Tiga Ceklist Wajib Saat Service Sepeda Motor

by - Sabtu, September 16, 2023

Meskipun perempuan dan sudah menjadi ibu-ibu saya masih rajin untuk melakukan service motor, minimal sebulan sekali atau kalau sedang sibuk bisa dua bulan sekali sekalian buat ganti oli. Memiliki bapak yang dulunya seorang montir membuat saya harus peduli dengan sepeda motor, jadi nggak cuma bisa pakai saja tapi juga bisa merawat.

Kalau pengen sepeda motor kita awet salah satu kuncinya ya memang harus rajin dirawat dibawa service. Saya sendiri sudah hampir 13 tahun awet pakai sepeda motor matic, jarang sekali rewel apalagi sampai mogok rasanya belum pernah. Meskipun sudah cukup tua tapi tarikan mesin di sepeda motor saya masih oke banget.

Dibuat ngebut bisa, dibuat santai pun ya masih bisa. Jadi, cewek juga bisa lho ngerawat sepeda motor. Sebenarnya urusan rawat merawat sepeda motor ini bisa dibilang mudah kok, kita tinggal rutinkan untuk membawa motor ke tempat service motor. Penasaran nggak apa saja sih yang biasa dilakukan di tempat service motor?

Source : Pexels

Apa Saja Tiga Ceklist Wajib Saat Service Sepeda Motor?


Punya sepeda motor itu artinya kita harus komitmen untuk rajin dibawa ke tempat service, Kalau motor jarang di service maka performa motor akan menurun bahkan akan cepat rusak. Jika kerusakan motor terjadi justru akan menambah biaya yang lebih mahal lagi. Daripada keluar uang banyak, mending rutin bawa ke service saja. Di tempat service pastikan kamu rutin melakukan service berikut ini :

Ganti Oli

Hal pertama dan penting untuk rajin dilakukan ialah ganti oli motor matic yang harus dilakukan setiap bulan atau per 1000 Km setelah dipakai tujuannya agar mesin berjalan dengan baik dan terbebas dari gangguan. Oli berfungsi sebagai pelumas yang melapisi bagian logam agar tidak terjadi kontak langsung dengan udara atau air.

Selain itu, oli juga bisa melindungi mesin agar tidak mudah berkarat. Jenis oli yang dipakai pun tidak boleh sembarangan. Karena itu, disarankan agar konsultasikan dahulu dengan mekanik mengenai jenis oli yang tepat dengan tipe motormu. Kalau sudah berlangganan servis lebih enak, tinggal “serot motor” saja, hehehe.

Ganti Kampas Rem

Poin kedua yang nggak kalah penting, malahan kalau dilewatkan untuk rutin dilakukan bisa fatal bagi pengguna sepeda motor, lho. Rem merupakan salah satu sparepart yang harus selalu dipantau kualitasnya karena menyangkut keselamatan saat berkendara, sudah tahukan seberapa penting fungsi rem yang handal?

Nah, usia kampas rem dipengaruhi dari cara pemakaian. Kampas rem terbagi menjadi dua jenis yaitu kampas rem depan cakram dan kampas rem belakang tromol. Pada saat servis, mekanik akan memberitahukan apakah kampas rem yang ada di sepeda motormu perlu diganti atau tidak.

Service Tune Up

Rajin service tune up bermanfaat untuk motor kamu supaya kondisi mesin tetap terjaga awet. Manfaat lain dari tune up pada motor adalah untuk mengetahui mesin motor selalu dalam keadaan baik. Tune up motor merupakan proses yang dilakukan untuk mengembalikan performa motor ke performa standar, seperti :

  • Mengecek tekanan ban
  • Mengecek kondisi atau tegangan rantai
  • Karburator dan radiator dibersihkan
  • Mengecek alat ECU dan area CVT
  • Mengecek kondisi lampu (jauh, depan dan belakang), sen dan klakson
  • Saringan udara juga umumnya akan dibersihkan

Kalau bahasa mudahnya nih, service tune up itu paket lengkap, termasuk dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, sampai penggantian sparepart. Tentunya ada pemberitahuan terlebih dulu sebelum dikerjakan. Nah, untuk mendapatkan pengalaman service motor yang terbaik tentunya kamu harus datang ke bengkel motor terbaik.

Pilih Bengkel Motor Terbaik yang Bisa Diandalkan


Wajar kalau diawal sebagai pengguna motor akan berganti-ganti bengkel untuk mencari yang paling cocok. Selain cocok biasanya tempatnya dekat dengan rumah ataupun tempat yang strategis. Nah, penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana memilih bengkel dengan kualitas bagus dan bisa dipercaya.

Sebagai pengguna motor kamu bisa memilih bengkel yang ramai pengunjung dan jam operasionalnya Panjang artinya meskipun hari libur bengkel tetap buka. Hal ini membantu sekali jika mendadak motor minta di service. Bengkel yang selalu ramai dengan pelanggan juga menunjukkan bahwa bengkel tersebut bisa dipercaya.

Tempat yang nyaman mempengaruhi ramai atau tidaknya bengkel, adanya fasilitas seperti ruang tunggu yang bersih syukur-syukur jika ber-AC, televisi ditambah tempat jual makanan merupakan faktor pendukung untuk menambah kenyamanan pelanggan yang datang. Dengan begitu jika waktu service-nya lama tidak akan terasa, terlebih kalau membawa anak kecil.

Yang paling tidak kalah penting, bengkel dengan kualitas baik seperti Planet Ban memiliki mekanik yang handal. Bukan hanya handal dalam menangani masalah motor, kejujuran yang dimiliki seorang mekanik juga penting untuk dipertimbangkan. Dengan kejujuran, tentu kecurangan yang dilakukan bisa diminimalkan.

Di Planet Ban sudah dikenal dengan pelayanan service yang oke, servis motor disana motor rasa baru. Jika kamu service di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika kamu melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Ya, service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total. Soal biaya service motor di Planet Ban tidak perlu takut mahal karena kamu bisa mendapatkan servis motor terbaik dengan harga yang terjangkau.

Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-. Nah, sekarang kamu tahukan sepenting apa rutin service motor itu. Jadi, kapan terakhir kamu service motor? Kalau perlu service motor, yuk ke Planet Ban saja dan dapatkan layanan terbaik untuk service motor rasa baru.

You May Also Like

5 komentar

  1. Memang betul servis rutin sepeda motor itu penting supaya motor awet terus.

    BalasHapus
  2. Terima kasih tipsnya, saya jadi ingat udah waktunya buat servis motor.

    BalasHapus
  3. Kebetulan di dekat rumah saya ada bengkelnya planet ban. Belum pernah coba karena takut mahal. Nanti deh coba servis disana.

    BalasHapus
  4. Saya langganan servis di planet ban dan memang cocok pelayanan serta harga terjangkau.

    BalasHapus
  5. Ganti oli rutin memang penting banget supaya mesin motor tetap oke, Gan.

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.