Air Terjun Bidadari Bukan Cuma di Jawa Barat

Tahukah kalian bahwa mungkin sebagian besar orang hanya mengetahui jika Air Terjun Bidadari hanya ada di Sentul, Jawa Barat. Tapi, nama ini juga digunakan di beberapa provinsi di Indonesia, lho. Bahkan, di dalam maupun luar Pulau Jawa pun ada. Meski punya nama yang sama, tentu saja beberapa wisata air terjun ini punya ciri khas tersendiri.

Satu hal yang pasti, kesegaran dan keasriannya tetap terjaga kok. Pemandangan sekitarnya juga tidak kalah indah serta kealamian sekitarnya masih sangat terasa. Teman-teman pasti penasaran, mau tahu dimana saja letak Air Terjun Bidadari di seluruh penjuru Tanah Air?. Ada 5 air terjun bidadari yang akan membuat kalian terkagum-kagum.


5 Air Terjun Bidadari yang Perlu Kalian Tahu


1. Air Terjun Bidadari Sentul, Jawa Barat

Air terjun ini merupakan salah satu destinasi unggulan di Sentul Paradise Park, Jawa Barat. Desain wisata ini memang nggak begitu natural karena ada beberapa wahana buatan, misalnya seperti kolam renang dengan kedalaman maksimal 1,5 meter. Meski begitu, air yang digunakan di wisata ini tetap alami kok.

Dijamin nggak akan menyesal saat liburan ke objek wisata yang beralamat di Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor ini. Terlebih lagi, harga tiket masuknya juga terjangkau, yakni mulai dari dua puluh lima ribu rupiah untuk hari biasa dan tiga puluh ribu rupiah pada akhir pekan.


Teman-teman juga akan menikmati segala fasilitas yang ada di dalam wisata ini mulai dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB, seperti pemandian anak maupun dewasa, gazebo yang disewakan, flying fox dan lain sebagainya.

Sebagai nilai tambah, akses menuju ke objek wisata ini juga terbilang mudah. Dari arah Jakarta, jaraknya sekitar 50 kilometer dengan waktu tempuh sekira 2 sampai 3 jam. Menariknya lagi, teman-teman juga akan melihat pemandangan sawah hingga pegunungan di sepanjang perjalanan menuju ke titik wisata.

2. Air Terjun Bidadari di Tambora, Nusa Tenggara Barat

Objek wisata yang juga dikenal sebagai Air Terjun Oi Marai ini tepatnya terletak di Kaki Gunung Tambora, Desa Kawinda To'i, Kecamatan Tambora, Nusa Tenggara Barat. Ketinggiannya mencapai 25 meter dengan debit air yang cukup besar. Struktur air terjun yang dihiasi tebing, bebatuan hingga pepohonan rindang menambah pesona Air Terjun Bidadari ini.

Akses untuk menuju ke area wisata ini memang nggak mudah. Butuh stamina dan persiapan prima karena jarak yang cukup jauh, yakni sekira 4 sampai 5 jam menggunakan mobil dari Kota Bima. Dari pintu masuk, Teman-teman pun harus menempuh jarak 1 kilometer menuju lokasi air terjun. Selanjutnya, kalian masih harus berjalan kaki sejauh 300 meter melewati jalan menanjak ke Air Terjun Bidadari.


Nah, untuk bisa masuk ke air terjun yang masih masuk dalam Taman Nasional Gunung Tambora ini, Teman-teman nggak harus menyediakan budget untuk tiket masuk. Kecuali di hari-hari tertentu, dimana ada warga yang menurut informasi menjaga area wisata tersebut. Jadi, sampai saat ini, untuk menikmati pesona Air Terjun Bidadari masih belum ada beban biaya alias gratis.

3. Air Terjun Bidadari di Karanganyar, Jawa Tengah

Air Terjun Bidadari ternyata juga ada di Karanganyar, Jawa Tengah. Tepatnya di kawasan Tenggir Park, salah satu wisata favorit warga untuk destinasi liburan. Jadi, saat liburan ke sini, kamu nggak hanya bisa menikmati panorama air terjun saja. Beberapa lokasi menarik di Tenggir Park, mulai gardu pandangan, camping ground hingga penginapan berupa rumah honai Papua juga ada di objek wisata ini.

Untuk bisa menuju ke Air Terjun Bidadari, tentu kalian harus masuk ke Tenggir Park yang berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Lokasinya tepat berada di sebelah timur Candi Sukuh. Wisata ini pun bisa ditempuh selama kurang lebih 60 menit dari Kota Solo.

Harga tiket untuk bisa masuk ke area wisata ini sangat terjangkau, yakni sekitar lima ribu rupiah sampai tujuh ribu rupiah per orang. Tentu saja, dengan biaya ini, teman-teman sudah bisa masuk atau hunting foto di lokasi air terjun. Jadi, kapan liburan ke objek wisata air terjun ini?

4. Air Terjun Bidadari di Blitar, Jawa Timur

Air terjun satu ini terletak di Desa Panggungrejo, Kecamatan Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur. Rute untuk bisa menuju wisata yang juga disebut Jurug Kegung Golek ini pun terbilang mudah. Tepat setelah sampai di SDN 7 Panggungrejo, ambil arah kanan sampai menemui jalan dengan turunan tajam.

Selanjutnya, Teman-teman bisa menanyakan titik lokasi wisata pada warga sekitar. Nah, dari lokasi parkir di rumah warga, perjalanan masih harus ditempun selama 5 sampai 10 menit tanpa kendaraan. Meski sedikit melelahkan, namun kalian nggak akan kecewa lantaran suguhan panorama alam di area menuju air terjun sangat memukau.


Terlebih setelah sampai ke air terjun yang punya 3 tingkatan ini. Satu hal yang pasti, kesegaran tentu akan Teman-teman rasakan. Karena belum banyak diketahui banyak orang, kemungkinan juga kalian nggak perlu membayar tiket masuk dan hanya menyediakan budget untuk parkir.

Sebaiknya Teman-teman hanya perlu membawa bekal karena ternyata di sana masih belum ada warung makanan atau minuman di dalam lokasi wisata. Tapi jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, ya!

5. Air Terjun Bidadari di Kayong Utara, Kalimantan Barat

Lokasi wisata air terjun selanjutnya berada di Gunung Cabang, Dusun Kelumpang, Desa Betok Jaya, Kecamatan Kepulauan Karimata, Kayong Utara, Kalimantan Barat. Untuk bisa sampai ke area wisata, Teman-teman pun perlu persiapan fisik yang matang. Pasalnya, Teman-teman masih harus mendaki Gunung Cabang dengan ketinggian 1030 meter di atas permukaan laut.

Bahkan, sebelumnya kalian akan menempuh jarak sekitar 30 kilometer untuk bisa sampai ke Dusun Kelumpang. Biaya masuk ke Air Terjun Bidadari ini memang gratis. Meski begitu, budget yang Teman-teman perlu siapkan mungkin hanya untuk parkir kendaraan hingga segala kebutuhan untuk perjalanan.


Sebaiknya teman-teman pun meminta bantuan warga sekitar untuk mengantar ke objek wisata yang bisa ditempuh selama 2 jam. Perjalanan memang cukup melelahkan untuk bisa sampai ke lokasi wsaita. Namun, satu hal pasti, Teman-teman nggak akan kecewa pasca sampai ke Air Terjun Bidadari ini.

Pun dengan panorama alam yang akan memanjakan indera penglihatan kalian. Cukup tertantang untuk berkunjung ke sini?. Nah, itu dia beberapa Air Terjun Bidadari yang ada di Indonesia. Ternyata lokasi objek wisata air ini ada di sejumlah provinsi di Indonesia. Kalau begini tentu kalian nggak akan salah lagi memilih. Jadi, tertarik untuk berkunjung?.

Sumber Tulisan : www.qupas.id

4 komentar:

  1. kalo ngebayangin air terjun, rasanya sueger ya.... :)

    BalasHapus
  2. Di Daerah Malino juga keren bgt,, dua Air terjung berdekatan...

    BalasHapus
  3. Di Malino Makassar juga ada. Air terjun bidadari

    BalasHapus
  4. Selain wisata ekstreme, air terkun juga tempat wisata kesukaanku. Apalagi kalo air terjunnya tinggi, debit air besar, waaah, berasa keciiiil banget pas melihat air terjunnya. Kalo lokasinya kesana susah, tp tempatnya bagus, bakal aku jabanin sih. Yakin banget capek bakal hilang kalo udh ketemu air terjun gini.

    Yg di atas ini semuanya blm prnh aku dtgin sih. Yg sentul bakal aku visit deh, mumpung deket ini. . So far air terjun fav ku itu curug malela di bandung dan air terjun dwi warna di sibolangit. Ini 2-2 nya susah banget medannya tp air terjunnya cantiiiik bngeeeet. Jd ga rugi bercapek2 3 jam an menuju kesana jalan kaki

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.