Memulai Usaha Kreatif di Bidang Jasa dan Produk Online

Dasarnya di jaman milenial ini, terdapat beberapa lapangan pekerjaan yang baru dan bisa dilakukan oleh siapapun. Baik dari semuda anak sekolah dasar sampai lansia umur 90 tahun, bisa memulai bisnisnya di dunia online dengan mudah. Di bidang kreatif, semua punya banyak kesempatan untuk masuk dan dengan kebebasanya itu, bisa membantu kita untuk menemukan ciri khas yang bisa kita jual sendiri. Selera tiap orang berbeda-beda, begitu juga dengan selera seni dan desain.

Selalu ada celah dimana para pekerja estetis bisa masuk. Maka, jangan khawatir apabila teman-teman ingin membuka suatu usaha kreatif, karena pasti ada pasarnya yang suka. Terdapat beberapa tahap utama yang bisa kalian lakukan untuk memulai bisnis. Hal yang pertama kita lakukan bisa dari mengetahui apa yang dijual, tetapi mempersiapkan alatnya dulu juga bisa sangat membantu. Seperti siapkan rekening bank khusus untuk bisnis, dengan membuat rekening maka akan ada obligasi khusus, atau kewajiban sendiri untuk mengisi rekening itu dengan hasil usahamu.

Cukup ke bank, daftarkan atas nama perusahaanmu, dan teman-teman akan mendapatkan rekening bisnis yang siap menjadi rekening transaksi utama dalam pekerjaanmu. Selanjutnya adalah, setelah memiliki akun bisnis, maka akan lebih baik apabila kalian juga memiliki akun pembayaran online. Internet adalah dunia yang luas yang bisa menyambungkan kita dengan pembeli di ujung dunia lain.


Siapa tau ada yang menyukai produkmu di ujung Antartika sana? Rejeki bisa dari mana saja, dan internet juga ada dimana saja. Mempunyai akun pembayaran online yaitu membuka pintu agar dunia internasional bisa bertransaksi denganmu. Karena bank lokal memiliki prosedur yang sulit untuk bertransaksi antar negara, maka bisa dibantu dengan akun pembayaran online, seperti Paypal, Skrill, Atau Vimundo.

Memulai Usaha Kreatif di Bidang Jasa dan Produk Online


Walaupun mempunyai rekening bank dan mempunyai akun pembayaran online bisa membantumu dalam memulai usaha. Usaha pasti selalu butuh modal, baik dari promosi ataupun membuat karya kreatifmu. Maka akan butuh dana tambahan dalam membangun usah. teman-teman bisa cek ke Monily.id agar usahamu berkembang. Website tersebut adalah bantuan kredit usaha kecil tanpa agunan, yang cocok untuk siapapun yang butuh pinjaman dengan mudah dan online.

Sebelum teman-teman memulai suatu usaha kreatif, kalian harus tahu potensi dan bakat kreatifmu, apakah itu mengajar, membuat desain dari klien, atau hobi membuat produk yang unik-unik. Dalam industri kreatif, ada dua pelaku didalamnya, baik itu jasa ataupun pembuat produk. Para pelaku kreatif yang menawarkan jasa umumnya

Tips Membangun Usaha Dibidang Jasa


A. Bangun Portofolio Online

Untuk para pelaku jasa, maka kebanyakan menampilkan hasil kreatif mengikuti keinginan dari klien. Tetapi klien banyak yang tidak tau apa yang bisa dibuat apabila kalian tidak mempunyai karya contoh. Portofolio online adalah salah satu cara termudah di jaman serba online ini agar klien bisa melihat kemampuan dan seleramu, bisakah sesuai dengan klien ataupun bisa dioper ke orang lain yang citra selera seni nya bisa sama.

Contoh Portofolio Online (Webpraktis.com)

Portofolio online seperti Instagram, ataupun Tumblr, dan BeHance, adalah portal sederhana agar karya teman-teman bisa dilihat tanpa klien perlu masuk ke website. Jangan lupa untuk selalu siapkan email dan no telpon agar bisa dihubungi klien kapan saja.

B. Buat Akun Linked In

Mungkin sepele dan terlihat tidak penting untuk para pekerja kreatif. Karena yang terpenting dari pekerja kreatif adalah hasil bekerjanya bukan lagi dari sekolah mana ataupun akridetasi mana yang unggul. Selama kalian punya selera maka karya kalian bisa terjual dengan baik pula.

Tetapi jangan dianggap remeh kekuatan relasi. Linked in adalah website untuk para pekerja professional dengan perusahaan besar, dengan memiliki linked in, maka dengan membuka diri agar perusahaan besar bisa mengintip sepak terjang kalian. Kemungkinan untuk direkrut untuk projek ataupun desain untuk perusahaan nya sangatlah mungkin. Selain itu teman-teman juga bisa mencari tahu orang-orang yang bisa bekerja sama dengan projekmu juga tanpa perlu relasi keluarga ataupun alumni.

C. Update Kegiatan di Sosial Media

Baik dari path, facebook, atapun Instagram, update kegiatan akan menunjukan keaktifan teman-teman dalam berkarya dan seringnya kalian menerima pekerjaan. Dengan demikian relasi lama kalian juga bisa mengetahui perkembanganmu dan kemungkinan untuk mendapat pekerjaan bisa lebih mudah. Apabila kalian lebih enjoy dengan hobi mendesain tanpa ingin orang lain mendikte, maka kalian juga bisa update karya kalian dan kegiatanya dengan cara Vlog atau tutorial online.

Netz.id
Dengan demikian orang lain bisa belajar dan melihat cara bekerja kalian, bahkan support secara finansial untuk skill yang teman-teman miliki. Salah satu website yang mendukung untuk hal ini adalah PatreOn, dimana kalian bisa berkarya tanpa demand klien, tetapi tetap didukung oleh siapapun fans kalian .

D. Kejar Pelangganmu

Banyak yang dilupakan para pekerja kreatif adalah mencari klien juga. Baik itu dari portal online ataupun promo di sosial media dan dunia nyata. Mengejar pelanggan bisa juga mengikuti trend-trend dunia yang ada. Apabila dalam budaya pop sedang populer Batman, maka ikutilah trend itu dengan karya seputar Batman. Karena trend akan selalu muncul di pencarian utama, maka kemungkinan agar tersandung pelanggan juga besar.

Memiliki demand bisa juga membantu mendengar apa yang pasar sukai. Walaupun kalian bisa memiliki fans nya sendiri, tetapi sekali-sekali mengikuti trend bisa membuat teman-teman berkembang lebih cepat dalam memperkenalkan brand kalian dan mencari pelanggan dari mana saja.

Tips Jualan Produk Online


A. Siapkan produk yang ingin dijual

Para pekerja kreatif mungkin membutuhkan dana untuk membuat produk-produknya. Maka diperlukan bantuan pinjam dana tunai cepat tanpa jaminan, agar produk kalian bisa diproduksi dengan lancar. Caranya mudah, teman-teman tinggal akses Monily.id dan ikuti langkah-langkahnya agar usahamu berjalan lancar tanpa hambatan uang.

B. Siapkan Akun Sosial Media untuk Usahamu

Jangan gunakan akun pribadi yang penuh dengan foto keluarga atau anak-anak dalam berjualan. Karena akan membuat distraksi bagi pelanggan yang ingin melihat barang daganganmu. Cari tampilan yang menyenangkan agar pelanggan senang dengan daganganmu. Karena daganganmu akan tampil lebih enak dimata dan terlihat profesional apabila dihias daripada hanya difoto ala kadarnya tanpa layout yang mendukung.

C. Pajang produkmu di berbagai E-Commerce

E-Commerce di Indonesia bisa daftar melalui Tokopedia, Olx, Ataupun BukaLapak. Sementara yang spesifik secara international bisa dari E-bay atau Etsy. Toko Etsy adalah toko online yang bisa dicustom penampilanya. Para pelanggan bisa membeli dari Etsy, namun pengiriminya bisa dari kalian sendiri. Fokus dari etsy adalah untuk siapapun pekerja kreatif yang fokus pada barang-barang buatan tangan, atau kerajinan daerah dan penualan kembali barang-barang vintage.

Poster seni juga bisa dijual dengan muda di Etsy. Tetapi Etsy tidak menerima barang yang dijual secara masal, karena bisa kehilangan harga seni dan otentisitasnya. Tokopedia, OLX, BukaLapak dan E-bay membantu untuk menjual barang kalian secara masal. Tetapi dengan melihat stok yang banyak di hitungan avaibilitas produk, akan membuat barang kalian menjadi tidak eksklusif. Karena seni dan desain adalah menjual orisinalitas daripada fungsional saja.

D. Jual di event-event

Menjual di event-event produk kreatif akan membuatmu menemui pelangganmu. Karena mereka bisa langsung melihat produkmu dan bisa memegang dan merasakan dengan lebih efisien. Selain itu kualitas produk kalian juga terjamin karena bisa dipajang secara wujud dan nyata. Dan masukan dari pelanggan bisa kalian dengar sendiri.

Terakhir adalah, untuk pekerja kreatif tidak akan selalu cepat dalam membangun brand-nya, karena saingan yang banyak, dan selera yang tidak seragam membuat ciri khas yang kalian miliki gampang dilupakan apabila kalian tidak mau berkembang sendiri dan selalu berusaha untuk tampil eksis.

7 komentar:

  1. harus punya ciri khas yaa mba biar dilirik sama orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, supaya mudah diingat orang. :)

      Hapus
  2. Industri kreatif itu emang menggoda, dibutuhkan kreatifitas yang unik dan semangat berjuang yang tinggi untuk bisa sukses. Makasih sharingnya Riska.

    BalasHapus
  3. Mbak Riska juga sangat kreatif. :) Hehehehe .... Thanks sharingnya. :D

    BalasHapus
  4. industri kreatif itu paling bertahan karena namanya kreatif selalu diasah :D sharingnya bagus mba riskaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kreatif harus inovatif, mungkin gitu ya mba. :D

      Hapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.