Pentingnya Menjaga kebersihan di 1000 Hari Kehidupan Anak

by - Selasa, Desember 03, 2019

1000 hari pertama kehidupan ini juga disebut sebagai window of opportunity. Mengapa harus 1000 hari? Karena selama 1000 hari ini dipercaya bahwa anak sedang berada dalam masa emas pertumbuhannya. Pemenuhan gizi yang baik selama 1000 hari pertama kehidupan akan membuat kemampuan anak kita untuk tumbuh dan belajar menjadi lebih baik.

1000 hari pertama kehidupan dihitung mulai dari hari pertama konsepsi lalu terbentuk embrio hingga anak berusia 2 tahun. Kecukupan gizi selama hamil hingga tahun-tahun pertama kehidupan anak berperan dalam membentuk fungsi otak hingga membantu memperkuat sistem imun. Dikatakan pula pada 1000 hari pertama kehidupan, sudah dapat ditentukan bagaimana masa depan anak kemudian.


Perhatikan 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak Untuk Optimasi Tumbuh Kembang Anak


Bersyukur sekali di usianya yang genap menginjak umur 2 tahun saya bisa meberikan full ASI untuk Mirza. Memberikannya ASI merupakan salah satu bentuk usaha saya dalam menjaga tumbuh kembangnya pada masa 1000 hari pertama kehidupannya. Pasti sudah paham ya mengenai pentingnya menjaga 1000 hari pertama kehidupan pada bayi baru lahir.

Dimulai sejak saya positif hamil, saya berusaha untuk memberikan yang terbaik demi kebutuhan nutrisinya. Setelah anak saya lahir, saya beri ASI dilanjutkan dengan MPASI pada usia 6 bulan, dan sekarang semuanya sudah terlewati. Saya ingin anak saya bisa tumbuh secara optimal sesuai dengan tahap tumbuh kembangnya.

Nah, bicara soal tumbuh kembang anak selain dipengaruhi oleh faktor genetika juga ada komponen utaman lain yang mempengaruhi tumbuh kembang anak kita pada masa emasnya. Pemberian ASI eksklusif yang dilanjut oleh MPASI merupakan cara untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya selama dalam masa emasnya.

Menjaga Kebersihan Lingkungan Anak Optimalkan Tumbuh Kembangnya


Saya masih ingat kalau pengaruh kebersihan lingkungan juga menjadi komponen utama dalam tumbuh kembang anak kita. Ingat dengan slogan hidup bersih dan sehat?. Beberapa cara hidup bersih dan sehat di antaranya adalah imunisasi lengkap ketika bayi hingga balita agar memiliki daya tahan tubuh yang kuat.



Selain itu jangan lupa untuk selalu menggunakan alas kaki ketika keluar rumah, dan membiasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah melakukan suatu aktivitas atau sebelum melakukan aktivitas terutama sebelum makan. Poin utamanya adalah menjaga kebersihan, dengan menjaga lingkungan sekitar anak yang bersih maka akan membantu mengoptimalkan masa tumbuh kembangnya.

Bicara soal kebersihan anak, di usia yang sudah masuk 2 tahun ini Mirza senang sekali bermain di luar rumah bahkan saat ini dia sedang senang-senangnya naik sepeda. Biasanya kalau sedang latihan sepeda saya bekali dia dengan camilan dan sebotol air putih. Tidak lupa saya perhatikan juga kebersihan botol air minumnya supaya bebas dari kuman.


Mencuci botol air minumnya juga tidak boleh sembarangan karena akibatnya juga bisa fatal sebab akan menimbulkan bakteri yang menyebabkan diare. Apalagi Mirza sudah beberapa kali terkena diare akibat saya yang lalai menjaga kebersihan tempat makan dan minumnya.

Nah, hal ini juga membuat saya agak pilih-pilih sabun pencuci, dengan tidak mencampurkan sabun biasa saat mencuci peralatan botol, peralatan makanan milik Mirza sampai dengan mainannya. Kalau untuk kebersihan alat makan, sudah jelas akan mempengaruhi kualitas makanan dan pada akhirnya daya tahan tubuh anak.

Review Sleek Baby Bottle, Nipple & Accesories Cleanser dengan 8 Proteksi


Saya pilih Sleek Baby Bottle, Nipple & Accesories Cleanser dengan 8 proteksi. Saya gunakan untuk mencuci botol air minum dan mainan Mirza. Sleek Baby Bottle, Nipple, and Accessories Cleanser sendiri merupakan sabun untuk mencuci botol, dot, alat makan, tempat makan bayi, dan perlengkapan bayi lainnya.



Produk ini sangat aman digunakan karena ada 8 proteksi yang terkandung dalam Sleek Baby Bottle, Nipple, and Accessories Cleanser, apa saja?.

1. Dermatologically Tested
Sleek sudah teruji klinis di lembaga terakreditasi ini membuat saya yakin menggunakannya.

2. Natural Anti Bacterial
Bahannya aman dan Natural ANTI bacterial pastinya mematikan semua bakteri sisa susu dan kotoran.

3. Stain Removal Formula
Stain removal formula sehabis mencuci lemak susu dan kotoran terangkat jadi keset.

4. Paraben Free
Paraben free super aman dari bahan kimia berbahaya.

5. Food Grade Formula
Food Grade formula yang membuat segar peralatan dengan harum alami.

6. Hypoallergenic
Anti- irritation Tested karena mencuci botol pekerjaan sehari-hari selama punya bayi jadi pastinya akn sering cuci-cuci dan Sleek Baby Natural Anti Bacterial tidak bikin kulit kering atau mengelupas.

7. High Quality Concentrate
Cairannya Concentrate jadi kental padat jadi pakai sedikit untuk cuci banyak lebih irit ya Moms.

8. Microbiological Tested
Produk yang sudah teruji efektif dalam membunuh mikroorganisme berbahaya.


Bukan cuma untuk mencuci peralatan makan dan minum juga mainan saja, tapi Sleek Baby Bottle, Nipple & Accesories Cleanser juga bisa digunakan untuk mencuci sayuran dan buah-buahan lho. Jadi, dari dulu saya tidak perlu khawatir lagi dengan kebersihan peralatan Mirza, karena saya sudah pakai Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser dengan 8 proteksi, perlindungan 1000 hari pertama kehidupan anak.

#SleekBaby #SleekBabyAlamiMelindungi #SleekBaby8Protection #1000HariPertama #PerlengkapanBayi #ProdukBayi #BayiBaruLahir #PembersihBotol

You May Also Like

19 komentar

  1. Beberapa temen aku yang udah jadi mom juga pakai produk dari sleek untuk keperluar membersihkan keperluan baby nya kak rkomended yaa si sleek ini
    -PS-
    Peluk dari jauh
    lilpjourney(dot)com

    BalasHapus
  2. Beberapa temen aku yang udah jadi mom juga pakai produk dari sleek untuk keperluar membersihkan keperluan baby nya kak rkomended yaa si sleek ini
    -PS-
    Peluk dari jauh
    lilpjourney(dot)com

    BalasHapus
  3. Beberapa temen aku yang udah jadi mom juga pakai produk dari sleek untuk keperluar membersihkan keperluan baby nya kak rkomended yaa si sleek ini
    -PS-
    Peluk dari jauh
    lilpjourney(dot)com

    BalasHapus
  4. Dulu waktu anak-anak masih bayi juga aku pake sleek buat nyuci dot dan peralatan MPASI mereka. Maklum soalnya pencernaan bayi kan masih sensitif jadi perlu sabun cuci yang frendly dan aman bagi mereka.

    BalasHapus
  5. Wah ini produk yang bagus dan terpercaya buat dedek bayi. Nanti kalau aku punya bayi, pasti pakai ini dong

    BalasHapus
  6. Emang siy buat anak jangan coba coba, pilih produk yang jelas jelas aman, buat nyuci baju anak juga ada kan ya sleek ini

    BalasHapus
  7. Waktu anak masih balita, saya memang pengguna setia Sleek untuk nyuci botol dan peralatan anak sy. Ok deh pokoknya

    BalasHapus
  8. Memang harus dan wajib banget buat merawat kebersihan makan dan minum dedek bayi biar ga gampang kena penyakit dan selalu sehat dan gembira. Makasin infonya mba riska, kebetulan aku juga pake Sleek Baby dan benar2 aman, 100% foodgrade

    BalasHapus
  9. Harus hati-hati banget kalau mencuci perlengkapan makan anak. Pencernaannya masih rentan. Kalau Sleek memang membantu banget, ya. Segala yang berlemak juga katanya mudah dibersihkan kalau pakai Sleek

    BalasHapus
  10. Jadi Sleek Baby ini semacam sabun khusus untuk cucu alat2 perlengkapan bayi ya mba, jadi lebih aman dan menjaga kesehatan bayi di 1000 nhari pertama.

    hhtps://www.ngopisetengahgelas.com

    BalasHapus
  11. Aku pakai sleek baby bottle cleaner dari mulai Kenzo masih baby sampai sekarang untuk bersihkan alat makannya

    BalasHapus
  12. waah jadi gak cemas lagi jaga kebersihan mainan dan alat makannya juga yak. saya juga kudu pakai sleek nih, apalagi bs buat cuci sayur dan buah

    BalasHapus
  13. Lindungi 1000 hari pada bayi dengan menggunaan Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser dengan keampuhan 8 proteksi.

    BalasHapus
  14. Kakakku kalau bersihkan botol dot memang pakai sleek baby juga, kalau daku bagian yang demen cium harumnya sabun aja ,haha

    BalasHapus
  15. Menjaga kebersihan pernak-pernik bayi memang sangat penting. Pengalaman dulu pake Sleek utk bersihin botol bayi oke sih bau susunya ilang dan lemaknya juga gutbay.

    BalasHapus
  16. Aq juga memakai sleek baby karena, pengalaman ku nyuci botol susu sikecil harus dengan produk yg bnr sudah twruji klinis dan efektif membunuh kuman

    BalasHapus
  17. Sleek baby memnag andalan ibu dalam membersihkan peralatan bayi yaa, Mba. saya pun pake sleek ini :)

    BalasHapus
  18. Iya mbak, saya juga kudu jaga kebersihan perlengkapan si kecil, kalau sleek sebuah brand yang saya percaya dari dulu. Apalagi Food Grade banget.

    BalasHapus
  19. sleek byk melakukan inovasi pada produknya ya. dulu cuma ada sedikit variannya. skrg udh byk dan memenuhi kebutuhan keluarga

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.