Mengalahkan Ego Menaruh Hormat

Rabu, Oktober 14, 2015

“Pastikan saja bahwa bagaimanapun keadaannya kamu akan terus menaruh rasa hormat kepada orang yang lebih tua…”

Rasanya tak mudah bagi kita terlebih diri saya pribadi untuk menang dalam sebuah perundingan alot dengan ego di dalam diri yang tak pernah mau mengalah. Mereka bilang ini jiwa muda, jiwa yang penuh rasa ingin tahu, jiwa yang penuh dengan rasa ketidak sabaran, jiwa yang penuh ambisi dan jiwa yang di penuhi gemuruh tak ada hentinya.

Saya bersama kedua saudara sepupu
Kita sering merasa tidak pernah di mengerti, kita merasa harus selalu patuh dengan yang lebih tua, kita merasa gejolak jiwa kita serta keinginan-keinginan dalam diri di batasi oleh nasehat-nasehat mereka, orang yang lebih tua. Kita terus saja merauang untuk selalu bisa di mengerti oleh mereka, dan itu yang pernah saya rasakan atau mungkin masih saya rasakan saat ini.

Ketika saya merasa bahwa pendapat saya tak mereka hiraukan, rasanya hati bergejolak untuk marah padahal bisa jadi itu semua hanya prasangka saya saja dan itu semua hanya keterbatasan saya dalam menilai mereka karena masih saja menuruti ego. Lalu kemudian di tengah rasa gejolak kemarahan saya, Allah memperingatkan saya bahwa bagaimanapun keadaannya tetaplah menaruh hormat kepada mereka yang lebih tua.

Bisa di tebak bahwa memang tidak ada obat ataupun jamu yang rasanya manis namun setelah di minum manfaatnya akan sangat terasa. sama halnya ketika Allah mengajarkan saya untuk terus mengedepankan rasa hormat terhadap yang lebih tua rasanya sungguh pahit, saya harus menelan mentah-mentah ego saya, saya harus bertarung dan menang melawan ego lalu pada akhirnya waktu berbaik hati mengantarkan saya untuk bisa melewati semua pembelajaran ini.

Semua ini berkaitan dengan konsep menjadi orang baik yang sudah saya tulis kemarin, bahwa hati yang bersih itu mengantarkan kita pada kebersihan sikap juga pikiran. Orang baik itu selalu tahu bahwa tak ada kemuliaan yang akan mereka dapat dengan berperilaku buruk terhadap orang lain terutama terhadap orang yang lebih tua.

Semoga kita semua kaum muda khususnya saya pribadi akan selalu bisa menghormati mereka yang lebih tua bagaimanapun keadaannya. Jangan pernah kehilangan rasa hormat kepada mereka, kita ini orang baik kan ?

Selamat berjuang, selamat berbuat baik ya :)



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

5 komentar

  1. Love love love it banget ;)

    BalasHapus
  2. Ah terima kasih mbak, sudah berkenan baca :)

    BalasHapus
  3. Iya betul mbak saya setuju dengan postingan ini :)

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Sama sama mbak :) terima kasih sudah berkenan membaca dan meluangkan waktu ya :)

      Hapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram