Tips Memasang Smart CCTV untuk Area Industri

by - Selasa, Februari 15, 2022

Sistem keamanan tidak hanya dibutuhkan di lingkungan perkantoran, sistem keamanan di area industri manufaktur juga penting diperhatikan. Manufaktur merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi yang mengelola bahan baku mentah menjadi produk jadi dalam skala besar. Untuk menjalankannya, seseorang harus tahu betul bagaimana cara mengoptimalkan sistem keamanan di lingkungan usahanya.

Memasang smart CCTV atau IP camera menjadi pilihan yang tepat untuk memantau kondisi di sekitar area industri, baik di dalam maupun di luar bangunan. Saat ini ada beberapa brand yang mengeluarkan produk IP camera yang diperuntukkan area industri manufaktur. Fitur-fitur yang diusung di dalamnya juga disesuaikan dengan kebutuhan pengawasan untuk lingkungan industri.



Tips Memasang Smart CCTV di Area Industri


Area industri termasuk tempat yang rawan terjadi tindakan yang merugikan, baik bagi karyawan maupun pemiliknya. Produk smart CCTV terbaik untuk area industri harusnya memiliki fitur alarm peringatan yang mampu memberikan tanda bahaya kepada orang-orang di sekitarnya. Saat ini masih jarang industri manufaktur yang menggunakan kamera pengawas dengan fitur tersebut.

Padahal fitur alarm peringatan tersebut sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya hal buruk yang tidak diinginkan. Sebaiknya ketika kamu mencari produk smart CCTV terbaik untuk area industri. Sebaiknya pilihlah merk CCTV yang memiliki fitur alarm peringatan, salah satu contohnya dari produk dari Hikvision. Berikut beberapa tips cara memasang CCTV di area industri manufaktur.

1. Pastikan Memilih Jenis CCTV yang Tepat

Ada beragam jenis CCTV yang ada di pasaran, pastikan kamu membeli jenis smart CCTV yang tepat. Supaya kamera pengawas yang dipasang dapat berfungsi sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Pilih jenis kamera pengawas yang memiliki spesifikasi tinggi agar gambar yang dihasilkan juga terlihat jelas dan tajam.

Perhatikan juga fitur-fitur yang ada di dalamnya akan lebih baik lagi jika memilih jenis kamera pengawas yang memiliki fitur alarm peringatan. Hal paling utama yang tidak boleh dilewatkan saat memilih smart CCTV adalah memperhatikan hal-hal berikut:

  • Tingkat resolusi gambar yang direkam
  • Fitur zoom in dan zoom out
  • Sensor pendeteksi
  • Kecepatan dalam membidik objek
  • Fitur auto tracking yang berguna untuk mengikuti pergerakan objek

2. Pilih Jenis berdasarkan Kegunaannya

Setiap jenis smart CCTV memiliki kegunaan yang berbeda-beda, misalnya kamu memerlukan kamera pengawas untuk memantau jalan di area industri. Maka jenis kamera pengawas yang dibutuhkan adalah jenis CCTV outdoor yang memiliki ketahanan yang baik terhadap paparan debu, panas matahari dan air hujan.

Sementara untuk kamera pengawas di dalam bangunan kamu bisa menggunakan CCTV indoor yang tahan debu. Ini berguna supaya kamera pengawas tetap bekerja dengan baik meskipun banyak debu bertebaran. Area di dalam pabrik pada bidang produksi tertentu biasanya penuh dengan debu-debu misalnya seperti pada industri furniture.

3. Tentukan Titik Pemasangan

Tips memasang smart CCTV di area industri selanjutnya menentukan titik pemasangan yang tepat. Pilihlah lokasi-lokasi yang strategis dan rawan terjadi tindakan pencurian, seperti pada gudang bahan baku dan gudang menyimpan stok produk.

Keuntungan Menggunakan Smart CCTV di Area Industri


Ada berbagai keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika memasang CCTV di area bisnis, khusus di industri manufaktur. Berikut beberapa keuntungan menggunakan smart CCTV di area industri:

  • Meningkatkan sistem keamanan di sekitar lingkungan, sehingga aksi kejahatan seperti pencurian bahan baku dapat dicegah
  • Dapat digunakan untuk memantau aktivitas karyawan saat bekerja. Kamu bisa dengan mudah mengevaluasi kinerja para karyawan dengan memantau mereka melalui CCTV.
  • Hasil perekaman video CCTV bisa digunakan sebagai barang bukti ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya ketika terjadi pencurian aset perusahaan baik material berupa bahan baku atau uang maupun non material. Rekaman video CCTV bisa dijadikan bukti yang kuat untuk bahan pelaporan.
  • Tidak hanya bisa digunakan sebagai barang bukti, hasil rekaman CCTV juga dapat dijadikan sebagai terkait aktivitas industri.

CCTV Berteknologi AcuSense dari Hikvision untuk Memantau Area Industri


Apakah perusahaan tempat kamu bekerja membutuhkan smart CCTV terbaik untuk mengamankan area industrinya? Hikvision menghadirkan teknologi AcuSense untuk memaksimalkan kinerja CCTV pada sektor industri manufaktur, perkantoran, gerai ritel, lingkungan perumahan, dan tempat-tempat lainnya.

Produk CCTV dari Hikvision yang didukung dengan teknologi AcuSense akan memberikan berbagai fitur menarik yang akan membantu memaksimalkan bisnis di industri manufaktur. Keunggulan produk CCTV berteknologi AcuSense dari Hikvision diantaranya sebagai berikut:

1. Tersedia Fitur Alarm Peringatan yang Lebih Akurat

Teknologi AcuSense yang digunakan pada produk Hikvision memungkinkan CCTV menyalakan alarm peringatan saat mendeteksi pergerakan kendaraan dan manusia yang berusaha menerobos masuk. Produk CCTV Hikvision juga mampu membedakan pergerakan secara akurat jadi dapat meminimalisir munculnya alarm palsu. Alarm palsu bisa terjadi ketika CCTV mendeteksi pergerakan benda-benda yang tidak relevan atau hewan kecil yang berkeliaran di sekitar lokasi pemantauan.

2. Tersedia Fitur Peringatan Visual dan Auditori

Terdapat fitur peringatan secara auditori dan visual serta fitur audio dua arah yang akan mempermudah kinerja pada industri manufaktur. Pengguna dapat menyesuaikan fitur peringatan tersebut sesuai kebutuhan.

3. Hasil Perekaman Dapat Dicari dengan Cepat

Dengan dukungan teknologi AcuSense membuat CCTV mampu mengurutkan hasil rekaman video berdasarkan objek manusia dan kendaraan. Dengan fitur tersebut pengguna dapat mencari hasil rekaman video dengan lebih mudah dan cepat.

Dari keunggulan teknologi AcuSense yang ditawarkan oleh Hikvision tersebut, apakah kamu mulai tertarik untuk menggunakan smart CCTV dari Hikvision? Bila masih ragu, kamu bisa langsung mengunjungi website resminya untuk mengetahui fitur dan informasi selengkapnya.

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.