ALAMenilai, Sebuah Bentuk Kepedulian Untuk Semangat Ngeblog

Kamis, Februari 25, 2016

ALAMenilai, Sebuah Bentuk Kepedulian Untuk Semangat Ngeblog. Sudah menjadi fitrah bahwa manusia merupakan mahluk sosial yang membutuhkan interaksi satu dengan yang lainnya. Melalui interaksi sosial, kita sebagai manusia dapat mengeluarkan ide, pendapat serta pemikiran selain itu dengan berinteraksi kita bisa belajar banyak hal yang belum pernah kita ketahui sebelumnya. Di zaman seperti ini kita tidak perlu merasa kerepotan untuk bisa berinteraksi dengan banyak orang. Adanya media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path dan Blog bisa menjadi jembatan untuk kita semakin mudah dalam berinteraksi. Bukan hanya sekadar berinteraksi tetapi media sosial juga bisa menjadi wadah untuk menyalurkan hobi. Misalnya, bagi teman – teman yang suka photography bisa mengumpulkan koleksi foto-fotonya dalam Instagram atau bagi teman-teman yang suka menulis bisa menumpahkan ide tulisannya dalam sebuah blog.


Hobi dan kecintaan saya pada menulis membuat saya merasa nyaman untuk menuliskan semua hal yang ada di pikiran saya dalam blog. Hingga akhirnya saya sadar bahwa akan lebih menyenangkan jika saya bisa berkumpul dengan banyak orang yang juga mempunyai hobi yang sama. Bukan hanya faktor itu saja, berkumpul dengan banyak orang akan memudahkan blog saya untuk dikenal lebih banyak orang lagi.



Memilih untuk masuk ke dalam sebuah komunitas adalah langkah awal saya supaya blog ini bisa dikenal, Sampai saat ini saya sudah bergabung dalam beberapa komunitas menulis dan komunitas blogger. Salah satu komunitas blogger yang saya ikuti adalah Komunitas Blogger Madura Plat-M. Ya, saya butuh berinteraksi, saya butuh berkomunikasi, saya butuh ilmu serta pengalaman yang baru oleh karena itu saya masuk dalam sebuah komunitas.

Komunitas Blogger Madura Plat-M


Lahir, besar dan tinggal di Madura sudah menjadi takdir hidup saya. Pulau yang dikenal dengan masyarakatnya yang berani ini juga diam-diam menyimpan potensi manusia yang memiliki SDM luar biasa. Hal ini bisa saya temukan dalam Plat-M, disana saya banyak kenal dengan generasi muda Madura yang sungguh mencintai pulaunya dan berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi Madura.

Tujuan mereka membentuk komunitas blogger ini adalah untuk Menduniakan Madura, merengkuh semua potensi yang ada di Madura untuk diperkenalkan pada dunia luar. Melalui tulisan terbaik yang mereka hasilkan, demi tercapainya tujuan bersama. Disana saya juga bisa sangat merasakan suasana keakraban antar anggota. Saya tahu betul bahwa bukan hal yang mudah untuk bisa terus merawat rasa keakraban semua anggota dalam sebuah komunitas.

Tinggal di Madura dan tersebar dalam empat kabupaten besar tidak menghalangi rasa persaudaraan dan semangat mereka untuk mewujudkan mimpi Madura untuk bisa semakin dikenal. Teman-teman Plat-M mampu melipat batas jarak yang memisahkan mereka satu dengan lainnya. Melalui berbagai macam akun media sosial mereka semua masih bisa berinteraksi, bercanda, belajar dan berbagi bersama.

Kebersamaan Teman-Teman Plat-M

Enam tahun sudah mereka lewati bersama-sama, tidak terhitung lagi kegiatan sosial yang sudah dibuat demi menjaga interaksi bersama dan tentunya untuk memperkenalkan Madura. Nama Plat-M pun sudah dikenal dalam dunia blogger dan komunitas ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagi saya Plat-M bukan sekadar komunitas blogger tapi Plat-M seperti rumah kedua. Tingginya rasa kepedulian anggota Plat-M satu dengan lainnya sangat bisa saya rasakan.

Tidak banyak komunitas yang bisa terus peduli dengan anggota-anggotanya, namun Plat-M mematahkan fakta itu. Setiap hari Jum’at malam adalah waktu bagi tulisan kami untuk bisa dinilai oleh salah satu Klebun ( panggilan untuk ketua Plat-M ). Acara tersebut sangat jauh dari kata tendensi atau per-bullyan, disana kami belajar berbesar hati menerima saran dan pendapat agar kami bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas.

Mengenal Klebun Plat-M, Wahyu Alam


Namanya Nurwahyu Alamsyah, kami biasa memanggilnya dengan mas Wahyu atau Klebun Seppo. Dia lah pendiri komunitas ini, dia yang begitu antusias menggelorakan kembali semangat menulis para anggota Plat-M. Dia yang mendorong kami semua untuk bisa menghasilkan tulisan terbaik khususnya tentang Madura.

Kami mengenal Mas Wahyu sebagai sosok ketua yang baik, penuh rasa optimis dan tidak pelit dalam berbagi banyak hal. Beberapa waktu yang lalu saya memiliki kesempatan untuk mengobrol melalui pesan WhatsApp. Saat ini dia sedang menempuh kuliah S2 di salah satu perguruan tinggi di negeri Taiwan. Dia mampu merentang jarak jauhnya Taiwan dan Madura menjadi dekat untuk bisa terus memantau kami disini.

Mas Wahyu Alam

Dalam obrolan ringan pada waktu itu, saya bertanya satu pertanyaan yang cukup membuat saya penasaran dengan jawaban yang akan dia beri.

“Setelah menyelesaikan kuliah di Taiwan, apa rencana mas selanjutnya ?..”

“Fokus berbagi. Berbagi ilmu, berbagi cerita, berbagi kisah..”

“Masih dalam blog atau lewat cara lain, Mas ?..”

“Berbagi ilmu : ngajar di UTM, berbagi cerita : di blog dan komunitas, berbagi kisah : ke teman dan sahabat..”

Begitulah mas Wahyu, dia selalu peduli dengan semua teman-temannya terutama teman-teman di Plat-M. Rasa peduli itu dia hadirkan dalam sebuah acara seru setiap satu minggu sekali di hari Jum’at malam yakni, ALAMenilai. Saya akui bukan satu hal yang mudah untuk bisa terus menulis, terkadang ada waktu dimana kami merasa jenuh merangkai kata untuk dijadikan dalam sebuah tulisan. Hal itu membuat kami mulai meninggalkan blog dan membiarkan blog menjadi sepi.

Sudah sejak 11 tahun yang lalu mas Wahyu aktif menulis dalam blog, sudah bisa ditebak Madura menjadi salah satu ide yang tertuang dalam tulisan blognya. Selain itu dia juga menulis kegiatan sehari-harinya dalam blog. Bahkan hal yang terlihat sepele pun bisa menjadi spesial dan enak dibaca ketika mas Wahyu menulisnya.

#ALAMenilai, Mereview, Menilai, Membuat Semangat Lagi Ngeblog


Ada satu kalimat yang pasti mas Wahyu ucapkan pada setiap acara ALAMenilai, kalimat ini selalu mampu membuat kami semangat menulis lagi dalam blog. Kalimat itu kerap menjadi akhir dalam setiap acara seru ini, acara ALAMenilai sudah berjalan sejak beberapa bulan yang lalu. Sampai sekarang ALAMenilai sampai pada sesi ke 15, pada 10 sesi awal acara ini mas Wahyu khusus mereview dan menilai blog teman-teman Plat-M. Ada sepuluh blog yang sudah terpilih setiap minggunya, jadi setiap minggu hanya ada satu blog terpilih yang akan direview. Acara ini dimulai tepat pukul tujuh malam dan berakhir pada pukul sembilan.

"Percayalah, Blog Kita Ada yang Menilai.."

Tujuan mas Wahyu mengadakan acara ALAMenilai agar anggota Plat-M bisa menulis. Menurutnya, kalau bisa menulis blog akan update, kalau update maka sudah bisa dibilang blogger. Kalau sudah banyak blogger barulah Plat-M bisa dikatakan komunitas blogger. Dia juga berpesan jangan sampai Plat-M hanya berisi orang yang suka mengaku blogger ke acara-acara blogger, padahal blognya sudah lama tidak pernah update.

Blog Terpilih, Post Of The Week

Pada setiap review blog mas Wahyu benar-benar menilai segala sesuatunya, mulai dari statistik seperti Page Rank, Alexa Rank dan Domain Authority. Kemudian berlanjut pada konten tulisan dan gambar yang dimuat, desain blog juga tidak luput dari penilaiannya. Poin-poin yang dinilai dalam desain blog juga begitu terperinci, seperti :

- Template blog

- Tema blog

- Apakah blog sudah mobile friendly ?

- Tagline dalam blog

- Halaman Profil, sudah mudah dibaca klien belum

- Iklan yang dipasang dalam blog

- Dan hal- hal terperinci lainnya.

Selain mereview dan menilai blog, mas Wahyu juga selalu memberikan saran supaya blog yang telah direview bisa lebih baik lagi. Acara ALAMenilai ini juga tidak terfokus pada satu penilaian mas Wahyu saja. Hasil review ini dibuka dalam forum khusus untuk bisa sama-sama direview oleh anggota lainnya. Saya tegaskan sekali lagi, dalam acara ini tidak ada tendensi dan per-bullyan. Jika ada kekurangan dalam blog yang terpilih untuk direview, maka kami saling memberikan ide, saran serta kritik yang membangun. Semua itu kami terima dengan besar hati juga rasa senang.

Salah satu Blog yang Terpilih direview

Setelah sepuluh blog direview acara ALAMenilai sesi selanjutnya adalah melatih keterampilan menulis dengan sebuah tema yang diberikan langsung oleh mas Wahyu. Dalam sesi tersebut kami dilatih untuk merangkai sebuah tulisan pendek dengan waktu yang ditentukan. Walaupun penuh tantangan sesi tersebut selalu kami tunggu setiap minggunya.

Cara Mendapatkan Job Review, Dibahas Dalam ALAMenilai


Bagi kami acara ALAMenilai sudah seperti acara kumpul-kumpul bersama melalui grup WhatsApp. Bentuk kepedualian mas Wahyu kepada anggota Plat-M juga dengan menerima request anggota Plat-M untuk membahas sebuah topik bersama. Salah satu topik yang dibahas adalah, bagaimana cara untuk bisa mendapatkan Job Review ?. Dalam sesi ini dihadirkan dua narasumber anggota Plat-M yang pernah mendapatkan Job Review dan satu narasumber yang pernah bekerja di salah satu agency yang bekerjasama dengan blogger.

Bisa ditebak sesi kali ini sangat mengundang antusias anggota Plat-M, kami penasaran untuk bisa dipercaya agency mereview produknya dan tentu mendapat bayaran. Tiga narasumber diberi pertanyaan langsung oleh mas Wahyu selaku moderator kemudian ada sesi tanya jawab dengan anggota Plat-M lainnya.

Dalam sesi Job Review kali ini saya bersama mbak Erna diminta langsung oleh mas Wahyu untuk membagi pengalaman dan cara mendapatka Job Review. Jujur saja awalnya saya ragu karena saya sendiri merasa masih baru dalam dunia blogging dan baru beberapa kali mendapatkan Job Review, berbeda dengan mbak Erna yang lebih berpengalaman. Saya merasa bahagia diberi kesempatan untuk berbagi pengalaman, maklum saja saya masih bisa dikatakan baru bergabung di Plat-M.

Ada beberapa poin penting yang bisa menjadi catatan teman-teman Plat-M agar bisa mendapatkan Job Review. Menurut mbak Niyasyah yang sudah 10 tahun bekerja pada agency yang bekerja sama dengan blogger, sebuah blog itu bisa mendapatkan Job Review jika syarat ini sudah terpenuhi yaitu :

1. Blog harus sering update, tidak boleh malas update blog

2. Blog harus sudah memiliki nilai yang bagus baik di google page rank dan alexa page rank.

3. Tulisan yang dihasilkan harus selaras dengan campaign.


Catatan penting lainnya, untuk bisa mendapatkan Job Review bisa diusahakan dengan membiasakan dua cara berikut ini :

1. Secara Online

- Bagi teman-teman yang menggunakan dot com memiliki penilaian yang lebih karena domain dot com difavoritkan dari pada domain lainnya seperti dot net, dot my.id, dot id atau dot xyz.

- Rajin meng-update tulisan masih menjadi poin penting, selain itu blog tidak akan dianggap vakum oleh Search Engine.

- Jangan malu untuk menshare tulisan kita diberbagai akun media sosial, supaya bisa dibaca banyak orang dan blog kita bisa dikenal.

- Angkat isu terkini untuk dijadikan sebuah tulisan, supaya tulisan kita bisa menarik pembaca

2. Secara Offline

- Datang ke acara-acara besar dan review acara tersebut dalam blog kita.

- Banyak menjalin hubungan dan lebarkan link kita dengan siapa saja.

- Buat personal branding dengan baik dan jaga agar tidak sampai buruk.


Begitulah beberapa poin penting yang dibahas dalam sesi request di ALAMenilai pada waktu itu. Tetap luruskan tujuan awal kita menulis dalam blog untuk berbagi dan memberikan manfaat, bukan hanya untuk mencari uang. Komunitas bagi saya sudah bukan lagi hanya tempat untuk berbagi pengalaman atau berkumpul bersama orang-orang yang memiliki kebiasaan yang sama. Komunitas khususnya Plat-M merupakan perkumpulan orang-orang yang mau diajak berkembang, sekumpulan orang yang mau membuang jauh ego untuk kebaikan bersama dan sekumpulan orang yang sudah seperti keluarga sendiri.
Bentuk Rasa Cinta Kami pada Madura

Inilah review saya untuk Plat-M, untuk sosok mas Wahyu yang begitu menginspirasi semua anggota Plat-M. Acara ALAMenilai yang membuat kami dapat merengkuh semua potensi kami, melipat batas semua perbedaan yang kami miliki, merangkai cerita bersama, merentang jarak yang memisahkan kami demi menggelorakan semangat dalam dada untuk Madura kami tercinta.



Komentar Facebook

Tulisan lainnya

17 komentar

  1. serunya bisa gabung dengan komunitas plat M :) keren mbak Riska :)

    BalasHapus
  2. Nggak terasa sudah enam tahun ya ngeblognya bareng komunitas plat M.. serunya ya bisa gabung di sana..

    BalasHapus
  3. Aseek...dapat ilmu tentang blogging. Aku boleh nggak gabung dengan Plat M..wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget tapi pulang dulu ke Madura :P

      Hapus
  4. Kalau mau gabung di komunitas tersebut caranya gimana mba? Syaratnya apa aja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syaratnya harus blogger gitu aja kok mbak :)

      Hapus
  5. Selalu senang bila bisa berkumpul dengan teman-teman Plat-M walau kadang bully annya itu yang bikin mati gaya.. ayooo kapan kita ngumpul lagi

    BalasHapus
  6. wahahaa... 10 tahun jareee :')))

    Riska nulisnya lengkap banget. terus aku jadi bingung kudu nulis apa >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas tak wawancarai mas Wahyu bilang udah 11 tahun ngeblog mbak :D, tulisan mbak Niya udah keren gitu kok ya masih bingung, hehehe.

      Hapus
  7. Wah, makasih Mbak udah berbagi artikel yang sangat bermanfaat ini. Pengen deh gabung, saya kebetulan juga kuliah di Madura :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama :), gabung aja yuk di grup facebook Plat-M.

      Hapus

Jangan lupa berkomentar ya, tinggalkan alamat blognya biar bisa balik berkunjung.

Terima Kasih.

Fanpage

Member of

Emak Emak Blogger
Blogger Perempuan
Komunitas Blogger Madura

Instagram