Beberapa Manfaat Melakukan Vaksinasi di Rumah

by - Jumat, April 02, 2021

Satu tahun sudah kita hidup dalam masa pandemi, risiko untuk terkena virus pun bisa saja terjadi kapanpun. Untuk melakukan pencegahan virus Covid-19 menyebar luas tentu saja kita harus selalu memperhatikan 3M seperti menjaga jarak, mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer, dan menggunakan masker saat bepergian.

Sudah banyak pula hal yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi penyebaran Covid dengan membatasi seluruh kegiatan yang menyebabkan orang berkumpul sehingga banyak yang hingga saat ini pun melakukan WFH dan sekolah daring. Tidak hanya kantor dan sekolah banyak took yang membatasi pembeli masuk kedalam atau hanya melayani dari luar.

Untuk mencegah virus Corona semakin melebar luas selain mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengkonsumsi vitamin, vaksin juga sangat diperlukan. Tidak hanya untuk mencegah tertularnya virus Corona tapi juga untuk mencegah tertularnya penyakit lain. Yang kita tahu vaksin berperan untuk membentuk anti bodi dan melawan beberapa jenis penyakit.



Beberapa Kelebihan Vaksinasi di Rumah, Mau Coba?


Sebenarnya kita sendiri sudah mendapat berbagai vaksin saat kita bayi bahkan sejak dalam kandungan karena wanita hamil pun mendapat vaksin untuk mencegah penyakit yang mungkin akan menular pada buah hati mereka.

Nah pada saat pandemi seperti ini banyak sekali rumah sakit, klinik dan jasa layanan kesehatan yang menyediakan layanan vaksinasi di rumah. Sehingga tidak perlu repot dan takut ketika mengantri di rumah sakit maupun klinik untuk mendapatkan vaksinasi.

Saat ini memang vaksin Covid masih terbatas dan dibagi dalam beberapa bagian. Namun, tidak hanya vaksinasi covid ada juga beberapa vaksinasi yang ditawarkan untuk anak dan dewasa seperti vaksin hepatitis unutk mencegah penyakit hati, vaksinasi polio, vaksinasi campak, DBT, BCG, influenza dan masih banyak juga yang lainnya.

Lain vaksin lain juga manfaatnya, banyak manfaat yang didapat sesua dengan fungsi vaksin tersebut. berikut adalah beberapa manfaat vaksin yang perlu diketahui :

1. Dapat mencegah terjadinya penyebaran penyakit. Ada pendapat bahwa lebih baik mencegah dari pada mengobati bukan ? tentu saja hal itu merupakan salah satu hal baik untuk meminimalisir terjadinya penyebaran karena pemberian vaksin ini selain untuk mencegah diri sendiri terkena penyakit namun juga mencegah terjadinya penularan penyakit pada orang lain.

2. Dapat melindungi diri dari resiko cacat hingga kematian. Beberapa orang mungkin hanya tahu bahwa vaksin hanya diberikan pada bayi saja, tapi tidak hanya untuk bayi vaksin juga diberikan pada orang dewasa seperti yang ingin menikah atau wanita yang sedang mengandung. Vaksin yang diberikan pada wanita yang sedang hamil dapat mencegah terjadinya kecacatan pada janin sehingga bisa lahir dengan kondisi sempurna dan ibu pun sehat.

3. Menghemat waktu dan biaya. Ketika melakukan vaksinasi di rumah tentu saja banyak sekali manfaat yang kita terima selain menghindari dari penularan virus Covid, juga dapat menghemat waktu perjalan ke rumah sakit, klinik atau puskesmas dan juga dapat menghemat biaya ongkos.

4. Vaksin di rumah pasti lebih aman. Kondisi pandemi seperti ini pasti membuat kita juga ingin mencegah diri tertular virus Covid, karena cukup riskan jika bersama buah hati harus pergi ke rumah sakit atau klinik untuk melakukan vaksin. Apa lagi anak di bawah 5 tahun tidak di perbolehkan untuk masuk. Dengan adanya vaksin di rumah dapat menjadi alternatif yang paling aman untuk dilakukan.

Itulah beberapa manfaat jika menggunakan layanan vaksinasi di rumah, kita tidak perlu khawatir untuk melakukan vaksinasi. Selain itu kita juga dapat menghemat waktu dan pengeluaran. Tertarik untuk mencoba vaksinasi di rumah?

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.