Oli Enduro Matic-G 20W-40 Oli Motor Matic

Sepeda motor menjadi teman dekat saya sejak masih kecil, yang awalnya hanya diantar Bapak naik sepeda motor sampai saya fasih mengendarainya sendiri bahkan hingga ke luar kota. Sejak mulai bekerja dan mengharuskan say untuk mobile dari satu tempat ke tempat lainnya saya memutuskan untuk memilih sepeda motor matic.

Sejak tahun 2014 saya sudah dua kali ganti motor matic sama-sama Vario tapi beda tahun. Dan selama itu juga untuk urusan sepeda motor saya selalu pasrah dan percaya pada Bapak yang seorang montir di bengkel keluarga kami. Bapak selalu tanggap saat motor saya mulai kurang enak dikendarai terlebih kalau sudah waktunya ganti oli.

Untuk urusan ganti oli ini memang Bapak selalu mengingatkan saya, minimal sudah mencapai 1500 kilometer itu waktunya ganti oli. Terbukti memang karena rutin ganti oli motor saya selalu awet, bunyi mesinnya masih terjaga baik padahal tahunnya sudah tidak muda lagi. Sampai saya berpikir, kalau sudah rajin ganti oli itu sudah cukup kok dan kayaknya nggak perlu ganti sepeda motor lagi.


Kenapa Harus Rajin Ganti Oli Tepat Waktu?


Tidak bisa dipungkiri bahwa cara kita dalam menjaga kualitas oli motor adalah syarat penting dalam merawat motor itu sendiri. Siapa sih yang tidak mau motornya awet walaupun tahunnya sudah tidak muda lagi?. Kita bisa kok merawat motor dari yang paling sederhana yakni menggunakan motor secara wajar jangan dibuat kebut-kebutan, rajin melakukan servis motor, dan mengganti oli secara rutin.

Teman-teman, khususnya yang tidak terlalu paham dengan urusan sepeda motor pasti belum tahu kan kenapa sih kita harus ruitn ganti oli sepeda motor kita?. Jadi, oli itu mempunyai beberapa fungsi penting untuk menjaga performa sekaligus kondisi mesin motor kita, lho. Intinya, semakin bagus kualitas oli yang digunakan pada mesin motor, akan membuat semakin bagus performa motor yang dihasilkan.

Lalu, kita pasti bertanya oli merk apa sih yang paling bagus untuk motor?. Sebelumnya ada hal yang mesti kita tahu dulu kalau kita tidak dapat menggunakan sembarang jenis oli pada motor. Di sini ini pentingnya rajin datang ke bengkel untuk tanya-tanya atau konsultasi dengan teknisi ahli mengenai penggunaan oli yang cocok dengan tipe motor kita.


Saya juga pernah dengar dari Bapak sebenarnya supaya motor kita selalu memiliki performa yang oke sangat dianjurkan untuk tidak berganti-ganti merk dan jenis oli agar tidak merusak mesin motor. Jadi, nanti setelah konsultasi dengan teknisi di bengkel dan diberi tahu oli apa yang cocok ya sudah itu saja yang dipakai.

Saya jadi ingat, dulu pernah satu kali ganti merk oli sebenarnya iseng sih kepengen tahu merk ini cocok nggak sih sama motor saya?. Dan ternyata setelah diganti dengan merk oli yang lain dari biasanya digunakan benar saja lho suara mesin motor jadi kasar, mesin jadi cepat panas dan susah lari kencang. Apalagi bunyi mesin motor matic itu kelihatan banget kalau ada yang salah.

Sekarang mana berani ganti oli dengan merk lain. Takut saat dikendarai tiba-tiba motor matic saya jadi tidak enak apalagi sekarang kan kalau naik motor sudah bertiga sama anak, ribet banget kalau harus keluar masuk bengkel cuma karena olinya salah pilih. Saya dari awal pakai motor matic sudah pakai oli Enduro Matic-G 20W-40.

Meskipun perempuan tapi saya cukup aware lho dengan urusan motor dan oli motor saya. Suami awalnya sempat kaget karena kok bisa perempuan hafal banget sama nama oli, lha emang kenapa kan?. Lha wong dari kecil saya sudah hafal banget sama "Bau" bengkel mulai dari oli sampai bensin.

Oli Enduro Matic-G 20W-40 Oli Motor Matic


Sebelum lanjut cerita soal oli matic Enduro Matic-G 20W-40, saya mau jelaskan dulu kalau Pertamina Lubricants selaku produsen oli Enduro paham betul kalau produk pelumas terus berkembang seiring dengan inovasi teknologi dari produsen otomotif. Di mana pelumas akan menyesuaikan kebutuhan kendaraan.

Pelumas Enduro sendiri memiliki beberapa jenis sesuai jenis dan kebutuhan kendaraan yang kita punya. Tepatnya ada enam jenis pelumas atau oli motor terbaik sesuai dengan jenis dan kebutuhan sepeda motor.

1. Enduro 4T Sport SAE 5W-30
2. Enduro 4T Racing 10W-40
3. Enduro 4T Racing SAE 20W-50
4. Enduro Matic SAE 10W-30
5. Enviro 2T SAE 20
6. Enduro Matic G SAE 20W-40


Karena saya pakainya pelumas jenis ke enam yakni Enduro Matic G SAE 20W-40 maka saya coba ceritakan pengalaman saya dengan oli yang satu ini. Sesuai yang saya baca dan saya dengar saat membelinya, Enduro Matic G SAE 20W-40 adalah pelumas motor matic berkualitas tinggi yang didesain khusus menggunakan base oil sintetik.


Pelumas yang satu ini cocok untuk pengendara dalam kota yang sering terjebak dalam kemacetan. Enduro Matic G SAE 20W-40 memiliki viskositas lebih tinggi dibandingkan pelumas lain, sehingga dapat menjaga temperatur mesin, terutama di jalan statis. Visikositas sendiri kalau saya tidak keliru artinya kekentalan pelumas.

Enduro Matic G SAE 20W-40

Enduro Matic G SAE 20W-40 sudah resmi mendapat pengakuan mutu dari JASO MB, yang merupakan standar Jepang untuk motor empat langkah matik dan memenuhi tingkat performance API SL. Keunggulan Enduro Matic G SAE 20W-40 memiliki ketahanan tinggi terhadap oksidasi dan degradasi yang diakibatkan oleh radiasi panas dari mesin.

Inilah alasan kenapa pelumas yang satu ini cocok untuk sepeda motor yang dikendarai saat terjebak dalam kemacetan. Bayangkan saja dalam kondidi macet, jalan cuma bisa pelan-pelan tentu membutuhkan performa mesin yang oke dan tidak mudah panas. Selain itu juga dapat memperpanjang masa pakai pelumas, dan memiliki kestabilan viskositas tinggi yang dapat melindungi mesin sepanjang pemakaian.

Ganti Oli Sendiri, Gampang Kok!

Pelumas ini juga mempunyai kekentalan relatif rendah pada suhu dingin sehingga dapat melindungi engine sejak mesin dinyalakan. Meskipun begitu jangan lupa untuk selalu rutin mengganti oli motor kita, idealnya saat sudah mencapai jarak 2000 kilometer atau sekitar dua bulan sekali. Kalau soal ini bisa teman-teman perkirakan sendiri sesuai pemakaian sepeda motornya juga kan.

Soal harga, Enduro Matic G SAE 20W-40 ini saya beli 35.000 di bengkel motor atau bisa juga membelinya di Pom bensin. Kemudian tinggal ganti oli sendiri biasanya sudah dibantu Bapak atau suami. Terbukti, selama memakai Enduro Matic G SAE 20W-40 motor matic saya tidak pernah rewel soal mesin, dan selalu bisa dibawa dengan kecepatan tinggi kalau sedang ke luar kota.

Well, urusan oli motor memang sebaiknya tidak boleh sembarangan apalagi kalau mau sepeda motor kita awet meskipun tahunnya sudah tidak muda. Selalu pastikan sepeda motor kita dalam performa yang oke supaya perjalanan menjadi menyenangkan.

Ganti Oli dengan Oli Enduro Matic-G 20W-40


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.