Jangan Asal Berikan Makanan Bayi 6 Bulan Ini Pada Si Kecil

Pada awal kelahirannya buah hati memang belum bisa mencerna semua jenis makanan, sehingga hanya mengandalkan Asi atau susu formula untuk menunjang kebutuhan nutrisi mereka. Namun seiring dengan bertambahnya waktu dan tubuh bayi juga mulai sempurna, enzim-enzim yang ada di dalamnya sudah mulai bekerja, maka ada kian banyak jenis makanan yang sudah dapat dikonsumsi. Makanan bayi 6 bulan ini cukup banyak ditawarkan di pasaran, konsumen sendiri bisa pilah-pilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Ragamnya mulai dari jenis bubur hingga biskuit, namun tidak masalah juga jika ingin membuatnya sendiri di rumah, tentunya dengan pertimbangan utama yaitu nilai gizi yang ada di dalamnya jauh lebih lengkap disertai dengan rasa yang enak, karena memang makanan tersebut dibuat dari bahan-bahan yang alami, bebas pengawet dan juga beberapa bahan kimia berbahaya yang lainnya. jangan khawatir karena tetap dapat diselingi dengan menu makanan instan jika Anda tengah dalam kondisi yang sibuk, asalkan tidak terlalu banyak jumlahnya maka akan tetap aman untuk buah hati.


Makanan bayi 6 bulan tersebut memang bisa secara sudah dibuat sendiri di rumah dari beberapa jenis bahan alami menyehatkan, namun juga dengan beberapa pertimbangan, diantaranya adalah tidak menambahkan beberapa bahan ini dalam jumlah yang tinggi, diantaranya adalah:

1. Gula

Gula memang mampu menambah rasa yang manis dan enak pada makanan, namun untuk anak usia dini, apalagi bayi tidak boleh dilakukan, mengingat glukosa ini bisa menyebabkan penumpukan gula darah lebih tinggi, berpotensi menyebabkan berat badan berlebih pada bayi, hal ini akan dibawa hingga mereka dewasa, bahkan memicu terjadinya penyakit diabetes melitus.

2. Madu

Bisa dikatakan bahwa bahan yang satu ini memang sangat bermanfaat untuk obat, hanya saja lebih aman dikonsumsi oleh orang dewasa, bukan bayi, sama halnya dengan gula maka kandungan glukosa yang ada di dalamnya sangat tinggi, sehingga bisa memicu terjadinya berat badan berlebih. Untuk beberapa masalah kesehatan dan dipakai sebagai obat sebenarnya tidak masalah, namun dalam takaran yang kecil.

3. Kacang Utuh

Semua jenis kacang-kacangan dalam bentuk yang masih utuh tidak boleh diberikan kepada bayi, kecuali sudah dilumatkan, misalnya adalah dalam bentuk bubur, karena butiran-butirannya belum bisa dicerna oleh mulut, mengingat di usia tersebut gigi mereka belum banyak yang tumbuh, sehingga bisa memicu tersedak.

4. Telur mentah hingga setengah matang

Dalam kondisi tidak matang telur membawa beberapa jenis bakteri jahat yang bisa memicu terjadinya masalah kesehatan. Itulah mengapa tidak boleh diberikan kepada bayi, apalagi tak jarang diantaranya telur yang masih mentah bisa memicu terjadinya infeksi pada buah hati yang daya tahan tubuhnya belum kuat sempurna.

5. Lemak Jenuh

Bentuk makanan yang biasanya dimasak dengan cara menggoreng, mulai dari gorengan, keripik hingga kerupuk yang digoreng dengan mengandalkan minyak. Makanan-makanan semacam ini hanya akan menumpuk kolesterol di dalam pembuluh darah, dampaknya juga sangat berbahaya. Salah satunya adalah bisa memicu gagal jantung sejak dini bahkan juga obesitas pada buah hati.

Waspadai jangan asal pilih makanan bayi 6 bulan untuk mereka, karena tidak semuanya mengandung nutrisi yang seimbang dan sehat. Meskipun pada kenyataannya di usia tersebut memang sudah dianjurkan pada orang tua untuk memperkenalkan mereka pada berbagai jenis makanan baru. hanya saja tidak semuanya dikatakan sehat dan aman dikonsumsi.

3 komentar:

  1. Yang jelas, 4 sehat 5 sempurna dengan porsi yang cukup. Aku kenalin si bungsu sama berbagai makanan sehat biar kelak nggak pilih-pilih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, paling dihindari memang yang manis-manis mba. :)

      Hapus
  2. Anakku malah gak begitu suka sama yang manis-manis. Mungkin karena masih 9 bulan.

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.