Mengenal Istilah UNBK

Tentunya bagi teman-teman yang bergerak dalam bidang pendidikan sudah tidak asing lagi dengan istilah UNBK. Hanya saja bagi teman-teman sebagai siswa pastinya hanya sebatas tahu saja. Berbeda halnya sebagai seorang guru yang harus paham betul mengenai UNBK ini. Entah itu sistemnya atau bahkan persyaratan yang harus dipenuhi.

Banyak orang awam yang masih belum begitu paham mengenai hal ini. Untuk itulah, kali ini kita akan membahas mengenai lingkup UNBK atau singkatan dari ujian Nasional berbasis komputer. Pada kenyataannya kemajuan teknologi memang membawa perubahan besar pada berbagai bidang. Terutama dalam bidang pendidikan yang saat ini serasa serba teknologi.

Jadi saat ini anak sekolah di didik semakin mahir dalam bidang teknologi. Jadi sebisa mungkin tidak ada murid yang gaptek atau tak mengenal teknologi. Apalagi sekarang ini ujian Nasional saja sudah menerapkan penggunaan komputer yang dirasa lebih mudah meskipun sebetulnya terlihat begitu ribet.


Mengenal istilah UNBK yang perlu diketahui


Sekarang ini di setiap sekolah apalagi yang sudah terpandang prestasinya telah menerapkan sistem UNBK. Lantas akankah teman-teman sudah paham mengenai pengertian dari UNBK tersebut? Mungkin sudah banyak yang menjalani ujian tersebut tanpa tahu penjabarannya atau penjelasan yang sebenarnya mengenai UNBK ini.

UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer adalah Unjian Nasional yang telah menggunakan komputer dan dilengkapi dengan adanya suatu perangkat lunak khusus yang sudah dikembangkan untuk kepentingan Ujian Nasional dengan tingkat kesulitan yang sama dengan Ujian Nasional secara tertulis.

Itulah tadi pengertian dari UNBK yang bisa teman-teman ketahui. Lantas siapa sajakah yang biasanya menjadi peserta kegiatan UNBK ini? Yang pasti untuk peserta UNBK ini adalah peserta didik yang ada pada jenjang pendidikan SMP/MTS, SMA/MA dan juga SMK yang sudah memenuhi kriteria untuk penerapan UNBK ini.

Memang tidak semua sekolah bisa menerapkan ujian tersebut, hanya yang memenuhi kriteria saja yang sudah menerapkan program ujian tersebut. Di bawah ini akan saya tuliskan secara lengkap mengenai apa saja sih syarat yang harus dipenuhi untuk penerapan UNBK pada sebuah sekolah.

Persyaratan yang Harus dipenuhi untuk Penerapan UNBK


Jika kita berbicara mengenai kriteria, pastinya di antara anda merasa penasaran sekali dengan beragam kriteria yang harus dipenuhi oleh satuan pendidikan untuk menjadi pelaksana UNBK ini. Kriteria pelaksana UNBK ini bisa dibilang seluruh persyaratan yang berlaku untuk pendidikan pelakana UN-PBT. Inilah berbagai persyaratan sarana maupun prasarana yang harus dipenuhi untuk pelaksanaan UNBK ini. Di antaranya sebagai berikut:

• Komputer yang tersedia setidaknya menyediakan cadangan minimalnya 10% dari jumlah kebutuhan.

• Server yang digunakan sudah memadai dengan kata lain dilengkapi dengan adanya UPS atau Uninterruptible Power Supply.

• Koneksi internet yang tersedia cukup memadai.

• Jaringan lokal ataupun LAN dengan media kabel.

• Ruangan ujian tergolong memadai.

• Asupan listrik yang digunakan juga memadai.

Setidaknya sebuah sekolah yang ingin menerapkan system UNBK perlu memenuhi berbagai kriteria tersebut. Sebab bagaimanapun juga kegiatan UNBK ini juga tergantung pada sarana maupun prasarana yang dimiliki pihak sekolahan. Jadi setidaknya untuk sekolahan yang ingin menerapkan metode tersebut perlu melengkapi berbagai kriteria di atas.

Jangan sampai komputer yang tersedia terbatas bahkan jaringan koneksinya juga terhambat. Jika begini ujian yang dilakukan dengan komputer pun tidak bisa berjalan dengan lancar. Setidaknya dengan memenuhi segala persyaratan tersebut, saya rasa UNBK pun bisa berhasil dengan lancar dan sesuai dengan harapan. UNBK pun berhasil di lalui tanpa adanya hambatan.

1 komentar:

  1. Aku dulu belum ada unbk wkwk. Sekarang semuanya serba pakai komputer yaa.

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.