Tabungan Emas Pegadaian | Belajar Investasi Emas Dengan 5000 Rupiah!

by - Senin, Mei 16, 2016

Investasi emas merupakan salah satu alternatif menabung selain menabung uang di bank. Mengapa saya katakan sebagai salah satu alternatif menabung ? karena emas adalah salah satu barang mulia juga aset nyata yag memiliki nilai tukar seperti sama halnya dengan uang yang kita miliki. Dari zaman dulu sudah banyak orang yang berinvestasi dengan menggunakan emas guna untuk memnuhi kebutuhan di masa depan mereka. Orang-orang terdahulu sudah terbiasa menjadikan emas sebagai tabungan untuk biaya sekolah anak-anak, tabungan untuk biaya kesehatan, tabungan untuk membeli rumah maupun tanah dan tabungan untuk masa depan.

Seperti yang teman-teman dan saya ketahui bersama investasi merupakan cara mudah untuk melakukan simpanan untuk jangka waktu yang panjang. Investasi emas adalah salah satu jenis investasi yang aman untuk dilakukan bila dibandingkan dengan investasi lainnya. Hal tersebut karena investasi emas bisa dikendalikan oleh saya sendiri tanpa dipengaruhi dengan harga pasar.

Misal saja saat ini saya memiliki sejumlah uang sebesar 1 juta jika saya simpan uang tersebuat dalam rekening bank pasti akan terkena inflasi. Itu mengapa akhir-akhir ini saya lebih suka untuk berinvestasi emas daripada menabung sejumlah uang di bank. Emas juga selalu mengalami kenaikan harga pada setiap tahunnya dan jarang sekali mengalami penurunan.


Belum lagi jika mengingat kenaikan inflasi per tahunnya yang semakin membesar dan ditambah potongan administrasi bank setiap bulannya. Saya memang memiliki beberapa rekening untuk menyimpan sejumlah uang untuk kebutuhan sehari-hari dan melakukan transfer saja. Meskipun pada awalnya saya masih ragu untuk menginvestasikan sebagian dana yang saya miliki dalam bentuk emas.

Pegadaian Untuk Menabung Emas Bukan Hanya Menggadaikan Emas


Bagi sebagian besar orang Madura khususnya para perempuan Madura memiliki emas merupakan satu bukti untuk menjadi “Golongan Sosialita”. Hal ini terlihat jelas apabila teman-teman sedang pergi berkunjung ke Madura. Sejak masih bayi merah saja sudah dikenakan perhiasan emas oleh orang tuanya. Kebiasaan seperti itu juga diterapkan oleh kedua orang tua saya yang asli orang Madura, keluarga kami memiliki beberapa perhiasan emas sebagai simpanan.

Tapi sekarang saya mencoba untuk lebih serius lagi dalam berinvestasi emas, bukan lagi pada perhiasan emas melainkan emas batangan yang harga jualnya lebih tinggi. Lalu, dimana saya bisa memulai menabung emas dengan aman dan mudah? kalimat itu yang pertama kali ada di dalam benak saya. Apalagi di zaman sekarang banyak sekali jenis investasi bodong yang tidak jelas dan merugikan pemilik saham.

Akhirnya saya memilih Pegadaian untuk menabung emas, mungkin teman-teman masih tidak percaya kalau Pegadaian bukan lagi untuk menggadaikan emas. Seperti yang pernah saya baca Pegadaian merupakan salah satu perusahaan BUMN terbesar yang ada di Indonesia. PT Pegadaian memiliki 4000 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satu produk terbaru dari Pegadaian adalah Tabungan Emas.


Tabungan Emas adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas. Jadi, sudah jelas kalau sekarang Pegadaian tidak lagi untuk menggadaikan emas melainkan juga menabung emas.

6 Alasan Memilih Pegadaian untuk Menabung Emas


Memutuskan untuk berinvestasi bagi saya pribadi bukan suatu hal yang main-main butuh persiapan dan pemahaman yang betul. Supaya nilai investasi yang akan saya tanam bisa aman dan transparan, itu penting sekali sebab investasi adalah bentuk kegiatan jangka panjang. Rasanya aneh sekali kalau di zaman seperti ini kita terutama saya masih tertipu investasi yang tidak terpercaya. Berikut saya sertakan beberapa alasan saya dan keunggulan menabung emas di Pegadaian.

1. Pegadaian tabungan emas ini sudah ada di seluruh Indonesia termasuk di wilayah saya, Bangkalan.

2. Pembelian emas dengan harga terjangkau, saya bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram.

3. Menabung emas di Pegadaian, saya tidak akan terkena biaya administrasi seperti saya menabung uang di bank. Pada point ke tiga ini menurut saya cocok sekali bagi teman-teman yang sedang menabung supaya dana yang teman-teman miliki tidak terpotong terus.

4. Pelayanan petugas Pegadaian yang profesional dan nyaman.

5. Alternatif investasi yang aman selain menabung supaya tidak terkena inflasi.

6. Dengan menabung emas saya tidak perlu khawatir lagi kesulitan untuk mencairkan dana sewaktu-waktu jika perlu.


Dengan 5000 Rupiah Saya Bisa Menabung Emas


Rasanya hampir tidak bisa dipercaya dengan biaya mulai 5000 rupiah saya sudah bisa menabung emas. Pegadaian mewujudkan mimpi setiap orang untuk bisa berinvestasi emas dengan dana yang minim, akhirnya saya bisa memiliki Tabungan Emas juga. Jika sebelumnya untuk bisa melakukan investasi emas kita diwajibkan untuk menyimpan dana minimal harga satu gram emas yang akan kita investasi, sekarang sudah tidak lagi.


Tidak semua orang bisa memulai investasi emas apalagi jika orang tersebut tidak memiliki cukup dana. Saya masih ingat betul saat pertama kali membuka Tabungan emas di Pegadaian Bangkalan saya masih harus sabar mengantri untuk dihubungi kembali oleh pihak Pegadaian karena Tabungan Emas banyak sekali diminati oleh orang-orang.

Waktu itu pihak Pegadaian sempat kehabisan stok buku tabungan, saya semakin yakin untuk menginvestasikan dana saya dalam bentuk pemebelian emas di Pegadaian. Saya tidak heran kalau produk Tabungan emas dari Pegadaian ini memiliki banyak peminat di Kota saya Bangkalan Madura. Saya hafal betul kalau Orang Madura sangat menyukai emas dan alasan lainnya karena kita bisa menabung emas mulai 5000 rupiah.

Lalu, Bagaimana Prosedur Menabung Emas di Pegadaian ?


Bagi teman-teman yang ingin mendaftar Tabungan Emas di Pegadaian berikut saya berikan beberpa prosedur sesuai dari website resmi Pegadaian.

1. Membuka rekening Tabungan Emas di Kantor Cabang Pegadaian hanya dengan melampirkan fotocopy identitas diri (KTP/ SIM/ Passpor) yang masih berlaku.

2. Mengisi formulir pembukaan rekening serta membayar biaya administrasi sebesar Rp. 5.000,- dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp. 30.000,-.

3. Proses pembelian emas dapat dilakukan dengan kelipatan 0.01 gram dengan atau sebesar Rp. 5.550,- untuk tanggal hari ini (17-05-2016). Misalnya jika ingin membeli 1 gram, maka harganya adalah Rp. 555.000,- .

4. Apabila membutuhkan dana tunai, saldo titipan emas Anda dapat dijual kembali (buyback) ke Pegadaian dengan minimal penjualan 1 gram dan Anda dapat menerima uang tunai sebesar Rp. 538.000,- untuk tanggal 17-05-2016.

5. Apabila menghendaki fisik emas batangan, Anda dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping (5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) dengan membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih.

6. Minimal saldo rekening adalah 0.1 gram

7. Transaksi penjualan emas kepada Pegadaian dan pencetakan emas batangan, saat ini hanya dapat dilayani di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukan Buku Tabungan dan identitas diri yang asli.

Aplikasi Android Sahabat Pegadaian Memudahkan Pendaftaran Online


Sepertinya pihak Pegadaian tidak mau tanggung-tanggung dalam memberikan servis serta pelayanan terbaik mereka terlebih lagi di zaman modern seperti saat ini. Terbukti dengan adanya aplikasi android Sahabat Pegadaian yang bisa teman-teman download di apps store. Menggunakan aplikasi ini teman-teman bisa mendaftar hanya dengan menyertakan data diri dan no handphone.



Satu catatan penting yang saya ingat setelah menjadi salah satu nasabah di Tabungan emas Pegadaian adalah saya bisa menjual kembali emas yang ada pada saldo tabungan emas milik saya. Hal ini sangat membantu saya terlebih ketika saya membutuhkan dana mendadak untuk kebutuhan tertentu seperti saat saya membutuhkan modal usaha. Belum lagi saat saya menjual emas yang ada dalma saldo tabungan nilainya sama dengan harga emas pada waktu itu.

Jika harga emas sedang naik maka otomatis nilai jual emas saya pun akan meningkat. Dengan membayar order cetak saya sudah bisa membawa emas. Saya sarankan teman-teman menjual emas saat harga emas sedang naik. Jika teman-teman belum tahu apa itu order cetak saya akan jelaskan. Order cetak adalah sejumlah uang yang harus teman-teman bayarkan ketika ingin mengambil emas, ongkos cetaknya juga bermacam-macam sesuai dengan kepingan emas yang akan kalian cetak.

Demikianlah penjelasan saya tentang pengalaman membuka Tabungan Emas di Pegadaian. Dengan nominal uang sebesar 5000 rupiah kita sudah bisa berinvestasi emas. Pergi ke Pegadaian bukan lagi untuk menggadaikan emas melainkan untuk menabung emas. Jadi, jangan ragu lagi untuk membuka Tabungan Emas dan belajar berinvestasi di Gadai Emas. Selamat Mencoba :)

You May Also Like

1 komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.