Memahami Pergerakan Info Harga Daging Ayam: Informasi Terbaru dan Analisis

by - Minggu, September 10, 2023

Daging ayam adalah salah satu sumber protein yang paling umum dan penting dalam diet sehari-hari. Selain itu olahan dari daging ayam selalu menjadi makanan favorit anak. Rata-rata kebanyakan anak-anak suka makan daging ayam yang dimasak menjadi ayam goreng apalagi ayam goreng yang biasa dijual di franchise.

Sehingga hal itu yang membuat para ibu-ibu seperti saya hamper setiap hari membeli daging ayam untuk dimasak di rumah. Selain lebih sehat, memasak sendiri daging ayam bisa menghemat biaya, dan kitab isa mengatur seberapa banyak daging ayam yang ingin dimakan. Namun, pernahkah terpikir kenapa harga daging ayam kerap naik?


Kenapa Harga Daging Ayam Kerap Naik?


Jadi, harga daging ayam bisa berfluktuasi secara signifikan, hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor ekonomi, sosial, dan lingkungan. Yup, kita harus tahu alasan apa yang membuat pejual daging ayam menaikkan harga daging ayam. Dalam artikel ini, Titipku memberikan insight terkait info harga daging ayam serta menganalisis faktor-faktor apa yang memengaruhi pergerakan harga tersebut.

Harga Daging Ayam di Pasar Tradisional

Harga daging ayam di pasar tradisional dapat bervariasi berdasarkan lokasi geografis, musim, dan pasokan lokal. Biasanya, pasar tradisional cenderung memiliki harga yang lebih terjangkau, tetapi perlu diingat bahwa kualitas daging ayamnya tidak akan sebaik daging yang dijual di supermarket.

Meski demikian, bukan berarti semua daging ayam yang dijual di pasar tradisional jelek ya. Jika kita tahu cara memilih daging ayam yang baik, maka kita tetap bisa mendapat daging ayam yang kualitasnya menyerupai daging ayam supermarket. Apalagi kalau kita sudah jadi pelanggan tetap, biasanya kita sudah tahu kualitas daging ayam yang dijual tersebut.

Harga Daging Ayam di Supermarket

Supermarket umumnya menawarkan kenyamanan dan lebih banyak pilihan, tetapi harga daging ayam di sini lebih tinggi daripada harga daging ayam di pasar tradisional. Hal ini dapat terjadi karena biaya operasional supermarket yang lebih tinggi. Saat berbelanja di supermarket semua sudah tersedia dengan rapi tinggal kita sebagai pembeli menyesuaikan dengan kebutuhan.

Salah satu tips yang bisa dilakukan saat membeli membeli daging ayam di supermarket saat sedang promo atau diskon saja supaya lebih hemat. Biasanya supermarket selalu mengadakn promo setiap bulan bahkan ada juga yang setiap minggu. Lagi-lagi sebagai pembeli kita harus cerdas dalam memanfaatkan promo yang ada.

Faktor Musiman

Harga daging ayam bisa dipengaruhi oleh faktor musiman. Misalnya, selama musim liburan seperti Natal atau Lebaran, permintaan daging ayam meningkat dan bisa mengakibatkan lonjakan harga sementara. Oleh sebab itu, kita perlu jeli dalam menghapal tanggal-tanggal khusus ini, bisa juga diakali dengan membeli daging ayam beberapa minggu sebelum tanggal-tanggal perayaan besar.

Kenaikan Harga Pakan Ternak

Salah satu faktor besar yang memengaruhi harga daging ayam adalah harga pakan ternak. Jika harga makanan ternak naik, produsen ayam mungkin akan menaikkan harga daging ayam untuk mengompensasi biaya tambahan mereka. Sangat masuk di akal bukan, kalau harga pakan naik berarti harga daging ayam pun ikutan naik.

Kebanyakan yang terjadi di lapangan saat harga pakan naik dibarengi pula dengan harga operasional peternakan ayam yang juga naik, itu semua dilakukan demi menjaga kualitas daging ayam yang dihasilkan nantinya. Oleh karena itu, perubahan harga pakan ternak dapat menjadi indikator kuat pergerakan harga daging ayam.

Faktor Lingkungan

Peristiwa alam seperti wabah penyakit ternak atau pandemi seperti COVID-19 lalu dapat berdampak pada pasokan ayam serta problem pengantaran ayam. Hal ini tentu memengaruhi harga daging. Faktor Ekonomi dan Inflasi Kondisi ekonomi dan tingkat inflasi juga berdampak pada harga daging ayam.

Ketika ekonomi lemah atau inflasi tinggi, harga daging ayam cenderung naik. Sebaliknya, saat ekonomi tumbuh stabil, harga dapat menjadi lebih terkendali. Jadi, tidka perlu kaget jika tiba-tiba harga daging ayam di pasaran naik. Naiknya bukan tanpa alasan dan fkator lingkungan bisa mempengaruhi kenaikan harga daging ayam.

Teknologi dan Efisiensi Produksi

Perkembangan dalam teknologi peternakan dan proses produksi juga dapat memengaruhi harga daging ayam. Produksi yang lebih efisien dapat membantu menjaga harga tetap terjangkau. Info harga daging ayam sangatlah penting bagi konsumen, terutama bagi mereka yang ingin merencanakan anggaran belanja.

Jika teman-teman sedang membutuhkan info harga daging ayam sekaligus bisa belanja daging ayam di pasar terdekat lewat aplikasi, kalian bisa mencoba aplikasi Titipku! Titipku adalah aplikasi belanja pasar online yang membantu para Moms seperti kita di wilayah Jabodetabek memenuhi kebutuhan dapur secara praktis dan hemat.

Download Titipku sekarang di Google Playstore atau Apple Appstore! Dan nikmati berbagai fasilitas dan pelayanan yang tersedia. Sekarang memasak daging ayam semakin mudah berkat aplikasi ini. Tidak perlu repot-repot untuk keluar rumah membeli daging ayam, cukup duduk manis atau bisa melakukan pekerjaan lain sembari menungg

You May Also Like

5 komentar

  1. Wah benar banget nih, Kak memang makin ke sini harga daging ayam semakin naik

    BalasHapus
  2. Ternyata naiknya harga daging ayam juga bisa disebabkan karena faktor lingkungan ya

    BalasHapus
  3. Banyak banget ternyata hal atau faktor yang bisa membuat daging ayam naik

    BalasHapus
  4. Sekarang kalau hendak memasak daging ayam mikir 2 kali, Kak hihi. Soalnya mahal

    BalasHapus
  5. Wah terima kasih nih informasinya tentang beberapa faktor yang bisa membuat harga daging ayam naik

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.