Hal Penting Sebelum Membeli Handphone

Selasa, Mei 23, 2017

Karena memang tingkat kebutuhan masyarakat akan produk komunikasi sekarang ini tinggi. Tak bisa dipungkiri jika seandainya banyak vendor elektronik khususnya handphone yang masuk ke dalam negeri juga semakin tinggi. Teman-teman akan diberikan banyak sekali pilihan, mulai dari merk, harga, fitur dan juga nilai manfaatnya.

Sebagai konsumen inilah yang membuat bingung dalam memilih, karena terlalu banyak jenis hingga terkadang pertimbangannya juga lama. Hal utama yang pastinya akan dilihat adalah daftar harga hp tersebut. Siapapun dan apapun jenis barangnya, hal utama yang pastinya dilihat adalah harga.


Perhatikan Juga Harganya Sebelum Membeli Handphone


Beberapa hari terakhir saya berencana untuk membeli smartphone baru karena handphone saya yang lama sudah kurang mendukung pekerjaan. Tapi mengingat budget yang dimiliki pas-pasan jadi saya tidak boleh sembarang membeli handphone. Harga menjadi tolak ukuran juga apakah perangkat teknologi yang sudah kita pilih tersebut masuk dalam kategori yang berkualitas ataupun tidak.

Apalagi belakangan ini hadir juga ponsel-ponsel dengan kemampuan yang tidak sebatas untuk berkirim pesan atau juga telepon saja, melainkan juga dapat digunakan sebagai akses internet. Dengan cara kerja yang sama dengan komputer. Itulah mengapa beberapa orang menamakannya sebagai smartphone atau ponsel pintar.

Sebagai pengguna teknologi juga harus diketahui bahwa daftar harga handphone yang pertama kali terbit di pasaran akan mengalami perubahan, biasanya semakin lama tawaran harganya akan semakin turun, sama halnya dengan produk-produk fashion yang senantiasa menyusut, hingga akhirnya hanya pada satu harga tertentu saja.

Untuk teman-teman sebagai calon pembeli sebaiknya juga harus mengetahui apa saja jenis ponsel yang ada di pasaran sekarang ini, berikut informasinya:

1. Ponsel standard, sama seperti namanya ia memang memiliki nilai manfaat yang sangat standard, hanya digunakan sebagai sarana dalam menyampaikan kabar, baik itu dalam bentuk pesan atau sms hingga telepon secara langsung. Smartphone semacam ini masih bisa dengan mudah di jumpai di pasaran hingga sekarang, dengan kisaran harga yang sangat murah, umumnya uang 100 ribuan saja sudah bisa membawanya pulang.

Ukurannya sangat kecil, biasanya hanya sebatas genggaman saja, bisa dengan mudah dibawa kemana-mana bahkan diselipkan ke kantong. Daya tahan baterainya juga lebih lama dibandingkan dengan yang lain.

2. Ponsel internetan atau yang lebih dikenal dengan sebutan smartphone, untuk kategori yang satu ini kurang lebih dalam tampilan yang sama dengan ponsel standard, hanya saja ia sudah dibekali dengan fitur atau teknologi baru yang memungkinkan penggunanya juga bisa terhubung dengan internet.

Dari segi ukuran layar masih kecil, umumnya jaringan yang disematkan pada penggunaannya dalam internetan juga terbatas hanya 2G hingga 3G saja. Koneksi lama sehingga jika dilihat daya sambungnya untuk internetan juga cukup lambat. Umumnya produk ini masih bisa dengan mudah dijumpai di pasaran dengan kisaran harga mulai 400an ribu rupiah.

3. Smartphone, jenis yang dikenal sebagai ponsel generasi baru atau era modern, dinamakan sebagai smartphone karena ia memang mengadopsi kinerja dari sebuah komputer. Bukan sebatas digunakan untuk berkirim pesan dan telepon saja. Ia juga menyematkan sebuah fitur akses internet tanpa batas.

Apapun jenis data dan juga format gambar hingga video bisa dengan mudah dilihat. Ia juga dikatakan sebagai ponsel bisnis. Karena banyak dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan berbisnis. Kisaran harga mulai 1 jutaan hingga puluhan juta juga ada, bergantung merk.

4. Tablet, sama dengan smartphone, hanya saja dengan ukuran yang lebih besar, lebih leluasa digunakan sebagai sarana dalam berbisnis atau menunjang pekerjaan kalian. Dari segi harga juga jauh lebih mahal, umumnya mulai angka 1,5 jutaan.

Zaman sudah semakin canggih, dan begitu juga teknologi. Ada sebagian orang yang selalu menjadikan trend beli (Handphone) Hp baru sebagai suatu kebutuhan, ada juga yang sebaliknya. Bagi masyarakat yang membeli Hp baru dikarenakan trend, mungkin kualitas tidak penting bagi mereka. Tapi bagi sebagian orang yang membeli smartphone karena kualitas. Apalagi diluaran sana banyak sekali Smartphone yang beredar dengan jenis dan tipe yang beraneka ragam.

Jadi sebelum memutuskan untuk membeli handphone penting untuk kenali dulu jenis dan daftar harga handphone tersebut agar tidak salah beli. Kalau sampai salah beli kan sayang sekali uang yang sudah dikeuarkan oleh teman-teman. Pastikan juga kalau kita telah membeli handphone yang benar-benar dibutuhkan.



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

9 komentar

  1. Sekarang asik ya mau beli smartphone tinggal nyari spesifikasinya dulu biar ga sia - sia belinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kan sayang uangnya kalau sampai salah beli. :)

      Hapus
  2. kalau aku pilihannya kalau ga smart phone ya tab. nulis blognya disitu soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, akupun juga pilih handphone kalau nggak ya tablet. :)

      Hapus
  3. Nah, ini bener banget. Hal-hal penting yang perlu kita perhatikan kalau mau beli hp ya. Thank for sharing ya, mba. :)

    BalasHapus
  4. Kalau aku belakangan lebih memilih smartphone yang bukan sekedar bisa internetan dan mendukung hobi ngeblog, tapi juga dengan kamera yang lumayan buat nemenin jalan jalan.

    BalasHapus
  5. Sekarang ada lagi yang menjadi pertimbangan selain harga yaitu masalah jaringan karena ternyata hp dengan spek yang lumayan, rawan dalam hal jaringan apalagi cuma dipindah ke dalam rumah yang banyak temboknya. Eh begimana ini?

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram