Kenapa Harga Ponsel Mahal?

Selasa, September 05, 2017

Ponsel atau smartphone memang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat di era teknologi seperti sekarang ini. Sejalan dengan hal tersebut berbagai macam vendor juga senantiasa memproduksi produk teknologi terbaru mereka, dengan memberikan berbagai macam fitur unggulan dan tawaran harga yang bersaing.

Sehingga terkadang banyak masyarakat yang bingung dalam memilihnya. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu pertimbangan utama bagi masyarakat sebelum membeli sebuah produk ponsel atau smartphone selalu dari segi harganya. Konsumen selalu mencari hp murah kualitas bagus.

Tidak jarang memang diantaranya yang ditawarkan dengan harga terjangkau, namun juga sebanding dengan kualitasnya yang terbilang low. Sehingga jangan asal dalam memilih jika tidak ingin mudah rusak. Salah satu pertimbangan paling pentingnya adalah dari brand atau vendor. Setidaknya di Indonesia sendiri memang ada lebih dari 5 vendor teknologi ternama yang tawarkan produk-produknya. Semua memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.


5 Hal Penting Sebelum Membeli Handphone


Agar tidak salah dalam memilih smartphone, maka pastikan bahwa teman-teman cukup cermat melihat beberapa hal berikut ini, sehingga tidak salah dapatkan hp murah kualitas bagus, diantaranya adalah:

1. Kenali sistem operasi, OS merupakan bagian penting yang menunjang sebuah perangkat teknologi, setidaknya ada 3 macam sistem operasi yang banyak digunakan dalam pembuatan ponsel atau smartphone, diantaranya adalah Android, iOS dan juga Microsoft. Semuanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Namun untuk kategori masyarakat dalam negeri sendiri, banyak diantaranya yang lebih senang menggunakan OS dari Android.

2. Ukuran ponsel tersebut, ukuran ternyata juga sangat mempengaruhi tawaran harganya, umumnya ponsel dengan ukuran yang lebar maka harganya juga akan lebih mahal dibandingkan dengan yang kecil. Namun pastikan bahwa ukuran yang teman-teman pilih tersebut sesuai dengan kebutuhan. Misalnya senang menggunakannya untuk kebutuhan streaming video atau chatting, maka ponsel dengan ukuran layar yang luas jauh lebih dianjurkan.

3. Body bagian luar, selain dari segi sistem operasi dan juga ukuran, maka hal lain yang juga mempengaruhi tawaran harganya adalah dari segi body yang membalutnya. Umumnya ada beberapa bahan yang umum dipakai dalam membalut ponsel tersebut, plastik merupakan bahan yang harganya paling murah, kemudian dilanjutkan dengan material tertahan metal, hingga beberapa vendor juga tidak ragu membuat ponsel dari bahan keramik atau kaca, sehingga memberikan tampilan premium.

4. Tahun terbitnya atau waktu keluaran ponsel tersebut, umumnya ponsel yang sudah lama dipasarkan harganya akan jadi jauh lebih murah dibandingkan dengan yang baru dirilis, hal ini disebabkan karena harganya mengalami penyusutan, setiap ada produk baru yang dirilis ke pasaran, maka seri lama juga akan turun nilainya. Sehingga ketika teman-teman menginginkan yang murah, maka bisa memilih yang keluaran lama.

5. Fitur-fitur dukungan pada produk teknologi tersebut, selain dari segi dalam nya, maka fitur atau spesifikasi pendukung juga akan sangat mempengaruhi tawaran harganya. Semakin banyak fitur unggulan yang ditawarkan, maka tidak bisa dipungkiri juga harganya akan kian mahal. Sehingga konsumen yang membeli produk smartphone dengan fitur standard saja, maka tawaran harganya juga jadi semakin murah.

Itulah 5 hal penting yang harus diperhatikan jika ingin membeli hp murah kualitas bagus. Jika memang budget terbatas tidak ada salahnya juga membeli ponsel bekas, namun tentunya masih bagus. Cek juga harganya melalui toko online untuk dapatkan yang paling murah, banding-bandingkan situs yang menjual dengan harga terjangkau.



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

2 komentar

  1. Banyak faktor, ya? Tapi akus etia sama satu produk. :D

    BalasHapus
  2. Owhh,, harus siap-siap nih.. Beberapa waktu mendatang smartphone akan dikenakan pajak karena dianggap barang mewah yang memiliki nilai ekonomis berkelanjutan..

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram