Memilih Kursi Makan Bayi

Memilih Kursi Makan Bayi - Di usianya yang sudah genap 6 bulan itu artinya Mirza bisa diberi makanan pendamping ASI atau yang dikenal dengan sebutan Mpasi. Nah, ternyata persiapan Mpasi untuk si Mirza ini cukup ribet juga ya terlebih lagi anak ini aktif banget padahal usianya baru 6 bulan. Kok bisa ribet, Cha? Iya ribet, soalnya setiap lagi makan Mirza nggak bisa duduk tenang.

Sebagai ibu jelas saya khawatir takut dia jatuh apalagi Mirza pernah jatuh dari tempat tidur, trauma banget kalau ingat itu. Belum lagi setiap makan, makanannya pasti tumpah kadang minumnya yang kesenggol akhirnya basah semua badannya. Biasanya kalau lagi makan Mirza saya pangku atau kalau nggak mau diam juga saya bawa jalan, tapi ternyata kebiasaan membawa anak yang sedang makan itu sambil jalan nggak baik.

Baca Juga : Welcome, Baby Mirza!

Akhirnya, saya kepikiran untuk membelikan dia kursi makan supaya praktis dan Mirza bisa lebih menikmati waktu makannya. Beberapa kali diskusi dan minta saran dari teman yang memang punya pengalaman soal ini. Memang betul, kalau Mirza sudah perlu menggunakan kursi makan saat dia sedang makan.


Pilih Feeding Booster Seat Untuk Mirza


Setelah fix akan membeli kursi makan untuk bayi ternyata pilihannya ada dua. Yang pertama high chair dan yang kedua adalah feeding booster seat (kursi yang pendek). Awalnya saya jatuh hati sama yang high chair ini karena ada beberapa teman yang merekomendasikannya tapi kemudian saya ingat lagi kalau lagi bepergian kayaknya agak repot dibawa.

Baca Juga : Bayi Bebas Aktif Bergerak Itu Harus!

Jadinya saya putuskan untuk membeli Booster Seat saja atau kursi makan yang pendek. Meskipun jika dibandingkan harganya memang lebih mahal sedikit daripada yang high chair. Tapi lagi-lagi untuk kenyamanan, kepraktisan dan keamanan Mirza saya rela deh, hahaha. Oh iya, berikut ini saya tuliskan juga beberapa hal penting penggunaan kursi makan bayi.

1. Perhatikan Keselamatan Anak

Bagi setiap orang tua keselamatan anak adalah tanggung jawab bersama terutama saat sedang makan biasanya ibu lah yang harus lebih waspada menjaga, kita harus mengetahui cara menggunakan kursi makan bayi ini. Selain itu ibu juga harus faham hal apa saja yang harus diperhatikan ketika menggunakan kursi makan bayi ini, agar nantinya nggak terjadi hal-hal yang nggak di inginkan.

2. Pastikan Anak Sudah Bisa Duduk Sendiri

Hal penting yang harus ibu-ibu perhatikan saat menggunakan kursi makan bayi ini adalah batas umur bayi yang boleh menggunakan kursi makan ini. Jangan kita memaksakan menggunakannya sebelum anak kita bisa duduk tanpa harus dibantu orang lain.

3. Batas Usia Minimal 6 Bulan

Dari yang sering saya baca di beberapa artikel parenting kursi makan untuk bayi ini hanya diperuntukan untuk anak yang berusia sudah 6 bulan sampai 36 bulan dengan berat badan maksimalnya adalah 15 kg.

4. Letakkan Di Permukaan Datar

Sebagai ibu, kita harus meletakkan kursi makan bayi ini di atas permukaan yang datar gunanya untuk kursi makan bayi tetap di posisi yang stabil. Jauhkan juga dari hal-hal yang berbahaya seperti sumber api, genangan air, sumber listrik dan hal membahayakan lainnya.

5. Atur Jarak Pada Kursi Makan Bayi

Jangan lupa ya usahakan jarak antara kursi makan bayi dengan meja atau dinding ngak terlalu jauh, agar nantinya meja dapat dijangkau oleh si kecil. Apalagi kalau Mirza, setiap lagi duduk makan pasti tangannya pegangan ke meja makannya.

6. Pakai Sabuk Pengaman

Bukan hanya saat naik mobil, menggunakan sabuk pengamansaat bayi sedang duduk di kursi makannya adalah penting. Jangan lupa pasang kunci terlebih dahulu sebelum kursi digunakan si kecil duduk. Gunakan sabuk pengaman untuk menjaga tubuh bayi agar tetap pada posisinyaya.

Well, membiasakan anak duduk dengan tegak saat makan akan memberi pengaruh besar pada pola makannya. Anak yang terbiasa duduk saat makan sejak dini akan menjadi lebih tenang juga lahap. Teman-teman, bisa memilih kursi makan bayi ini serta membelinya secara online mumpung ada promo kartu kredit BNI dari Tokopedia, cek disini juga ya.

1 komentar:

  1. iya bener, biasakan anak kita makan dengan duduk anteng, bukan dengan jalan-jalan. ini aku rasakan sendiri ketika menyuapi arya dan fatin.

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.