Mudik Menggunakan Pesawat Terbang

Sabtu, Juni 10, 2017

Alhamdulillah, tidak terasa ya sudah separuh perjalanan di bulan Ramadhan ini dan itu artinya lebaran segera tiba. Bicara soal Lebaran nih, pasti tidak akan jauh dari yang namanya persiapan mudik. Teman-teman pasti sudah antusias sekali mempersiapkan apa saja yang akan dibawa saat mudik nanti, apalagi sudah tidak sabar bisa bertemu dengan sanak saudara dan teman lama di kampung halaman.

Kalau kamu gimana, Cha? Tahun ini saya belum bisa mudik karena sedang hamil besar. Biasanya setiap tahun saya dan kedua orang tua rutin mudik ke kampung halaman bapak di Banyuwangi sana. Tapi karena sedang hamil besar tahun ini kami sekeluarga tidak ada persiapan untuk mudik ditambah lagi suami saya yang asli orang Bangkalan Madura.

Jadi, mungkin mudiknya ke rumah mertua dan rumah orang tua saja meskipun begitu saya tetap antusias menyambut Lebaran tiba dan melihat semangat orang-orang yang akan pergi mudik. Oh iya, tahun ini teman-teman berencana mudik menggunakan transportasi apa? Bus, kereta, mobil pribadi, atau pesawat kah?.


Yuk, Mudik Selamat, Aman dan Nyaman Pakai Pesawat!


Nah, bagi teman-teman yang berencana mudik menggunakan trasportasi udara atau pesawat saya ada beberapa tips agar perjalanan mudik kalian aman, lancar dan selamat. Sebenarnya kalau dipikir lagi perjalanan menggunakan pesawat itu bukan lha hal yang wah lagi terlebih bagi kalian yang suka bepergian dan travelling menggunakan si burung besi ini.

Cuma karena sedang pergi mudik pasti banyak persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu supaya bisa menikmati masa mudik yang menyenangkan. Berikut ini beberapa tips dari saya yang sengaja saya rangkum untuk kalian semua, berikut diantaranya ya.

1. Persiapkan Tiket Sebelum Terbang

Hal pertama adalah jangan lupa persiapkan tiket, boarding pass dan tanda pengenal di tempat yang aman tapi mudah diambil untuk ditunjukkan beberapa kali di bandara. Jadi, setibanya di bandara nanti teman-teman tinggal memperlihatkan saja tiket yang sudah disiapkan dari rumah, awas ya jangan sampai tiketnya ketinggalan.

2. Tempatkan Barang Berharga pada Kabin

Jika membawa barang berharga atau surat penting, masukkan ke dalam tas yang dibawa ke kabin. Hal tersebut penting dilakukan untuk tetap menjaga barang penting yang kita bawa supaya tetap aman.

3. Datang Ke Bandara Lebih Awal

Biasakan untuk datang di bandara selambat-lambatnya 2 jam sebelum keberangkatan. Agar saat antrian check-in dan security biasa lebih panjang apalagi saat musim mudik dan musim liburan. Untuk mengantisipasi melunjaknya penumpang dan antrian yang sangat panjang.

4. Datang Lebih Pagi Lagi Jika Mudik Bersama Anak

Jika mudik dengan anak kecil, usahakan datang lebih awal lagi karena prosesnya akan lebih lama. Terutama saat pengecekan tiket untuk anak-anak, apalagi kalau anak kita sedang rewel pasti akan mengganggu sekali.

5. Jangan Lupa Uang Airport Tax

Supaya tidak gelagapan mencari uang untuk airport tax sebaiknya persiapkan dulu uang airport tax di tempat yang mudah diraih. Airport tax dibayarkan setelah proses check-in, jadi teman-teman tidak akan kerepotan sebelumnya.

6. Jangan Buang Tanda Resi Bagasi

Nah, yang ini cukup penting juga lho yakni simpan tanda resi bagasi baik-baik dan jangan dibuang ya. Hal ini berguna sebagai bukti seandainya koper teman-teman tertukar atau tertinggal, jadi sekalipun kejadian ada bukti penguatnya.

7. Cari Gate keberangkatan

Setelah mendapat boarding pass dan semua urusana selesai, carilah langsung Gate keberangkatan. Supaya teman-teman tidak terburu-buru nantinya dan bisa menunggu dengan tenang apalagi kalau sedang membawa anak.

8. Langsung Cari Ruang Tunggu

Ketika sampai di Gate atau Ruang Tunggu, sebaiknya pergi ke toilet. Saat naik pesawat, mungkin saja kalian akan tidak bisa segera ke toilet sebelum pesawat berada di udara. Bukan itu saja teman-teman bisa cek kondisi anak-anak, semisal popok si kecil apa perlu diganti atau tidak saat itu.

9. Nikmati Perjalanan Mudik Naik Pesawat

Setelah semua tips sudah dilakukan kini saatnya teman-teman bisa menikmati perjalanan mudik menggunakan armada pesawat terbang dan jangan lupa konsumsi banyak air untuk mencegah dehidrasi saat berada di pesawat. Oh iya, tetap tenang ya saat si kecil mulai rewel dan berusaha untuk menenangkannya.

10. Turun dari Pesawat Jangan Lupa Periksa Barang

Hal terakhir saat turun dari pesawat adalah jangan lupa untuk periksa kembali barang bawaan kalian. Pastikan juga barang yang sudah ada di tangan memang barang bawaan kita jangan sampai salah membawa barang bawaan orang lain supaya tidak repot.

Well, begitulah beberapa tips selamat, aman dan nyaman mudik naik pesawat. Tetap fokus dan santai ya supaya tidak ada kejadian yang tidak mengenakkan terjadi, momen mudik adalah momen yang paling ditunggu oleh semua orang. Tulisan ini dibuat sebagai bentuk kepedulian saya sebagai #SobatAviasi. Sobat Aviasi adalah komunitas yang dibentuk oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Selamat mudik!.



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

27 komentar

  1. makasih mbak tipsnya ya walaupun aku cuma mudik make kereta, untuk tips ini kayaknya guna juga hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas, semoga perjalanan mudiknya selamat, nyaman dan aman ya :)

      Hapus
  2. biasanya orang mudik dari kota besar ke kampung, tapi beda dengan aku malah dari kampung ke kampung go0 magetan - cianjur

    BalasHapus
  3. emang waktu itu tidak terasa ya. apa lagi untuk meninggalkan hal yang kita cintai perasaan cepat banget waktu berlalu
    semoga tahun depan kita masih bisa bertemu dengan ramadhan lagi ya
    amin ya allah
    ramadhan my love

    BalasHapus
  4. kalau saya mah gak ada acara mudik-mudikan jadi cuma bisa do'akan yang mudik aja lah mudah2an di beri kelancaran sampai tempat tujuan amin

    BalasHapus
  5. Tips yang bermanfaat nih bagiku. Meskipun mudikku gak pake pesawat, tapi ini gak ada salanya kalau nanti mau naik pesawat ingat ini. Thank ya..
    Salam kenal..

    BalasHapus
  6. Mudik lewat jalur udara itu selain cepat juga aman

    BalasHapus
  7. Bandara kalo udah musim mudik tk beda dengan terminal bus...rameeee pake banget. Bawa anak kecil kudu lebih aware emang.

    Btw airport tax bukannya udah jadi satu dgn harga tiket pesawat? #cmiiw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh udah nggak lagi ya mbak, makasi mbak infonya. :D

      Hapus
  8. Eh airport tax udh jd 1 ama tiket skr mba.. Kemarin2 aku rutin naik pesawat krn bisnis, g pernah byr lg airport tax :)

    Kalo mudik udh 2 thn ini aku agak males balik, k medan atopun solo kampung suami.. Lbh seneng di jkt aja skr.. Sebagai gantinya kita baru k medan ato solo pas masa mudik udh lewat :). Soalnya hrg tiket udh murah, dan toko2 di medan atopun solo udh bnyk yg buka :D. Kalo pas lebaran pada tutup sih.. Jd percuma mau pulang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, memang lebih enak itu tapi sayang nggak bisa ngelewatin momen Lebaran sama keluarga. :(

      Hapus
  9. Paling nyaman sih memang mudik pakai pesawat ya.. Soalnya paling bebas dari macet.. :) Kalo udah urusan naik pesawat, saya paling perhatian sama barang-barang bawaan. Suka ngeri ketuker koper gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, naik pesawat paling bebas dari macet.

      Hapus
  10. bener banget..sebelum meninggalkan bandara pastikan barang ke bawa semua... pernah temanku ngejar2 orang karena kardus rendang sapi yg di bawain mamanya di tenteng orang lain..hahahaha lucu banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, sampai segitunya kalau barang ketuker ya mbak.

      Hapus
  11. mudik pesawat itu enak, cepat dan aman. tapi ya gitu juga, harganya hehe.. pernah kemarin pas aku ma temen ambil barang, eh ternyata salah barang, walau secara kasat mata barang yang dibawa bener. untung saat itu kami masih dibandara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harganya memang lebih aman tapi kerasa nyaman dan bebas macetnya itu lho mas. :)

      Hapus
  12. Gak macet ya enaknya mudik naik pesawat

    BalasHapus
  13. Wah, mantap nih tipsnya mbak :) Saya juga sudah tergabung di komunitas #SobatAviasi. Toss dulu!

    BalasHapus
  14. Pake jalur udara emang lebih nyaman dan tentu hemat waktu yah mbak Riska. SAya jadi pengen mudik pake pesawat juga

    BalasHapus
  15. Seru banget naik pesawat, mudik begini bakal lebih nyaman. Betul nih langsung nyari ruang tunggu dibanding jalan-jalan :)

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram