Rekomendasi Lighting Terbaik untuk Studio Foto dan Konten

by - Senin, Oktober 02, 2023

Lighting merupakan salah satu alat yang wajib dimiliki oleh fotografer atau videografer. Apalagi bagi Anda yang membuka jasa atau memiliki studio foto sendiri. Penggunaan lighting sangat penting untuk menghasilkan foto yang berkualitas. Tanpa adanya lighting, hasil fotografi atau pengambilan video tidak akan maksimal.

Lampu lighting untuk fotografi atau videografi berbeda dengan lampu-lampu pijar biasa. Lampu ini mempu menyorotkan pencahayaan yang berbeda untuk memaksimalkan pengambilan foto dan video. Lighting juga sangat berguna bagi para content kreator untuk menunjang produksi konten dengan visual yang apik.

Pastinya Anda ingin membeli lighting yang berkualitas terbaik untuk bisa menghasilkan foto atau konten video yang keren. Namun harga lighting yang mahal kerap kali membuat banyak orang harus menunda keinginan tersebut. Jika Anda mengalami masalah ini, pengajuan kartu kredit online bisa jadi solusinya.

Dengan menggunakan kartu kredit, Anda bisa membeli lighting dengan pengeluaran yang lebih ringan. Nantinya pembayaran beli lighting bisa Anda lakukan dengan cara diangsur atau dicicil sehingga tidak mengganggu keuangan Anda. Bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin memiliki lighting, ketahui dulu beberapa lighting terbaik yang bisa Anda pilih.

Source : Freepik

Rekomendasi Lighting Terbaik untuk Studio


Sebelum membeli lighting untuk studio, Anda wajib pertimbangkan beberapa aspek seperti penggunaan, kualitas bahan, fitur pencahayaan, harga, serta garansi yang ditawarkan. Supaya Anda dapat memilih lighting yang tepat, berikut ini rekomendasi lighting terbaik yang bisa Anda beli untuk studio.

1. Godox SK400-II

Godox SK400-II bisa menjadi pilihan yang cocok bagi Anda yang mencari lampu studio berkualitas dengan daya sebesar 400 watt. Lighting ini dibekali dengan daya listrik 220-240V/50 Hz dengan fuse 5A sehingga mampu menunjang kebutuhan Anda untuk fotografi maupun videografi.

Lighting Godox SK400-II ini juga dapat menghasilkan suhu warna (color temperature) sekitar 5600K (200K). Selain itu, lighting ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur, seperti built-in Godox Wireless dengan receiver 2,4 GHz, port 3,5mm, mode optical slave, dan test button. Jika Anda berminat untuk membeli lighting ini maka siapkan pengeluaran sekitar Rp2 jutaan.

2. Godox QS600

Harga lighting yang satu ini lebih tinggi dibandingkan dengan model sebelumnya. Godox QS600 hadir sebagai lighting berkualitas dengan harga sekitar Rp5 jutaan. Harganya yang tinggi sebanding dengan kualitas dan spesifikasi yang ditawarkan.

Godox QS600 akan mendukung kebutuhan fotografi dan videografi Anda dengan daya 150W. Selain itu, lighting ini juga menyediakan guide number (m ISO 100) yang mencapai 76. Lighting ini juga menyuguhkan color temperature hingga 5600 ±200K.

3. Godox Studio Flash Kit

Jika Anda menginginkan peralatan lighting yang lengkap dalam satu paket, Anda bisa memilih Godox Studio Flash Kit. Lighting ini dirancang dengan desain ringan dan kompak sehingga dapat diandalkan untuk keperluan pencahayaan di studio Anda. Untuk mendukung hasil foto yang berkualitas, produk ini juga dilengkapi dengan fitur Anti-Preflash yang tetap optimal meskipun digunakan dalam waktu yang lama.

Godox Studio Flash Kit juga akan memanjakan keperluan studio Anda karena dibekali dengan model lampu berdaya 150W built-in. Anda dapat mengatur tingkat kecerahan cahaya sesuai keinginan Anda. Harga jual lighting ini mulai dari sekitar Rp3.9 jutaan.

4. Godox AD600

Godox AD600 hadir dalam dua versi yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, yaitu ada TTL dan non-TTL. Keduanya memiliki perbedaan dari segi optimasi cahaya. Lighting ini sudah dilengkapi dengan baterai Lithium-Ion berkapasitas 2600mAh. Selain itu, pencahayaan dalam lighting ini bisa menghasilkan 360 kali flash.

Dengan menggunakan Godox AD600, Anda bisa menghasilkan foto yang dramatis. Lighting ini juga mampu bekerja pada kecepatan rana tinggi mencapai 1/8000 detik. Untuk satu set lighting ini dijual dengan harga sekitar Rp10.5 jutaan.

5. Godox H160-B Lighting Kit

Lighting berkualitas terbaik lainnya yang bisa Anda pilih adalah Godox H160-B Lighting Kit. Lighting ini menawarkan durasi flash berkisar antara 1/5000s sampai 1/800s. Dengan rentang tersebut, lighting ini dapat mengontrol warna gambar dengan sangat baik. Selain itu, cahaya yang dipantulkan dari Softbox SB-FS juga memberikan kenyamanan pada mata.

Bagi yang sering melakukan pemotretan close-up atau pasfoto, Godox H160-B Lighting Kit bisa jadi pilihan yang tepat. Lighting ini telah dilengkapi dengan 3 Mini Pioneer Flash Head dan mampu mengurangi bayangan cahaya yang mengganggu. Produk lighting ini bisa Anda beli dengan harga sekitar Rp4.8 jutaan.

Source : Freepik


6. Godox DE300

Godox DE300 juga bisa jadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari lighting berkualitas untuk perlengkapan studio. Lighting ini menyediakan fitur Optical Slave dengan port 3.5mm dan test button. Untuk mendukun kebutuhan fotografi dan videografi, lighting ini dapat memberikan cahaya yang stabil dan merata dengan daya maksimal hingga 130W.

Apabila Anda tertarik untuk memiliki Godox DE300, Anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp5 jutaan untuk pembelian satu paket. Saat membelinya, Anda juga dapat menambahkan aksesori Wireless Microphone Godox Movelink M2 untuk menghasilkan suara yang jernih dan lantang tanpa gangguan noise.

7. Godox Mini Pioneer 160

Rekomendasi lighting yang terakhir adalah Godox Mini Pioneer 160. Lighting ini dibekali dengan fitur flash output sebesar 160 WS. Selain itu, Godox lighting ini juga dilengkapi dengan power voltage mencapai AC220V 50HZ/AC100-120V 60 Hz.

Godox Mini Pioneer 160 menyediakan fitur trigger dan sensor cahaya flash untuk memaksimalkan hasil foto atau video Anda. Lebih dari itu, lighting ini juga memiliki kemampuan modeling light. Saat sesi pemotretan, Anda bisa menaruh lighting ini ke light stand dan sudah dilengkapi dengan dudukan payung. Harganya pun sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 700 ribu.

Gunakan Kartu Kredit Untuk Pembelian Lighting Terbaik


Setelah mengetahui spesifikasi dari beberapa lighting di atas, pastinya Anda sudah punya pandangan ingin membeli yang mana. Sejumlah produk lighting tersebut memang dijual dengan harga mahal, namun sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Soal pengeluaran Anda tidak perlu khawatir.

Anda bisa melakukan pengajuan kartu kredit online untuk mendukung aktivitas belanja Anda. Dengan kartu kredit, Anda bisa membeli lighting impian dengan pembayaran secara dicicil atau diangsur sehingga tidak akan mengganggu keuangan Anda.

Salah satu kartu kredit online yang bisa Anda pilih adalah PermataShoppingCard. Pendaftaran kartu kredit dari PermataBank ini bisa Anda lakukan secara online. Syarat pengajuan kartu kredit ini juga sederhana dan nggak ribet.

Menariknya lagi, PermataShoppingCard juga menyediakan berbagai promo yang akan membuat pengeluaran Anda lebih ringan saat membeli lighting berkualitas terbaik. Informasi lebih lengkap mengenai pengajuan kartu kredit online PermataShoppingCard bisa Anda baca di sini.

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.