Pengalaman Jualan Online dan Buka Toko di Blibli 11th Anniversary

by - Selasa, September 13, 2022

Setelah berkali-kali berpikir dan minta pendapat dari sana sini akhirnya saya memberanikan diri untuk buka toko online. Sebenarnya saya sudah pernah buka pesanan melalui online di beberapa media sosial yakni di Facebook dan Instagram tapi bedanya kali ini saya buka toko onlinenya di platform ecommerce Blibli.

Ini kali pertama saya punya toko online di Blibli dan nggak menyangka kalau prosesnya cukup mudah bahkan tim Blibli beberapa kali menawarkan langsung bantuan untuk proses buka toko. Sedikit cerita ya, menjalankan usaha di kondisi seperti ini pasca pandemi sungguh punya tantangan sendiri bahkan kalau boleh jujur harus extra kerja keras.

Prioritas saya saat ini adalah bagaimana caranya bisa membantu mengembalikan kejayaan usaha keluarga yang dulunya sangat dikenal. Sebuah usaha cetak dan jual kaos Madura dengan desain modern yang cocok digunakan anak-anak muda. Namanya Ebo’ T-shirt yang sudah dibuka dari tahun 1997.

Mengapa memilih berjualan online di platform Blibli? Karena Blibli merupakan salah satu e-commerce teratas Indonesia yang fokus pada penjualan B2C, B2B, dan B2B2C. Dengan banyaknya pengguna, saya berharap Blibli bisa menjadi platform yang tepat untuk meningkatkan penjualan kami nantinya.


Jualan Online dan Buka Toko di Blibli 11th Anniversary


Pengalaman pertama saya berjualan online di Blibli ternyata berbarengan dengan hari jadi Blibli yang ke 11 tahun tepat pada 25 Juli 2022 kemarin. Di momen perayaan ulang tahunnya ini ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh para seller atau penjual seperti saya saat memilih untuk jualan online di Blibli.

  • Buka toko di Blibli tidak wajib mengisi atau tidak wajib punya NPWP.
  • Gratis daftar dan biaya operasional untuk deposit produk di gudang Blibli atau Fulfilment by Blibli (FBB)
  • Gratis modal promosi hingga 5,4 juta
  • Gratis ongkos kirim untuk penjual tanpa biaya tambahan
  • Gratis asuransi pengiriman
  • Gratis training dan e-learning untuk mengembangkan bisnis penjual setiap minggu
  • Gratis upgrade toko menjadi Official Store
  • Layanan Seller Care khusus biasanya melalui aplikasi chat WhatsApp
  • Bebas jualan tanpa kena denda dan deposit jualan

Sebagai penjual, kita bisa bergabung menjadi merchant di Blibli.com untuk menjual produk dagangan kita. Bukan Cuma itu saja, Blibli juga memberikan fasilitas gratis packaging dan ongkos kirim produk sehingga sangat menguntukan para Blibli seller dalam menjual produknya, terlebih bagi seller baru seperti saya.

Dengan adanya gratis packaging, para seller nggak perlu lagi memikirkan biaya kemasan, dengan begitu harga jual bisa ditekan lagi sehingga kemungkinan konsumen yang tertarik dengan produk kita pun lebih banyak. Ditambah lagi adanya fasilitas gratis ongkos kirim, hal ini tentu sangat membantu pelaku usaha untuk bisa bersaing dengan ribuan pebisnis online lainnya.




Jadi, nggak perlu ragu lagi apabila ingin menerapkan promo gratis ongkos kirim, sebab Blibli telah memfasilitasinya. Selain itu, keamanan pesanan yang dikirimkan akan dijamin. Sebab, pengiriman di Blibli sudah secara otomatis diasuransikan. Ketika kamu memiliki masalah pengiriman, pihak Blibli akan membantu proses klaim asuransinya.

Cara Jualan Online di Blibli


1. Mempersiapkan Informasi Seller

Cara jualan di Blibli yang pertama ialah mempersiapkan semua informasi seller. Informasi ini berupa nama, email aktif, password, nomor smartphone, hingga nama toko online yang akan kamu daftarkan. Kamu bisa gunakan link ini untuk memulai membuka toko di Blibli. Supaya nggak bingung kamu juga bisa mulai follow akun Instagram Blibli @blibliseller dan akun Tiktoknya di @blibliseller.

2. Memasukkan Nomor Telepon

Untuk seller perorangan, gunakan nomor smartphone pribadi. Sementara bagi seller perusahaan, gunakan nomor smartphone penanggung jawab. Jangan lupa, pastikan nomor smartphone aktif dan sesuai. Jadi, pendaftaran kamu bisa diverifikasi secara lebih mudah melalui pengiriman kode ke nomor telepon.

3. Melengkapi Informasi Penjualan

Cara jualan di Blibli berikutnya, yaitu melengkapi informasi penjualan. Setidaknya ada tiga informasi yang perlu dilengkapi. Pertama, lengkapi informasi tentang toko atau gudang. Kedua, informasi pembayaran dan masalah legalitas. Ketiga, upload produk yang ingin kamu jual di toko online.

4. Mempersiapkan Dokumen Seller

Cara jualan di Blibli selanjutnya ialah mempersiapkan dokumen dan berkas-berkas. Sebagai seller, kamu perlu menyiapkan dokumen berupa nomor rekening yang valid. Kemudian, untuk seller perorangan, siapkan KTP dan NPWP. Apabila kamu tidak memiliki NPWP, cukup isi kolom tersebut dengan nomor dan foto KTP untuk sementara.

Sementara bagi seller perusahaan, kamu bisa mulai siapkan KTP direksi, NPWP perusahaan, Akta Pendirian + SK Menkeh, Akta Perubahan, SIUP, TDP, dan Surat Domisili. Kalau semua persyaratan dirasa sudah lengkap dan sesuai maka proses buka toko online di Blibli pasti bisa cepat jadi.

Terkadang berjualan online bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun. Sebagai seller kita hanya membutuhkan koneksi internet dan gadget saja. Blibli membantu saya untuk berjualan melalui handphone untuk mendownload aplikasi Blibli Seller. Sehingga, saya dan para seller lainnya bisa mengatur orderan yang masuk hanya lewat handphone saja.

Selain itu, saya juga tahu kalau Blibli ternyata mampu memberikan rekap data yang bertujuan memudahkan saya untuk menganalisis penjualan. Melalui merchant analytic saya bisa melihat kata kunci pencarian yang paling banyak dicari, toko yang menawarkan produk, hingga produk trending dari kategori tertentu.

Jadi, jualan online di Blibli sangat mudah dan menyenangkan. Bayangkan saja mulai buka toko, isi toko online, sampai memantau grafik penjualan bisa dilakukan melalui handphone. Semoga dengan bergabungnya saya menjadi seller di Blibli bisa membantu meningkatkan penjualan usaha keluarga kami.

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.