Keseruan Acara Cordlife & Clients Luncheon di Surabaya

Sebagai ibu yang pernah hamil dan pernah melahirkan senang rasanya bisa berkesempatan hadir di acara gathering bersama Cordlife. Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional yang jatuh setiap tanggal 4 September kemarin PT. Cordlife Persada menghadirkan Cordlife & Clients Luncheon.

Bertempat di JW Marriot Hotel Surabaya, Cordlife & Clients Luncheon dihadirkan sebagai bentuk kepedulian tidak hanya kepada para klien, tetapi juga masyarakat dalam hal ini para ibu hamil di Surabaya serta kepada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) cabang Surabaya. Fyi, PT Cordlife Persada merupakan sebuah bank darah tali pusat terbesar di Indonesia.

Sudah pernah dengar dong tentang apa itu bank darah tali pusat dan manfaatnya. Nah, kemarin acara yang berlangsung dalam bentuk bincang kesehatan dan makan siang ini mengusung tiga aktifitas utama sebagai rangkaian kepedulian di Hari Pelanggan Nasional. Apa sajakah itu dan bagaimana keseruannya?.


PT Cordlife Persada Hadirkan Cordlife Luncheon untuk Bentuk Kepedulian


Bisa dibilang pada acara kemarin sangatlah bermanfaat bagi para ibu-ibu hamil, terlebih bagi mereka yang sedang menjalani kehamilan pertama dan minim pengalaman juga ilmu seputar kehamilan. Salah satunya yakni edukasi seputar ASI dan skrining kehamilan terhadap para ibu hamil yang sedang menanti kelahiran buah hatinya.

Sebagai ibu kita tahu betul manfaat dan pentingnya ASI bagi bayi kita, saya sendiri bersyukur bisa menyusui anak saya selama 2 tahun. Bukan cuma ASI saja, tapi melakukan skrining semasa kehamilan merupakan hal penting untuk bisa mengetahui kondisi janin secara lebih detail. Apakah janin dalam keadaan sehat, tumbuh sempurna, bebas dari penyakit bawaan, dsbnya.

Ibu Retno Suprihatin
Country Director PT Cordlife Persada

Di acara kemarin, Cordlife dengan dukungan beberapa merek yang juga menyasar pasar ibu dan bayi, yaitu Mustela, Sorella, MumsandBabes, Melle Green Food, Crane, dan Mama Choice, menghadirkan tiga praktisi kesehatan untuk memberikan wawasan yang diperlukan oleh para ibu-ibu hamil dan juga calon ibu hamil.

Di antaranya dr. Benediktus Arifin, MPH SpOG (K), FICS yang membahas tentang skrining di awal kehamilan NIPT (Non Invasive Prenatal Test). Penyimpanan darah tali pusat yang disampaikan oleh dr. Meriana Virtin serta Dr. dr. Dian Pratamastuti, SpA, yang berbagi informasi tentang pentingnya ASI untuk tumbuh kembang bayi yang optimal.

Dr. dr. Dian Pratamastuti, SpA

Btw, teman-teman para calon ibu pasti bertanya kenapa skrining kehamilan itu sangat penting?. Jadi biasanya, ibu hamil ditawarkan berbagai macam tes genetic screening saat bulan pertama sampai bulan ketiga kehamilan mereka. Mengapa genetic screening test harus dilakukan? Genetic screening test bisa mengevaluasi janin apakah janin kita memiliki risiko kelainan genetik.

Nah, untuk NIPT (Non Invasive Prenatal Test) sendiri dapat dilakukan oleh Ibu hamil mulai pada usia kandungan 10 minggu, mengapa penting untuk dilakukan? Karena dengan NIPT ini, Ibu hamil dapat mengetahui apakah bayi yang dikandungnya berisiko untuk mengalami kelainan kromosom. Itu kenapa diawal tulisan ini saya bilang senang sekali bisa hadir di acara Cordlife karena nara sumbernya memang sangat expert pada bidangnya masing-masing.

dr. Benediktus Arifin, MPH, SpOG(K), FICS


Semua materi selama bincang kesehatan membuat semua peserta sadar mengenai pentingnya kesehatan, terutama kesehatan selama masa kehamilan. Sesuai visinya selama 18 tahun hadir melayani Cordlife konsisten membantu orang untuk hidup lebih sehat, lebih bahagia, dan lebih baik.

Selain edukasi seputar ASI dan skrining kehamilan terhadap para bumil yang sedang menanti kelahiran buah hatinya melalui bincang santai. Cordlife juga memberikan apresiasi terhadap loyalitas para orang tua yang menyimpan darah tali pusat bayinya di Coldlife, serta pemberian donasi kepada YKAKI Surabaya yang menaungi para anak penderita kanker.

Penyerahan Donasi kepada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Cabang Surabaya
Kanan ke kiri: Ibu Anisah Mahsunah Harun Ketua Cabang YKAKI Surabaya, dr. Meriana Virtin

dr. Meriana Virtin – Medical Advisor PT Cordlife Persada 

Saat ini, Cordlife sendiri telah berkembang menjadi pemimpin pasar di industri penyimpanan darah tali pusat di Indonesia, menurut Deloitte1. Fasilitas Cordlife yang terletak di Jakarta Pusat saat ini adalah fasilitas penyimpanan sel punca terbesar di Indonesia dengan kapasitas penyimpanan sampai dengan 70,000 unit sel punca.

Laboratorium ini juga dibangun sesuai dengan AABB, salah satu badan akreditasi yang paling disegani di industri ini. Selain memiliki kapasitas penyimpanan sel punca yang lebih besar, fasilitas baru Cordlife dilengkapi area laboratorium khusus, yang dapat digunakan untuk melakukan uji tes genetik sendiri seperti pemeriksaan non invasif awal kehamilan dan preimplantasi diagnosa genetik. Informasi lebih lengkapnya bisa teman-teman baca disini.


Bagi yang belum tahu, Layanan yang dimiliki Codlife saat ini adalah NIPT (Non Invasive Prenatal Testing) untuk skrining kelainan kromosom, penyimpanan darah tali pusat dan tali pusat stem cell, serta Newborn Screening atau skrining untuk bayi baru lahir terutama untuk kelainan metabolik bawaan.


Kabar baiknya lagi menurut Ibu Retno Suprihatin, selaku Country Director PT Cordlife Persada bahwa setiap tahun, Cordlife secara konsisten menyambut Hari Pelanggan Nasional dengan berbagai aktivitas istimewa. Hal ini merupakan ungkapan dan bukti nyata kepedulian Cordlife tidak hanya kepada klien, tetapi juga kepada masyarakat dalam hal ini ibu hamil dan juga komunitas sosial.

Well, semoga tahun depan Cordlife bisa kembali sukses menghadirkan acara bisa memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat luas.

6 komentar:

  1. Semoga kegiatan ini bisa tiap bulan atau lebih sering lagi, karena perlu banget edukasi bagi ibu2 yg masih baru dalam hal menyusui, kadang cemas ASI nggak lancar

    BalasHapus
  2. Iya ya.. skrg pemyakit kan kadang aneh2. Lewat skrining pas hamil nih, jadi mengurangi resiko terkena penyakit tersebut.

    BalasHapus
  3. Kehamilanku mau masuk bulan 8 nih kak, aku udah tes laboratorium buat 5 yang paling penting dilakukan bumil, dan rajin kontrol juga usg setiap bulannya.. Aku lagi persiapan lahiran baik fisik dan mental..tas bayi juga udah siap..semoga anakku dan akunya sehat kuat biar bisa lahiran normal.. Aamiin :)

    BalasHapus
  4. Tak sekedar seru, acaranya juga inspiratif dengan narasumber yang sharing seputar ibu dan kehamilannya Disamping itu ada informasi juga kalau Cordlife dilengkapi area laboratorium khusus penunjang fasilitas yg sudah ada

    BalasHapus
  5. Aminnn... semakin banyak acara kayak gini semakin banyak yang teredukasi ttg pentingnya menyimpan darah tali pusat ya...

    BalasHapus
  6. Salamm hangat dari Jakarta Surabaya hehe. Aamiin ikut mendoakan tahun depan Cordlife ada lagi ya kak

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.