Kulit Wajah Sehat dan Cantik Tanpa Makeup

Rabu, Juni 29, 2016

Tampil cantik di hadapan pasangan adalah hal mutlak yang pasti diinginkan oleh semua wanita tidak terkecuali dengan saya. Untuk bisa tampil cantik dan menarik ada beberapa faktor yang melekat pada tubuh kita yang harus menjadi perhatian. Seperti baju yang kita kenakan, aksesoris cantik, sepatu dan yang paling menjadi fokus utama adalah penampilan wajah. Banyak wanita diluar sana yang merasa sangat percaya diri ketika wajah mereka dipoles dengan makeup. Para wanita seperti saya pasti berpikir kalau makeup akan membuat kami terlihat semakin cantik dan menarik.

Makeup memang mempunyai daya magis tersendiri untuk membuat wajah kita berubah menjadi cantik seketika. Namun sayangnya makeup tidak bisa selalu kita kenakan setiap waktu. Itu berarti para wanita yang dikaruniai wajah tidak terlalu cantik akan kembali tampil dengan wajah yang biasa dihadapan pasangannya. Hal tersebut yang menjadi sebuah dilema dalam diri saya mungkin juga dalam diri wanita lainnya.

Tampil Cantik Walau Tanpa Makeup, Bisa Kah?


Saya ingin selalu bisa tampil cantik setiap waktu tanpa menggunakan makeup, walau sesibuk atau semalas apapun. Rasanya tidak mungkin juga kalau hanya untuk menghabiskan banyak waktu di dalam rumah saya mesti berhias dulu. Sejak saat itu saya melakukan segenap cara supaya bisa tetap cantik tanpa makeup. Namun rasanya tidak mungkin kalau saya berhenti total menggunakan makeup, akhirnya saya putuskan untuk membatasi penggunaannya saja.

Saya percaya bahwa kulit wajah yang sehat itu syarat utama untuk bisa tampil cantik setiap waktu. Saya masih ingat beberapa kali pasangan saya menegur wajah saya yang berminyak dan mengkilat karena menggunakan makeup. Tipe kulit wajah saya yang normal berminyak membuat wajah mudah sekali berminyak saat menggunakan make up. Bukan hanya membuat wajah saya berminyak, pengunaan makeup setiap hari ternyata menimbulkan jerawat kecil dan setumpuk komedo di wajah saya.


Rasanya mengganggu sekali terutama saat saya tidak sedang menggunakan makeup. Saya sudah berniat dalam hati untuk serius membatasi menggunakan kosmetik sedikit demi sedikit, saya ingin tampil natural namun tetap cantik. Meskipun tetap saja saya akan menggunakan makeup yang simple saat datang ke acara maupun event.

Beberapa minggu terakhir ini pelan-pelan saya mulai mengubah pola hidup saya terutama kebiasaan menggunakan makeup. Walaupun hanya sebatas bedak, pensil alis dan lipstick saja, saya sudah berusaha untuk membatasinya. Kalau sedang santai di rumah maupun pergi keluar saya hanya menggunakan cleanser untuk menjaga kebersihan kulit wajah.

Kemudian saya mencoba cara alami untuk bisa tampil cantik walau tanpa makeup, karena saya pikir cantik itu bukan hanya milik mereka yang suka menggunakan makeup saja. Sejak awal Ramadhan program cantik alami ini sudah saya rutinkan, mulai dari:

1. Selalu Bahagia
Membiasakan diri untuk selalu berbahagia walau bagaimanapun keadaannya, saya memilih bahagia dan bersyukur. Kata orang hati yang penuh rasa bahagia dan bersyukur akan memancarkan aura positif dari tampilan wajah kita. Banyak orang bilang kalau kebahagiaan adalah rahasia dari kecantikan yang alami.

2. Rajin Beribadah
Rutin beribadah kepada Tuhan, merupakan salah satu cara ampuh untuk selalu bisa merasa tenang dan tidak terpancing emosi. Tahukah teman-teman kalau sedang marah wajah kita membutuhkan lebih banyak otot untuk berexspresi?. Jadi, kalau ingin tampil cantik jangan mudah marah ya.

3. Percaya Diri dan Murah Senyum
Rasa percaya diri yang baik sangat dibutuhkan terutama saat kita sedang tidak menggunakan makeup lho. Jadi, jangan ragu untuk mengumpulkan rasa percaya diri yang banyak supaya kita tetap bisa enjoy. Sama seperti ketika kita sedang tersenyum kepada orang lain, hampir dipastikan mereka akan membalasnya dengan senyuman karena senyum itu ternyata bisa menular. Kalau kita murah senyum biasanya banyak disukai dan tampak lebih menarik.

4. Olahraga Teratur
Olahraga dipercaya mampu mengeluarkan racun dan kotoran melalui keringat yang dihasilkan. Biasanya saya menyempatkan waktu untuk berolahraga selama tiga kali dalam seminggu. Meskipun lelah setelah berolahraga tapi tubuh dan wajah kembali segar.

5. Cukup Tidur
Cukup tidur selama 7 sampai 8 jam merupakan hal mutlak untuk bisa memiliki kulit wajah yang sehat bebas keriput. Dengan tidur cukup bisa meredakan stres dan mengembalikan tenaga kita setelah beraktivitas seharian. Biasanya kalau sedang bosan, lelah dan hilang mood saya gunakan untuk tidur, bangun-bangun sudah fresh lagi.

6. Minum Air Putih
Kebiasaan minum air putih ini sudah saya rutinkan sejak lama, untuk setiap harinya saya bisa minum 2 sampai 3 liter air putih. Karena kebiasaan tersebut kulit saya tidak lagi mudah menjadi kusam dan kering. Terpenting lagi saya pernah baca kalau air putih bisa membersihkan racun di dalam tubuh.

7. Membatasi Penggunaan Makeup
Kebiasaan lama saya yang suka sekali menggunakan makeup membuat kulit wajah penuh dengan jerawat kecil dan komedo. Tentu hal tersebut sangat mengganggu sekali, kulit wajah pun akan susak bernafas. Karena itu saya sudah yakin untuk membatasi penggunaan makeup secara berlebih.

8. Rajin Merawat Bibir
Bibir kering sampai pecah-pecah menjadi salah satu masalah yang paling saya hindari. Sejak memutuskan untuk untuk tidak lagi sibuk dengan lipstck seperti biasanya. Saya masih rajin merawat bibir dengan mengoleskan madu maupun pelembab bibir.

9. Rajin Membersihkan Wajah
Point ini yang paling penting bagi saya agar kulit wajah tetap sehat dan bersih. Tapi ternyata sering membersihkan wajah bisa membuat kulit menjadi kering karena kandungan sabun yang ada di dalam cleanser. Lalu saya mulai bingung, kalau begini terus bagaimana saya bisa merawat wajah tanpa menyebabkannya menjadi kering?. Apa iya saya harus kembali menggunakan bedak yang mengandung pelembab? Itu berarti saya tetap menggunakan makeup ya.

10 Hari Bersama Cetaphil Gentle Skin Cleanser


Sampai akhirnya saya menemukan solusi untuk bisa memiliki wajah sehat dan cantik berseri tanpa menggunakan cleanser yang mengandung sabun dan mulai nyaman tanpa make up. 10 hari terakhir ini saya sedang rutin menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser 125 ml. Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini adalah pembersih kulit wajah dan tubuh yang tidak mengandung sabun.

Kemasan Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini unisex, itu berarti untuk pria tidak perlu lagi untuk ragu membawa kemana saja atau meletakkannya dekat wastafel. Selain itu tidak mudah tumpah dan aman karena tutup kemasannya fliptop, jadi tidak khawatir jika akan saya taruh di pouch bag kesayangan.


Karena tidak mengandung sabun seperti cleanser lain saya jadi nyaman memakainya. Meskipun tidak mengandung sabun tapi Cetaphil Gentlen Skin Cleanser ini mampu membersihkan kulit kita dengan bersih. Sudah saya buktikan sendiri, setelah mencuci wajah dengan cleanser dari Cetaphil ini wajah saya menjadi bersih dan segar tanpa menjadi kering seperti biasanya.

Untuk teksturya sendiri Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini tidak jauh berbeda dengan cleanser lainnya. Bedanya kalau cleanser lain ada butiran scrub dan agak padat, cleanser dari cetaphil ini bening dan sedikit cair. Selain itu tidak berbau sama sekali meskipun begitu Cetaphil Gentle Skin Cleanser mampu membersihkan bekas makeup di wajah saya.


Nah, ada yang unik dari cara pemakaian cleanser dari Cetaphil ini kalau biasanya saya membersihkan wajah dengan cleanser sambil menggunakan air Cetaphil Gentle Skin Cleanser dapat digunakan dengan atau tanpa air lho. Kalau menggunakan air teman-teman bisa menuangkan cleanser dari Cetaphil kemudian menggosokkannya pada bagian wajah lalu dibilas dengan air.

Saya sendiri lebih nyaman menggunakannya tanpa air, setelah digosokkan ke bagian kulit wajah lalu saya bersihkan dengan handuk atau tisu. Hasilnya kulit wajah saya terasa bersih untuk pemakaian pada hari pertama namun setelah tiga hari mencoba kulit wajah saya bukan lagi bersih tapi terasa lembut. Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini mengandung bahan yang aman hingga bisa dipakai untuk semua umur.


Sekarang saya tidak lagi khawatir dengan jerawat kecil dan setumpuk komedo karena penggunaan makeup berlebih. Selain itu juga saya mulai bisa percaya diri meskipun tanpa menggunakan makeup. Memang benar kalau sesuatu yang berlebihan itu tidak baik terutama dalam berhias. Untuk harganya sendiri Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini Rp. 110.000 dan bisa dibeli di drugstone, apotik maupun online.

Tapi kalau tidak begitu, saya tidak akan tahu produk perawatan kulit yang cocok untuk kulit wajah saya. Cetaphil Gentle Skin Cleanser sudah membantu saya merawat kesehatan kulit wajah. Sekarang wajah saya menjadi bersih, lembut dan selalu segar. Minyak berlebih di wajah pun mulai berkurang dan pasangan saya tidak lagi complain, hehehe.

Cerita pengalaman saya yang berusaha untuk membatasi penggunaan makeup dan pengalaman menggunakan Cetaphil Gente Skin Cleanser ini saya tulis dengan apa adanya sesuai dengan apa yang saya rasakan dan dapatkan selama waktu 10 hari kemarin. Sekarang saya pun masih lanjut menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman dan terima kasih sudah membaca.



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

13 komentar

  1. Aku masih kadang pake kadang enggak, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku ahamdulillah rutin makeknya mbak. :D

      Hapus
  2. Aku juga ga pernah pake make up mba, kemana2 cuma pake bedak bayi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, kalau aku make bedak bayi pas mau tidur mbak :D

      Hapus
  3. Aku masih pr banget olahraga sama bobo cukupnya. Mana banyak ngopi pula huhuhu. Thanks mba Riska sharing nya ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar mbak Gesi, kan udah punya buntut dua ya. :D

      Hapus
  4. Nah cocok. Selalu bahagia itu penting. ;)

    BalasHapus
  5. Duh ngebaca program cantik alaminya, kemudian keinget si bibir. Pengeeen banget bisa ngembalikan warna aslinya huhuhuhu *jadi curhat*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho, emang bibir mbak Dwi kenapa toh ?

      Hapus
  6. Aku juga anti make up mbak 😎😎😎
    Mukaku kadang makin aneh, ya meskipun tambah cantik sih *ditabok wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, tanpa makeup pun kamu sudah cantik kok Ay. :)

      Hapus
  7. pgn coba sjk baca banyak review ttg produk ini :).. mw nyobain yg cara pemakaian tnpa air nya itu mbak.. apa beneran di wajah trasa bersih ato ga.. tp itu tuh yg aku bingung, katanya ga ngandung sabun, tp di ingredientsnya kenapa ada kandungan SLS? itu sabun toh ??

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram