10 Tips Berpuasa di Tahun Pertama Bersama Suami

Sabtu, Juni 03, 2017

Hai, selamat ramadhan semua! Tidak terasa ya sudah hampir satu minggu lebih kita semua berpuasa. Ramadhan kali ini menjadi ramadhan yang paling berbeda sekaligus spesial untuk saya, kenapa? Karena tahun ini adalah kali pertama berpuasa bersama suami. Siapa disini yang juga merasakan hal yang sama dengan saya? Rasanya bersemangat sekali mempersiapkan segala kebutuhan selama berpuasa.

Tapi kenapa semakin kesini rasanya mulai sedikit terbebani ya? Iya, jika dulunya saat sahur saya tinggal makan namun sekarang sudah tidak bisa lagi. Saya harus bangun lebih awal untuk mempersiapkan makanan sahur untuk berdua. Memang betul ya kalau kadang dalam pernikahan tidak selalu sama dengan apa yang kita bayangkan sebelumnya.

Namun sebagai seorang istri inilah tugas kita yakni melayani suami sebaik mungkin, tidak boleh sampai dijadikan beban. Oh iya, saya punya beberapa tips ampuh berpuasa di tahun pertama dengan suami supaya hubungan lebih dekat dan kuat. Jadi, insya Allah tidak akan ada lagi yang namanya lelah, bosan, atau bahkan merasa terbebani dengan tugas kita sebagai istri selama bulan puasa.



10 Tips Berpuasa di Tahun Pertama Bersama Suami


1. Niatkan Semuanya Karena Ibadah

Orang bilang kalau kita melakukan hal apapun dengan niat beribadah dan mendapat ridho Allah maka segalanya akan terasa lebih mudah. Begitu juga dengan berpuasa sambil melayani kebutuhan suami, meskipun terasa lelah niatkan saja sebagai bentuk ibadah kepada Allah. Syukur-syukur tahun ini sudah diberikan pasangan halal, iya kan?.

2. Jadikan Dia Imam Dalam Keluarga

Setelah akad nikah dilewati otomatis saat itu kita sudah menjadi tanggung jawab suami bukan lagi tanggung jawab ayah kita. Nah, teman-teman bisa kembali ingatkan si dia kalau saat ini dialah imam dalam keluarga. Beneran deh, hal ini ampuh banget membuat hubungan suami istri menjadi lebih dekat dan romantis.

3. Semakin Perhatian dan Manja

Percaya atau tidak berpuasa dapat membuat kita semakin perhatian dan manja dengan pasangan kita lho. Maklum saja, namanya pengantin baru bawaannya kepengen deketan terus namun karena sedang berpuasa sehingga waktu untuk bermanja-manja jadi terbatas. Hayo, ngaku siapa disini yang suka kangen manja-manja sama pasangan pas lagi puasa? Saya juga kok, hahaha.

4. Sholat Tarawih Bersama

Kalau dulu sebelum nikah biasanya kita berangkat sholat tarawih bersama keluarga dan sahabat sekarang sudah beda. Kita bisa gunakan momen sholat tarawih bersama pasangan halal untuk bisa menambah rasa kedekatan berdua. Paling bahagia itu pas di jalan saat berangkat mau sholat tarawih ada yang nyapa, “Eh, sholat tarawih bareng istrinya ya? Ciee, berdua terus nih!..”.

5. Ngabuburit Bersama

Di sore hari teman-teman bisa lho pergi ngabuburit berdua bareng pasangan untuk sekadar jalan-jalan atau beli takjil. Jalan berdua melewati stand makanan dan minuman berbuka puasa sambil tanya ke pasangan kita, “Sayang, mau beli takjil apa nih? Beli bola-bola coklat kayaknya enak deh, gimana?..”. Serius, itu romantis banget dan bisa membuat kalian berdua semakin dekat satu sama lain.

6. Masak Berdua

Meskipun tugas istri adalah melayani suami tidak ada salahnya juga kalau para suami ikut turun tangan membantu pekerjaan istri di dapur saat sedang menyiapkan makanan. Entah itu untuk bantu siapkan piring dan gelas karena semuanya sudah diselesaikan istri. Dijamin kali itu juga kami para istri akan bahagia dan mengucap terima kasih sudah dibantu.

7. Akhir Pekan, Luangkan Waktu Berbuka Diluar Rumah

Bosan berbuka di rumah dan ingin suasana baru? Gampang banget, kalian tinggal merencakan waktu untuk berbuka puasa diluar. Tidak harus setiap hari kok minimal akhir pekan itu sudah sangat bagus, sambil diskusi kecil akan berpuasa di restoran mana. Atau bisa juga diam-diam para suami sudah memesan tempat berbuka puasa di salah satu restoran favorit berdua, romantis kan?.

8. Menonton Film di Bioskop

Bukan Cuma bisa berbuka puasa diluar rumah, tapi saat akhir pekan kita bisa juga mengajak pasangan untuk menonton film di bioskop. Pastikan juga pilih jadwal menonton yang selesai menjelang berbuka puasa jadi teman-teman tidak perlu menunggu lama lagi waktu untuk berbuka puasa.

9. Berkunjung Ke Rumah Mertua

Dalam seminggu sempatkan waktu untuk berkunjung ke rumah mertua atau sebaliknya teman-teman bisa mengundang mertua untuk berbuka puasa di rumah kalian. Dengan begitu bukan kalian saja yang akan semakin dekat tapi juga hubungan dengan mertua akan semakin baik.

10. Hunting Baju Lebaran Bersama

Nah, poin terakhir ini yang biasanya jadi favorit semua istri dan yang paling ditunggu-tunggu. Belanja baju lebaran, teman-teman jangan lewatkan momen ini untuk dilakukan bersama pasangan ya. Kalian bisa lho belanja baju lebaran tanpa harus ke luar rumah. Tinggal cari dan pilih-pilih baju lebaran mana yang diinginkan seperti gamis, tas wanita, dan, sepatu wanita.  Tinggal pilih, bayar, dan tunggu di rumah dengan santai bersama suami sampai barang pesanan datang.

Berpuasa di bulan ramadhan adalah sebuah kewajiban bagi semua umat muslim, sebagai pengantin baru bisa lho tetap mesra dan romantis selama berpuasa. Gimana, masih bingung mau mengisi bulan puasa bersama pasangan di tahun pertama? Semoga tips diatas bermanfaat ya dan selamat berpuasa :)



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

16 komentar

  1. Romantis ya mba. Apalagi saya hampir 3 tahun yang lalu. Tahun pertama puasa dengan pasangan yang baru halal itu penuh deg-degan. Soalnya saya ama suami menikah tanpa pacaran yaitu melalui taaruf. Baru banget kenal lewat proses taaruf. Pertemuan ke 4 kami, beliau langsung datang melamar saya dan bulan depan langsung menikah. Kebayangkan gimana berdebar2 jatuh cintanya perasaan kami berdua hihihihi. So sweet pokoknya deh pas ngelakuin yang mba bilang itu. Kegiatan sperti itu bener2 romantis 😄😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, itu manis banget mbak :) semoga langgeng dunia akhirat ya mbak.

      Hapus
  2. yg pnting niat krn Allah SWT.. semoga ibadah puasanya lncar

    BalasHapus
  3. kalau suamiku sih suaknya di ruamh saat menjelang buka, nah untungnya sekaarng di depan komplek banyak jualan makanan jd gak perlu jauh2 ke kota, jd mau deh diajak cari camilan buka puasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, di rumahpun bisa dijadikan momen romantis sambil menunggu waktu berbuka puasa. :)

      Hapus
  4. Waah...seneng banget ya, puasa tahun ini udah bareng suami dan calon debay. Lagi hot-hotnya berumah tangga, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, alhamdulillah dikasih cepet sama Allah.

      Hapus
  5. aku tahun pertama puasa sama suami masih hangat-hangatnya. jadi harus sering nahan diri. wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, Iya betul banget mbak :D

      Hapus
  6. Jadi lebih semangat kalau sama pasangan :)

    BalasHapus
  7. Aaah senangyaaa ya mbaaak. ..yg baca juga ikut bahagia. Hehehe. Doakan yaak biar bsa segera bertemu jodooh jugaa.. Heehehe 😁 aamiin. . Salam kenaal mbak 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiinn, tetep semangat ya. Salam kenal kembali :)

      Hapus
  8. Semua suda masuk list "must to do with mas husband" ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, happy terus ya pengaten baru :)

      Hapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram