Blackmores Peduli Kesehatan dan Kelestarian Lingkungan

by - Sabtu, Desember 25, 2021

Menjaga kesehatan jantung merupakan salah satu investasi besar di masa tua nanti. Seperti yang kita tahu kalau jantung merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting untuk memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Bayangkan saja kalau kerja jantung tergantung bahkan tidak bisa lagi berfungsi, akan fatal sekali.

Tiga tahun lalu bapak saya mengalami gangguan pada jantungnya, menurut dokter yang menangani bapak mengatakan kalau detak jantung bapak tidak teratur sehingga menyebabkan bapak mudah lelah saat beraktifitas. Meskipun kondisi tersebut tidak terlalu mengkhawatirkan namun dokter berpesan agar bapak mulai menjaga kondisi jantungnya.

Menjaga kondisi jantung perlu dilakukan untuk berjaga-jaga agar kondisi yang lebih parah tidak sampai terjadi. Melihat hal tersebut saya mulai sadar bahwa sudah saatnya untuk memberi perhatian yang lebih pada jantung. Kalau bisa dijaga dari sedini mungkin maka persentase terkena gangguan pada jantung maupun penyakit jantung akan berkurang.



Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Konsumsi Minyak Ikan


Selain menjaga pola makan dan rutin berolahraga seperti anjuran dokter, saya juga memberi tambahan minyak ikan untuk dikonsumsi oleh bapak. Dari beberapa artikel kesehatan yang pernah saya baca di internet menyebutkan bahwa kandungan omega 3 dalam minyak ikan adalah zat yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Asam lemak omega 3, eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang terkandung pada minyak ikan atau fish oil ini memiliki serangkaian manfaat selain mencegah serangan jantung. Zat ini tidak bisa dihasilkan oleh tubuh sehingga kita hanya bisa memperolehnya dari makanan yang kita konsumsi.

  • DHA dan EPA berfungsi untuk membantu mengaktifkan sel-sel otak sekaligus meningkatkan konsentrasi dan daya ingat sehingga baik untuk dikonsumsi orang tua supaya tidak mudah pikun.
  • DHA dan EPA ternyata mampu mengurangi mood swing yang timbul karena adanya kecemasan atau mental disorder lainnya.
  • DHA dan EPA turut membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan dan meningkatkan imunitas tubuh.
  • DHA dan EPA membantu mengurangi kolesterol dan cocok digunakan sebagai suplemen untuk orang yang sedang diet maupun latihan fisik. Hal itu disebabkan karena minyak ikan mampu menekan degradasi otot dan penumpukan lemak.

Minyak ikan sendiri hanya bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi ikan berlemak. Namun, tentu tidak mudah untuk memakan ikan berlemak dalam jumlah cukup setiap harinya. Saya tidak mungkin menyediakan menu ikan-ikanan setiap hari untuk bapak, bisa-bisa bosan nanti.

Sekarang sudah banyak produk minyak ikan berwujud sotfgel maupun cair yang mudah untuk dikonsumsi. Keduanya sudah pernah bapak coba, bahkan bukan bapak saja, kami sekeluarga juga ikut konsumsi minyak ikan cair tapi ternyata tidak bertahan lama karena kami tidak tahan dengan teksturnya yang licin dan beraroma amis.

Memilih Suplemen Minyak Ikan yang Pas untuk Dikonsumsi Sekeluarga


Saya pun berinisiatif untuk menggantinya dengan minyak ikan dalam bentuk softgel. Awalnya saya sempat bingung saat memilih suplemen minyak ikan manakah yang cocok karena ada banyak merek suplemen minyak ikan yang beredar di pasaran. Karena bingung mau pilih suplemen minyak ikan yang mana akhirnya yang terpenting tidak beraroma amis.

Dan kelebihan tersebut saya temukan pada Blackmores Odourless Fish Oil 1000mg. Dulunya saya cuma tahu produk Blackmores hanya suplemen untuk ibu hamil saja tapi ternyata ada produk fish oilnya juga. Yaps, saya bisa bilang kalau produk ini adalah solusi terbaik untuk yang ingin mengonsumsi fish oil. Kenapa?

Blackmores Odourless Fish Oil 1000  mengandung bahan alami seperti lemon dan vanilla sehingga saat dikonsumsi tidak menimbulkan aroma amis. Sama sekali tidak ada aroma yang menyengat saat mengkonsumsi suplemen ini. Saya juga memberikan pada anak saya yang masih balita dan dia tidak menolak karena memang tidak ada aroma amis.

Blackmores Odourless Fish Oil 1000 terbuat dari ikan sarden, kembung, dan teri yang hidup di laut dalam sehingga minim merkuri. Tidak hanya itu, minyak ikan ini sudah diuji secara ketat agar kualitasnya terjaga. Karena ternyata tidak semua jenis ikan yang ada dilaut cocok untuk dijadikan sebagai minyak ikan.



Misalnya, ikan hiu, king mackerel, tilefish dan todak (swordfish). Jenis ikan ini pada umumnya memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Bukan hanya terkontaminasi merkuri tapi ada juga ikan yang terkontaminasi oleh polusi air dari limbah industri. Misalnya polutan polychlorinated biphenyl (PCB) yang memiliki efek buruk pada tubuh manusia salah satunya penurunan imunitas.

Blackmores Odourless Fish Oil 1000 Memiliki kandungan Eicosapentaenoic acid (EPA) dan Docosahexaenoic acid (DHA) yang berguna untuk memelihara fungsi normal mata dan otak. Berfungsi juga untuk membantu menurunkan kadar trigliserida (lemak) dalam darah serta menjaga kesehatan.

Blackmores Odourless Fish Oil 1000 mampu mencegah munculnya plak yang dapat menyebabkan pembuluh darah mengeras. Takaran konsumsi fish oil dari Blackmores 600 mg sehari, dimana takaran tersebut sesuai dengan takaran yang dianjurkan oleh National Health & Medical Research Council, untuk mengurangi risiko penyakit kronis dan menjaga kadar kolesterol.



Mengapa Memilih Blackmores Odourless Fish Oil 1000?


Dari awal, saya sudah selektif memilih sumplemen minyak ikan yang aman untuk dikonsumsi oleh kami sekeluarga. Mengingat pekerjaan saya sebagai seorang bloger yang mengharuskan saya menghabiskan banyak waktu di depan laptop. Sudah pasti saya membutuhkan suplemen untuk menjaga kesehatan saya.

Blackmores Do More, yang selalu berusaha untuk memberikan lebih kepada semua konsumennya sehingga membuat Blackmores sudah tidak diragukan lagi sebagai penyedia vitamin dan suplemen berbahan dasar alami dengan kualitas terbaik. Beberapa teman juga ikut merekomendasikan Blackmores Odourless Fish Oil 1000 kepada saya.




Nah, dari pengalaman beberapa teman inilah yang membuat saya mulai semakin yakin untuk memilih produk dari Blackmores yang ternyata sudah berpengalaman selama 85 tahun lamanya. Wah, lama sekali, ya. Saya sendiri tidak menyangka kalau produk ini sudah ada jauh sebelum bapak saya lahir bahkan.

Maurice Blackmores pada tahun 1962 mendirikan Blackmores hingga terdaftar sebagai perusahaan obat yang menggunakan bahan alami. Karena konsisten dengan kualitas dan pelayanan yang diberikan selama ini, sampai berhasil mendapatkan berbagai penghargaan termasuk dari Reader’s Digest, sebagai merek vitamin dan suplemen terpercaya di Australia.

Berbahan Baku Kualitas Tinggi dan Lolos Uji Laboratorium


Berbicara soal kualitas, Blackmores Odourless Fish Oil 1000 sendiri diproduksi menggunakan bahan baku berkualitas tinggi. Proses produksinya pun diuji dan diawasi oleh berbagai badan internasional seperti WWF (World Wide Fund for Nature), sehingga kualitas serta kemurnian minyak ikan terjamin.

Selain itu, semua produk Blackmores sudah melalui proses sertifikasi dan telah diuji di laboratorium Blackmores Institute. Sehingga aman dikonsumsi oleh orang dewasa, anak-anak, maupun wanita hamil dan menyusui (sesuai dengan dosis yang dianjurkan). Itulah kenapa saya berani memberikan suplemen ini kepada seluruh anggota keluarga di rumah.

Blackmores Terjamin Kehalalannya


Sebagai seorang muslim sudah menjadi kewajiban untuk memastikan semua yang dikonsumsi terjamin halal. Tidak tanggung-tanggung semua produk resmi Blackmores di Indonesia sudah melalui 3 tahap BLACKMORES INDONESIA HALAL ASSURANCE SYSTEM (BIHAS) sebelum sampai ke tangan konsumen.

Ketiga jaminan tersebut dari Halal Australia, Halal MUI dan Tes DNA untuk memastikan tidak ada kontaminasi porcine (DNA babi) pada semua produk Blackmores. Dengan BIHAS, konsumen bisa yakin produk Blackmores di Indonesia bisa terjamin kehalalannya.

Komitmen Blackmores Pada Kelestarian Lingkungan


Blackmores Odourless Fish Oil 1000 terbuat dari ikan kecil seperti sarden, anchovies dan mackerel dimana jenis ikan ini turut berperan penting dalam menjaga ekosistem, sehingga kontaminasinya lebih rendah dan kelestarian ekosistem pun terjaga. Blackmores sendiri merupakan perusahaan vitamin dan suplemen yang menjual produk dalam kemasan botol kaca.

FYI, hampir 98% botol yang digunakan terbuat dari material kaca untuk mengurangi sampah plastik. Dan Blackmores memiliki target dalam 1-2 tahun kedepan akan menggunakan botol kaca seluruhnya. Penggunaan botol kaca sendiri bertujuan untuk mengurangi sampah plastik, dimana kita tahu kalau dampak sampah plastik yang susah terurai membuat lingkungan tercemar dan menjadi tidak produktif.



Dari sini sudah terlihat bentuk kepedulian Blackmores pada kelestarian lingkungan terutama lautan. Bicara soal lautan, Indonesia merupakan negara maritim di mana luas lautnya lebih besar dibanding luas daratannya. Keindahan dan kekayaan laut Indonesia begitu mempesona. Sayangnya, pencemaran lingkungan yang kerap kali terjadi lambat laut merusak ekosistem laut.

Fakta menyedihkan bahwa pencemaran laut di Indonesia sebagian besar disebabkan oleh manusia. Segala jenis pencemaran lingkungan yang terjadi di laut tentu saja sangat merugikan. Berikut ini adalah beberapa jenis pencemaran laut yang sering terjadi di Indonesia:

Penumpukan Sampah Plastik

Masih ingat dengan kejadian tahun 2018 saat Indonesia sempat digemparkan dengan penemuan bangkai paus sperma di perairan Wakatobi, Sulawesi Tenggara? Yang membuat gempar bukan bangkai ikan pausnya, tetapi isi dalam perut bangkai ikan tersebut. Sangat menyedihkan karena di dalam ikan paus malang tersebut ditemukan sampah plastik seberat 5,9 kg.

Paus ini menelan botol plastik, kantong plastik, hingga sandal jepit. Dari kejadian tersebut kita mengetahui bahwa sampah plastik adalah pencemaran laut yang serius. Bukan hanya merusak keindahan laut, sampah plastik yang berada di laut dapat mengganggu kehidupan ekosistem laut, apalagi plastik adalah material yang sulit terurai.

Pembuangan Limbah Industri

Sudah bukan rahasia lagi jika jenis pencemaran laut nomor satu di Indonesia adalah limbah industri. Pemerintah setempat telah melarang pabrik-pabrik untuk membuang limbahnya ke selokan air atau sungai. Namun, tetap saja masih banyak industri yang membuang limbah pabriknya ke sungai, bahkan ke laut.

Perlu diketahui kalau limbah industri mengandung logam berbahaya, seperti arsenik, merkuri, timbal, dan masih banyak lagi. Zat berbahaya ini tidak bisa diurai oleh organisme dekomposer yang hidup di laut. Dampak buruk dari pembuangan limbah industri ke laut sudah pasti banyak makhluk hidup laut yang mati.

Eksploitasi Ikan

Masih banyak nelayan yang menangkap ikan secara berlebihan sehingga merusak regenerasi makhluk hidup di laut. Apalagi jika proses penangkapan ikan menggunakan peledak, bukan hanya ikan saja, tapi makhluk hidup lain akan mati akibat bahan peledak tersebut. Apapun caranya, eksploitasi ikan memang bentuk pencemaran laut yang serius.

Kontaminasi Pestisida

Pestisida merupakan bahan kimia yang dipakai untuk membunuh hama tanaman. Sekilas rasanya tidak mungkin jika pestisida ini mencemari laut yang luas. Namun, perlu kita ingat bahwa air sungai selalu bermuara ke laut. Bisa kita bayangkan jika air sungai terkontaminasi oleh pestisida, laut sebagai muaranya tentu akan tercemar juga.

Air laut yang sudah terkontaminasi pestisida akan diserap oleh ikan dan makhluk laut lainnya. Pada akhirnya, kandungan pestisida akan mengendap pada tubuh ikan dan ikan tersebut menjadi beracun. Ikan yang terkontaminasi pestisida itu mungkin akan ditangkap oleh nelayan, dijual di pasar, dan tidak menutup kemungkinan sudah disantap oleh manusia.

Membayangkannya saja sudah membuat saya merinding, namun saya yakin masih ada manusia baik yang peduli terhadap laut dan melakukan upaya untuk menyelamatkan laut dari pencemaran. Meskipun sebenarnya setiap individu wajib bertanggung jawab atas kelestarian lingkungan laut itu sendiri.

Campaign Blackmores Peduli


Blackmores kembali menggelar program Blackmores Peduli melalui salah satu produk unggulannya yaitu Blackmores Odourless Fish Oil. Campaign Blackmores Peduli merupakan bagian dari perhatian Blackmores terhadap lingkungan dengan mengajak konsumen untuk menukarkan botol plastik bekas minyak ikan merek apapun agar tidak menambah angka sampah plastik yang mengotori laut.

Program ini bekerja sama dengan ritel kesehatan dan kecantikan Guardian untuk titik pengumpulan botol plastik bekas minyak ikan. Serta organisasi pengelolaan daur ulang sampah plastik eRecycle untuk proses mendaur ulang. Melakukan daur ulang berarti kamu sudah berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan.



Daripada membuang dan menyebabkan pencemaran lingkungan, sampah atau barang bekas bisa kamu olah menjadi kreasi barang baru yang bermanfaat. Sekarang kamu sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk mendaur ulang sampah karena kamu cukup memasukan botol plastik bekas minyak ikan merek apa saja pada drop box yang tersedia.

Nah, untuk lokasinya bisa kamu temukan di Blackmores Pop Up Store yang bekerja sama dengan Guardian dan eRecycle di lokasi-lokasi yang telah ditentukan. Campaign Blackmores Peduli berlangsung sejak 25 November 2021 dan dibuka hingga 5 Januari 2022. Masih ada sisa waktu beberapa hari lagi untuk bisa menjadi bagian dari program ini.

Blackmores Peduli dapat diikuti di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek) melalui 30 cabang Guardian yang tersebar di Jadetabek. Dan kamu berhak mendapatkan apresiasi dari Blackmores berupa voucher sebesar Rp50.000 per botol bagi kamu yang telah menyumbang pada setiap transaksi yang dilakukan sebagai tanda partisipasi.


Dengan ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan laut dari sampah plastik, Blackmores sebagai penyedia vitamin dan suplemen, berkomitmen penuh pada pelestarian lingkungan dan masyarakat di masa depan. Program Blackmores Peduli menjadi komitmen jangka panjang untuk selalu peduli dan akan terus melakukan lebih demi menjaga laut tetap bersih untuk sekarang dan masa depan.

Well, tunggu apalagi? Segera ambil kesempatan ini untuk menjadi salah satu bagian peduli lingkungan yang diadakan oleh Blackmores. Kumpulkan semua botol bekas minyak ikan yang kamu punya dan sumbangkan untuk didaur ulang. Kamu bisa dapatkan informasi lengkap mengenai aksi nyata Blackmores di Instagram Blackmores.

Saya yakin, kamu yang membaca tulisan ini adalah satu dari manusia baik yang masih peduli lingkungan. Bukan hanya peduli lingkungan tapi kamu juga peduli pada kesehatanmu dan memastikan hanya produk dengan bahan terbaik yang kamu konsumsi. #Blackmores #BlackmoresPeduli #BlackmoresID #BeSureWithBlackmores #BlackmoresAlwaysDoMore.

You May Also Like

17 komentar

  1. Wah, terima kasih infonya. Kebetulan banget memang ada banyak botol bekas minyak ikan di rumah. Lumayan banget kalau ditukarkan.

    BalasHapus
  2. Wah keren blackmores programnya, yuk peduli lingkungan dengan blackmores. Hal ini setidaknya membantu mengurangi sampah yang sulit diuraikan.

    BalasHapus
  3. Wah, bisa dikonsumsi ubtuk anak di atas 2 tahun ya kak. Berarti anakku udah bisa konsumsi ini juga. Bisa nih jadi suplemen keluarga biar lebih sehat baik saat ini dan juga nanti.

    BalasHapus
  4. keren blackmores bukan cuman peduli sama kesehatan orang-orang tapi juga peduli sama lingkungan, campaign ini sampe kapan kak ?

    BalasHapus
  5. Saya juga baru tau varian blackmores ini. Taunya suplemen ibu hamil aja. Tp kemarin dapet yg vit.C nya. Saya suka kemasannya krn dr botol kaca. Cocok sama campaignnya mengurangi penggunaan sampah plastik

    BalasHapus
  6. Wah bagus ya programnya gak hanya peduli kesehatan tapi juga lingkungan. Semoga makin banyak perusahaan seperti ini. Oya jadi kepo sama produk minyak ikannya

    BalasHapus
  7. Keren program Blackmores. Tukar botol bisa dapat voucher. Selain itu juga bentuk kepedulian Blackmores terhadap lingkungan. Semoga programnya meluas ke kota-kota lain di Indonesia juga ya.

    BalasHapus
  8. Salut liat program yg begitu peduli dgn lingkungan, bahkan akan berakibat baik buat kesehatan kita ya, salah satunya program Blackmores ini, sehingga gak menambah jumlah sampah yg buruk thdp lingkungan serta kesehatan ya mba

    BalasHapus
  9. kalau kapsul lunak begini anak-anak bisa nelan nggak ya? atau dia ukuran kecil gitu? aku belum pernah sih nih beliin minyak ikan buat anak-anak soalnya harganya lumayan kan ya. hehe

    BalasHapus
  10. Kadang minyak ikan emg rasanya ada amis2nya ya kak. Suka kesel kl ada yg kayak gt. Secara aku tuh ga suka makan ikan jg.

    Pas cobain Blackmores awal2 sempat ragu krn ini minyak ikan. Takut ada rasa amisnya lagi. Eh pas ku coba ternyata malah ga berasa. Jd ketagihan konsumsi skrg utk menjaga kesehatan.

    BalasHapus
  11. Bisa nih buat bapakku, karena udah lansia kan. Bearti aku jg bisa nyetok dan diminum sama anakku yang udah 4 tahun yaa. Jd kepengin beliii langsung

    BalasHapus
  12. Minyak ikan memang bagus buat kesehatan jantung. Ditambah olahraga teratur kesehatan jantung pasti makin terjaga

    BalasHapus
  13. Jaga kesehatan sekalian juga jaga lingkungan dengan Blackmores. Karena kepedulian seperti ini memang harus selalu dipupuk

    BalasHapus
  14. Salut sama pelaku industri blackmores ini, sudah produknya berasal dari laut, artinya memanfaatkan hasil kekayaan alam yang insyaAllah tak akan habis untuk kebaikan. Udah gitu, peduli juga dengan kelestarian alam.

    Top banget...!! semoga lancar bisnisnya, menjadi sarana kebaikan bagi semua.

    BalasHapus
  15. Ini varian baru dari Blackmores ya Mbak? Saya taunya Blackmores untuk bumil, busui sama yang untuk anak.

    Salut sama Blackmores yang invoatif dan ikut berkomitmen menjaga lingkungan. Makasih infonya Mbak

    BalasHapus
  16. Sejak hamil aku juga minum Blackmores yang varian pregnancy & breastfeeding. Baru tau nih ada varian minyak ikannya, jadi pengin beli buat keluarga, terutama buat anakku yang juga lagi susah makan

    BalasHapus
  17. Ga salah aku pakai Blackmores sejak lama 👍. Suplemen2 yg dikonsumsi selama pandemi juga mostly dari Blackmores. Udah percaya Ama reputasi dan kualitasnya. Ini tempat utk menukar botol2nya berarti udh selesai ya mba... Aku msh punya banyak botol2 Blackmores soalnya 😅.

    Memang sih sekarang ini kalo pakai suatu produk, harus pastiin juga apa kontribusi mereka terhadap lingkungan. Ga mau kan kita sebagai salah satu pencetus yg merusak lingkungan hanya Krn produk yg kita pakai tidak ramah thd itu

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.