GDM AGRI, Dari Petani Untuk Kita

Selama ini saya kalau mau beli buah-buahan, sayur dan ikan biasanya di pasar. Sekarang membeli aneka sayur, buah dan ikan sudah bisa dilakukan melalui aplikasi dari smartphone. Beberapa waktu yang lalu tepatnya hari Jum'at 10 Januari 2020 saya menghadiri grand launching aplikasi e-commerce agribisnis GDM AGRI di BG Junction, Surabaya.

Sekitar pukul dua siang acara dimulai, awalnya acara grand launching aplikasi ini akan dihadiri oleh Ibu Walikota Surabaya Tri Risma Harini namun beliau tidak bisa hadir. Siang itu hadir juga Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemprov Jatim, Ir. Hadi Sulistyo, M.Si, yang sekaligus meresmikan pengoperasian plaform digital GDM AGRI di masyarakat.

Dengan resmi di-launchingnya aplikasi GDM AGRI ini kita sebagai masyarakat sudah dapat mendownload secara gratis pada smartphone Android. Bagi teman-teman yang menggunakan IOS sepertinya harus menunggu sedikit karena apikasi platform digital GDM AGRI baru bisa kalian download bulan depan.


GDM AGRI, Dari Petani Untuk Kita


Sedikit informasi untuk teman-teman kalau e-commerce agribisnis GDM AGRI ini merupakan bagian Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Graha Alam Sempurna yang merupakan perusahaan organik berskala internasional. Lokasinya di Surabaya, kalau saya sendiri baru kali pertama ini mengetahui tentang GDM AGRI sendiri.

Jadi, platform GDM AGRI memfasilitasi para pelaku agribisnis dalam memasarkan hasil panennya melalui jalur praktis. Yakni dengan cara bertemu langsung dengan calon pembeli tanpa perantara, dan begitu juga sebaliknya para pembeli bisa membeli langsung kepada petani dengan harga pertama yang ditetapkan oleh petani ataupun para pelaku agribisnis.


Sehingga para petani, peternak, atau petambak bisa bersepakat harga terbaik dengan calon pembeli tanpa perantara pihak manapun. Biasanya sih kalau belinya langsung dari petani bisa dapat harga yang jauh lebih murah yang disetujui oleh kedua belah pihak. Senangnya lagi, bagi penjual maupun pembeli yang menggunakan platform digital ini tanpa biaya administrasi atau tanpa komisi transaksi.

Dengan adanya platform digital GDM AGRI diharapkan tunas-tunas petani muda bermunculan sehingga dampaknya akan terasa di kemajuan pertanian Indonesia. CEO PT. Graha Alam Sempurna, Paulus Susanto mengatakan, kondisi pertanian di Indonesia ini semakin memprihatinkan termasuk kesejahteraan para petani.


Sehingga, dari sanalah beliau tergerak hati, untuk bagaimana dari tangan-tangan kaum muda dan milenial ini kita bisa melakukan sesuatu untuk membuat para petani menjadi lebih sehat terhadap perubahan jadi mulai hari ini kita akan mulai optimasi untuk kedepannya. Para petani bisa berjaya dengan hasil panen mereka yang dijual dengan menetapkan harga langsung pada calon pembeli.

Adapun fitur-fitur yang bisa dinikmati pada platform digital GDM AGRI. Antara lain, cari produk pembeli, yakni masyarakat yang ingin memperoleh hasil panen segar dari petani, bisa langsung menemukan komoditas dengan mengetik keyword di kolom pencarian, klasifikasi komoditas lengkap, mulai dari sector holtikultura, buah-buahan,sayuran, perkebunan, peternakan, hingga perikanan.


Setelah memilih, para calon pembeli akan langsung tersambung dengan penjual yang menawarkan barang tersebut. GDM AGRI dibangun dengan mengedepankan esensi simplicity Petani-petani senior di pelosok daerah bisa menjadi penjual dengan mengisi form sederhana dan tidak terlalu rumit.

Nah, untuk menjadi penjual terverikasi, pengguna hanya disyaratkan menggunggah foto identitas diri dan mengisi beberapa pertanyaan data diri pada umumnya Tim GDM AGRI akan memproses 2×24 jam terhadap pengajuan akun verfikasi tersebut. Jadi, aplikasi ini sangat memudahkan dan membantu para pembeli dan penjual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.