Pentingnya Menjaga kebersihan di 1000 Hari Kehidupan Anak

1000 hari pertama kehidupan ini juga disebut sebagai window of opportunity. Mengapa harus 1000 hari? Karena selama 1000 hari ini dipercaya bahwa anak sedang berada dalam masa emas pertumbuhannya. Pemenuhan gizi yang baik selama 1000 hari pertama kehidupan akan membuat kemampuan anak kita untuk tumbuh dan belajar menjadi lebih baik.

1000 hari pertama kehidupan dihitung mulai dari hari pertama konsepsi lalu terbentuk embrio hingga anak berusia 2 tahun. Kecukupan gizi selama hamil hingga tahun-tahun pertama kehidupan anak berperan dalam membentuk fungsi otak hingga membantu memperkuat sistem imun. Dikatakan pula pada 1000 hari pertama kehidupan, sudah dapat ditentukan bagaimana masa depan anak kemudian.


Perhatikan 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak Untuk Optimasi Tumbuh Kembang Anak


Bersyukur sekali di usianya yang genap menginjak umur 2 tahun saya bisa meberikan full ASI untuk Mirza. Memberikannya ASI merupakan salah satu bentuk usaha saya dalam menjaga tumbuh kembangnya pada masa 1000 hari pertama kehidupannya. Pasti sudah paham ya mengenai pentingnya menjaga 1000 hari pertama kehidupan pada bayi baru lahir.

Dimulai sejak saya positif hamil, saya berusaha untuk memberikan yang terbaik demi kebutuhan nutrisinya. Setelah anak saya lahir, saya beri ASI dilanjutkan dengan MPASI pada usia 6 bulan, dan sekarang semuanya sudah terlewati. Saya ingin anak saya bisa tumbuh secara optimal sesuai dengan tahap tumbuh kembangnya.

Nah, bicara soal tumbuh kembang anak selain dipengaruhi oleh faktor genetika juga ada komponen utaman lain yang mempengaruhi tumbuh kembang anak kita pada masa emasnya. Pemberian ASI eksklusif yang dilanjut oleh MPASI merupakan cara untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya selama dalam masa emasnya.

Menjaga Kebersihan Lingkungan Anak Optimalkan Tumbuh Kembangnya


Saya masih ingat kalau pengaruh kebersihan lingkungan juga menjadi komponen utama dalam tumbuh kembang anak kita. Ingat dengan slogan hidup bersih dan sehat?. Beberapa cara hidup bersih dan sehat di antaranya adalah imunisasi lengkap ketika bayi hingga balita agar memiliki daya tahan tubuh yang kuat.



Selain itu jangan lupa untuk selalu menggunakan alas kaki ketika keluar rumah, dan membiasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah melakukan suatu aktivitas atau sebelum melakukan aktivitas terutama sebelum makan. Poin utamanya adalah menjaga kebersihan, dengan menjaga lingkungan sekitar anak yang bersih maka akan membantu mengoptimalkan masa tumbuh kembangnya.

Bicara soal kebersihan anak, di usia yang sudah masuk 2 tahun ini Mirza senang sekali bermain di luar rumah bahkan saat ini dia sedang senang-senangnya naik sepeda. Biasanya kalau sedang latihan sepeda saya bekali dia dengan camilan dan sebotol air putih. Tidak lupa saya perhatikan juga kebersihan botol air minumnya supaya bebas dari kuman.


Mencuci botol air minumnya juga tidak boleh sembarangan karena akibatnya juga bisa fatal sebab akan menimbulkan bakteri yang menyebabkan diare. Apalagi Mirza sudah beberapa kali terkena diare akibat saya yang lalai menjaga kebersihan tempat makan dan minumnya.

Nah, hal ini juga membuat saya agak pilih-pilih sabun pencuci, dengan tidak mencampurkan sabun biasa saat mencuci peralatan botol, peralatan makanan milik Mirza sampai dengan mainannya. Kalau untuk kebersihan alat makan, sudah jelas akan mempengaruhi kualitas makanan dan pada akhirnya daya tahan tubuh anak.

Review Sleek Baby Bottle, Nipple & Accesories Cleanser dengan 8 Proteksi


Saya pilih Sleek Baby Bottle, Nipple & Accesories Cleanser dengan 8 proteksi. Saya gunakan untuk mencuci botol air minum dan mainan Mirza. Sleek Baby Bottle, Nipple, and Accessories Cleanser sendiri merupakan sabun untuk mencuci botol, dot, alat makan, tempat makan bayi, dan perlengkapan bayi lainnya.



Produk ini sangat aman digunakan karena ada 8 proteksi yang terkandung dalam Sleek Baby Bottle, Nipple, and Accessories Cleanser, apa saja?.

1. Dermatologically Tested
Sleek sudah teruji klinis di lembaga terakreditasi ini membuat saya yakin menggunakannya.

2. Natural Anti Bacterial
Bahannya aman dan Natural ANTI bacterial pastinya mematikan semua bakteri sisa susu dan kotoran.

3. Stain Removal Formula
Stain removal formula sehabis mencuci lemak susu dan kotoran terangkat jadi keset.

4. Paraben Free
Paraben free super aman dari bahan kimia berbahaya.

5. Food Grade Formula
Food Grade formula yang membuat segar peralatan dengan harum alami.

6. Hypoallergenic
Anti- irritation Tested karena mencuci botol pekerjaan sehari-hari selama punya bayi jadi pastinya akn sering cuci-cuci dan Sleek Baby Natural Anti Bacterial tidak bikin kulit kering atau mengelupas.

7. High Quality Concentrate
Cairannya Concentrate jadi kental padat jadi pakai sedikit untuk cuci banyak lebih irit ya Moms.

8. Microbiological Tested
Produk yang sudah teruji efektif dalam membunuh mikroorganisme berbahaya.


Bukan cuma untuk mencuci peralatan makan dan minum juga mainan saja, tapi Sleek Baby Bottle, Nipple & Accesories Cleanser juga bisa digunakan untuk mencuci sayuran dan buah-buahan lho. Jadi, dari dulu saya tidak perlu khawatir lagi dengan kebersihan peralatan Mirza, karena saya sudah pakai Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser dengan 8 proteksi, perlindungan 1000 hari pertama kehidupan anak.

#SleekBaby #SleekBabyAlamiMelindungi #SleekBaby8Protection #1000HariPertama #PerlengkapanBayi #ProdukBayi #BayiBaruLahir #PembersihBotol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.