Along Polong Netizen Jawa Timur Bersama Polda Jawa Timur

Jumat, Maret 04, 2016

Silaturahmi menjadi suatu kebutuhan tersendiri bagi setiap manusia, dengan melakukan silaturahmi kita bisa menjalin komunikasi yang lebih dekat dan saling mengenal. Bukan hanya itu saja, silaturahmi mampu memberikan kita pandangan yang lebih luas lagi tentang seseorang maupun kelompok. Kita tidak lagi mudah memberikan penilaian apalagi penilaian yang buruk, kita juga bisa saling bertukar pengalaman, pendapat dan ilmu. Beberapa hal ini yang juga saya rasakan ketika sedang bersilaturahmi atau berkumpul dengan orang lain. Saya juga sangat yakin, teman – teman pasti juga merasakan hal yang sama kan ? bisa mengenal banyak orang itu sungguh menyenangkan. :)


Minggu yang lalu tepatnya hari Jum’at malam saya bersama teman – teman Netizen Jawa Timur berkesempatan hadir dalam acara silaturahmi dengan Kepolisian Daerah Jawa Timur. Bagi saya jelas sekali acara ini merupakan suatu kehormatan tersendiri. Bisa berkumpul dan saling mengenal dengan pejabat tinggi negeri ini. Selain itu saya juga sangat bahagia bisa masuk menjadi anggota Netizen Jawa Timur.

Menjadi salah satu bagian dari Netizen Jawa Timur bisa membuat saya kenal dengan banyak teman, baik teman media dan blogger yang hebat. Lagi – lagi saya berkesempatan untuk bisa belajar banyak hal dari banyak orang. Saya semakin percaya bahwa bisa berkumpul dengan banyak orang itu menyenangkan


Mari Berkenalan Dengan Netizen Jawa Timur


Netizen Jawa Timur adalah sekelompok orang yang aktif dalam dunia maya dan yang sangat peduli dengan Jawa Timur. Awal terbentuknya Netizen Jawa Timur ini dari sekumpulan teman – teman blogger yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur. Kami berkumpul menjadi satu, dengan satu tujuan yang sama. Kami bertemu, saling mengenal dan bertegur sapa.

Grup ini dibentuk untuk mengabarkan semua kinerja Kepolisian Daerah Jawa Timur. Dibalik stigma buruk yang sering didapat oleh polisi ternyata masih ada banyak hal positif yang sudah mereka berikan kepada masyarakat luas. Namun sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui, padahal polisi ada untuk melayani dan melindungi masyarakat.




Jadi, bukan hanya sekedar berkumpul tetapi kami mendapatkan kesempatan khusus mendampingi para polisi dalam bekerja. Bisa dikatakan kami menjadi saksi langsung bagaimana para polisi menjalankan tugasnya. Memang belum lama grup netizen ini dibentuk, selain itu acara kunjungan kerja yang kami ikuti juga masih beberapa saja.

Kami mencoba mematahkan fakta yang selama ini beredar luas di luar sana bahwa tidak mudah untuk bisa dekat dengan polisi. Kami para netizen Jawa Timur bisa dekat dan kenal lebih dalam lagi dengan Kepolisian Daerah Jawa Timur. Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang memiliki tingkat pengguna internet yang cukup tinggi di Indonesia.

Hal tersebut menjadi peluang bagi kami para netizen untuk mensosialisasikan program kerja Kepolisian Daerah Jawa Timur kepada masyarakat luas melalui internet. Kami percaya bahwa tulisan – tulisan yang berisi hal – hal positif mampu semakin menguatkan kembali kepercayaan masyarakat pada polisi. Selain itu dengan menyebar tulisan yang bermuatan positif bisa mematahkan stigma buruk yang sudah melekat pada polisi.

Ketika Netizen Jawa Timur Berkumpul Dengan Polda Jawa Timur


Sekali lagi saya dan teman – teman netizen yang lain merasa terhormat bisa berkumpul bersama jajaran Kepolisian Daerah Jawa Timur. Melalui acara kumpul bersama ini kami bisa menyampaikan berbagai macam uneg – uneg dan pertanyaan langsung kepada para Polda Jawa Timur. Rencananya kegiatan kumpul bersama Polda Jawa Timur ini akan diadakan secara rutin dan berpindah – pindah daerah.


Pada hari Jum’at minggu kemarin Madura dipilih menjadi tempat untuk diselenggarakan acara kumpul bersama dengan Polda Jawa Timur. Setelah sebelumnya kegiatan serupa sudah terlebih dahulu diadakan di Kota Surabaya. Jelas, ini menjadi kesempatan yang cukup langka bagi kami para netizen yang berasal dari Madura.

Selain itu ada banyak hal yang ingin kami sampaikan secara langsung kepada Polda Jawa Timur mengenai situasi keamanan dan kerja polisi di wilayah Madura. Kegiatan kumpul bersama Polda Jawa Timur ini diberi nama Along Polong, dalam kamus bahasa Indonesia kata Along Polong berarti berkumpul bersama. Kami sebagai netizen yang berasal dari Madura sangat senang sekali kami merasa wilayah Madura semakin diperhatikan dan menjadi salah satu prioritas kerja kepolisian daerah Jawa Timur.

Dalam kegiatan Along Polong bersama jajaran Polda Jawa Timur ini juga berkesempatan hadir empat Kapolres yang ada di Madura. Kapolres Bangkalan, Kapolres Sampang, Kapolres Pamekasan dan yang terakhir adalah Kapolres Sumenep. Kami berkumpul bersama di salah satu restoran di Kota Bangkalan yakni Ole Olang Resto. Tidak perlu membayangkan bahwa kegiatan ini dipenuhi suasana mewah seperti yang bisa ditebak.


Sungguh, kegiatan Along Polong bersama Polda Jawa Timur dan empat Kapolres di Madura ini jauh sekali dari kesan mewah. Bahkan kalau bisa saya gambarkan kegiatan ini terkesan cukup sederhana dan tentu penuh keakraban satu dengan yang lainnya. Tidak ada batas yang terlalu jauh antara kami sebagai netizen dan para petinggi Kepolisian Jawa Timur. Kami diberi cukup keleluasaan untuk bisa mengenal polisi lebih dekat lagi.

Kegiatan Along Polong kemarin berlangsung begitu akrab dan seru, para polisi dan netizen yang hadir melebur menjadi satu. Saya dan teman – teman netizen dari Madura senang sekali dengan kedatangan netizen dari luar Madura yang juga begitu antusias untuk bisa datang. Para Netizen dari luar Madura ini datang secara rombongan dengan dihantar langsung menggunakan bus polisi. Mereka berasal dari daerah Surabaya, Malang, Jember dan Lamongan.


Tepat pukul tujuh malam kegiatan Along Polong ini dimulai dengan pembawa acara dari salah satu polwan yakni Vicky Hartinanda Muin yang akrab kami sapa dengan panggilan mbak Vicky. Mbak Vicky begitu luwes membawakan acara, menyapa seluruh teman – teman netizen Jawa Timur, jajaran petinggi Polda Jawa timur dan tentu empat Kapolres yang ada di Madura. Acara Along Polong ini berlangsung santai, kami saling menyapa dan mengobrol satu dengan lainnya.

Kesempatan ini juga tidak kami sia – siakan begitu saja ketika empat Kapolres di Madura tiba di tempat acara. Kami secara kompak menyambut kedatangan beliau, bersalaman dan saling menyapa. Suasana menjadi semakin akrab, guyuran hujan di malam acara kemarin tidak menjadi keluhan bagi kami semua


Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan – sambutan dari Humas Polda Jatim dan dari ketua netizen Jawa Timur. Sambutan sekaligus pembuka acara dan berdoa bersama supaya kegiatan Along Polong malam itu penuh manfaat untuk semua. Acara pun berlanjut dengan tampilan musik elektone dari sanggar Tarara Bangkalan. Kesempatan tersebut juga menjadi ajang memamerkan suara merdua beberapa petinggi Polisi yang hadir. Tidak terkecuali dengan ke empat bapak Kapolres, dengan penuh semangat mereka menyumbangkan suara merdunya. Kami pun terhibur dan acara malam kemarin semakin terasa begitu akrab dan santai.



Mengenal Kapolda Jawa Timur, Sosok yang Baik dan Asyik

Ketika kami sedang asyik mengobrol dan menikmati alunan musik, sekitar pukul delapan malam Kapolda Jawa Timur bapak Anton Setiadji datang bersama rombongan polisi yang lain. Dengan menggunakan kemeja berwarna Orange terang dan celana hitam dengan pembawaan yang begitu santai, bapak Anton biasa kami memanggil, menyapa semua yang hadir menyambut beliau.


Jujur saja, awal sebelum bisa bertemu langsung dengan bapak Anton saya sudah berpikir bahwa sosok beliau pasti terkesan mewah dan spesial. Tapi ternyata saya salah, bapak Anton menurut penilaian saya begitu sederhana, humoris, santai, tegas dan tentunya baik. Kemudian beliau langsung memberikan sambutan dan menyapa kami kembali, beliau meminta maaf atas keterlambatan hadir karena masih menghadiri acara kepolisian di Gresik.

Selama bapak Anton memberi sambutan sama sekali tidak ada rasa tegang yang dirasakan oleh para netizen dan petinggi polisi yang lain. Saya pun sempat sedikit heran, bapak Anton begitu santai namun tegas, begitulah sosok Kapolda Jawa Timur yang bisa saya tangkap selama acara Along Polong ini berlangsung.


Acara selanjutnya adalah sesi tanya jawab, acara sedikit dipercepat mengingat hari mulai malam dan supaya waktu yang tersisa bisa digunakan secara efektif. Kami para netizen sudah tidak sabar menunggu sesi tanya jawab bersama Kapolda Jawa Timur ini dimulai. Jelas, sudah ada banyak pertanyaan dan penjelasan yang ingin kami dapatkan dari beliau.

Selaku pembawa acara mbak Vicky pun bertindak sebagai moderator dalam sesi tanya jawa malam itu. Sesi tanya jawab berlangsung selama satu jam dan netizen dari Madura memiliki banyak kesempatan untuk melontarkan pertanyaan. Pertanyaan – pertanyaan yang kami berikan juga tentu tidak jauh dari kondisi dan kerja kepolisian dari empat kabupaten di Madura.

Dari semua jawaban dan penjelasan yang diberikan oleh bapak Anton memuaskan kami para netizen. Tidak tanggung – tanggung beliau juga memberikan instruksi langsung kepada Kapolres mengenai permasalahan yang harus segera ditangani. Kami senang memiliki Kapolda dan Kapolres yang mau turun langsung ke masyarakat untuk bisa memantau dan memberikan perlindungan.


Setelah sesi tanya jawa berakhir, dilanjut dengan pemberian seragam kepada para netizen yang diwakili oleh beberapa perwakilan dari netozen sebagai simbol. Seragam tersebut akan kami gunakan disetiap acara maupun kegiatan bersama Kepolisian Daerah Jawa Timur. Kemudian, mbak Vicky memberikan kesempatan kepada bapak Anton untuk menyumbang suara dengan membawakan sebuah lagu


Malam semakin larut dan suasana Along Polong pun terasa begitu seru, kami tertawa, bernyanyi dan berjoget bersama. Tidak lupa kami juga meliput kegiatan Along Polong malam itu. Acara Along Polong ditutup dengan memberikan tanda tangan pada banner acara yang telah disediakan, semua turut memberikan tanda tangan sebagai tanda adanya kegiatan ini.


Hari Kedua, Para Netizen Wisata Alam ke Bukit Pelalangan Arosbaya


Setelah semalam penuh kami para netizen Jawa Timur berkumpul bersama Polda Jawa Timur, hari berikutnya adalah kesempatan untuk berwisata alam. Kali ini kami akan mengadakan kegiatan wisata alam ke Bukit Pelalangan Arosbaya. Bukit Pelalangan ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sedang ramai diperbincangkan karena menawarkan pemandangan yang begitu eksotis.

Banyak wisatawan dari dalam maupun luar pulau Madura yang telah melihat langsung keeksotisan bukit ini. Sebelum berangkat kami menyempatkan waktu untuk sarapan dan berkumpul bersama kembali di Ole Olang resto. Sambil menikmati sarapan yang sudah disajikan kami tertawa, bercanda dan mengobrol. Tidak lupa kami kembali mengagendakan kegiatan selanjutnya bersama Polda Jawa Timur.


Setelah semua selesai sarapan dan siap, kami pun berangkat dengan bus polisi beberapa teman netizen membawa kendaraan pribadi. Jarak antara restoran dan bukit Pelalangan cukup jauh sekitar 7 km, bukit ini berada di salah satu kecamatan di Bangkalan. Tiba di bukit kami pun tidak sabar ingin langsung melihat dan menikmati keindahan bukit di Madura ini. Seperti biasa, kegiatan tidak lengkap rasanya bila tidak diwarnai dengan foto selfie, foto bersama dan membuat video.

Para teman – teman netizen khususnya yang berasal dari luar Kabupaten Bangkalan begitu senang dan puas bisa melihat pemandangan di bukit Pelalangan ini. Rangkaian acara pun kami tutup dengan rasa bahagia, rasanya sudah tidak sabar untuk bisa kembali berkmpu di kegiatan selanjutnya. Terima Kasih Kapolda Jawa Timur beserta jajaran petinggi polisi lainnya, terima kasih teman – teman Netizen dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini dari awal. Terima kasih sudah berkunjung ke Madura, sampai jumpa lagi, tetap semangat dan hasilkan tulisan yang bermuatan positif.



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

15 komentar

  1. Wuiih asiknyaaa...along polong *ngumpul2 kan artinya. Hihi...masih ingat dikit2 cak medura..

    BalasHapus
  2. along polong apa ya mbak?? bahasa jawa atau madura?

    BalasHapus
  3. Seruuu jadi pingin ke Madura lagi :D

    BalasHapus
  4. Netizen Jawa Timur keren euy. Sayang saya tidak termasuk di dalamnya. Lagian rempong kali yaa kalo punya anak kecil kayak saya. Acaranya jauh2, nginep pula :)

    BalasHapus
  5. Acaranya bagus ya Mba.. kumpul2 dengan para netizen.. Tentunya acara seperti ini dapat mempererat silaturahmi dan menjaring network ya Mba..

    BalasHapus
  6. bagus banget acaranya.. salam kenal ka riska

    BalasHapus
  7. Maaf ya saat along polong di Bangkalan belum bisa gabung hehehe.... sukses ya ! Ayo GeloRakan NgeBlog ! hehehehe

    BalasHapus
  8. asiknyo bs kopdar, main sama pak pol lagi ke tpt wisata

    BalasHapus
  9. asiknyo bs kopdar, main sama pak pol lagi ke tpt wisata

    BalasHapus
  10. Wah, acaranya seru dan inspiratif mbak :)
    Saya blogger Banyumas, semoga di Banyumas para blogger bisa ngadain silaturahmi spt itu dg pejabat2 daerah...terkadang program2 dan kerja2 dari instansi2 pemerintah kurang diketahui publik :)

    BTW, salam kenal mbak...

    Kapoldanya sangat ramah itu kayaknya :)
    Top dech!

    BalasHapus
  11. Wih,,, asiknya ngikut acara along polong, sayang terlambat jadi gak ikut nih. Makasih sudah berbagi info bermanfaat

    BalasHapus
  12. asik banget nih, pasti seru acaranya...pak kapoldanya ramah kan ya

    BalasHapus
  13. Seneng banget bisa ikutan acara tersebut,

    BalasHapus
  14. along polonk tuh nama makanan yah mbak ?

    BalasHapus
  15. Acara kopdar di Madura nya sangat menarik mbak.

    Apalagi ulasannya juga sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram