Review | Chai’s Play Aplikasi Parenting dan Permainan

Saya percaya kalau waktu adalah hal terbaik yang bisa saya berikan untuk anak sebagai ibunya. Menjadi seorang ibu rumah tangga yang selama 24 jam selalu berada di rumah membuat saya bisa leluasa menghabiskan banyak waktu bersama Mirza anak saya. Tapi terkadang saya suka kehabisan ide saat sedang bersama Mirza, selain itu Mirza juga tipe anak yang mudah bosan.

Maunya keluar rumah dan dicarikan suasana baru padahal usianya baru saja masuk empat bulan. Tapi kalau sudah masuk musim hujan seperti saat ini saya jadi ragu untuk mengajak Mirza main diluar rumah. Paling kami berdua menghabiskan waktu sambil tiduran bareng, kasih teether supaya bisa digigitin sama Mirza, atau kadang Mirza main sendiri sambil guling-gulingan.

Lha, kalau gitu terus nggak salah kalau Mirza mudah bosan. Iya kan?. Saya pun inisiatif untuk mencari suatu kegiatan ringan yang aman dilakukan oleh saya dan Mirza yang usianya masih empat bulan itu. Sebagai ibu millennia cari informasinya ya di gadget, tapi setelah lama stalking sana sini informasi yang saya dapat nggak sesuai dengan yang saya butuhkan, duh.



Chai’s Play Aplikasi Parenting dan Permainan


Sampai satu ketika saya nggak sengaja lihat instastory seorang teman yang isinya skrinsut sebuah aplikasi gitu. Setelah saya perhatikan ternyata itu Chai’s Play, oke saya sudah nggak asing kok dengan namanya tapi kalau mendengar Chai’s Play ada aplikasi androidnya saya baru tahu. Akhirnya saya pun mendownload aplikasi ini, karena penasaran dan tertarik dengan tampilannya.

Baru sekitar tiga hari yang lalu saya menggunakan aplikasi ini dan mencoba beberapa permainannya bersama Mirza. Bagi saya yang baru menggunakannya aplikasi ini cukup seru dan mudah digunakan selain itu tampilannya menarik meskipun Mirza belum paham juga, hehehe. Ini beberapa alasan kenapa saya bilang aplikasi Chair’s Play ini bermanfaat dan membantu kedekatan kita bersama si kecil.

1. Daftarnya Mudah

Ya, sebagai salah satu aplikasi parenting Chair’s Play ini mudah saat pertama kali mendaftar untuk masuk. Ada dua pilihan yang bisa kita pilih untuk mendaftar yakni melalui akun facebook dan yang kedua menggunakan email. Karena saya termasuk ibu-ibu yang nggak mau ribet jadi saya mendaftar masuk menggunakan akun Facebook.


Dan taraaaaaaa, tinggal klik, masuk menggunakan akun Facebook kemudian saya sudah terdaftar dan sudah terverifikasi dengan email. Setelah itu saya diminta untuk mengisi nama anak, jenis kelamin dan tanggal lahirnya. Oh iya, aplikasi Chai’s Play ini tersedia dalam dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Korea, tinggal pilih yang mana.


2. Banyak Permainan yang Sesuai Usia Anak

Awalnya saya pikir bakalan ribet cari-cari jenis permainan yang sesuai dengan usia Mirza, tapi ternyata saya salah. Setelah mengisi nama, jenis kelamin dan tanggal lahir anak, selanjutnya kita akan langsung masuk ke slide pertama (info pilihan). Seketika itu beberapa jenis permainan untuk bayi usia empat bulan sudah tersedia.


Nah, bukan Cuma permainan saja tapi ada juga info tumbuh kembang, permainan bertema, dan tips permainan parenting. Sangat memudahkan sekali bagi saya yang suka kehabisan ide saat sedang bersama Mirza.

3. Sarat Akan Pesan Positif

Nggak mudah menjadi orang tua, terlebih lagi orang tua baru model saya dan suami yang minim pengalaman dan harus melakukan segala hal secara mandiri tanpa bantuan orang lain untuk mengurus Mirza. Kadang kami berdua suka kebingungan harus bagaimana saat dalam kondisi tertentu dan tentunya saat itulah kami khususnya saya butuh sekali dukungan yang positif.


Setiap kali buka aplikasi Chai’s Play ini saya disajikan kalimat-kalimat positif yang selalu berhasil membangkitkan mood. Saya juga sebelumnya suka sekali baca-baca tulisan di halaman Facebook Chai’s Play, karena itu juga saya senang sekali kalau sekarang Chai’’s Play sudah ada aplikasi androidnya.

4. Slide Kedua Pengasuhan dan Permainan

Di slide kedua ini lebih didominasi oleh tips pengasuhan dan parenting. Ada banyak artikel menarik dan bermanfaat yang bisa kita baca-baca untuk mengisi waktu luang. Artikel yang disediakan bahkan mulai dari untuk calon ibu, usia 0 tahun sampai 7 tahun jadi cukup lengkap. Ada juuga Kisah Ayah Bunda yang berisi ceriita inspiratif yang penuh pembelajaran bagi setiap orang tua.


Nggak sampai disitu saja lho, pada aplikasi Chai’s Play ini juga ada Konsultasi Parenting yang berisi konten yang saya yakin banyak dicari oleh para orang tua.

5. Kotak Permainan

Pada slide ketiga ada Kotak Permainan, Kotak Permainan adalah fitur yang membantu kita untuk menyimpan permaianan yang kita suka dan nantinya bisa kita cari lagi saat ingin memainkannya kembali bersama anak. Cara menggunakannya sangat mudah sekali, setelah selesai bermain dengan si kecil kita bisa menekan tombol Masukkan Permainan dan otomatis permainan akan tersimpan.


Setelah asyik bermain dnegan si kecil kita juga bisa mengekspresikan seberapa besar rasa suka si kecil setelah memainkan permainan ini. Caranya mudah, kita tinggal memberi nilai pada gambar yang berbentuk hati. Jadi, kita akan selalu tahu mana permainan yang sangat disukai oleh si kecil mana yang kurang begitu dia sukai.

6. Kotak Stori

Sama dengan Kotak Permainan pada Kotak Stori ini kita bisa menyimpan semua stori yang telah kita buat. Menyimpan artikel yang menurut kita penting agar bisa dibaca kembali pada lain waktu. Cara penggunaannya juga sama dengan Kotak Permainan, tinggal menekan tombol yang bertulis Kotak Stori maka otomatis akan tersimpan.

7. Konten Chai’s Play

Semua konten Chai’s Play ini disusun oleh ahli pendidikan khususnya bidang aktivitas untuk tumbuh kembang anak. Jadi, ibu-ibu nggak perlu khawatir lagi ada konten yang jauh melenceng tentang parenting bahkan konten negatif untuk anak-anak kita.

Seiring dengan bertumbuhnya si kecil yang secepat kilat, kita sebagai orang tua dapat terus memantau dan mempraktekkan info pengasuhan anak dan tips permainan yang terus berubah seiring perkembangannya. Selain itu di Chai’s Play selalu ada update dan tips permainan dan info pengasuhan anak setiap harinya.
Pagi ini, kami bermain Mari Melompat dan Mirza suka :)

Menarik kan? Yuk, temukan permainan yang lebih beragam di Chai's Play!

Salam Sayang,
dari Ebok dan Mirza.

1 komentar:

  1. Wah saya juga dowbload aplikasi itu mba. Cuma belum smpet bnyak dibuka. Jadi smakin penasaran aplikasi itu pas bca tulisan ini

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.