Destinasi Wisata dan Edukasi di Museum Macan Jakarta

Teman-teman, sudah pernah berkunjung ke Museum Macan yang ada di Jakarta belum?. Kalau yang sudah pernah berkunjung ke sana pasti akan puas dengan semua fasilitas yang ada di dalamnya terutama bagi kalian pecinta seni kontemporer. Oh iya, walupun namanya Museum Macan tapi tempat ini sama sekali tidak ada binatang buasnya lho.

Museum Macan sendiri merupakan sebuah singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Letaknya berada di daerah Jakarta Barat, Museum Macan ini sangat dikenal oleh para kaum urban. Jadi, ceritanya saya sedang browsing dan tidak sengaja menemukan sebuah foto yang menarik dari salah satu bagian interior Museum Macan.

Museum Macan sendiri adalah museum pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni modern dan kontemporer Indonesia serta internasional. Museum ini memiliki program pameran dan acara aktif di fasilitas seluas 4.000 meter persegi yang mencakup ruang pendidikan dan konservasi.

Museum Macan
detik.com

Ada Apa Saja di Dalam Museum Macan?


Saya yakin teman-teman pasti bertanya-tanya ada apa saja sih di dalam Museum Macan yang sedang hits itu?. Museum Macan ini berisi berbagai karya seniman nasional dan seniman internasional, tujuannya untuk semakin memperluas gambaran seni kontemporer baik dari dalam maupun luar Indonesia.

Tidak sekadar menampilkan karya seni berupa lukisan saja akan tetapi juga menampilkan gaya seni kontemporer dari berbagai media serta tehnik yang berbeda-beda. Selain itu tempat ini bukan hanya dijadikan tempat untuk berfoto namun juga sebagai sarana edukasi bagi para murid dan seniman yang datang berkunjung.

Museum ini menampilkan sekitar 90 karya seni kontemporer yang siap untuk menjadi perhatian para pengunjung. Dari 90 karya seni yang ada di dalam Museum Macan, milik seniman Jepang Yayoi Kusama yang bernama “Infinity Mirrored Room” menjadi favorit para pengunjung.


Karya Seniman Yayoi Kusama di Museum Macan


Sayangnya, karya-karya favorit dari Yayoi Kusama ini hanya bisa dinikmati sampai tanggal 9 September 2018 nanti. Masih ada waktu kurang dari satu bulan untuk merencanakan pergi berkunjung ke Museum Macan. Nah, kenapa sih karya-karya milik Yayoi Kusama ini banyak menjadi favorit?.

Tidak banyak seniman seproduktif Yayoi Kusama, dengan kekaryaan yang konstan sejak 1950-an. Setiap karya mengajak penikmatnya memasuki dunia imajinatif. Pesan-pesan dalam karya Kusama tetap relevan hingga kini. Namun, siapakah Yayoi Kusama sendiri?.

Yayoi Kusama adalah salah satu seniman paling terkenal di dunia yang berasal dari Jepang. Karyanya telah dipamerkan di berbagai belahan dunia, dan meliputi berbagai media termasuk instalasi, lukisan dan patung. Ia telah berkarya selama lebih dari tujuh dekade.

Karya-karyanya yang ditampilkan pada Museum Macan sungguh membuat saya terpesona. Selain Infinity Mirrored Room, ada satu karyanya yang sungguh menarik perhatian yakni dunia imajinatif Yayoi Kusama berisi kaca, labu dan polkadot.


Bagi para pengunjung ada beberapa larangan yang harus dipatuhi, seperti tidak boleh mengambil gambar atau foto menggunakan kamera DSLR, hanya diperbolehkan menggunakan kamera ponsel saja. Bukan cuma itu, pengunjung juga dilarang untuk menyentuh setiap karya seni yang ada.

Untuk tiket masuknya bisa dipesan secara online maupun membeli di tempat. Harga tiket untuk dewasa Rp. 100.000,-, untuk pelajar dan lansia Rp. 90.000,- sedangkan bagi anak-anak yakni Rp. 80.000,-. Bagi sekolah-sekolah yang ingin mengadakan tour edukasi ke museum Macan bisa menghubungi pihak museum sebelumnya.


Ada infomarsi menarik bagi teman-teman yang akan berkunjung ke sana jangan lupa untuk bergabung menjadi Macan Society. Kalian akan mendapat akses ke program publik Museum Macan, bebas masuk ke pameran selama satu tahun dan diskon 10% untuk semua pembelian di Toko Macan.

Menarik bukan?. Jadi, tunggu apalagi yuk segera agendakan untuk datang ke Museum Macan yang terletak di Wisma Akr, Jl. Panjang No.5, RT.11/RW.10, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Museum Macan buka dari hari Selasa – Minggu mulai pukul 10.00 WIB sampai 20.00 WIB. Selamat berkunjung ya!.

Source : instagram/museummacan.com

2 komentar:

  1. Kereen ih karya2nya. Apalagi dengan warna2 hidup begitu. Aku baru tau loh mba kalo musemm ini ga berkaitan dengan macam samasekali :p. Ya ampuuuun katro banget deh, pdhl aku udh lama di jkt hahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, segera agendakan untuk berkunjung kesana mba. :)

      Hapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.