pemuda hingga saat ini.

Hari Sumpah Pemuda selalu dirayakan pada setiap tahunnya, namun tahukah teman-teman kalau merayakan Hari Sumpah Pemuda saja tidak cukup ?. Coba kita kembali merenung apa saja yang sudah kita semua lakukan untuk bangsa tercinta sebagai seorang pemuda. Rasa cinta tanah air dan nasionalisme yang tinggi harus terus tertanam di dalam hati agar kita selalu ingat perjuangan para pemuda Indonesia waktu itu.

Saya sendiri sebagai bagian dari pemuda bangsa ini sempat tertegun saat mengingat semua perjuangan para generasi muda saat Sumpah Pemuda diucapkan. Sebagaimana yang kita kenal hingga saat ini, Sumpah Pemuda 1928 telah mempersatukan pemuda Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Lalu, Bagaimana Kondisi Para Pemuda Indonesia Saat Ini ?


Sejenak coba kita kembali perhatikan bagaimana kondisi para pemuda bangsa saat ini ? Apakah masih mungkin para pemuda bangsa bisa tetap menjadi harapan bagi Indonesia ? Masih. Semangat yang ada di dalam diri generasi muda tidak boleh pupus meskipun harus melewati keadaan sesulit apapun. Mulai dari dalam diri kita sendiri untuk pertama kali sadar bahwa bangsa ini sangat butuh tangan kreatif para pemuda.

Sebagai bagian dari bangsa yang besar kita tidak boleh banyak diam dan sekadar duduk berpangku tangan memikirkan diri sendiri. Kontribusi nyata dari diri kitalah yang menjadi sinar harapan, tidak perlu melakukan suatu hal yang besar. Mulai dari hal yang kecil, mulai dari memperhatikan lingkungan sekitar kita.

Jika dimasa perjuangan dahulu, para pemuda melakukan perjuangan secara fisik dengan pertempuran, saat ini kita cukup berjuang dalam bentuk pertarungan kualitas sumber daya manusia bangsa. Menjalin komunikasi dan membangun kominten bersama serta terbuka dengan siapapun dan kelompok manapun seperti kelompok agama yang berbeda, mengenal suku dan budaya yang berbeda, serta membangun komunikasi yang efektif.

Saat ini bangsa kita membutuhkan para generasi muda yang bisa bersikap lebih kritis dalam melihat realitas sosial masyarakat agar kita semakin peka dan jeli melihat suatu permasalahan. Arus media yang merajalela akhir-akhir ini membuat generasi mudah menjadi mudah terpengaruh dan semakin praktis dalam melihat kondisi bangsa.

Semangat dan emosi yang membara seharusnya terlampiaskan pada kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Pemuda seharusnya tidak menjadi sumber kekhawatiran masyarakat, kita harus bisa menjadi sumber pemecahan masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Bangkalan Bisa, Komunitas Pemuda Peduli Pada Bangsa


Teori saja tidak cukup untuk bisa mewujudkan mimpi bangsa menjadikan para pemudanya sebagai harapan utama. Kita perlu adanya aksi langsung yang dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat dan juga bangsa. Baik melalui prestasi-prestasi yang diciptakan atau bisa juga turut aktif dan berani mengutarakan suara. Saya selalu optimis bahwa bangsa ini memiliki pemuda yang bisa diandalkan, pemuda yang benar-benar peduli pada kemajuan bangsanya.

Komunitas Bangkalan Bisa merupakan salah satu komunitas yang berisi sekumpulan anak muda dari Kabupaten Bangkalan Madura yang sudah terlebih dahulu memulai aksinya. Komunitas Bangkalan Bisa ini dibentuk pada bulan Juni 2016 lalu oleh 10 pemuda daerah dari Bangkalan yang memiliki prestasi di bidangnya masing-masing.


Mereka hadir dengan mengembangkan visi sebagai komunitas yang menumbuhkan kontribusi nyata dan berdedikasi untuk kemajuan Bangkalan yang lebih baik lagi dalam berbagai aspek. Ke sepuluh pemuda ini menunjukkan rasa keprihatinan mereka sekaligus optimisme untuk Kota kelahirannya. Dengan mengajak para elemen pemuda yang ada di Bangkalan, mereka berusaha keras untuk bisa memberikan sesuatu yang terbaik bagi Kota Bangkalan.

Tindakan nyata mereka mencerminkan semangat para pemuda yang mempelopori kemerdekaan Bangsa saat itu. Semangat dari teman-teman komunitas Bangkalan Bisa ini yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Saat dunia muda begitu menarik dan sangat menggoda untuk dijalani namun mereka dengan penuh kerelaan memberikan waktu tersendiri untuk memberikan manfaat pada bangsanya.

“Semangat mereka pejuang kemerdekaan menjadi pemacu gerakan ini. Kami ada bukan untuk merusak, menghakimi atau bahkan menjatuhkan satu sama lain. SEMANGAT kami hanya untuk memerdekakan masyarakat Bangkalan yang belum merdeka, baik secara pendidikan, ekonomi, teknologi, social dan budaya.”

Ke sepuluh pemuda ini sadar dengan semakin banyaknya sarana yang ada harus dapat dimanfaatkan secara maksimal melalui komunitas yang mereka dirikan sebagai salah satu wadah yang berkontribusi membangun bangsa. Sarana media sosial yang sekarang ini menjadi rumah kedua bagi hampir masyarakat Indonesia tidak mereka sia-siakan begitu saja. Lewat media sosial ini mereka berkampanye memperkenalkan komunitasnya dan mengajak generasi muda lainnya untuk bergabung.

Peduli Pendidikan, Event Komunitas Bangkalan Bisa


Mutafawwiqin Rizqoni Ardiansyah atau yang akrab disapa Eqin ini merupakan Founder Komunitas Bangkalan Bisa, senang rasanya saya bisa kenal dengan pemuda pintar, penuh inspirasi dan sudah memberikan kontributif kepada lingkungannya ini. Eqin bersama sembilan anggota komunitas Bangkalan Bisa yang lain mengadakan event peduli pendidikan di Bangkalan.


Event tersebut sekaligus menjadi event perdana yang mereka lakukan. Eqin membagi sedikit pengalamannya dengan saya mengenai tujuan event ini diselenggarakan untuk menumbuhkan semangat adik-adik yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut. Semangat mewujudkan semua mimpi mereka utamanya dalam bidang pendidikan, merangkul serta menjembatani keinginan mereka agar bisa menghasilkan prestasi.



Dengan bertempat di Taman Kota yang ada di Bangkalan, kegiatan peduli pendidikan ini berlangsung seru dan tentunya memberikan semangat yang akan terus melekat pada diri semua peserta. Saya sadar bahwa bukan hal yang mudah untuk bisa terus melestarikan kegiatan semacam ini agar bisa berkelanjutan. Dibutuhkan kesadaran dari diri sendiri yang tinggi, sadar bahwa hanya diri kitalah yang mampu mewujudkan semua mimpi untuk bisa berprestasi.


Tanpa ada kemauan yang kuat untuk berubah maka semua usaha akan menjadi sia-sia. Masa depan yang dinanti tidak akan pernah bisa menjamin kehidupan kita menjadi baik dan penuh manfaat apabila masa muda kita tidak diisi dengan hal-hal yang tidak bisa menginspirasi orang lain. Walaupun sulit, namun komunitas yang digawangi oleh kesepuluh pemuda ini selalu yakin bahwa mereka mampu dan bisa menginspirasi dan memberikan kontribusi nyata bagi bangsa.

Dengan mulai menyuarakan aspirasi kita, maka sejak itulah harapan untuk bangsa ini akan mulai tumbuh sendirinya. Opini.id Situsnya Anak Muda yang Punya Kepedulian merupakan salah satu sarana menulis untuk menumbuhkan semangat dan harapan itu. Disana teman-teman bisa menuliskan ide, opini maupun harapan, selain itu kita juga disediakan forum untuk bertanya.

Siapa tahu saja opini yang kita tulis bisa didengar dan menjadi ide yang diwujudkan untuk membangun bangsa. Opini.id ini merupakan komunitas yang peduli dengan menjadi media sebagai penyalur aktivitas kreatif, prestasi yang positif dan mendukung gerakan anak muda yang bersatu. Tunggu apalagi, teman-teman tinggal daftar dan mulai tuangkan semua ide kreatifmu dalam bentuk tulisan. Selamat berkarya untuk bangsa dan Selamat Hari Sumpah Pemuda.




Komentar Facebook

Tulisan lainnya

10 komentar

  1. Baru inget besok hari Sumpah Pemuda ya.. Btw, komunitas ini bagus utk menampung aktifitas generasi muda yg punya pandangan visioner kedepan utk maju ya Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, meskipun ini komunitas baru tapi mereka punya ide yang bagus dan membangun mbak.

      Hapus
  2. Semangat sumpah pemuda! Pemuda untuk bangsa!

    BalasHapus
  3. Semoga semangat anak muda terus menyala dan semakin memajukan bangsa ya, mba Riska. Aku yang ngga muda lagi mau ikutan semangat juga :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutan semangat supaya selalu awet muda ya mbak. :D

      Hapus
  4. Semoga dengan adanya gerakan ini, kota bangkalan bisa benar benar berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya

    BalasHapus
  5. Waaah keren neh mba anak mudanya, semoga semakin maju dan sukses ya

    BalasHapus
  6. Boleh nanyak awwal tujuan kenapa bisa buat komunitas seperti ini???
    apa tujuan awal kalian sebenarnya ???
    saya hanya mencari informasi saja
    kalo boleh saya ingin info yang lebih detail soalnya!!!!!

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram