Solusi Alami Atasi Anyang-Anyangan Pada Ibu Hamil Dengan Uri Cran

Rabu, Mei 17, 2017

Dari awal masuk masa kehamilan sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi ketakutan saya. Yakni mual yang hebat, tekanan darah tinggi dan anyang-anyangan. Iya, tiga hal tersebut yang membuat saya suka parno sendiri karena efeknya memang tidak main-main dengan janin yang dikandung. Kalau mual saja mungkin tidak terlalu berbahaya ya mungkin juga bisa membuat kelelahan dan pencernaan yang kurang nyaman.

Tapi bagaimana dengan tekanan darah tinggi dan anyang-anyangan?. Dulu, jauh sebelum hamil saya sering mendengar kematian ibu hamil dan ibu yang melahirkan akibat dua hal ini. Jadi wajar saja kalau saya sangat menjaga kesehatan tubuh supaya tidak sampai terkena darah tinggi maupun Infeksi Saluran Kemih atau yang sering dikenal dengan anyang-anyangan.

Nah, saat hamil ternyata tekanan darah saya selalu stabil bahkan cenderung rendah. Saya sedikit lega dengan kondisi saat ini semoga bisa terus stabil sampai hari kelahiran tiba. Namun sekarang tinggal satu yang menjadi kekhawatiran saya yakni anyang-anyangan. Konon katanya anyang-anyangan bisa timbul karena kita suka menahan pipis saat hamil.


Apa Itu Anyang-Anyangan dan Apa Saja Penyebabnya?


Anyang-anyangan adalah salah satu indikasi dari penyakit infeksi saluran kemih. Buat teman-teman pembaca yang masih bingung anyang-anyangan itu apa. Menurut beberapa sumber kesehatan menyebutkan kalau 50 persen wanita bisa terserang anyang-anyangan. Ini dikarenakan secara anatomi, jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran pembuangan air besar (BAB) lebih dekat, sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih.

Pada ibu hamil anyang-anyangan biasa disebabkan karena tertekannya kandung kemih oleh rahim yang kian membesar sehingga urine pun ikut tertahan. Hal ini menyebabkan rangsangan ingin buang air kecil secara terus menerus, namun tidak tuntas. Nah, kondisi ini tentu membuat ibu hamil merasa tidak nyaman sehingga perlu diatasi.

Selain kehamilan penyebab anyang-anyangan lain adalah, terlalu banyak minum yang berefek diuretik seperti alkohol, kopi, dan teh. Bisa juga karena cemas, otot detrusor tidak stabil, pembesaran prostat, hipertonisitas dasar panggul, interstitial cystitis, dan diverticulitis.

Seperti Apa Gejala Anyang-Anyangan?


Pernahkan teman-teman merasa ingin buang air kecil tapi terasa sakit saat mengeluarkannya?. Ya, salah satu gejalanya memang seperti itu dan menyiksa sekali bukan?. Bukan itu saja saat sedang mengeluarkan air kecil maka mrs. V akan terasa sakit dan perih bahkan sampai berdarah.

Terlebih lagi bagi ibu hamil, anyang-anyangan mudah menghampiri karena saat dalam kondisi hamil kita sering menunda buang air kecil dan itulah awal penyebab susah buang air kecil. Wajar, karena hampir tiap 30 menit sekali saya sering pergi ke kamar mandi untuk pipis.


Hal tersebut yang membuat saya malas untuk pipis karena capek harus bolak-balik ke kamar mandi untuk pipis. Padahal menunda untuk buang air kecil bisa berefek fatal bagi ibu hamil, teman-teman masih ingat cerita salah satu artis yang harus kehilangan bayi dalam kandungannya akibat infeksi saluran kemih?. Serem ya, semoga semua ibu hamil bisa terus sehat sampai hari kelahiran nanti.

Menurut dokter ahli urologi dr. I.B. Tatwa Yatindra, Sp.U., anyang-anyangan merupakan suatu gejala akibat berbagai masalah karena terjadi frekuensi berkemih menjadi lebih sering dari biasanya. Namun, volumenya sedikit-sedikit. “Gejala ini merupakan tanda telah terjadi sesuatu pada saluran kencing bagian bawah khususnya masalah dalam penyimpanan air seni di kandung kencing,” jelasnya.

Apa Saja Tanda-Tanda Terkena Anyang-Anyangan?


Berikut ini adalah beberapa tanda kalau kita sedang terkena anyang-anyangan. Kalau teman-teman merasakan salah satu cirinya ada baiknya mulai waspada dan menjaga kesehatan ya.

• Hasrat berlebih untuk buang air kecil.

• Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.

• Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.

• Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.

• Rasa perih ketika buang air kecil.

• Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.

• Merasa lelah dan kurang sehat.

• Demam

Cara Mengatasi Anyang-Anyangan Pada Ibu Hamil


Alhamdulillah, saya sendiri belum pernah dan semoga tidak pernah terkena anyang-anyangan apalagi saat sedang hamil seperti sekarang. Tapi saya masih ingat betul bagaimana sakitnya salah satu anggota keluarga yang sedang hamil dan terkena anyang-anyangan. Oleh beliau saya sering diperingatkan jangan sampai terkena anyang-anyangan.

Kalaupun sudah terkena anyang-anyangan sebenarnya ada beberapa cara mengatasi anyang-anyangan yang biasa dilakukan oleh banyak ibu hamil.

1. Banyak Minum Air Putih

Asupan cairan yang cukup dalam tubuh dapat mencegah bakteri yang berada di dalam kandung kemih tidak terkonsentrasi dan tidak menyebabkan iritasi pada kandung kemih serta saluran kemih. Untuk itu, usahakan untuk minum air putih setidaknya minimal 8-10 gelas per hari. Selain itu, asupan cairan juga dapat Anda tambahkan dari jus, susu, buah, sayur, makanan berkuah, dll.

2. Jangan Menunda Buang Air Kecil

Menahan buang air kecil juga menjadi penyebab anyang-anyangan. Jadi usahakan mau selelah apapun jangan sampai kita menahan buang air kencing ya. Setidaknya tidak apa-apa kerepotan saat hamil yang penting bayi dalam kandungan sehat dan selamat saat lahir nanti.


3. Menjaga Kebersihan Organ Intim Wanita

Hal ini menjadi sangatlah penting, karena kebanyakan ibu hamil juga terkena keputihan saat hamil. Disarankan untuk menjaga organ intim dengan cara rutin membersihkan dengan air dan mengganti pakaian dalam secara teratur.

4. Kurangi Aktivitas Berat

Ibu hamil sangat dilarang untuk melakukan aktivitas berat karena bisa membahayakan ibu dan bayinya. Misalnya saat di rumah ibu hamil mengangkat beban berat sehingga membuat perut terasa sakit.

5. Konsumsi Cranberry

Cranberry? Ada dari teman-teman yang masih asing mendengar Cranberry ini? Menurut beberapa sumber dan jurnal kesehatan yang pernah saya baca extra buah Cranberry ini mampu mengatasi susah buang air kencing, lho.

Prive Uri Cran Dengan Extra Cranberry Ampuh Atasi Anyang-Anyangan


Jika tidak ditangani dengan serius anyang-anyangan bisa menimbulkan efek yang serius seperti kerusakan ginjal. Sedangkan pada ibu hamil bisa menyebabkan kelahiran bayi prematur, bayi lahir dengan berat badan yang kurang bahkan ada beberapa kejadian menyebabkan bayi yang dikandung meninggal.


Banyak ibu hamil dan mereka yang terkena anyang-anyangan bertanya konsumsi obat apa yang aman dan ampuh untuk menyembuhkan anyang-anyangan?. Sekarang sudah ada Prive Uri Cran dengan extra Cranberry yang dikenal ampuh mengatasi  susah buang air kecil ini.

Kenapa Memilih Prive Uri Cran?


Dengan rutin mengkonsumsi buah yang mengandung Proantocyanidin (PAC) seperti Cranberry. Karena Proantocyanidin (PAC) dapat mencegah bakteri E.Coli menempel pada saluran kemih. Pada Prive Uri Cran ini mengandung extra buah Cranberry sehingga kita tidak perlu repot-repot mencari buahnya langsung.

Prive Uri Cran sendiri berupa suplemen yang aman untuk dikonsumsi karena terbukti mengandung bahan-bahan alami. Yakni kandungan extra Cranberry yang alami dan terbukti banyak digunakan sebagai bahan obat-obatan sejak zaman dulu.

Apa itu Cranberry? Cranberry atau bahasa latinnya dikenal dengan (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar.

Kandungan Cranberry Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.



Manfaat Mengkonsumsi Cranberry Cranberry diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih. Hal ini karena buah cranberry memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins, dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini. Selain itu, antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.

Riset Mengenai Cranberry Pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

Suplemen Prive Uri Cran ini bisa ditemukan dan dibeli di beberapa apotik yang ada di kota teman-teman. Solusi alami mencegah dan mengatasi anyang-anyangan serta menjaga kesehatan saluran kemih kita. Jangan sepelakan ya kalau teman-teman terkena anyang-anyangan terlebih lagi ibu hamil harus waspada dan segera ditangani. Salam sehat dan bebas anyang-anyangan untuk semua ibu hamil. :)

Sumber Tulisan :

1. http://uricran.co.id/

2. http://ibudanmama.com



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

7 komentar

  1. Oh ternyata Cranberry bagus buat membantu mengatasi anyang anyangan ya mba, baru tau, very nice sharing mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, aku juga baru tau nih :)

      Hapus
  2. Makasih infonya yaa��
    Dulu pas hamil anak pertama sering anyang-anyangan. Sering nahan pipis krna masi ngantor. Suka nanggung ada kerjaan Hihi.. pas anak kdua drmh, agak mendingan^^

    Sehat2 terus yaa bumil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, semoga sehat selalu ya :)

      Hapus
  3. anyang2an hanya terdapat pd wanita saja ya mbak

    BalasHapus
  4. Bener banget Mbak. Memang saat hamil harus lebih menjaga supaya jangan sampai terkena infeksi. Untung sekarang ada Prive Uricran yang bisa disimpan dan dikonsumsi setiap saat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, harus jaga kesehatan selama hamil. :)

      Hapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram