Kemeriahan Festival Banyuurip 2016 di Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro

Jumat, Desember 09, 2016

Sebagai salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang sering menjadi perhatian publik, Bojonegoro terus saja memberikan sesuatu yang mampu menarik perhatian masyarakat luar. Saya masih ingat betul saat tahun lalu saya dan beberapa teman blogger mendapat undangan untuk bertemu langsung dengan Bupati Bojonegoro bapak Drs. Suyoto, M.Si.

Seketika itu langsung saja saya coba search semua hal tentang beliau di internet dan betapa terkejutnya saya mengetahui bahwa Bojonegoro dipimpin oleh Bupati yang hebat juga pintar. Kang Nyoto sapaan akrab dari Bupati Bojonegoro ini ternyata juga pernah beberapa kali tampil di layar kaca televisi swasta, salah satunya di Metro TV.

Pasti pihak stasiun televisi sudah mengetahui betul semua profil dan prestasi dari Kang Nyoto, bagaimana beliau membangun Kabupaten Bojonegoro. Bukan dari itu saja, saya mengenal Bojonegoro dari beberapa teman blogger yang berasal dari sana. Didik Jatmiko atau yang sering kita kenal dengan panggilan Kak Didik melalui akun media sosial dan dalam tulisannya di blog sering sekali bercerita tentang tempat kelahirannya tersebut.

Mengenal Lebih Dekat Kabupaten Bojonegoro


Bagi teman-teman yang belum tahu dimana letak Kabupaten Bojonegoro dan gambaran sekilas tentang Kabupaten ini saya coba kumpulkan beberapa informasi dari internet. Rasanya kurang pas kalau kita membicarakan sesuatu namun tidak tahu betul dengan apa yang kita bicarakan. Begitupula saat saya sedang menulis tentang Kabupaten Bojonegoro ini, hehehe.

Kabupaten Bojonegoro adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Bojonegoro. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Tuban di utara, Kabupaten Lamongan di timur, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Ngawi di selatan, serta Kabupaten Blora (Jawa Tengah) di barat. Bagian barat Bojonegoro (perbatasan dengan Jawa Tengah) merupakan bagian dari Blok Cepu, salah satu sumber deposit minyak bumi terbesar di Indonesia. (Wikipedia)

Sekadar informasi untuk teman-teman kalau Kabupaten Bojonegoro pernah terpilih sebagai wakil Indonesia dalam ajang "Open Government Partnership (OGP)" Subnational Government Pilot Program atau Percontohan Pemerintah Daerah Terbuka. Seperti yang pernah saya baca dalam tulisan Kak Didik di blognya, prestasi tersebut tentu membuat semua masyarakat Bojonegoro merasa bangga dan bersyukur.

Source : Novawijaya.com

Karena itu artinya saat ini Kabupaten Bojonegoro sejajar dengan kota besar dunia seperti Sao Paolo, Paris, Skotlandia dan Madrid dalam bidang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Hal tersebut sudah bisa saya lihat langsung dengan aksi dari generasi muda Bojonegoro yang turut aktif melahirkan karya-karyanya untuk Bojonegoro khususnya dalam dunia perbloggingan.

Jadi, memang tidak salah kalau Kabupaten Bojonegoro begitu melejit dalam bidang prestasinya. Bukan hanya karena adanya sumbangan prestasi dari Bupatinya tapi juga prestasi-prestasi yang sudah dicapai oleh para generasi muda Bojonegoro. Memang betul ya, kalau kita mengaku cinta pada tanah kelahiran seharusnya kita berusaha memberikan hal yang terbaik dan bermanfaat bagi tanah kelahiran.

Ada Apa Saja di Kabupaten Bojonegoro ?


Setiap kali kita selesai membaca informasi dari sebuah daerah pastilah kita akan lebih penasaran lagi dengan apa saja yang ada di daerah tersebut. Tidak terkecuali dengan Kabupaten Bojonegoro sendiri, sebenarnya ada apa saja sih di Kabupaten Bojonegoro ini ? penasaran kan ? saya juga, hahaha. Seperti yang pernah saya baca dalam blog pribadi Kak Didik ada banyak hal yang bisa kita ketahui dari Bojonegoro sendiri.

Bojonegoro itu terkenal Ledre-nya, Watu Semar, Batik Bojonegoro dan kawasan Migas Blok Cepu di wilayah Kecamatan Gayam, Kahyangan Api, Waduk Pacal, Gerabah Malo, Kerajinan Akar Jati Margomulyo, Batik Bojonegoro, Taman Rajekwesi, Salak Wedi, Kaos Genyo dan Komunitas Masyarakat Samin.

Sebagian besar merupakan destinasi wisata yang layak untuk kita kunjungi saat sedang berada di Bojonegoro. Kalau saya pribadi baru tahu satu saja dan memang sering mendengar namanya yakni daerah Cepu di Bojonegoro. Cepu sendiri tidak asing di telinga saya karena disana terdapat kawasan Migas yang kerap dijadikan tempat KKN teman-teman kuliah dulu.

Tapi ternyata saya baru tahu kalau di Kabupaten Bojonegoro ada festival tahunan yang sering diadakan setiap tahunnya. Jadi, buat teman-teman yang penasaran dan ingin melihat langsung festival yang ada disana seperti apa dan apa saja kegiatan yang berlangsung yuk cari tahu bersama. Siapa tahu saja tahun depan kita bisa datang di Festival Banyuurip ini.

Festival Banyuurip, Festival Tahunan Masyarakat Bojonegoro


Festival Banyuurip merupakan ajang tahunan yang digelar di Kecamatan Gayam - Bojonegoro, Jawa Timur. Dalam festival ini, ditampilkan beragam kreatifitas warga Kecamatan Gayam - Bojonegoro di berbagai bidang seperti Seni Budaya, Ekonomi, Pertanian, Kesehatan dan sebagainya. Beragam potensi yang tersebar di 12 Desa di Kecamatan Gayam perlu dikembangkan.

Tidak hanya minyak, tetapi juga masyarakat yang beretika, bersemangat, dan produktif. Salah satu cara untuk mengembangkannya adalah melalui Festival Banyuurip. Kegiatan Festival Banyuurip ini pertama kali digelar pada tahun 2015 lalu. Untuk tahun 2016, Festival Banyuurip telah dilaksanakan pada tanggal 26-27 November 2016 kemarin yang bertempat di Lapangan Bola Desa Gayam Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro.

Kegiatannya pun beragam, seperti bulan bakti karang taruna, wisata migas blok cepu, tour de Gayam, Pameran Expo Produk UMKM 12 Desa Se-Kecamatan Gayam, Festival Band Pemuda Kecamatan Gayam dan ditutup dengan Pagelaran Wayang Kulit Ki Anom Suroto dengan lakon Wahyu Katentreman.

Festival Banyuurip resmi dibuka, Sabtu (26/11/2016) malam. Festival Banyuurip digelar dalam rangka Hari Jadi Kecamatan Gayam ke 4 dan Hari Jadi Bojonegoro ke 339 yang dilaksanakan oleh Karang Taruna Kecamatan Gayam dan Jaringan Informasi Masyarakat (JIM) dengan dukungan penuh dari operator migas Blok Cepu, Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL).

Waw, sudah bisa ditebak nih Festival Banyuurip 2016 pasti sangat meriah dan seru lihat saja kegiatan yang diadakan bermacam. Saya yakin Festival ini pasti akan selalu ditunggu-tunggu kehadirannya oleh semua masyarakat di Kabupaten Bojonegoro setiap tahunnya. Kegiatan yang diselenggarakan juga banyak mementaskan kesenian dan budaya setempat.

Seperti apa kemeriahan Festival Banyuurip 2016, yuk lihat foto kegiatannya di bawah ini !


Serunya Kegiatan Tour De Gayam 2016 Bareng JIM Blogger, Karang Taruna dan EMCL

 Festival Band Karang Taruna Se-Kecamatan Gayam di FBU 2016

 Foto Bersama Perwakilan Karang Taruna Se-Bojonegoro Usai Wisata Migas Tour De Banyuurip

 Hiburan Pagelaran Wayang Kulit Ki Anom Suroto

Stand Pameran Produk UMKM Se-Kecamatan Gayam


Tahun depan semoga kita semua berkesempatan untuk hadir dan melihat langsung kemeriahan dari Festival Banyuurip di Kabupaten Bojonegoro. Eh, saya mau ngucapin terima kasih kepada Kak Didik dan teman-teman blogger di Bojonegoro karena usaha dari kalian nih dalam mempromosikan Kabupaten Bojonegoro agar semakin dikenal oleh masyarakat luas. Semua informasi dan promosi masyarakat Bojonegoro bisa teman-teman lihat di Jaringan Informasi Masyarakat. Semoga Bojonegoro juga semakin mendunia ya. :)


Sumber Tulisan :



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

11 komentar

  1. dari dulu punya cita-cita ke kota iniii... tapi belum pernah kesampaian. Salam kenal ya mb Riskaaa... sesama madura nih (meski saya cuma keturunan):D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa ke Bojonegoro ya mbak. Salam kenal juga :)

      Hapus
  2. Postingannya keren...salam kenal

    BalasHapus
  3. Pengen berkunjung ke kawasan Angling Dharmo ini. Dekat dengan Tuban soalnya.

    BalasHapus
  4. Jadi kangen Bojonegoro. Ada saudara di sana yang lama nggak dikunjungi.

    BalasHapus
  5. Festifal yang seru, ya? Btw, Gayam itu di daerah mana? Jauh dari pusat kotanya kah?

    BalasHapus
  6. Belum pernah ke Bojonegoro Mba..
    Tapi emang kalo ada festival kebudayaan gini jadi makin dikenal sih Kotanya. Semoga bisa ke Bojonegoro :D

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram