Sudahkah Si Kecil Tumbuh Kembang Sesuai Usianya?

Berbicara tentang tumbuh kembang si kecil selalu menjadi topik yang sangat menarik untuk dibahas. Terutama bagi ibu dengan anak satu kecil seperti saya, di usianya yang genap 15 bulan banyak sekali perkembangan Mirza yang sayang untuk dilewatkan. Bersyukur, karena saya adalah seorang ibu rumah tangga yang bisa 24 jam memperhatikan langsung tumbuh kembangnya.

Kebetulan sekali, kemarin pagi saya berkesempatan untuk hadir ke sebuah acara parenting yang diadakan oleh Parenting Club dan Clozette Indonesia. Tema yang dibawa kemarin adalah Sudahkan Si Kecil Tumbuh Kembang Sesuai Usianya?. Senang sekali rasanya bisa hadir ke acara tersebut apalagi pembicaranya sangat expert dalam bidang tumbuh kembang anak.

Pembicara utama yang hadir dalam acara adalah Dr. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), atau yang akrab dipanggil oleh dokter Wawan. Kemarin siang juga hadir Mam Margenie bersama si kecil Mario dan Mam Lily perwakilan dari Parenting Club. Acara berlangsung dengan sangat menarik sekitar 3 jam tanpa terasa.


Sudahkah Kecil Tumbuh Kembang Sesuai Usianya?


Ada sekitar 27 Mam yang diundang hadir kemarin dan saya salah satunya. Bertempat di Society Complex Surabaya, para Mam mendapatkan tambahan ilmu mengenai tumbuh kembang si kecil dari Dokter Wawan. Dokter Wawan adalah Dokter Spesialis Anak - Tumbuh Kembang Pediatri Sosial yang menjelaskan tahapan tumbuh kembang si kecil.

Sebagai seorang ibu rasanya tidak ada satu pun ibu yang tidak mau melihat anaknya tumbuh menjadi anak yang pintar serta berperilaku sopan. Dari penjelasan Dokter Wawan agar kepintaran dan perilaku si Kecil seimbang, aspek akal, fisik, dan ssial harus bekerja secara sinergis.

Karena keseimbangan ini mencerminkan kemampuan si Kecil dalam merespon dan menyatakan ide dan keinginannya serta mengembangkan alternatif untuk si Kecil saat memecahkan masalah yang dihadapi. Nah, pembentukan aspek akal fisik dan sosial memang dibutuhkan proses yang cukup panjang dan harus dipantau secara terus menerus.


Salah satu cara untuk memantaunya adalah dengan dengan Kalkulator AFS dari Parenting Club. Untuk pembahasan tentang Kalkulator AFS ini akan saya tulis di paragraf selanjutnya karena saya yakin sekali para ibu-ibu yang membaca tulisan ini penasaran dengan apa itu Kalkulator AFS dari Parenting Club?.

Menurut Dokter Wawan pertumbuhan yang dirasakan oleh otak anak terbagi dalam beberapa tahap tumbuh kembang yang sesuai dengan usia si Kecil.

● 0 - 6 bulan pada usia ini otak si Kecil akan merespon, “I am what I feel”.

● 6 bulan – 3 tahun pada usia ini otak si Kecil akan merespon, “I am what I will”.

● 3 – 6 tahun pada usia ini otak si Kecil akan merespon, “I am what I can Imagine”.

● 6 – 12 tahun pada usia ini otak si Kecil akan merespon, “I am what I learn”.

● 12 – 18 tahun pada usia ini otaknya akan merespon, “I am what Iam”.

Tahukah teman-teman kalau ternyata menstimulasi si Kecil itu bukan dengan memberikan dia mainan yang sesuai usianya dan kita bisa santai-santai melanjutkan pekerjaan atau sekadar mengecek handphone. Stimulasi si Kecil membutuhkan kehadiran kita sebagai orang tuanya untuk membetuk sirkuit otaknya.

Betapa pentingnya kehadiran orang tua saat menemani si Kecil bermain dan mengenal banyak hal-hal yang baru. Jadi, jangan khawatir selama si Kecil tumbuh sesuai dengan usianya dan di jalur yang tepat. Kemarin Dokter Wawan juga berpesan akan pentingnya mencatat semua proses tumbuh kembang si Kecil dalam buku KIA.


Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan kita sebagai orang tua dan khususnya dokter untuk mencari solusi permasalahan jika suatu saat si Kecil memiliki masalah dalam tumbuh kembangnya. Setelah selesai memamparkan semua materi tiba saatnya pada sesi tanya jawab, banyak Mam yang tunjuk tangan untuk bisa bertanya langsung pada Dokter Wawan.

Ada tiga pertanyaan yang menarik untuk dijawab dan dibhas oleh Dokter Wawan. Mulai dari permasalahan manfaat BLW, usia 5 tahun anak tidak mau menulis bahkan mencoret, sekolah dini untuk anak dan tantrum pada si Kecil yang usianya masih 16 bulan. Senang karena orang tua generasi milenial sekarang sudah sangat memperhatikan dan mengupgrade ilmu tentang tumbuh kembang anak.

Tinggal searching di internet, buka laman yang menyediakan penjelasan mengenai segala hal tentang parenting. Apalagi sekarang sudah ada Kalkulator Akal Fisik Sosial (AFS) dari Parenting Club yang membatu para Mam untuk mengecek Sudahkah Si Kecil Tumbuh Kembang Sesuai Usianya?.

Bukan cuma itu saja dalam aplikasi tersebut kita akan tahu stimulasi lanjutan apa yang bisa dilakukan. Fitur ini baru saja di-launching di website www.parentingclub.co.id. Mam Lily menjelaskan bahwa fitur ini dapat juga digunakan untuk mengukur keseimbangan aspek akal, fisik dan sosial si Kecil.

Kemarin secara langsung semua Mam yang hadir berkesempatan pertama untuk mencoba fitur baru ini, lho. Cara menggunakan fitur Kalkulator AFS ini sangat mudah, Mam hanya perlu memasukkan data si Kecil dan Kalkulator AFS akan berkerja sendiri, tidak lama hasilnya akan keluar berupa angka.


Nah, nanti Mam bisa lihat si Kecil tumbuh kembangnya sudah sesuai usia apa belum?. Lalu kalau ada nilai yang kurang jangan khawatir, Mam akan disarankan untuk memberikan stimulasi yang tepat bagi si Kecil selanjutnya. Kalau ada yang bilang, “Anaknya kok kecil?..”, “Anaknya kok belum bisa jalan?..”, dan sebagainya tinggal cek saja di Kalkulator AFS ini ya.

Pokoknya acara kemarin benar-benar menarik sekaligus bermanfaat. Para Mam yang hadir kembali percaya diri dan semangat mengasuh si Kecil. Oh iya, selesai acara kami juga belajar membuat soft doll, lho. Boneka yang sudah separuh jadi dirangkai dengan memberikan pakaian yang bahannya dari kaos kaki dan diberi hiasan menggunakan kain sesuai kreasi masing-masing.

Setelah seluruh rangkaian acara selesai tiba waktunya untuk launch bersama, dan acara benar-benar ditutup dengan foto bersama. Senang, meskipun sejujurnya saya belum puas mendengar pemaparan Dokter Wawan secara lebih lengkap lagi. Dengar-dengar sih, untuk bisa konsultasi langsung kita harus mengantri selama kurang lebih 6 bulan, wow!.


Jujur sebagai ibu muda yang baru memiliki satu anak dalam pengasuhan si Kecil sehari-hari saya merasa kurang percaya diri. Apakah cara yang saya terapkan dalam mengasuh anak ini sudah benar dan sudah tepat?. Namun setelah mendengar pemaparan dari Dokter Wawan hati saya menjadi lebih baik, dan saya seperti termotivasi untuk lebih semangat menstimulasi anak.

Terima kasih banyak untuk Parenting Club dan Clozette Indonesia yang sudah memberikan kesempatan untuk saya bisa hadir dalam acara kemarin. Bisa pulang ke rumah dengan ilmu baru. Berharap sekali bisa diundang ke acara Parenting selanjutnya, hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.