Kenali Jenis Dan Cara Investasi Obligasi Berikut

by - Jumat, Oktober 07, 2022

Fenomena mudahnya mendapat keuntungan dari investasi, membuat mayoritas orang mudah terlena dalam euforianya. Ada yang langsung menanamkan sebagian bahkan seluruh dananya untuk modal investasi, tanpa mempelajari terlebih dahulu jenis, keuntungan dan cara memulainya.

Alhasil banyak yang kecewa karena investasi tersebut tak kunjung mendatangkan hasil. Tak sedikit pula yang mengalami penipuan, dikarenakan hanya tergiur dengan besarnya keuntungan. Padahal jenis investasi seperti saham dan obligasi, sejatinya juga berpeluang besar mencapai keuntungan, jika Anda memahami aturan mainnya.

Source : Freepik


4 Jenis Investasi Obligasi


Dari segi pengertian, yang dimaksud dengan obligasi adalah jenis investasi berupa surat perjanjian hutang piutang, antara pihak penerbit dan pembeli atau investor. Dalam obligasi tertera bahwa penerbit akan membayar bunga dalam periode tertentu, dan juga pinjaman pokoknya, dengan konsekuensi pembeli mendapatkan imbal hasil sesuai perhitungan. Jenis obligasi sendiri dibedakan berdasarkan empat hal diantaranya :

1. Pihak Penerbit

Berdasarkan pihak penerbit, obligasi dibedakan menjadi obligasi pemerintah dan korporasi. Obligasi pemerintah sengaja diterbitkan pemerintah, untuk mengajak masyarakat berinvestasi dan turut serta dalam pembangunan negara. Sedangkan obligasi korporasi dikeluarkan oleh perusahaan milik negara ataupun swasta, dengan tingkat resiko lebih besar dibandingkan obligasi pemerintah.

2. Jumlah Nominal

Jika diamati dari sisi nominal, obligasi ada yang bersifat konvensional dengan nominal minimal satu milyar. Namun ada pula yang bersifat ritel dengan nominal minimum satu juta rupiah, sehingga memungkinkan siapapun bisa memulai investasi obligasi ini.

3. Berdasarkan Bunga Atau Kupon

Obligasi juga dibedakan berdasarkan bunga atau kupon. Di sini obligasi terdiri dari kupon tetap, atau mengambang sesuai batas minimal. Untuk kupon tetap, bunga sesuai perjanjian awal saat obligasi diterbitkan dan Anda akan mendapat imbal hasil yang tetap. Sedangkan untuk kupon mengambang sesuai batas minimal, bunga mengikuti suku bunga bank dan imbal hasilnya pun turut menyesuaikan.

4. Prinsip

Berdasarkan prinsip, obligasi terdiri dari obligasi konvensional dan syariah. Obligasi konvensional dikelola dengan prinsip konvensional, yaitu pembayaran kupon dan imbal hasil sesuai ketentuan. Obligasi syariah lebih kepada imbal hasil yang bersifat sewa dan perhitungannya sesuai prinsip syariah.

Manfaat Atau Keuntungan Investasi Obligasi


Setelah mengenal jenis-jenis obligasi, lantas apa yang menjadi manfaatnya, sehingga layak untuk dipertimbangkan?

1. Berpeluang Mendapat Penghasilan Tambahan

Saat berinvestasi obligasi, Anda berpeluang mendapat penghasilan tambahan dari imbal hasil, saat pemerintah atau perusahaan membayar bunga secara rutin, hingga batas waktu dalam surat obligasi. Imbal hasil secara berkala inilah yang berpotensi menambah pemasukan keuangan.

2. Terjamin Keamanannya

Selain tambahan penghasilan, investasi obligasi sangat terjamin keamanannya. Terlebih untuk jenis obligasi pemerintah. Sedangkan untuk obligasi perusahaan, Anda tetap menjadi prioritas dalam pembayaran imbal hasil, saat perusahaan mengalami kebangkrutan.

3. Bunga Obligasi Lebih Tinggi

Bunga obligasi lebih tinggi bila dibandingkan dengan bunga bank. Alhasil imbal hasil yang Anda terima pun menjadi lebih banyak, menyesuaikan dengan tingkat suku bunga obligasi itu sendiri.

4. Keuntungan Berlipat

Penghasilan yang Anda terima pun berpeluang berlipat ganda. Hal ini dikarenakan surat obligasi dapat diperjual belikan. Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih nilai saat pertama kali membeli dan nilai saat menjualnya.

5. Mengurangi Resiko Investasi

Obligasi bisa menjadi salah satu investasi alternatif saat Anda mengalami kerugian di investasi lain seperti saham. Ketika saham mengalami penurunan nilai, obligasi menjadi kemungkinan investasi yang tetap menghasilkan uang.

Source : Freepik


Cara Memulai Investasi Obligasi


Lantas bagaimana cara investasi obligasi yang aman dan menguntungkan?

1. Pemahaman Produk

Anda harus memiliki banyak pemahaman tentang produk obligasi. Tujuannya agar dapat menentukan jenis obligasi yang dipilih, sesuai jumlah dana dan potensi keuntungannya.

2. Mendaftar Di Lembaga Yang Tepat

Cara investasi obligasi berikutnya yaitu melakukan pendaftaran atau membuka rekening. Dalam hal ini penting sekali untuk mencari lembaga jasa keuangan yang aman, menawarkan kemudahan, terpercaya dan transparan, agar memiliki rasa aman dalam berinvestasi.

3. Melakukan Analisa

Anda juga perlu melakukan analisa terhadap jenis obligasi yang dipilih. Analisa yang menyangkut suku bunga, jangka waktu, nilai keuntungan dan peringkat.

4. Mempersiapkan Dana

Persiapkan dana sesuai kemampuan dan jenis obligasinya, yang bisa dialokasikan dari simpanan khusus investasi, agar tidak mengganggu pos pengeluaran rutin. Hindari penempatan dana secara berlebihan, agar tidak mengalami kesulitan pembayaran yang berakibat denda.

5. Melakukan Pembayaran

Lalu lakukan pembayaran. Upayakan melakukan pembayaran dengan mudah, melalui transfer bank langsung ke rekening penyedia jasa obligasi. Setelah itu Anda perlu juga melakukan konfirmasi, apakah pembayaran tersebut sudah diterima lembaga yang bersangkutan.

Investasi Obligasi Aman Dan Menguntungkan Melalui Aplikasi digibank by DBS


Bagi Anda yang ingin berinvestasi obligasi, pastinya berharap modal Anda dikelola oleh lembaga profesional. Hal ini demi menjamin rasa aman terhadap modal yang telah ditanamkan. Menariknya kini Anda dapat berinvestasi obligasi yang aman melalui Aplikasi digibank by DBS.

1. Berpotensi Mendapat Keuntungan Setiap Bulan

Obligasi di Aplikasi digibank by DBS merupakan obligasi pemerintah yang sangat terjamin keamanannya. Anda akan selalu menjadi prioritas dalam pembayaran imbal hasil, sehingga terus mendapatkan penghasilan. Selain itu Anda akan berpotensi mendapatkan keuntungan setiap bulannya sehingga dapat menjadi jalan untuk berpenghasilan.

2. Kupon Dan Imbal Hasil Tetap

Dikarenakan berjenis obligasi pemerintah, maka bunga atau kuponnya bersifat tetap yaitu sebesar 5,95%. Dengan demikian, imbal hasil yang Anda dapatkan pun tetap hingga jangka waktu yang telah ditentukan.

3. Modal Mulai Rp1 Juta

Bagi Anda yang ingin memulai berinvestasi obligasi, Aplikasi digibank by DBS memiliki produk obligasi dengan modal sangat terjangkau. Hanya dengan satu juta untuk Obligasi rupiah dan $1000 untuk Obligasi US Dollar, Anda sudah dapat mewujudkan impian berinvestasi dan meraup keuntungan.

4. Hanya Melalui Satu Aplikasi

Aplikasi digibank by DBS menawarkan kemudahan dalam melakukan pendaftaran SID (Single Investor Identification) hingga pembelian produk Obligasi. Anda bisa melakukan aktivitas tersebut setiap saat dan dimanapun hanya melalui Aplikasi digibank by DBS. Anda juga bisa memantau semua informasi terkait dari website resmi, sehingga sangat sesuai bagi yang memiliki mobilitas tinggi.

Apapun jenis investasi yang Anda pilih, pastikan bahwa nantinya akan memberikan dampak positif bagi kesehatan finansial. Tentunya pastikan pula bahwa Anda telah memilih Aplikasi digibank by DBS, sebagai lembaga keuangan yang tepat untuk mewujudkan investasi tersebut. Jadi jangan ragu lagi. Yuk, mulai investasi obligasi menguntungkan Anda bersama Aplikasi digibank by DBS.

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.