Aplikasi Jagat Bagikan Serunya Duniamu Bersama Teman

by - Kamis, September 21, 2023

Sudah pernah dengar belum ada aplikasi yang bisa kirim share loc, chatting, saling kirim emoji bomb, update status sampai kirim video dan foto? Namanya aplikasi Jagat yang baru resmi di-launching akhir bulan Maret 2023 kemarin dan ternyata sudah memiliki user sampai lebih dari 8.000.000 di berbagai negara termasuk Indonesia, Vietnam hingga Korea Selatan.

Fitur utama dari aplikasi ialah bisa mengakses lokasi pasangan, keluarga dan teman berbagai lokasi dengan real time. Terus apa bedanya sama yang “Sharec Loc, dong!” ya jelas beda, kalau di Jagat kamu bisa tahu dimana lokai beberapa orang sekaligus tanpa kamu minta, real time alias waktu itu juga dan lokasi yang akurat.

Saya sendiri bisa dibilang masih baru main aplikasi ini, ya sebagai orang yang kerjanya di dunia digital, wajar kalau update dengan sesuatu yang baru semacam aplikasi social maps ini. Menurut saya aplikasi ini membantu sekali untuk bisa terhubung dengan orang yang berada jauh dari kita, terasa dekat karena bisa dipantau keberadaan serta kegiatannya.


Apa Saja Fitur Keren yang Ada di Aplikasi Jagat?


Diawal tulisan saya sudah bilang kalau aplikasi ini bukan cuma bisa mengakses lokasi seseorang tapi lebih dari itu. Dan itu semua bisa kamu lakukan karena di dalamnya ada beragam fitur menarik dan menyenangkan bisa dicoba. Kamu bisa menciptakan duniamu sendiri yang unik dan sesuai keinginanmu. Berikut ini fitur-fitur aplikasi Jagat yang bisa dicoba, seperti:

Location Sharing

Fitur utama yakni Location Sharing atau berbagi lokasi, seperti namanya fitur ini bisa membantu kamu untuk mengetahui lokasi terkini seseorang tapi pastikan kamu sudah “Berteman” sehingga bisa diakses secara real time. Sekarang sudah nggak perlu lagi minta share loc, cukup cek melalui aplikasi Jagat saja dan jangan lupa untuk aktifkan radarmu.

Fitur berbagi lokasi ini mudah digunakan, karena saat pertama kali membuka aplikasi Jagat kamu akan disuguhkan dengan fitur Location Sharing. Jangan lupa saat menggunakan fitur ini kamu membutuhkan GPS yang aktif di handphonemu. Dengan begini maka kamu bisa mengakses lokasi orang lain secara real time.

Selain itu kita bisa ngecek teman kita yang lagi dalam perjalanan. Pada saat perjalanan itu bakalan keliatan kecepatannya berapa km/jam dan juga baterai handphone nya jadi kalau dia terlalu ngebut bisa ngingetin untuk hati-hati dan kalau tiba-tiba tidak ada pergerakan bisa jadi kenapa-kenapa maka kita tahu hal tersebut dan bisa kita konfirmasi ke teman kita untuk make sure mereka aman atau nggak.



Cheers

Ada yang pernah main Zenly? Kalau iya, rasanya kamu bisa mengobati rasa kangen kamu sama Zenly melalui apalikasi Jagat. Kok bisa? Karena feature cheers ini sebenarnya sudah ada di Zenly namanya “Bump” dan sekarang di Jagat sudah menghadirkan fitur ini dengan nama “Cheers”. Masih ingat cara menggunakannya?

Simpel kok, cukup dengan menggoyangkan handphone kamu bersama teman-teman sejauh maksimal 200 meter dan notifikasi akan terkirim ke semua teman kamu. Sehingga mereka bisa tahu bahwa kamu sedang menghabiskan waktu bersama mereka. Pakai fitur Cheers kamu juga bisa menambahkan teman baru, lho

NOW

Melalui fitur NOW kamu bisa berbagi banyak momenmu bersama teman-teman. Persis seperti saat membuat story atau snapgram di Instagram, di fitur ini kamu juga bisa mengambil foto maupun video, check-in, dan membagikannya lagsung dengan teman-temanmu. Ini fitur favorit saya, karena selain bisa mengetahui lokasi juga bisa tahu langsung apa yang sedang dikerjakan.

Pakai fitur NOW bisa mantau kegiatan suami


Lifetime Footprint

Fitur ini memiliki fungsi untuk mengimpor lokasi-lokasi yang pernah kamu kunjungi. Dengan fitur ini, kamu bisa dengan mudah melacak dan mengingat lokasi mana saja yang pernah kamu datangi sebelumnya. Hal ini memberikan kamu kemudahan dalam memantau dan merencanakan perjalanan liburan kedepannya maupun jika kamu berencana untuk kembali ke tempat yang sama.

Chat dan Emoji Bomb

Kalau menurut saya fitur ini menjadi pelengkap dalam aplikasi Jagat, karena sangat membantu sekali untuk saya yang sedang menjalani masa LDM dengan suami. Saya bisa mengakses lokasinya, mengirim berbagai momen dan mengobrol melalui fitur chat ditambah emoji bomb yang eye popping dan sangat menyenangkan.

Sebenarnya masih ada beberapa fitur di Jagat yang menarik untuk diulik lebih dalam lagi tapi karena saya baru intens menggunakan aplikasi ini selama beberapa hari jadi saya belum bisa ceritakan lebih detail lagi pengalaman seru saya menggunakan Jagat. Cuma saya masih penasaran dengan fitur Personal Word dimana saya bisa memiliki ruang pribadi bersama teman-teman.

Bisa punya privat room bareng teman di aplikasi Jagat

Aplikasi Jagat Membantumu yang Sedang Merantau


Kelebihan aplikasi Jagat yaitu dia di fitur utamanya yakni Location Sharing yang benar-benar akurat dan real time. Nggak ribet harus share loc, cocok sekali bila digunakan kamu yang sedang merantau di kota orang dimana mungkin kamu belum hafal beberapa ruang publik yang ada di kota tempat kamu merantau sekarang.

Nah, tinggal cek di Jagat apalagi ada fitur Public Place yang akan memberimu informasi mengenai ruang public seperti tempat makan. Sayangnya untuk fitur yang satu ini ternyata masih selalu berubah-ubah tergantung Jagat sedang bekerjasama dengan siapa. Harapannya semoga nantinya semakin banyak ruang publik yang bekerjasama dengan Jagat sehingga bisa memudahkan para user Jagat terlebih yang sedang berada di perantauan.

Soal keamanan dan privasi gimana? Sejauh yang saya ketahui sama seperti saat sedang menggunakan aplikasi seperti Jagat kamu harus pintar menjaga privasi dan keamananmu saat menggunakannya. Jangan pernah berbagi informasi pribadi atau lokasi yang terlalu detail kepada orang yang nggak kamu kenal.

Selalu utamakan keamanan dan keselamatanmu saat menggunakan aplikasi sosial media seperti Jagat. Balik lagi, ingat pesan untuk bijak menggunakan media sosial termasuk aplikasi yang ada di dunia maya. Beruntungnya, di aplikasi Jagat kamu bisa memilih dan menentukan siapa saja yang bisa menjadi temanmu, kalau nggak terlalu kenal ya jangan dijadikan teman, simple kok.

Kekurangannya cuma satu sih GPS harus selalu ON saat sedang menggunakan aplikasi ini otomatis baterai jadi lebih boros tapi wajah untuk sekelas aplikasi social maps seperti Jagat. The last, dari tulisan ini, kamu bisa download aplikasi Jagat di Playstore maupun iOs Store. Kalau belum menggunakan langsung rasanya tulisan ini akan menjadi sebatas cerita dan kamu nggak akan pernah tahu pengalaman menyenangkan dan unik bersama Jagat.

Jadi tunggu apalagi, segera download dan berbagi duniamu dengan teman-teman. Info lebih lanjut mengenai aplikasi Jagat, kamu bisa kepoin langsung akun media sosial mereka berikut ini :

Instagram : @Jagatapp_id
Tiktok : @Jagatapp_id

You May Also Like

5 komentar

  1. Apa ini aplikasi baru, Kak? Saya jadi penasaran nih sama fitur yang ada di dalam aplikasi ini

    BalasHapus
  2. Saya belum pernah tahu nih, Kak sama aplikasi ini. Jadi ingin install juga nih

    BalasHapus
  3. Wah ternyata sangat cocok digunakan bagi orang yang merantau nih ya, bisa melihat lokasinya di mana

    BalasHapus
  4. Banyak banget nih ya ternyata fitur yang ada di dalam aplikasi Jagat ini

    BalasHapus
  5. Bisa memudahkan nih ya kalau ada fitur mengetahui lokasi seperti yang ada di atas

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.