Mengenal Lebih Dekat Pasty Yogyakarta

Teman-teman, ada yang sedang berencana liburan ke Yogyakarta? Bila ada, sebaiknya jangan lupa untuk mengatur internary liburannya lebih awal. Kenapa? Karena mengatur internary sangat membantu memudahkan kalian saat sedang berlibur, khususnya saat kita berkunjung ke tempat yang baru. Tentukan mana lokasi yang akan kalian kunjungi, jangan sampai saat kalian tiba di Jogja malah kebingungan tidak tahu mau kemana.

Membuat intenary lebih awal juga sangat menguntungkan karena kalian bisa mencari tahu lebih jauh tempat-tempat yang akan dikunjungi, mulai dari alamatnya ataupun keunikannya. Nah, salah satu lokasi yang sebaiknya teman-teman memasukan juga ke dalam intenary adalah Pasty.

Ini merupakan sebuah pasar yang secara khusus dibuat untuk penjualan berbagai macam satwa, bahkan bisa dibilang ini merupakan pusatnya di kota Jogja sejak 2010. Kata pasty sendiri diambil dari singkatan Pasar Satwa dan tanaman Hias Yogyakarta.


Mengenal Lebih Dekat Pasty Yogyakarta


Lokasi Pasty nya berada di Jalan Bantul, Dongkelan Yogyakarta. Sangat dianjurkan bila kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi saat berkeliling ke Jogja dan pasty. Agar perjalanan liburan teman-teman tidak terhambat dengan kendaraan yang akan digunakan untuk mengunjungi beberapa tempat.

Bila tidak membawa kendaraan, lebih baik teman-teman menyewa mobil saja di Jogja. Salah satu tempat penyewaan mobil yang bisa teman-teman andalkan adalah OMOcars Jogja, rental mobil yang memberikan kebebasan pada para penyewanya untuk lepas kunci atau bisa nyetir sendiri, enaknya lagi mobil yang disewa bisa langsung diantarkan ke lokasi tujuan kalian.

Kisaran harganya juga bisa lebih murah dibandingkan harus naik kendaraan umum yaitu 250 ribu per harinya. Di Pasty, teman-teman bisa menemukan beraneka ragam burung, khususnya yang memang legal untuk diperjualbelikan. Selain burung, ada juga hamster, reptile, anjing sampai iguana. Kalian akan merasa sedang di kebun binatang karena suasana pasar sangat berisik dengan suara-suara hewan.

Gerbang meriah bertuliskan PASTY, Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta, Zona Satwa yang bersebrangan dengan gerbang Zona Tanaman Hias menjadi penanda utama yang menarik perhatian. Kedua zona ini hanya dipisahkan oleh Jalan Bantul.

Memasuki gerbang zona satwa, kicau burung terdengar ramai bersahutan, anjing-anjing kecil menyalak bergantian dan ikan-ikan berlenggok manja dalam akuarium berbagai ukuran. Kondisi pasar satwa yang identik dengan becek, berjejal dan gelap pun lenyap. Puluhan kios ditata rapi dan dikelompokkan sesuai dengan jenis satwa yang dijual.


Lorong-lorong antar kios dibuat lebih lebar sehingga pengunjung menjadi lebih nyaman. Aneka satwa, mulai dari berbagai jenis burung, anjing, ikan, iguana, hamster, reptil hingga satwa-satwa unik seperti merpati keriting, pitik walik (ayam dengan bulu yang tumbuh terbalik) dan ayam jambul pun menyapa.

Untuk wilayahnya sendiri, Pasar Burung Pasty ini dibagi menjadi 2 wilayah yaitu yang lokasinya berada di sebelah timur Jalan Bantul dan juga sebelah barat jalan. Fasilitas untuk pengunjung juga sudah disediakan, bila merasa lelah berkeliling pasar, pengunjung bisa memanfaatkan gazebo yang ada untuk beritistirahat.

Ada juga food court yang bisa dikunjungi dan teman-teman bisa memesan berbagai macam menu makanan, baik khas Jogja atau luar Jogja. Penataan pasar Pasty juga sudah cukup modern, tidak terlihat seperti pasar tradisional pada umumnya. Mungkin bila kalian mendengar kata pasar, kalian akan membayangkan suasana pasar yang kumuh, kotor serta becek oleh hujan.

Namun, tidak dengan pasar pasty yang memang sudah dibangun serapih dan semodern mungkin sehingga akan membuat pengunjung yang datang merasa lebih nyaman. Bagi teman-teman pecinta binatang, tentunya pasty yang ada di Jalan Bantul ini menjadi tempat yang direkomendasikan untuk bisa kalian masukan ke dalam intenary liburan.

PASTY memang diam-diam telah menjadi surga bagi para pecinta satwa dan tanaman hias. Kehadirannya bagai kebun binatang mini yang koleksinya dapat dimiliki. Tempat ini juga menjadi taman bermain menyenangkan bagi anak-anak, di mana mereka dapat bermain sambil mengenal berbagai jenis satwa dan tanaman dengan bebas.

Bagi para pecinta fotografi, PASTY tak ubahnya seorang model yang membuat mereka tak henti mengatur fokus dan menangkap gambar. Sementara bagi para laki-laki jawa, PASTY adalah tempat yang mengakomodasi sebuah tradisi, tempat di mana mereka menemukan salah satu dari lima syarat untuk menjadi seorang ksatria yakni wisma (rumah), wanita, turangga (kuda), kukila (burung) dan curiga (keris).

Well, mau sekadar melihat-lihat saja tanpa membeli juga tidak masalah atau mau berinteraksi langsung dengan hewannya juga tidak dilarang kok!. Selamat berlibur ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.