Pemulihan Kondisi Tubuh Pasca Operasi Ganglion

Kamis, Oktober 13, 2016

Apa yang teman-teman pertama kali pikirkan ketika dokter meminta kita menjalankan operasi pada salah satu bagian tubuh kita?. Takut, bingung, panik dan semua perasaan khawatir berkecamuk dalam pikiran saya saat dokter memutuskan melakukan operasi pada pergelangan tangan suami satu minggu yang lalu.

Seumur-umur belum pernah saya membayangkan akan menghadapi tegangnya proses operasi. Apalagi suami saya yang notebenenya orang yang super aktif dan sangat menjaga sekali kesehatan tubuhnya. Bisa dibilang suami saya ini sangat jarang sakit sekalipun sakit biasanya ringan-ringan saja seperti batuk, flu dan demam.

Tidak pernah mengalami sakit berat yang mengharuskan dia istirahat total, riwayat kesehatannya pun baik. Sampai suatu ketika sekitar akhir tahun kemarin dia merasakan nyeri di bahu kanannya. Rasa nyeri yang dia rasakan cukup intensif dan sangat mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Misal saja, dia tidak lagi bisa mengangkat beban berat atau menggerakkan tangan kanannya terlalu keras.

Benjolan Kecil di Pergelangan Tangan


Awalnya kami pikir mungkin tangan kanannya sedang terkilir saja, tinggal dibawa ke tukang urut pasti akan sembuh. Namun ternyata tebakan kami salah, sudah beberapa kali pergi ke tukang urut yang berbeda dan hasilnya nihil bahu kanannya masih saja nyeri. Lebih kasihan lagi saat rasa nyerinya itu mulai mengganggu dia saat tidur miring ke kanan.

Sebagai istri jelas saya jadi khawatir sekali, sebenarnya suami saya sakit apa?. Lalu kami berdua memutuskan untuk melakukan rontgen di salah satu laboratorium. Sudah dua kali suami saya di rontgen, hasil rontgen yang pertama menyatakan bahwa tidak ada masalah yang berarti dengan tulang di bahu kanannya.

Hasil Rontgen

Mendengar hal tersebut saya merasa sedikit tenang, kembali kami memutuskan untuk pergi ke tukang urut lagi dengan harapan kali ini bisa sembuh. Tapi nyatanya tidak, semakin hari rasa nyeri yang dirasakan suami semakin intensif dan membuat dia merasa sangat terganggu terutama saat berolahraga bulutangkis. Kebetulan suami saya ini suka sekali dengan olahraga yang satu ini, mau secapek apapun kalau sudah ada jadwal bulutangkis pasti langsung berangkat.

Kemudian di suatu malam sepulang bulutangkis dia mengeram kesakitan sambil memegang pergelangan tangan kanannya. Betapa kagetnya saya saat melihat ada benjolan sekitar 2 cm di ujung pergelangan tangan kanannya. Saat itu juga saya langsung protes ke dia untuk berhenti dari bulutangkis, dari awal saya sudah punya firasat pasti karena terlalu keras melakukan smash saat bermain sehingga tangannya sakit.

Apa Itu Ganglion dan Bagaimana Cara Menyembuhkannya ?


Beberapa hari kemudian kami berdua pergi ke suatu klinik rekomendasi dari teman suami untuk melakukan pemeriksaan pada tangannya secara medis. Sesampainya di klinik dan bertemu dengan dokter disana, langsung saja dokter memvonis kalau ada Ganglion di pergelangan tangannya. Ganglion adalah sejenis tumor atau tonjolan berjenis kista pada permukaan sendi atau tendon yang bersifat jinak. Kista ganglion ini berisi material seperti agar-agar yang lengket dan transparan.

Sebelum Operasi

Fakta Tentang Ganglion :


• 50% dari tumor jaringan lunak di tangan dan lengan merupakan kista ganglion.

• Lebih sering terjadi pada wanita.

• 70% kasus terjadi pada orang usia 20-40 tahun, dan jarang pada anak di bawah 10 tahun.

• Lokasi tumbuh ganglion paling sering pada punggung tangan (60-70%), kemudian pada pergelangan tangan dan telapak tangan. Yang jarang terjadi pada jari, lutut, pergelangan kaki, dan kaki.

Penyebab Ganglion


Penyebab dari ganglion hingga saat ini tidak diketahui secara pasti. Ilmuan menduga kemungkinan disebabkan oleh trauma minor yang tidak disadari yang terjadi pada sendi. Selain itu faktor karsinogenik, juga ditengarai berperan dalam mendukung terjadinya ganglion.

Gejala Ganglion


• Terdapat tonjolan yang timbul tiba-tiba atau secara perlahan pada daerah sendi.

• Ukuran ganglion rata-rata antara 1-3 cm.

• Ganglion dapat mengecil dan malah hilang. Tapi bila hilang suatu saat akan tumbuh lagi.

• Berkonsistensi lunak dan tidak dapat bergerak bebas.

• 35% ganglion tanpa terasa nyeri, tapi sebagian besar justru terasa nyeri yang biasanya nonstop, dan akan bertambah nyeri bila sendi digerakkan. Harus dibedakan dengan nyeri sendi karena radang.

• Bila tumbuhnya mengenai tendon, maka akan dirasakan lemas pada jari yang tendonnya ditumbuhi ganglion.


Kapan Mencari Pertolongan Medis ?


1. Walau pun ganglion tidak berbahaya dan tidak berpotensi menjadi ganas, namun ganglion dapat menjadi sangat mengganggu. Maka bila ada benjolan di sekitar sendi sebaiknya diperiksakan ke dokter.

2. Bila nyeri dirasakan pada tonjolan ganglion sampai menghambat pergerakan sendi.

3. Bila bertambah besar dan menimbulkan kesan tidak baik secara kosmetik.

Kemudian dokter menyarankan untuk melakukan pengangkatan pada benjolan yang ada di pergelangan tangan kanannya. “Ini harus di operasi ya, Mas..” kata dokter yang menangani suami. Rasanya saya kaget dan shock maklum saja dalam keluarga saya tidak ada yang pernah dioperasi. Namun dokter menenangkan kami kalau operasi pengangkatan Ganglion itu merupakan operasi kecil.

Kali itu juga operasi dilakukan dengan menunggu sebentar beberapa persiapan oleh perawat. Teman-teman jangan tanya bagaimana perasaan saya saat menemani suami dioperasi, rasanya sudah tidak lagi bisa dijelaskan. Tidak lebih dari 30 menit operasi kecil berjalan lancar dan pasca operasi pergelangan tangan kanan suami dijahit kemudian diperban.

Hari itu juga suami sudah diperbolehkan pulang meninggalkan klinik, tanpa harus opname. Sebelum pulang dokter berpesan kepada saya bahwa selama masa pemulihan suami saya tidak boleh makan sembarangan apalagi makan daging ayam, udang dan telur. Jenis makanan yang berlemak sangat dilarang supaya bisa mempercepat luka operasi mengering.

Bagaimana Cara Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi ?


Pasca operasi saya mulai disiplin dalam menjaga suami, terutama semua asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Sejak itupula saya rajin browsing mencari informasi supaya luka bekas operasi di pergelangan tangan kanannya lekas mengering. Selain itu selama proses penyembuhan suami tidak boleh melakukan aktivitas berat yang menggunakan pergelangan tangan kanannya.

Setelah Operasi dan Diperban

Dari beberapa informasi yang saya dapatkan, rata-rata menyarankan agar memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya. Makanan yang mengandung nutrisi yang cukup dan tepat dapat membantu mempercepat penyembuhan luka operasi.

- Makanan yang Mengandung Vitamin A

Dalam beberapa informasi yang saya dapatkan menjelaskan bahwa vitamin A merupakan salah satu vitamin yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin A seperti : Wortel, Bayam, Sereal Hati Sapi, dan Olahan susu.

- Makanan yang Mengandung Vitamin C dan Flavonoid

Vitamin C dan Flavonoid adalah dua zat yang sangat baik untuk membantu proses penyembuhan luka pasca operasi. Hal ini karena dua zat tersebut mengandung jaringan ikat yang mampu membantu menunjang penyembuhan luka. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin C dan Flavonoid seperti : Blueberry, Teh Hijau, Coklat, Bilberry, Brokoli dan Paprika.

- Makanan yang Mengandung Zinc yang Tinggi

Zinc adalah mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Dalam banyak penelitian mengatakan bahwa tidak semua makanan kaya akan zinc. Maka dari itu, dibutuhkan keragaman makanan untuk mendapatkan asupan zinc yang cukup untuk tubuh. Zinc mengandung komponen enzim yang mampu membantu proses penyembuhan luka pasca operasi.

Multivitamin Untuk Membantu Penyembuhan Pasca Operasi, Kok Bisa ?


Sebenarnya saya dan suami belum pernah sekalipun mengkonsumsi multivitamin karena kami pikir kami belum butuh saja. Tetapi sejak suami harus benar-benar dijaga kondisi kesehatannya pasca operasi, saya jadi berpikir untuk memberinya multivitamin dengan tujuan untuk mengembalikan daya tahan tubuh pasca sakit.

Kenapa Pilih Multivitamin dari Theragran-M ?

Kalau ditanya kenapa Theragran-M karena pertama multivitamin ini rekomendasi dari teman saya yang berprofesi sebagai apoteker disalah satu apotik. Dia merekomendasikan multivitamin ini untuk rutin diminum suami selama proses penyembuhan. Theragran-M merupakan vitamin yang bagus untuk Mempercepat Masa Penyembuhan. Bukan hanya itu saja, ternyata setelah saya membaca kandungan satu tablet sayur Theragran-M ini memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan selama pemulihan bekas luka pasca operasi, seperti Vitamin A, Vitamin C dan Zinc.


Theragran M MULTIVITAMIN - MINERAL


Komposisi:

Tiap tablet salut gula Theragran®-M mengandung:


Kegunaan:

Theragran-M sudah diresepkan oleh para dokter selama 40 tahun (sejak tahun 1976).

• Kombinasi Multivitamin (Vit A, Vit B, Vit C, Vit D, Vit E) dan Mineral esensial (seperti Magnesium dan Zinc) di dalam Theragran-M terbukti meningkatkan, mengembalikan dan menjaga daya tahan tubuh, serta mempercepat proses penyembuhan.

• Cocok untuk masa penyembuhan berbagai jenis sakit yang membutuhkan dukungan daya tahan tubuh yang maksimal.

Takaran :

Dosis dewasa 1 tablet sehari atau sesuai anjuran dokter

Kemasan dan Harga :

Setiap 1 strip berisi 4 tablet, harga Rp. 20.735.

Cara Penyimpanan :

Simpan pada suhu dibawah 30°C

Dibuat oleh: PT Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk. Depok, Indonesia

Dibawah pengawasan:

Taisho Pharmaceutical Co. Ltd. Tokyo, Japan No. Reg.: DTL 1224403416A1

Multivitamin Theragran-M sudah mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM MUI dengan No. LPPOM MUI: 00280032151004. Jadi, bagi teman-teman yang muslim sudah tidak perlu khawatir lagi apakah Theragran-M ini halal dikonsumsi atau tidak.

Apa yang Dirasakan Setelah Rutin Meminum Theragran-M ?


Selama satu minggu proses pemulihan selain mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang dibutuhkan, saya juga menambahkan multivitamin dari Theragran-M ini kepada suami setiap harinya. Saya berharap kondisi suami selama pemulihan selalu fit dan tidak lemas. Alhamdulillah, selama masa penyembuhan dan sampai mendekati waktu kontrol ke dokter suami saya merasa segar dan terlihat seperti sedang tidak sakit.

Memang betul kalau, “My Healthiness, My Precious Moment” sekarang saya dan suami semakin perhatian dengan kesehatan tubuh masing-masing. Dulu, kami malas-malasan mengkonsumsi multivitamin sekarang sudah tidak lagi. Hidup sehat itu perlu, dengan menjaga asupan makanan, berolahraga, menjaga kestabilan emosi dan tambahan asupan mutivitamin seperti dari Theragran-M.

"Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho."

Materials :

- https://theragran.co.id/
- http://halosehat.com/makanan/makanan-sehat/makanan-yang-cepat-menyembuhkan-luka-operasi
- http://www.indramuhtadi.com/blog-articles-2013/topik-ke-121-ganglion



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

43 komentar

  1. Syafakallah, ngeri euy bacanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi mbak Enny, iya ini saya aja ngeri nemeninnya :D

      Hapus
  2. Aku pernah operasi ganglion, mba Riska. Waktu itu pas masih kuliah di Bandung, jadi dioperasi di RS Borromeus Bandung. Awalnya muncul semacam benjolan gitu di pergelangan tangan kiriku, lama-lama kok segede kelereng. Akhirnya periksain dan langsung operasi beberapa hari kemudian karena mengganggu aktifitas. Operasi kecil sih, bius total tapinya :D. Semacam daging kecil gitu mba. Sebulan kemudian kok bengkak lagi. Akhirnya disedot pake jarum suntik gitu cairannya sampe 2x kunjungan dokter. Tanganku diperban dan bengkak pasca operasi sekitar seminggu deh. Alhamdulillah sekarang ngga ada masalah lagi di pergelangan tangan. Bekas operasinya masih kelihatan sih, di tangan ;).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh mbak Molly pernah kena Ganglion juga ya. Besok masih rencana ma buka bekas jahitannya mbak, semoga Ganglionnya nggak tumbuh lagi ya.

      Hapus
  3. Saya baru tau tentang Ganglion. Nyut-nyutan juga ngelihatnya. Semoga setelah ini, sehat selalu, ya. :)

    BalasHapus
  4. Jangan lupa untuk makan-makanan yang mengandung banyak protein biar lukanya cepet nyatu lagi. Semoga cepat sembuh dan beraktivitas normal lagi, ya Kak Riska.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Noted, mbak Riski. Makasi untuk sarannya ya. :)

      Hapus
  5. kalo orang Jawa bilang uci-uci itu mba, waduh ngeri juga ya harus di operasi segala. Untung di bantu pemulihannya dengan Theragran-M, semoga lekas membaik kondisi suaminya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, alhamdulillah cocok sama Theragran-M jadi nggak kelihatan kayak lagi sakit. Aamiinn, makasi ya mbak :)

      Hapus
  6. Wah sampai harus dioperasi ya mbak... untung ada Theragran ya jadi bisa mempercepat masa penyembuhan :) Semoga lekas membaik dan bisa have fun lagi mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, buat ngambil Ganglionnya itu. Aamiin, semoga lekas kemabli sehat dan bisa gerak bebeas kayak dulu :)

      Hapus
  7. alhamdulillah ya Mba operasinya berjalan lancar. semoga bener-bener pulih total ya mba. jadi catatan nih agar makin perhatian lagi sama kesehatan... :-)

    BalasHapus
  8. Nyambung omongannya Mbak Indri nih, saya juga punya uci-uci tapi tidak sakit tuh. Sepertinya beda ya ganglion sama uci-uci ini mah.. Semoga lekas sembuh dan kembali seperti sedia kala ya buat suaminya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau punya mas sakit karena Ganglionnya ngejepit salah satu urat yang menjalar ke bahu kanannya mbak. Aamiin, makasi ya mbak :)

      Hapus
  9. informatif bngt mbak, aku jadi semakin berhati-hati terhadap pola makana. salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, makasi sudah mau mampir ya mbak. Salam kenal juga :)

      Hapus
  10. wah ini kaya ibu petani ku abis operasi benjolan di tangan kemarin, lekas sembuh ya mbak dan sehat selalu

    BalasHapus
  11. Cepet sehat yaaa mba,moga ngga ada lagi.. good luck mba :)

    BalasHapus
  12. Oh jadi namanya ganglion, saya juga pernah juga rid, tp diikat doang, gak pernah dibawa ke dr.. akhirnya masuk perlahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, padahal kalau sampai pecah bahaya mbak.

      Hapus
  13. mbaa.. aq baru ngeh klo sakit kyk gitu harus dioperasi. operasi ganglion pulak ya namanya.. semoga sehat2 pasca operasi ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, diangkat. Soalnya Ganglionnya mas itu ngejepit urat saraf yang menjalar ke bahu kanannya. :(

      Hapus
  14. Wah baru tahu kalo Mas Raden habis operasi.
    Iya nih Theragran-M katanya bagus ya. Saya baru coba juga.

    BalasHapus
  15. Semoga selalu sehat ya ...alhamdulillah ada vitamin Theragran yang cocok... :) Jadi cepat pulih dan beraktivitas normal lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makasi mbak. Alhamdulillah cocok sama Theragran-M ini. :)

      Hapus
  16. Semoga segera pulih suaminya ya mbak

    BalasHapus
  17. Waah ga bisa bayangin operasinya di pergelangan tangan
    Semoga segera pulih ya mbak suaminya dan sehat selalu sekeluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya karena itu mbak, menurut dokter Ganglionnya suami harus diangkat karena menekan beberapa saraf dan dekat dengan pembuluh darah besar. Aamiinn, makasi ya mbak :)

      Hapus
  18. wah trims infonya ttg ganglion mbak, aku baru tau :) Memang kondisi fisik dan mental menghadapi operasi itu sesuatu banget :) Multivitamin kayak theragran ini emang penting banget *pengalaman pribadi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, bukan hal mudah untuk merelakan anggota tubuh disayat sayat pisau operasi ya. :D

      Hapus
  19. baru ngerti soal ganglion iniih, makasih infonya yaa

    BalasHapus
  20. Alamak, mas Raden bisa punya benjolan gitu. Lekas sehat mas.
    Btw, makasih mba Riska ilmu baru nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, dia terlalu incah sampai punya benjolan di pergelangan tangannya. :D Oke, sama-sama Sil.

      Hapus
  21. berarti ganglionnya bukan karna main bulu tangkis kan ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan sih mbak, karena trauma sendi menurut dokternya.

      Hapus
  22. boleh tau kisaran biaya nya mba? karena baru tau di pergelangan tangan saya juga ada. cuma msh bingung mau operasi atau gak.

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram