5 Jenis Kursus Yang Cocok Untuk Perkembangan Si Kecil

Demi tumbuh kembang sang anak sebagai orang tua pasti kita merasa perlu untuk memberikan yang terbaik bukan, contohnya seperti memberikan kursus yang tepat untuk membantu perkembangan si kecil. Banyaknya tempat kursus untuk anak yang saat ini bermunculan pun terkadang membuat kita sebagai orang tua bingung untuk menentukan temapt yang pas dan cocok untuk si kecil. Jangan sampai kita salah pilih saat menentukan kursus yang tepat untuk si kecil.

Usia yang pas untuk memberikan kursus ke anak adalah saat berumur 3 tahun. Disaat itu kemampuan motorik si kecil sudah mulai bisa terasah dengan baik. Namun memang belum begitu sempurna, oleh karena itu kita perlu membantu mengembangkanya dengan memberikan kursus tertentu. Nah berikut ini adalah beberapa pilihan kursus yang cocok untuk si kecil.


5 Jenis Kursus Yang Cocok Untuk Perkembangan Si Kecil


• Kursus renang

Saat usia si kecil menginjak 3 tahun tidak ada salahnya untuk mendaftarkan si kecil kursus renang. Diusianya yang sudah 3 tahun syaraf motorik si kecil sudah bekerja dengan baik sehingga mampu untuk berenang. Apalagi jika si kecil ditangani oleh seorang professional, pasti akan sangat membantu perkembangannya.

Banyak hal tentunya yang perlu kita persiapkan sebelum mendaftarkan anak ke kursus renang. Salah satunya adalah mempersiapkan perlengkapan untuk renang, seperti handuk, kacamata renang, pelampung, maupun baju renang anak perempuan dan laki-laki.

Untuk urusan koleksi berbagai macam baju renang anak perempuan maupun laki-laki dengan motif lucu, MatahariMall.com adalah juaranya. Kita bisa mengunjungi website MatahariMall untuk mendapatkan baju renang yang cocok untuk anak.

• Kursus musik

Sebelum kita mendaftarkan si kecil untuk kursus musik, cobalah untuk memperkenalkan berbagai jenis musik yang ada seperti pop, jazz, rock atau hip hop. Perkenalkan juga si kecil dengan beberapa alat musik yang ada, kemudian amati si kecil cenderung suka dengan alat musik dan jenis musik apa. Hal ini bisa membantu kita untuk menentukan kursus musik apa yang cocok untuk si kecil.

• Kursus memanah

Memanah adalah salah satu olahraga yang berfungsi untuk membantu konsentrasi dan fokus si kecil, biasanya saat pertama kali datang si kecil akan dicoba untuk memanah selama 30 menit. Gunanya adalah untuk memastikan tingkat konsentrasi si kecil sampai ditingkat mana. Selain untuk melatih konsentrasi, kursus memanah juga bisa melatih emosi si kecil.

• Kursus memasak

Bagi teman-teman yang memiliki anak perempuan, kursus memasak adalah pilihan yang tepat tentunya, fungsinya adalah untuk membuat si kecil lebih familiar dengan peralatan serta bumbu-bumbu masak yang ada. Selain itu kursus memasak juga dapat melatih saraf motorick dan mengasah kepandaian anak.

• Kursus menari

Jika teman-teman memiliki anak yang aktif, kalian bisa mendaftarkan untuk kursus menari. Sama halnya dengan kursus yang lain kursus menari bisa membuat si kecil lebih bebas dalam mengekspresikan gayanya, serta menumbuhkan rasa kepercayaan diri yang tinggi bagi si kecil agar tidak malu untuk tampil dimuka umum.

Sebelum mendaftarkan si kecil untuk mengikuti kursus, ada baiknya kita berdiskusi terlebih dahulu dengan si kecil agar si kecil merasa diikutsertakan dalam memilih hal yang dia inginkan. Karena yang akan menjalankan kursus adalah anak kita, jadi pastikan anak anda juga nyaman dan enjoy saat menjalani kursus tersebut, sehingga si kecil tidak merasa dipaksa saat mengikuti pelajaran selama kursus dimulai.

Jika sudah memilih kursus yang tepat untuk anak, jangan lupa juga untuk mempersiapkan kebutuhan pendukungnya. Misal untuk kursus renang, persiapkan baju renang anak perempuan dan laki-laki. Untuk kursus musik bisa dipersiapkan alat musik yang diminati si kecil. Kebutuhan tersebut untuk mendukung keefektifan dari kursus yang dijalani.

3 komentar:

  1. Anakku sukanya drama, apa harus kursus di theater ya? Haha. Tapi dia juga suka gambar.

    BalasHapus
  2. Mau dikursusin masak aja si adek, biar nanti gedenya pinter masak. Hehe.

    BalasHapus
  3. Kalau aku pinginnya anak kursus musik. :)

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.