Manfaat Utama Koperasi Simpan Pinjam

Saat ini, masyarakat sedang berlomba-lomba untuk melakukan usaha mandiri sebagai cara meningkatkan perekonomian pribadi maupun kelompok. Dalam membangun usaha tersebut tak sedikit orang yang menemukan berbagai hambatan dalam pembangunan usahanya salah satunya adalah kesulitan dalam mencari modal.

Namun, kini ada berbagai lembaga yang menawarkan solusi untuk permasalahan tersebut salah satunya koperasi simpan pinjam. Koperasi dapat membantu masyarakat dalam peminjaman modal dengan proses yang cepat dan mudah sehingga siapapun bisa meminjam di koperasi.


Hal-hal Positif yang Dimiliki Koperasi Simpan Pinjam Dibandingkan Dengan Bank


Dibandingkan dengan Bank, koperasi simpan pinjam memiliki banyak hal-hal positif. Hal itu terlihat dari proses dan syarat peminjaman modal yang sangat rumit seperti jaminan dan legalitas usaha.

Lalu, Bank juga melihat seberapa besar usaha yang akan kita bangun sehingga terkadang tidak memihak pada pengusaha kecil karena dianggap tidak memiliki kestabilan dalam hal pendapatan.

Itulah mengapa banyak pengusaha yang terpaksa gulung tikar atau mengurungkan niatnya karena kesulitan mendapatkan pinjaman. Namun, dibawah ini ada beberapa hal-hal positif yang dimiliki koperasi dibandingkan dengan Bank, yaitu:

Manfaat Utama Koperasi Simpan Pinjam


1. Memudahkan Proses Peminjaman Modal Usaha

Koperasi sangat membantu masyarakat yang membutuhkan pinjaman modal ketika akan memulai sebuah usaha. Berbeda dengan Bank yang memiliki syarat-syarat rumit dan menyulitkan, koperasi lebih memudahkan dalam perijinan peminjaman modal usaha.

Selain itu, Bank biasanya hanya berpihak kepada usaha besar yang sudah memiliki kestabilan pendapatan sedangkan koperasi memihak juga pada usaha-usaha kecil bahkan kepada orang-orang yang baru akan memulai usahanya.

2. Mensejahterakan Masyarakat

Koperasi simpan pinjam yang memiliki tujuan untuk menyalurkan dana kepada masyarakat sangat berperan penting dalam kesejahteraan ekonomi di masyarakat. Uang yang dipinjam, baik untuk meningkatkan usaha atau bahkan memulai usaha akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal ini juga berpengaruh pada penurunan angka kemiskinan sehingga kesenjangan ekonomi di tengah-tengah masyarakat akan berkurang. Dengan begitu pemerataan pendapatan ekonomi pun akan tercapai.

3. Solusi Keuangan yang Terpercaya

Kebutuhan akan peminjaman dana modal di masyarakat semakin meningkat. Desakan itulah yang kemudian mendorong banyak orang untuk meminjam uang kepada pihak rentenir yang berujung terlilit hutang yang tidak ada habisnya.

Dengan adanya koperasi simpan pinjam akan memudahkan masyarakat dalam menemukan solusi keuangannya. Selain itu, koperasi adalah sebuah solusi yang terpercaya karena tidak akan memberikan bunga yang besar sehingga membantu meringankan beban anggotanya.

4. Dapat Dijadikan Tempat Untuk Menabung

Selain untuk masalah pinjam meminjam uang, koperasi juga memberikan tempat bagi teman-teman untuk menabung sehingga kalian dapat menjadikan koperasi tempat untuk menyimpan sebagian uang yang dimiliki selain di Bank.

Tabungan ini pastinya akan membantu kalian dalam mempersiapkan kemapanan ekonomi di masa depan. Saat menabung di koperasi juga teman-teman memiliki keuntungan yaitu bunga deposito di koperasi lebih tinggi daripada di Bank dan pajak bunga simpanan di koperasi lebih kecil.

Penjelasan di atas pastinya sudah cukup memberikan gambaran kepada teman-teman mengenai manfaat yang dimiliki koperasi simpan pinjam. Teman-teman juga pasti sudah mengerti mengapa harus memilih koperasi sebagai lembaga peminjaman dan menabung uang yang dimiliki dibandingkan dengan Bank.

Hal itu karena koperasi memiliki manfaat dan hal-hal positif yang tidak dimiliki oleh Bank. Koperasi juga ramah terhadap pengusaha kecil sehingga teman-teman tidak perlu takut untuk mengajukan pinjaman. Jika kalian ingin mengenal lebih jauh lagi tentang koperasi bisa mengunjungi situs web pracico.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.