Ingin DP Rumah? Siasati dengan Reksadana Pendapatan Tetap

by - Jumat, April 14, 2023

Reksadana Pendapatan Tetap tak hanya bisa Anda jadikan pilihan investasi untuk kebutuhan pendidikan, membeli kendaraan ataupun untuk hobi. Instrumen yang satu ini juga sangat cocok digunakan untuk keperluan DP rumah.

Ada beberapa alasan mengapa banyak investor menaruh aset mereka pada Pendapatan Tetap saat ingin melakukan DP rumah. Untuk mengetahui ulasan lengkapnya, silakan simak informasi berikut ini.




Alasan Mempersiapkan DP Rumah dengan Reksadana Pendapatan Tetap


Tak semua jenis instrumen investasi cocok diterapkan untuk tujuan DP rumah. Memilih instrumen saham misalnya, jenis instrumen yang satu ini sangat berisiko meskipun berpotensi menghasilkan profit yang lebih tinggi dibandingkan jenis instrumen investasi lainnya.

Oleh sebab itu, berinvestasi menggunakan instrumen Reksadana Pendapatan Tetap terbaik adalah pilihan yang tepat. Selain memiliki risiko kerugian yang lebih kecil dibandingkan saham, Pendapatan Tetap juga bisa menghasilkan return yang cukup stabil dari saham dan lebih tinggi dari Reksadana Pasar Uang.

Simplenya, pertimbangan memilih Pendapatan Tetap sebagai instrumen investasi disesuaikan dengan goals Anda. Jika ingin menabung DP rumah dalam waktu jangka pendek sekitar satu hingga tiga tahun ke depan maka silahkan menjatuhkan pilihan pada Reksadana jenis Pendapatan Tetap.

Tips Menabung DP Rumah Menggunakan Reksadana Pendapatan Tetap


Perhatikan beberapa tips penting berikut sebelum memutuskan untuk menabung DP lewat Reksadana jenis Pendapatan Tetap.



1. Tentukan Estimasi Harga Rumah yang Diinginkan

Harga rumah di tanah air memang terus melonjak setiap tahunnya. Wajar jika banyak keluarga mempertimbangkan lokasi, fasilitas, hingga ukuran rumah yang kemudian disesuaikan dengan harga rumah tersebut.

Tentu saja, rumah yang berada di wilayah yang strategis seperti dekat dengan pusat kota, pusat perbelanjaan dan pusat perkantoran memiliki harga yang lebih mahal. Lain lagi dengan harga rumah yang berada di pinggiran kota kecil dan jauh dari pusat perbelanjaan.

Lokasi yang agak terpencil seperti ini umumnya memiliki rentang harga yang cukup jauh dari rumah yang berlokasi di perkotaan. Jadi, tentukanlah jenis, fasilitas dan harga rumah yang Anda inginkan lebih dulu. Setelah itu hitunglah estimasi budget yang perlu dipersiapkan.

2. Hitung DP atau Down Payment Rumah

Saat sudah menemukan rumah dan harga yang tepat, selanjutnya siapkanlah estimasi DP serta biaya cicilan setiap bulannya. Umumnya, biaya Down Payment rumah berkisar 20 hingga 30 persen dari harga rumah. Jika sebuah rumah yang Anda incar memiliki harga 800 juta maka DP yang dibutuhkan ialah sekitar 240 juta.

3. Pilih Produk Reksadana Pendapatan Tetap Terbaik

Menabung Down Payment untuk sebuah rumah dapat terwujud dengan cara berinvestasi pada instrumen Pendapatan Tetap terbaik. Meskipun Reksadana memiliki banyak pilihan, pastikan untuk benar-benar memilih jenis Reksadana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hal ini sangat berpengaruh pada potensi keuntungan yang bisa akan dapatkan dalam kurung waktu satu hingga tiga tahun kedepannya. Reksadana jenis Pendapatan Tetap termasuk jenis Reksadana yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan DP rumah Anda dalam kurun waktu tiga tahun.

4. Cermat Memilih Manajer Investasi

Tak hanya produk Reksadana saja, Anda juga perlu teliti dalam memilih Manajer Investasi. Pertimbangkanlah Manajer Investasi yang memiliki rekam jejak dan pengalaman yang profesional. Anda bisa mencari informasi seputar Manajer Investasi kemudian membandingkannya satu-persatu.

5. Investasi Reksadana Jenis Pendapatan Tetap Secara Konsisten

Konsisten dalam berinvestasi adalah salah satu strategi jitu untuk bisa mencapai tujuan Anda. Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi selama tiga tahun ke depan maka konsistenlah untuk menabung secara rutin setiap bulannya.

Sisihkanlah sejumlah penghasilan yang Anda dapat setiap bulannya kemudian masukkan pada portofolio Pendapatan Tetap Anda. Rutin dan konsisten untuk menabung setiap bulannya tentu akan memaksimalkan keuntungan yang bisa didapatkan. Hal ini berlaku dari semakin sering dan semakin besar dana investasi yang Anda masukkan.

Menabung DP Rumah lewat Reksadana Pendapatan Tetap bersama DBS Treasures


Reksadana jenis Pendapatan Tetap memang banyak direkomendasikan sebagai instrumen investasi untuk kebutuhan jangka waktu menengah seperti DP rumah. Agar investasi menggunakan Reksadana jenis Pendapatan Tetap lebih terasa aman dan nyaman, silakan berinvestasi bersama perbankan prioritas DBS Treasures.

1. Pengelolaan Investasi oleh Profesional

Semua jenis pilihan investasi RDPT dikelola dengan baik oleh para Manajer Investasi yang bermitra dengan DBS Treasures.

2. Dapatkan Wawasan untuk Memandu Anda Berinvestasi

Para investor bisa berinvestasi secara lebih maksimal karena didukung oleh para tim ahli finansial.

3. Mengurangi Risiko Melalui Diversifikasi

Anda mendiversifikasikan penyebaran dana ke berbagai jenis aset investasi untuk mengurangi risiko kerugian.

4. Transaksi Reksadana Lebih Praktis

Proses jual, beli, switching hingga registrasi SID (Single Investor Identification) bisa dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini juga memudahkan Anda untuk memilih berbagai jenis Reksadana yang diinginkan.

Dengan ini, Anda berkesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengkomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).

Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Tak perlu ragu untuk berinvestasi Reksadana Pendapatan Tetap di DBS Treasures. Beragam kemudahan dan keuntungan dihadirkan DBS Treasures kepada para investor. Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai syarat dan cara investasi, bisa Anda lihat melalui tautan berikut https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/apa-itu-Reksadana-dan-saham.

You May Also Like

1 komentar

  1. Rumah menjadi aset yang paling diimpikan dan rasanya memang harus dimiliki, tetapi tidak mudah. Ini bisa jadi solusi sih di tengah harga rumah yang fantastis, dengan reksadana bisa asal pendapatan tetap dan konsisten mencicil bisa terwujud juga keinginan beli rumah. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.