Cerita Ramadhan | Muslimah Bisa Tampil Trendy Dengan Coat

Rabu, Juni 15, 2016

Moment bulan Ramadhan seperti saat ini merupakan salah satu waktu yang tepat bagi para perempuan khususnya muslimah untuk beramai-ramai mencari hijab dan baju muslim. Tidak terkecuali dengan saya dan tentunya teman-teman semua. Apalagi hari ini sudah tepat memasuki hari kesepuluh kita berpuasa itu artinya tinggal 20 hari lagi menuju Hari Raya Idul Fitrih. Meskipun kita tahu baju lebaran bukan sesuatu yang penting dan harus ada ketika lebaran tiba. Tapi namanya juga perempuan pasti ada rasa ingin untuk memiliki baju lebaran baru. Nah, teman-teman disini sudah mulai hunting mencari baju lebaran kah? Hehehe. Semoga saya belum terlalu awal untuk membayangkan dan merencanakan akan membeli baju muslimah yang seperti apa?.

Biasanya kebiasaan apa sih yang teman-teman kerap lakukan ketika sedang berbelanja baju lebaran?. Atau model baju muslimah yang seperti apa yang teman-teman inginkan untuk dipakai saat lebaran nanti?. Saya jadi penasaran kira-kira model baju muslimah yang seperti apa ya yang sedang ngetrend tahun ini?. Tapi kalau kita membicarakan baju muslimah yang lagi ngetrend ada baiknya juga untuk memperhatikan beberapa faktor yang lainnya juga.

Seperti rasa nyaman dan percaya diri ketika memakainya saat berlebaran nanti. Semahal atau sebagus apapun baju lebaran yang kita pakai kalau kita tidak merasa nyaman apalagi percaya diri saat memakainya pasti jatuhnya akan tidak bagus dilihat. Hal ini sudah banyak terjadi dan saya sering melihat sendiri para muslimah diluar sana yang seperti memaksakan diri untuk memakai baju lebaran yang sedang ngetrend tapi kelihatannya kenapa jadi tidak bagus ya?.


Kelihatan sekali kalau mereka memaksakan diri padahal tidak semua model baju lebaran cocok untuk setiap postur tubuh. Ditambah lagi di dalam Islam sendiri ada beberapa aturan mengenai baju yang dipakai seorang muslimah, salah satunya adalah tidak membentuk lekuk tubuh. Kalau menurut saya rasanya terlihat mengganggu sekali saat memakai pakaian yang super ketat apalagi baju muslim.

Tampil Trendy, Gaya dan Santun Dengan Coat


Meskipun kita semua tahu bahwa fashion dan wanita merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, tidak terkecuali bagi kaum muslimah yang selalu tampil dengan busana muslim di setiap kesempatan. Model busana muslim kini telah mengalami transformasi dan adaptasi sehingga bisa membuat pemakainya tampil trendy.

Ada banyak item fashion yang bisa dipakai kaum muslimah untuk dipadupadankan dengan hijab dan busana muslim lainnya supaya tetap terlihat trendy dan santun. Akhir-akhir ini saya sedang suka dengan model-model coat. Di zaman modern seperti saat ini, coat tidak hanya terbatas untuk dipakai di musim dingin saja, namun desainnya yang modern membuat coat banyak dipilih kaum muslimah untuk dipakai di berbagai acara, khususnya acara formal.

Bagi teman-teman yang belum tahu apa itu coat? Akan coba saya berikan sedikit penjelasannya. Coat sendiri merupakan salah satu kata dalam bahasa Inggris yang berarti mantel, teman-teman pasti sudah tidak asing lagi dengan mantel, bukan?. Kalau menurut Wikipedia coat adalah baju panjang yang dipakai oleh laki-laki dan perempuan untuk melindungi tubuh agar tetap hangat dan sekaligus bagian dari gaya busana. Mantel dipakai sebagai pakaian luar. Pada musim dingin sering dipakai di atas rompi, setelan jas, cardigan, baju hangat, hingga seragam militer.


Mantel biasanya berlengan panjang dan memiliki bukaan di depan yang bisa ditutup dengan kancing atau ritsleting, velcro, sabuk, atau kombinasinya. Sebagai hiasan, mantel sering diberi kerah dan epolet. Mantel segala cuaca dibuat dari tekstil sintetis yang tahan air, sementara mantel musim dingin dibuat dari kain wol. Mantel dari kulit dan bulu binatang disebut mantel bulu. Mantel atau coat ukurannya lebih panjang dari jaket, biasanya hingga di atas lutut. Panjang jaket hingga sekitar pinggang, sementara mantel panjang overcoat hingga sampai di bawah lutut.

Kenapa saya mulai tertarikmenggunakan coat atau mantel ini karena ukurannya yang panjang dan tidak ketat saat digunakan akan membuat saya merasa nyaman. Selain itu mungkin coat bisa menjadi pilhan lain bagi saya atau teman-teman yang lain saat sedang bosan menggunakan jubah atau dress panjang seperti biasanya. Model baju muslimah seperti coat ini memang banyak digunakan para muslimah khususnya mereka yang selalu berpenampilan modern dan trendy.

Tips Asyik Memilih Coat Sesuai Postur Tubuh


Nah, bagi teman-teman yang tertarik untuk memilih model coat sebagai baju muslimah saat lebaran nanti saya sarankan untuk tetap memperhatikan betuk tubuh kita ya. Terutama bagi teman-teman yang memiliki postur tubuh tidak tinggi dan ingin sekali tampil keren dengan menggunakan coat penting sekali untuk diperhatikan. Berikut ini saya coba berikan tips memilih coat sesuai bentuk tubuh agar teman-teman semua bisa tampil serasi dengan coat: Bagi wanita yang memiliki bentuk tubuh jam pasir

1. Bagi wanita yang memiliki bentuk tubuh seperti jam pasir

Teman-teman bisa menegaskan garis pinggang dengan memilih coat yang memiliki ikat pinggang atau bahan draperi. Selain itu, teman-teman juga bisa memilih coat dengan panjang melewati pinggul. Hindari pemilihan coat yang memiliki model terusan polos.

2. Bagi wanita yang memiliki tubuh berfigur buah pir

Jenis coat yang paling cocok untuk wanita bertubuh dengan figur buah pir, teman-teman bisa memilih coat yang memiliki bagian lebar di bagian pinggul dan paha. Selain itu, teman-teman juga bisa memilih coat yang memiliki aksen hiasa di bagian atas atau kerah. Untuk mendapatkan coat terbaik, kita juga bisa melihat berbagai macam modelnya di situs-situs online yang menjual pakaian muslim yang fashionable.


3. Bagi wanita yang memiliki tubuh berfigur segitiga terbalik

Jenis coat yang paling cocok untuk tubuh seperti ini adalah coat panjang hingga pinggul yang memiliki garis keliman akan membuat anda semakin tampil menarik. Untuk menyempurnakannya, teman-teman bisa memakai hijab style yang simpel.

4. Bagi wanita yang memiliki tubuh berfigur segiempat

Jika teman-teman memiliki tubuh dengan figur segi empat, pilihlah model coat yang bisa menciptakan ilusi lekukan di beberapa bagian tubuh kita. Teman-teman bisa melakukan sejumlah eksperimen dengan model coat yang memiliki kantung, kancing besar, atau hiasan di bagian bahu.

5. Bagi wanita yang memiliki tubuh kecil

Memiliki tubuh kecil bukan berarti teman-teman tidak bisa tampil trendy menggunakan coat lho. Apabila teman-teman memiliki tubuh kecil, bisa pilih model coat yang memiliki berbagai tekstur dan bukan dengan satu blok warna yang sama.

Bagaimana, teman-teman tertarik menggunakan coat untuk dipadupadankan dengan baju lebaran nanti?. Itulah tips sederhana dalam memilih coat atau mantel bagi teman-teman yang selalu tampil dengan busana syar’i. Syar’i? Iya, jadi kita bisa tampil syar'i meskipun tidak sedang memakai baju tertutup seperti gamis, jubah maupun dress panjang.


Bagi teman-teman yang masih bingung dan ingin tahu lebih jelas model-model coat bisa langsung browsing di internet. Untuk mendapatkan model coat masa kini, kita juga bisa segera mengunjungi situs butik hijab online, supaya teman-teman tidak perlu lagi keluar rumah sambil berdesak-desakan membeli baju lebaran. Seperti di situs butik hijab online hijup.com karya Etu ada banyak model coat yang bisa kita pilih seperti Maxi Woven Coat, Suki Coat, Sleeveless long coat, Parthenon coat, dan lain-lainnya.

Oke, sekian dulu ya tulisan sekaligus curhatan saya tentang baju lebaran semoga bermanfaat dan bisa membantu teman-teman untuk mencari model coat yang cocok dengan postur tubuh masing-masing. Jangan lupa apapun model baju lebaran yang akan dipilih nanti pastikan terlebih dahulu teman-teman bisa merasa nyaman dan percaya diri saat memakainya.

Sumber foto : Hijup.com



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

14 komentar

  1. Coatnya cakep2. Kalau buat yang bertubuh subur kayak aku, bagusnya model gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, cakep banget deh. Untuk yang bertubuh subur pilihlah model coat yang bisa menciptakan ilusi lekukan di beberapa bagian tubuh kita. Mbak Ika, bisa melakukan sejumlah eksperimen dengan model coat yang memiliki kantung, kancing besar, atau hiasan di bagian bahu. :)

      Hapus
  2. coatnya bagus-bagus, sesuai harganya sih ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk nabung mbak, biar bisa kebeli. :)

      Hapus
  3. Wah aku lagi bimbang cari coat karena bentuk badan buah pir. Takut gak cocok. Ternyata bisa juga ya... Ma kasih tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah, berarti lebaran nanti siap pakai Coat ya, Mbak ? :)

      Hapus
  4. Coat-nya bagus2 ya Mba.. Kesannya simpel dan flekibel.. Modelnya juga trendy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mbak, nggak norak juga modelnya.

      Hapus
  5. Bagus2 bgt mbak coatnya ... Suka sama coat dari dulu tp memang agak pricy yaaa :) tfs ya mbak. Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi betul banget mbak. Salam kenal juga :)

      Hapus
  6. harus tetap pinter-pinter pilih coat yang sesuai dengan bentuk tubuh ya kan mbak. model bagus kalau nggak sesuai ama bentuk tubuh jatuhnya malah nggak kece di badan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, semua jenis pakaian kalau nggak sesuai dengan bentuk tubuuh kita pasti jatuhnya nggak bagus mbak :D

      Hapus
  7. Kendalanya kalo di Jakarta itu panas hehehe. Pengen deh bisa pakai coat dan baju bertumpuk-tumpuk ala Eropa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga mimpi mbak Lia kesampen buat bisa ke Eropa, aamiinn ;)

      Hapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram