Kenapa Perempuan Wajib Mencukupi Kebutuhan Vitamin D?

by - Minggu, September 26, 2021

Baru minggu kemarin ibu mertua saya pulang dari rumah sakit setelah melakukan operasi pada lutut bagian kanannya. Ya, sudah 3 bulan terakhir ini beliau tidak bisa berjalan seperti biasanya bahkan untuk berdiri saja sudah tidak bisa. Awalnya ibu mertua saya diminta dokter untuk melakukan terapi selama satu bulan namun setelah rutin terapi ternyata tidak menghasilkan apa-apa, lutut kiri beliau tetap saja sakit dan tidak bisa dibuat berdiri.

Akhirnya dokter memutuskan untuk secepatnya melakukan operasi penggantian sendi lutut pada lutut kiri beliau. Operasi penggantian lutut adalah prosedur medis yang dilakukan dengan cara mengganti sendi lutut yang sudah rusak dengan sendi lutut buatan (prostetik). Tujuannya adalah untuk menghilangkan dan mengembalikan fungsi sendi lutut, agar ibu mertua tetap dapat menggunakan lututnya seperti biasa.



Kaget saat mengetahui biaya operasi penggantian sendi lutut yang dijalani oleh ibu mertua tidak murah yakni 124 juta sudah termasuk fasilitas kamar VIP. Beruntungnya hampir separuh lebih biaya bisa dicover BPJS. Ternyata harga satu lutut sangat mahal ya. Tapi tahu tidak apa penyebab ibu mertua saya sampai lututnya tidak bisa dibuat berdiri dan jalan? Menurut dokter hal ini rawan terjadi pada perempuan, lho.

Perempuan Harus Waspada Bahaya Osteoarthritis Pada Lutut


Menurut dokter yang menangani ibu mertua penyebab sendi lutut beliau harus diganti adalah Osteoarthritis. Osteoarthritis adalah kondisi yang menyebabkan sendi-sendi terasa kaku, sakit, dan bengkak. Kabar buruknya, perempuan disebut lebih rentan mengalami penyakit ini dibandingkan pria. Mengapa?

Osteoarthritis merupakan salah satu jenis arthritis yang paling umum terjadi. Rasa sakit sering terjadi dan menyerang sendi di tangan, lutut, pinggul, dan tulang punggung. Meski begitu, masih ada kemungkinan rasa sakit bisa menyerang bagian-bagian tubuh lainnya. Penyebab perempuan lebih rentan terkena karena struktur tulang yang dimiliki perempuan disebut lebih tipis dibanding milik laki-laki.

Penyakit ini menyebabkan tulang rawan mengalami kerusakan secara perlahan. Tulang rawan merupakan jaringan ikat padat yang kenyal, licin, serta elastis. Jaringan ini berada pada ujung tulang persendian dan berfungsi melindungi bagian tersebut dari gesekan saat ada pergerakan. Kerusakan pada tulang rawan menjadikan bagian tersebut menjadi kasar dan seiring waktu bisa menyebabkan tulang bertabrakan serta sendi pun akan terpengaruhi.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit tulang menyerang adalah dengan menjaga kesehatan dan kekuatan bagian tubuh tersebut. Penuhi asupan vitamin D dan kalsium yang dibutuhkan tubuh agar terhindar dari penyakit ini sebelum waktunya. Nyatanya, asupan vitamin dan kalsium bisa memperkecil risiko penyakit osteoarthritis dan osteoporosis menyerang. Kamu bisa mendapatkan asupan ini secara alami dari makanan, seperti susu, maupun dari sinar matahari pagi.

Memenuhi kebutuhan asupan kalsium dan vitamin untuk tubuh juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen khusus yang banyak dijual di toko online vitamin. Salah satu suplemen yang bisa kita konsumsi adalah D3-1000. D3-1000 Tablet merupakan suplemen vitamin D3 yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dengan cepat pada kondisi tertentu.

D3-1000 Tablet diperuntukkan untuk orang dalam kondisi tertentu, serperti lansia, ibu hamil dan menyusui, serta penderita penyakit infeksi dan diabetes melitus tipe 1 yang memerlukan tambahan vitamin D lebih banyak dibanding orang dalam kondisi normal. Dengan menjaga kebutuhan vitamin D, kita sudah memberi perhatian pada kondisi tulang dari bahaya Osteoarthritis.

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.